25 Makanan Diet Golongan Darah O: Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Diet Golongan Darah O – Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Meskipun memang, tidak mudah untuk bisa menurunkan berat badan itu sendiri, butuh perjuangan, latihan, sampai butuh kesabaran ekstra agar program menurunkan berat badan yang kita jalani bisa berbuah manis.

Ada banyak sekali metode diet yang diperkenalkan oleh para ahli yang bisa kita tiru. Mulai dari diet ekstrim, sampai diet air putih yang sudah pernah kami uraikan pada tulisan sebelumnya, sampai pada diet yang disesuaikan dengan golongan darah.

Salah satu jenis diet sesuai golongan darah adalah khusus untuk mereka yang memiliki golongan darah O. Dimana menurut pakar yang menemukan diet ini dalam buku Eat Right For Your Type  membahas tentang hubungan antara diet dan golongan darah yang di ciptakan oleh Dr. Peter J. D’ Adamo. Diet golongan darah O  merupakan cara menurunkan berat badan dengan tetap memperhatikan kesehatan yang rentan tehadap penyakit yang timbul akibat kesalahn dalam mejalankan diet.

Loading...

Saat melakukan diet golongan darah O ada beberapa jenis makanan yang berpengaruh buruk bagi kesehatan, sehingga sebaiknya anda menghindari mkanan tersebut. Namun ada juga beberapa jenis makanan yangdianjurkan untuk diet golongan darah O.

Diet Golongan Darah O

Ilustrasi: Diet Golongan Darah O

Ciri-ciri Orang yang Bergolongan Darah O

Golongan darah O memiliki sel darah merah yang tanpa kadar karbohidrat antigen didalamnya namun memiliki antigen yang sedikit berbeda dari tipe golongan darah lain yaitu anti gen tipe rhesus. Orang yang memiliki golongan darah O cenderung memiliki karakter tubuh seperti

  • Memiliki fisik yang lebih kuat dibanding golongan darah lain
  • Berat badan yang kurang terkontrol
  • Cenderung lebih cepat lelah
  • Memiliki resiko tekanan darah tinggi dan kolesterol yang dapat membahayaan kesehatan jika tidak mengontrol pola hidup dan pola makan
  • Memiliki masalah pencernaan yang lebih sensitif
  • Memiliki resiko meningkatnya kadar asam lambung sehingga menggangu kerja lambung
  • Lebih jarang sakit karna memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat kuat dalam melindungi kesehatan tubuh

Diet golongan darah O dianjurkan mengkonsumsi makanan yang tinggi protein hewani yang bersumber dari berbagai jenis seafood, karna golongan darah ini memiliki sitem pencernaan yang lebih kuat sehingga membuatnya cocik mengkonsumsi daging dari laut.

Diet golongan darah O lebih rentan terhadap penyakit jantung jika banyak mengkonsumsi susu serta produk dari susu, sebaiknya anda menghindari mengkonsumsi susu, karna tidak baik bagi kesehatan anda.

Cara Diet Golongan Darah O

Bagaimana? Apakah anda merasakan sendiri ciri-ciri di atas yang sudah disebutkan? Jika anda memiliki golongan darah O dianjurkan makan tinggi protein terutama dari hewan namun menjauhi atau mengurai makan dengan lemak tinggi dan susu.

Beberapa Menu Makan Yang Baik Untuk Diet Golongan Darah O

Untuk mencapai suatu keberhasilan memang membutuhkan pengorbanan dan usaha dalam melaksanakan diet juga sama halnya anda harus mengatur pola makan dan mengurangi jumlah sesuai dengan kebutuhan.

