13 Tips Diet Air Putih yang Mudah untuk Dilakukan

Diet Air PutihMemiliki berat badan ideal pastilah menjadi arapan semua orang, terlebih lagi mereka yang masih dalam usia muda. Dengan berat badan ideal biasanya kepercayaan diri seseorang akan meningkat, apalagi kalau sampai memiliki bentuk tubuh yang proporsional.

Nah, bagi anda yang ingin menurunkan berat badan atau ingin memiliki berat badan ideal, perlu usaha khusus mendapatkannya. Salah satunya adalah dengan melakukan diet air putih. Agar bisa sukses melakukan diet air putih untuk menurunkan berat badan dalam seminggu dapat dilakukan dengan mudah hanya di sekitar rumah. Tak perlu pergi ke tempat fitness atau tempat yang jauh.

Di sekitar kita pasti masih banyak yang menenggak minuman yang bersoda, padahal itu sangat tidak baik. Padahal ada yang lebih murah dan menyehatkan, yakni adalah air putih.

Loading...

Dengan diet air putih, kalian bisa langsing hanya dalam 3 hari sampai 2 minggu. Teknik ini telah dipraktekan oleh Saadillah, remaja yang turun 63 kg dalam 5 bulan. Padahal awalnya tidak konsisten.

diet air putih

Ilustrasi: Diet air putih

Resep Sukses Diet Air Putih

Bagaimana resep menurunkan berat badan dengan diet air putih ? Berikut adalah resepnya yang terbukti manjur :

1. Memperbanyak Asupan Air, 8-10 gelas perhari

Sudah banyak yang menyarankan untuk meminum air sebanyak 8 gelas seharinya. Mamang tak salah, lakukanlah saja cara itu karena memang sangat ampuh menurunkan bobot badan kalian.

Tidak bisa meminum sampai 8 gelas ? Tenang saja, coba saja dengan memperbanyak olahraga. Semakin banyak olahraga, semakin banyak juga air yang diminum. Dapat manfaat berolahraga, dapat juga manfaat air putih.

Cobalah cara lain yakni dengan menempatkan botol minum di samping kalian. Misalnya saat sedang bekerja atau sekolah, biasakan membawa air putih untuk diminum. Begitu pula saat olahraga, di kamar atau tempat lain.

Agar bisa meminum 3-4 liter air, jangan lupa untuk memberi alarm jika waktunya minum. Misalnya 1 sampai 2 gelas setiap 30 menit atau 1 jam.

2. Sebelum Makan, biasakan minum air

Ini adalah cara yang simple namun manjur. Cobalah untuk meminum air putih saata akan makan. Sudah pasti asupan makanan akan berkurang karena perut telah terisi.

Jika makanan berkurang, resiko penumpukan kalori lebih rendah, namun tetap kenyang tentunya.

Setelah makan, jangan lupa minumlah air juga. Kenapa ? Karena seusai makan sudah pasti haus kan ? Nah, dengan meminum air, maka kalian terhinadar dari haus.

3. Meminum air yang bervariasi

Biasanya jika hanya meminum air putih, pasti rasanya kan hambar dan kurang sedap. Sehingga malah membuat kita ingin mengurangi asupan air.

Namun jika memberikan tambahan, tentu rasanya akan lebih enak. Apalagi manfaatnya juga bertambah. Misalnya dengan menambah jeruk nipis yang punya kandungan mineral cukup baik.

Suka yang manis ? Ehh… Jangan tambah gula ya jika kalian suka yang manis. Tambah saja dengan madu asli. Kaitannya dengan diet adalah, madu mampu mempercepat metabolisme tubuh. Atau dengan menambahkan teh hijau yang sama besar pengaruhnya untuk kebaikan tubuh.

4. Meminum air putih di pagi hari setelah bangun tidur

Bangun tidur jangan langsung mandi ya. Luangkan waktu beberapa menit saja untuk menenggak segelas air putih. Karena di waktu itulah, air putih bisa menurunkan berat badan lebih efisien.

Selain itu, dengan meminum air setelah bangun tidur, maka akan mampu membersihkan usus. Dengan begitu, makanan sisa tidak banyak yang tertimbun. Bahkan bisa melancarkan pencernaan.

5. Lebih baik dengan air hangat

Dingin memang lebih nikmat, tapi hangat ? Kenapa tidak. Dengan air yang hangat, maka akan lebih mempercepat proses metabolisme tubuh.

Jika tidak suka, bisa tambahkan seperti yang diatas, yaitu menambah perasan jeruk nipis atau lemon, teh hijau dan madu. Apalagi meminumnya saat pagi hari. Wah… Pasti tambah efektif.

Selain itu, air hangat adalah metode detox alami untuk mengeluarkan racun yang menempel di tubuh. Jadi, gantilah air dingin dengan yang hangat.

