Panduan Diet Golongan Darah A: Karakteristik, Pantangan, serta Menu Makanan Sehat

Diet Golongan Darah A – Peter J.D` Adamo adalah seorang ilmuwan yang menemukan diet golongan darah pada tahun 1996. Sebenarnya tujuan utama semua jenis diet itu sama yaitu ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Namun bedanya diet golongan darah ini memiliki menu makanan yang berbeda-beda tergantung golongan darah seseorang.

Diet golongan darah bertujuan menurunkan berat badan dengan cara mencerna makanan lebih efektif karena setiap golongan darah memiliki kemampuan metabolisme dan mencerna makanan yang berbeda-beda.

Diet golongan darah biasanya dilakukan oleh seseorang yang berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter ahli gizi, namun saat ini telah banyak pengetahuan dan panduan cara melakukan diet golongan  darah yang terbukti efektif menurunkan berat badan tanpa mengeluarkan biaya yang mahal, seperti yang dapat kita lihat di berbagai majalah kesehatan atau situs di internet yang menyajikan tentang kesehatan.

Diet Golongan Darah A

Diet Golongan Darah A

Diet golongan darah yang akan kami bahas secara tuntas kali ini adalah diet golongan darah A. Jika makan yang anda konsumsi tepat maka hasil yang diperoleh juga baik. Oleh sebab itu diet golongan darah A biasanya akan membahas tuntas tentang menu makanan yang baik dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki golongan darah A

Diet golongan darah A memiliki resiko penyakit yang lebih tinggi jika mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak. Diet golongan darah a biasanya akan dianjurkan menjadi vegetarian. Sebelum kita membahas tentang diet golongan darah A, mari kita lihat terlebih dahulu bagaimana karakter dari golongan darah A sebagai berikut :

Karakteristik  Golongan Darah A

Sebelum kita mengetahui cara yang tepat melakukan diet golongan darah A serta menu makan yang dianjurkan sebaiknya kita kenali terlebih dahulu karakteristik seseorang dengan golongan darah A.

Orang dengan golongan darah A memiliki kepribadian yang cukup baik, ia cenderung lebih sensitif namun cukup ulet serta  kreatif dan cukup  rajin berolahraga. Olahraga yang baik dilakukan orang dengan golongan darah A adalah olahraga yang banyak dilakukan diluar rumah dan berinteraksi langsung dengan matahari seperti jalan santai, lari, bersepeda, yoga, tai chi, berenang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Orang dengan golongan darah A memiliki resiko yang cukup tinggi terserang penyakit diabetes, kanker, dan jantung karna golongan darah A memiliki tipe darah dengan konsistensi lebih kental, hal ini mengakibatkan darah lebih lambat beredar.

Lambatnya kerja darah mengakibatkan kotoran dan racun menumpuk pada tubuh yaitu dibagian dalam dinding arteri organ dalam tubuh. Penumpukan racun dan kotoran di dalam tubuh sudah kita ketahui apa akibat buruknya bukan? Yaitu banyak penyakit kronia yang akan menyerang tubuh golongan darah A.

Orang dengan golongan darah A cenderung mudah gemuk dibanding dengan orang yang memiliki golongan darah lain. Karna pemilik darah ini sangat dipengaruhi oleh tinggi rendahnya aktifitas mikro-organisme yang mengakibatkan semua makanan yang anda konsumsi memiliki pengaruh yang besar terhadap tubuh.

Sistem pencernaan golongan darah A lebih lemah dan lambat mencerna makanan jadi makanan yang mengandung lemak seperti daging, susu, gandum, dan kacang merah akan menghambat sistem pencernaan, jika sistem pencernaan lambat maka akan banyak lemak yang menumpuk pada tubuh dan mengakibatkan kegemukan.

Jadi golongan darah A dianjurkan mengkonsumsi makan yang mudah diurai dan dicerna seperti buah-buahan, sayuran, telur, daging diperbolehkan tapi dalam jumlah yang sedikit. Dengan mengkonsumsi berbagai makanan sehat tersebut akan membuat tubuh menjadi sehat dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Makanan yang Dilarang Untuk Diet Golongan Darah A

Belum kita membahas makanan yang baik untuk diet golongan darah A sebaiknya kita lihat dulu beberapa makan yang harus dihindari bagi anda pemilik golongan darah A, karena pemilik darah A lebih mudah gemuk jadi harus memperhatikan makan yang dikonsumsi. Berikut beberapa makan yang harus dihindari saat diet golongan darah A :

  1. Dagin dengan kandungan lemak tinggi seperti daging sapi, daging kerbau, domba, angsa, ayam hutan, bebek.
  2. Beberapa daging yang berasal dari laut seperti cumi-cumi, udang, belut, kepiting, gurita, dan kodok
  3. Air soda, susu sapi, santan kelapa, susu murni serta es krim
  4. Beberapa jenis buah berikut ini melon madu, pisang raja, pepaya, acar, serta jeruk
  5. Pare, kentang, ubi, keju, tomat, mentega, dan terong

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari bagi anda yang sedang menjalankan diet golongan darah A. Beberapa makanan tersebut lebih sulit dicerna itu akan menimbulkan timbunan lemak pada tubuh anda atau kegemukan.