Atur Pola Makan

Pola makan yang tepat dapat membantu anda mendapatkan tubuh yang ideal. Ada makan yang harus dikonsumsi diet golongan darah O seperti berkut:

Menu sarapan :

  • 1 butir telur yang direbus hindari mengkonsumsi telur goreng karna tinggi kolesterol
  • 2 lembar roti panggang
  • 1 gelas air jeru hangat

Simak selengkapnya: 15 Ide Menu Sarapan Sehat Agar Berat badan Tetap Ideal

Menu makan siang

  • Ayam panggang sebanyak 4 gram jangan lebih karna dapat mengakibatkan penimbunan lemak
  • 1 mangkuk salad yang kita tahu salad adalah makanan sehat tinggi serat yang baik untuk program diaet yang berisi tomat, selada, dan minyak zaitun
  • Untuk minuman anda bisa mengkonsumsi teh hijau sebagai penutup
  • 1 buah apel yang merupakan makan penahan lapar yang baik untuk membantu keberhasilan diet golongan darah O

Menu makan malam

  • 300 gram ikan salmon yang merupakan daging tinggi protei yang sangat coco untuk tipe darah O
  • 1 mangkuk salad yang terdiri dari tempe,kacang dan tauge
  • 1 cangkir teh hangat sebagai minuman penghantar tidur

Atur juga pola hidup

Selain mengatur pola makan untuk mencapai keberhasilan saat diet pola hidu juga harus terkonsp secara rapi. Menghindari berdiam diri dalam waktu yang lama atau perbanyak olah raga menjadi sangat penting. Bukan hanya golongan darah O tapi semua orang membutuhkan olag raga untuk menjaga berat badan dan kesehatan tubuh. Melakukan jogging dn senam merupakan piliha olag raga yang tepat untu diet golongan darah O.

Baca juga 22 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga yang Mudah Dijalankan

Perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi

Makan yang dikonsumsi saat diet juga harus diperhatikan, apalagi untuk diet golongan darah O ada beberapa yang harus dihindari, jika salah bukannya menjadi kurus malah bisamenjadikan tubuh anda sakit. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk diet golongan darah O:

1. Buah

Ada beberapa jenis buah yang dapat membantu menunjang keberhasilan untuk diet golongan darah O seperti: ceri, plum hijau, apel, beri, jeruk bali, anggur, kiwi, jeuk nipis, jambu biji, mangga, melon, persik, pir, dan nanas.

Ada beberapa buah yang harus dihindari untuk diet golongan darah O yang dapat berpengaruh buruk bagi keberhasilan diet anda seperti : beri hitam, strowbery, kelapa, blewah, jeruk, pisang raja, dan alpukat.

Janga lewatkan juga 14 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet yang Harus Anda Ketahui

2. Sayuran

Sayuran merupakan makanan tinggi serat yang membantu dalam proses diet

Ada beberapa sayuran yang baik untuk diet golongan darah O seperti : brokoli, bawang putih. Selada, labu kuning, lobak, wortel, seledri, timun, bawang merah, paprika,lobak, tomat.. dan singkong.

Ada beberapa sayur yang harus dihindari untuk diet  golongan dara O seperti : Kembang kol, terung, jamur dan kentang.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga salah satu makanan penunjang diet. Di dalam kacang juga banyak mengandung serat yang baik untuk mengatur nafsu makan

Ada beberapa kacang-kacangan yang baik untuk diet golongan darah O seperti : kacang hitam dan kacang hijau

Ada beberapa kacang –kacangan yang harus dihindari untuk program diet golongan darah O seperti: kacang merah dan kacang buncis.

4. Daging

Daging juga dapat dijadikan menu saat diet, tentu dengan proses pengolahan yang baik . hindari daging yang di goreng dan daging yang di santan. Usahakan mengkonsumsi daging panggang, Daging kukus dan daging rebus. Daging juga harus dikonsumsi dalam jumlah yang tepat yaitu tidak boleh melebihi 6 gram.

Ada beberapa daging yang baik untuk diet golongan darah O seperti : ikan haring, ikan kembung, ikan salmon, ikan sarden, ikan nila, daging sapi, daging kerbau, daging rusa, daging rusa, udang, kepiting, belut, kerang, ayam dan bebek.