6. Jangan lupakan buah dan sayur

Menurut penelitian, dengan meminum air disertai memakan buah atau sayur, maka akan mengurangi kebiasaan mengonsumsi minuman yang terdapat gulanya. Selain itu, hal ini juga mengurangi kebiasaan untuk memakan makanan berkalori.

Bahkan dengan kandungan air yang tinggi di dalam buah dan kandungan seratnya, bisa membuat tubuh menjadi langsing.

7. Ingin lebih cepat ? Olahraga

Ada yang berpikir diet air putih tanpa olahraga itu efisien. Namun nyatanya tidak. Jika kita hanya mengonsumsi air, bagaimana lemak yang sudah tertimbun terbakar. Untuk itu olahraga sangat diperlukan.

Selain karena bisa membakar kalori dan lemak, dengan berolahraga, maka bisa mempercepat metabolisme, apalagi jika diiringi meminum air hangat ditambah perasan jeruk nipis, sudah pasti metabolisme sangat lancar.

Bahkan, asupan air akan sangat bertambah pesat. Dengan olahraga beberapa menit saja, sudah pasti kita kan haus. Dan saat itulah kita akan lebih sering meminum air.

8. Menggunakan metode Infused Water

Apa itu infused water atau air infus ? Infused water adalah air putih yang telah ditambahkan potongan buah yang disimpan selama beberapa jam.

Apa khasiatnya ? sudah pasti membuat rasa air tidak hambar dan lebih enak, bisa mengeluarkan racun di tubuh dan kandungan serat di buah, akan sangat baik untuk mengontrol berat badan.

Bagaimana cara membuatnya ? Mudah saja kok. Cukup siapkan buah yang telah dibersihkan. Lalu potong tipis buahnya. Masukkan potongannya ke dalam wadah, setengah liter air dapat diisi 10 potongan. Tutup wadahnya dan diamkan 6-12 jam di kulkas. Lalu jadilah Infused water.

Wadahnya bisa berupa mson jar atau tumbler. Buahnya juga harus matang dan segar, seperti jeruk, stroberi, apel, nanas, lemon bahkan bisa diisi sayur. Jangan tambahkan gula tau pemanis ya, karena sudah manis kok nantinya.

9. Melakukan Puasa air

Puasa air adalah kegiatan berdiet namun hanya meminum air selama beberapa hari tanpa makanan lain. Namun cara ini bukan jangka panjang. Jadi kurang dianjurkan namun tetap efisen.

Jika ingin melakukannya, persiapkan dengan memakan makanan dulu. Seperti daging rendah lemak, buah dan sayur atau telur dadar. Setelah itu berpuasalah agar tidak kehilangan gizi.

Untuk awalan, lakukan sehari saja dulu. Jika dirasa kuat lanjutkanlah. Namun jika sudah sampai batas, bisa berhenti. Namun setelah itu jangan makan berlebihan.

10. Smoothie dan Jus

Untuk memberikan cita rasa yang lebih enak, cobalah dengan meminum sari buah. Bisa jus, bisa juga smoothie. Namun jika dengan smoothie kandungan serat lebih banyak.

Hampir sama dengan jus, yakni dengan memblender buah. Namun smoothie kerap ditambahkan dengan buah atau sayur lain dan yoghurt. Namun keduanya sama bermanfaat dan enak.

11. Redakan Lapar dengan Air

Satu lagi resep rahasia diet air putih yaitu sebisa mungkin untuk menunda makan dengan cara mimun air putih. Jadi saat anda mulai lapar sebisa mungkin untuk menunda makan dengan minum air, namun saat sudah benar-benar tidak berenergi barulah kita makan berat. Cara ini terbukti dapat membatasi kalori masuk ke dalam tubuh sehingga anda akan dengan mudah dalam menurunkan berat badan.

12. Detox Air

Tips sederhana diet air putih berikutnya adalah dengan detox air. Silahkan anda pilih terapi air, ada banyak terapi air yang bisa dicoba untuk menurunkan berat badan dan tetap sehat.

13. Kombinasi Salad dengan Air

Cara diet air putih yang teakhir dari kami adalah dengan mengkombinasikan salad dengan air putih. Salad yang kaya serat bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan, sedangkan air putih mampu meningkatkan metabolism. Kombinasi keduanya diyakini mampu untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Bagaimana? Anda siap untuk menurunkan badan tanpa harus olahraga berat?

Loading...

Diet air putih adalah solusinya. Tunggu apalagi, semakin cepat anda melakukannya, semakin cepat pula hasil yang akan anda dapatkan. Semoga artikel yang membahas tips seputar diet air putih ini bermanfaat untuk anda. Jangan lewatkan juga daftar buah untuk penderita diabetes

loading...

Leave a Reply