Kenapa kita sulit mengecilkan ukuran berat badan?

Sebenarnya kenapa sih kita sangat sulit mendapatkan bentuk badan yang ideal? Sebenarnya itu disebabkan  oleh kita sendiri yang tidak dapat mengontrol nafsu makan dan selalu tergoda dengan makanan yang mengandung lemak, mengandung minyak, tinggi karbohidrat dan mengandung santan.

Beberapa olahan makanan yang berpotensi menaikkan berat badan anda es krim, cake kering dan basah, hamburger, hotdog, gorengan, gulai daging, rendang dan masih banyak lagi makanan lainnya.

Seluruh makan tersebut akan menumpuk racun dan lemak pada tubuh kita jadi kita kan mudah gemuk dan terserang berbagai penyakit berbahaya. Serta dapat menurunkan metabolisme tubuh. Menurunnya metabolisme juga akan menurunkan kemampuan tubuh membakar lemak yang akan diubah menjadi energi.

Terganggunya metabolisme akan menjadikan seluruh makanan yang kita konsumsi menjadi lemak. Bahkan segelas air putih akan menjadi lemak saat proses metabolisme terhambat. Hal ini  juga dapat mengakibatkan racun menumpuk di dalam usus.

Apa hal utama yang harus anda lakukan?

Sebelum melakukan berbagai program diet seperti diet golongan darah A, hal utama yang harus dan wajib anda lakukan adalah melakukan detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh. Ada detoks alami yang dapat anda lakukan seperti berpuasa dan detoks menggunakan air putih.

Setelah racun dalam tubuh berhasil anda keluarkan selanjutnya konsumsi makan sehat serta halal seperti sayur, buah, telur dan berbagai jenis ikan. Jangan lupa imbangi dengan olahraga sesuai kemampuan dan minum air putih secukupnya.

Baca juga: Cara Diet Ala Deddy Corbuzier untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Setelah itu baru anda bisa melakukan berbagai jenis diet seperti diet golongan darah A. Mari kita lihat beberapa menu diet golongan darah A yang dapat membantu proses penurunan berat badan berikut ini:

Makanan Sehat Untuk Diet Golongan Darah A

Menurunkan berat badan dengan cara menjalankan program diet adalah mengatur porsi makan dan mengkonsumsi makan sehat kaya serat dan rendah yang dapat membantu anda mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Begitu juga diet golongan darah A memiliki beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi saat diet berikut ini :

1. Buah-buahan

Mengkonsumsi buah memang sangat baik untuk menurunkan berat badan karena buah mengandung banyak serat dan air yang dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama jadi porsi makan kita akan lebih sedikit. Diet golongan darah A juga dianjurkan mengkonsumsi berbagai jenis buah seperti kiwi, melon, anggur, lemon. cherry, blueberry, dan blackberry.

2. Makan kaya karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat dapat dikonsumsi saat diet bagi anda yang memiliki golongan darah A. Hal ini tentu sangat berbeda dari kebanyakan program diet lainnya yang harus menghindari karbohidrat. Beberapa asupan makanan yang mengandung karbohidrat yang boleh dikonsumsi saat diet golongan darah A adalah nasi, oatmeal, sereal gandum, serta roti soya. Sumber karbohidrat yang paling baik dikonsumsi adalah nasi.

3. Sayuran

Selain beberapa sayuran yang dilarang saat diet golongan darah A, beberapa sayuran berikut ini baik dikonsumsi oleh anda yang memiliki golongan darah A seperti bayam, wortel, brokoli, kol dan bawang putih.

Ada juga makanan pendamping lain yang juga baik dikonsumsi saat diet golongan darah A seperti tahu, tempe, jamur, asparagus, alpukat, dan mustard. Tapi batasi jumlah konsumsi makan pendamping hanya boleh dikonsumsi satu atau dua minggu sekali.

4. Ikan

Diet golongan darah A juga dianjurkan berbagai jenis ikan berikut ini seperti ikan salmon, ikan mas dan ikan sarden untuk membantu menyeimbangkan nutrisi tubuh. Daging ayam sebagai makanan pendamping boleh dikonsumsi dua kali seminggu.

Itulah beberapa makan yang baik dikonsumsi saat diet golongan darah A. Anda boleh mengkonsumsi daging hanya dalam jumlah yang sedikit, itupun hanya boleh dikonsumsi seminggu sekali.