Ada beberapa daging yang harus dihindari untuk diet golongan darah o seperti : babi, gurita, ikan lele, dan angsa.

5. Pisang

Kandungan serat yang tinggi membuat buah yang satu ini cocok dikonsumsi saat anda menjalankan program penurunan berat badan. Diet golongan darah O juga sangat dianjurkan mengkonsumsi pisang, karna dapat mengatur nafsu makan agar tidak berlebih. Hindari mengkonsumsi pisang raja. Pisang juga termasuk buah rendah kalori, dan mengandung banyak kalium yang bisa menambah energi anda.

6. Kiwi

Kadar kalori dan lemak yang rendahdan kaya akan serat dapat mendukung program diet anda. Dalam 1 potong buah kiwi hanya mengandung 1 gr lemak yang membuatnya sangat membantu dalam program diet golongan darah O

7. Pepaya

Buah pepaya dapat menjaga kesehatah sistem pencernaan dengan adanya kandungan enzim alami pada pepaya. Karna memiliki sistem pencernaan yang baik membuat tubuh dapat memcerna makanan dengan baik sehingga tidak adalagi sisa makanan yang menumpuk di dalam tubuh.

8. Rempah pedas

Cabe rawit ternyata juga dapat dijadikan menu makanan untuk diet golongan darah O. Masukkan cabe rawit dal menu sehari-hari anda karna dipercaya menurunkan berat badan.

9. Nasi putih

Saat diet biasanya kita harus menghindari nasi karna tinggi karbohidrat. Untu diet golongan darah O justru diharuskan makan nasi. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya golongan darah O  tidak memiliki kadar karbohidrat. Jadi kita harus mengkonsumsi nasi untuk mendapatkan asupan tenaga. Makanan dari baha ngandum harus dihindari karna dapat menyebabakan gangguan lambung.

10. Keju

Diet golongan darah O boleh menambahkan keju dalam setiap masakan anda. Karna keju merupakan produk yang aman dikonsumsi oleh pemilik darah golongan O tapi jangan terlalu berlebihan 

11. Minyak zaitun

Dalam menjalankan program diet anda diharuskan menjauhi minyak yang mengandung kolesterol dan lemak jahat. Minyak zaitun dapat anda jadikan pengganti minyak kelapa sawit yang tidak sehat.

Minyak zaitun merupakan minyak rendah kolesterol dan lemak jenuh jadi minyak zaitun baik untuk program diet anda.

12. Susu kedelai

Diet golongan darah O harus menjauhi susu dan produk dari susu. Jika anda gemar minum susu, susu kedelai bisa anda jadikan alternatif piliha saat diet golongan darah O. Tapi tetap membatasi jumlah susu yang kita minum

13. Daging sapi

Golongan darah O memiliki sistempencernaan yang lebih kuat dibanding golongan darah lain, maka dari itu golongan darah O diperbolehkan mengkonsumsi daging sapi saat melakukan diet atau menurunkan berat badan.

14. Rumput laut

Rumput laut sangat dianjurkan dikonsumsi untuk diet golongan darah O karna mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Juga dapat dijadikan makanan anti kanker.

15. Bawang

Didalam bawang merah terdapat suatu komponen yang dapat menjauhkan kerentanan terhadap penyakit. Untuk golongan darah O bawang merah dapat dijadikan anti kanker serta mengobati diabetes.

16. Mentega

Mentega bukan merupakan makanan yang dinjurkan namun diperbolahkan tapi harus mengkonsumsi mentega tanpa garam atau mentega tawar. Tetap batasi konsumsi mentega.

17. Daging domba

Protein yang cukup sangat di butuhkan untuk diet golongan darah O yang bisa anda peroleh dari daging domba. Saat mengkonsumsi daging jangan kasatir karna sistempencernaan golongan darah O lebih kuat, tapi tetap batasi jumlah daging yang anda konsumsi.

18. Coklat

Dalam melakukan diet golongan darah O memang memiliki banyak pantangan makanan tapi kabar gembiranya simanis nan lezat i ni masih aman jika dikonsumsi saat diet dengan jumlah yang tidak telalu banyak.

19. Roti pangang

Biasanya roti sangat dihindari saat kita melakukan program diet karna roti tinggi karbohidrat yang dapat menjadikan kita gemuk, namun kusus pemilik golongan darah O diperbolehkan mengkonsumsi roti

Perhatikan jumlah roti yang kita konsumsi karna jika berlebihan akan mengakibatkan gangguan lambung yang mana kita tau golongan darah O alergi terhadap gandum. Yang merupakan bahan dasar pembuatan roti.

20. Kerang

Kerang merupakan salah satu daging yang berasal dari laut yang nota bene diet golongan darah O meruupakan pemburu daging dari laut, jadi kerang juga dapat membantu program dier golongan darah O.

21. Daging rusa

Seperti yang kita ketahui diet golongan darh O ini membutuhkan protein yang tinggi. Di dalam daging rusa memiliki jumlah protein yang sangat tinggi sehingga mapu memenuhi kebutuhan protei tubuh anda.

Tetap perhatikan cara pengolahannya jangan memasak menggunakan minyak dansantan karna dapat mengakibatkan kolesterol tinggi

22. Teh Hijau

Teh hijau menjadi salah satu minuma yang baik untuk dikonsumsi oleh anda yang sedang menjali program diet golongan darah O. Khusus untuk teh hijau, seluruh diet tipe golongan darah apapun boleh mengonsumsinya, namun tidak berlakuk untuk jenis teh lainnya. Teh hijau sangat menguntungkan bagi kesehatan kita sebab mengandung sifat antioksidan. Menangkal radikal bebas serta mengatasi sejumlah penyakit kronis adalah peran penting yang dimainkan teh hijau.

23. Daging Unggas

Meskipun anda sedang menjalani program diet golongan darah O, anda tetap diizinkan mengkonsumsi makanan yang tebruat dari daging unggas, baik itu berupa daging bebek, angsa, maupun ayam. Namun tentu saja dengan syarat tidak berlebihan mengkonsumsinya.

Perlu diperhatikan sebelum mengolahnya, pastikan bahwa daging yang masih mentah perlu dibersihkan secermat mungkin. Hal ini diperlukan agar dapat menjauhi segala posibilitas kandungan bakteri di dalamnya yang bisa menimbulkan penyakit.

24. Daging Kelinci

Jenis daging kelinci juga tidak dilarang untuk dikonsumsi, karena daging kelinci termasuk netral, tak seperti golongan darah A yang harus menjauhinya. Asalkan konsumsi dalam jumlah yang tak berlebihan dan tidak terlalu sering, daging kelinci tak akan berbahaya bagi tubuh. Dipanggang boleh, tapi bila ingin dibakar atau digoreng, daging satu ini dapat diolah sesuai selera.

25. Jus Sayuran

Selain mengkonsumsi sayuran, sebaiknya anda juga mengkonsumsi jus sayuran yang sangat baik untuk kesehatan secara umum terutama untuk program diet anda. Nah, jus tomat adalah salah satu yang diperbolehkan karena memang jenis sayur tersebut boleh dimakan juga. Untuk membuat jus sayuran, lihat daftar jenis sayuran yang disarankan atau diizinkan untuk dikonsumsi. Asalkan bukan dari kubis, kembang kol dan terong, selain itu masih bisa dipertimbangkan.

Loading...

Semoga tulisa ini bermanfaat untuk anda yang ingin atau sedang menjalankan program diet golongan darah O. Jagnan berhenti dan jangan menyerah, semoga apa yang anda cita-citakan bisa terwujud. Baca juga Diet Seminggu: Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

loading...
No Responses to “25 Makanan Diet Golongan Darah O: Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cepat”

Leave a Reply