Olahan Makanan untuk Diet Golongan Darah A

Diet golongan darah A dianjurkan mengolah makanan tanpa minya, sebaiknya anda merebus berbagai menu makanan anda. anda boleh mengkonsumsi daging dalam jumlah yang sedikit dan diolah dengan cara direbus dan dipanggang

Sayuran yang anda konsumsi juga sebaiknya direbus, dijadikan lalapan makan atau dikonsumsi dalam keadaan mentah seperti salad atau asinan. Sebenarnya diet golongan darah hanya mengacu pada makanan yang baik dikonsumsi dan makan yang dilarang untuk membantu menurunkan berat badan anda.

Simak juga: 5 Cara Diet Tanpa Nasi, Prinsip dan Menu untuk Turun Berat Badan Lebih Cepat

Beberapa panduan diatas akan membantu anda yang memiliki golongan darah A untuk menurunkan berat badan dengan sempurna. Tapi sebenarnya cara yang lebih tepat untuk diet golongan darah A adalah menerapkan pola hidup vegetarian. Menjadi vegetarian terbukti ampuh menurunkan berat badan anda dengan cepat.

Sistem pencernaan orang yang memiliki golongan darah A termasuk tipe yang sulit, jadi mengkonsumsi makan sejenis daging akan menghambat pencernaan. Mengkonsumsi berbagai jenis buah dan sayur sangat cocok bagi diet golongan darah A karena berbagai makanan tersebut lebih mudah dicerna. Jadi mulailah hidup sehat dengan menjadi vegetarian yang hanya mengkonsumsi buah dan sayuran.

Jangan lupa tetap menerapkan olahraga ringan yang cocok untuk diet golongan darah A seperti berenang dan bersepeda, untuk menyeimbangkan program diet yang anda jalani. Serta air putih yang cukup sebanyak 8 sampai 10 gelas perhari untuk membantu melancarkan metabolisme dan membantu memenuhi cairan tubuh.

Melakukan diet sehat bukan hanya membantu anda mengeluarkan lemak yang menumpuk pada tubuh juga dapat menjadikan tubuh lebih sehat. Kecantikan kulit dan rambut juga dapat terjaga dengan mengkonsumsi air putih yang cukup serta buah dan sayur. Serta dapat menjadi detoksifikasi alami yang mengeluarkan racun dari tubuh kita.

Berikutnya mari kita lihat berbagai olahan menu diet golongan darah A yang baik dikonsumsi saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Makana yang tepat akan membantu keberhasilan penurunan berat badan berikut ini.

  1. Menu sarapan diet golongan darah A

Menu sarapan yang baik dikonsumsi bagi anda yang memiliki golongan darah A adalah memenuhi kebutuhan karbohidrat untuk membantu anda mengawali hari dengan energi yang maksimal seperti semangkuk oatmeal yang ditemani segelas susu kedelai serta segelas sirup mapel. Serta minum 2 gelas air putih untuk melengkapi menu sarapan anda.

  1. Menu makan siang diat golongan darah A

Saat makan siang makanan yang baik anda konsumsi adalah salad yang dibuat dari irisan mentimun, yang ditambahkan seledri, selada, bawang, keju feta, irisan tahu serta ditaburi minyak wijen yang ditemani beberapa gelas air putih.

Minuman pendamping yang baik saat makan siang adalah segelas teh hijau yang ditemani sepotong roti dan kudapan berupa sepotong apel untuk menemani menu diet sehat anda.

  1. Menu makan malam diet golongan darah A

Lakukan malakan malam sebelum jam 9 hindari makan terlalu larut malam untuk menghindari terjadinya penyakit diabetes,  dan hindari tidur setelah sesaat setelah makan. anda hanya boleh tidur setelah 2 jam makan untuk menghindari naiknya asam lambung.

 Menu yang baik anda konsumsi saat makan malam adalah sepotong ikan salmon atau sarden yang dimakan bersama setengah porsi nasi putih serta air putih secukupnya, serta segelas yoghurt hangat bisa menemani makan malam anda.

Itulah beberapa menu yang baik dikonsumsi saat diet golongan darah A. Beberapa menu di atas akan membantu anda menurunkan berat badan dengan sempurna. Memiliki berat badan yang ideal akan menambah rasa percaya diri kita. Sebenarnya memilih menu sehat kaya serat dan rendah kalori bukan hanya dianjurkan bagi anda yang sedang menjalankan diet namun wajib dilakukan semua orang yang ingin hidup sehat dan terhindar bari berbagai penyakit kronis yang sedang naik daun saat ini. Simak juga 10 Tips Diet Ala Tina Toon yang Terbukti Ampuh Membakar Lemak 25 kg

2 Responses to “Panduan Diet Golongan Darah A: Karakteristik, Pantangan, serta Menu Makanan Sehat”
  1. Rizke September 18, 2017
    • Nanda September 20, 2017

Leave a Reply