Rahasia Sukses Diet Kentang untuk Menurunkan Berat Badan

Diet Kentang – Menurunkan berat badan yang disebut diet memiliki banyak cara. Semua cara diet yang berbeda-beda memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Disini kami akan membahas cara diet kentang yang benar.

Diet kentang biasanya menggunakan kentang sebagai menu utama. Kentang merupakan pilihan yang tepat untuk mengganti nasi karena kentang merupakan sumber karbohidrat kompleks yang lebih sehat dan bergizi.

Karbohidrat pada kentang dapat menjadi sumber tenaga yang baik. Mengkonsumsi kentang dapat menjadi solusi hidup sehat. Selain itu kentang juga mengandung serat yang cukup tinggi. Hal ini menjadikan diet kentang sebagai pilihan tepat untuk menurunkan berat badan.

Cara diet kentang yang benar

Cara diet kentang yang benar

Artikel terkait: 10 Tips Diet Ala Tina Toon yang Terbukti Ampuh Membakar Lemak 25 kg

Kandungan yang Terdapat Pada Kentang

Kentang memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Apa sajakah itu mari kita lihat berikut ini:

  • Kalori: kentang mengandung 164 kalori yang sangat baik untuk menghasilkan energi yang dapat membantu melakukan kegiatan sehari-hari
  • Karbohidrat : karbohidrat pada kentang sekitar 37 gram
  • Protein : kentang mengandung 4,3 gram protein yang dapat membantu pembentukan serta menguatkan otot
  • Lemak : lemak pada kentang sangat rendah sekitar 0,2 gram. Menjadikan kentang sangat baik untuk diet
  • Serat pangan : serat pangan pada kentang sekitar 4,7 gram yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan
  • Kalsium : kalsium pada kentang mampu memenuhi 2% kebutuhan harian tubuh yang sangat baik untuk merawat kesehatan tulang dan gigi
  • Vitamin C : Vitamin C pada kentang tergolong tinggi, yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh sekitar 51% yang merupakan antioksidan yang sangat baik
  • Zat besi: sekitar 9%
  • Vitamin B6 : kentang mampu memenuhi kebutuhan vitamin B6 sekitar 30% yang dapat membantu membakar lemak
  • Magnesium: magnesium pada kentang sekitar 12% kebutuhan harian
  • Kalium: kalium pada kentang sekitar 25%

Simak juga: Cara Diet Ala Deddy Corbuzier untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Alasan Memilih Diet Kentang

Saat kita akan memutuskan memilih sesuatu pasti kita akan melihat apa alasan kita memilihnya, begitu juga saat kita akan melakukan program diet kentang, kita harus mengetahui beberapa alasan baik saat memilih diet kentang, seperti berikut ini :

1. Sumber energi

Kentang mengandung kalori yang dapat diubah menjadi energi. Kentang dapat menambah tenaga kita, jadi tubuh kita tidak lemah dan lemas akibat dari program diet yang kita lakukan. Saat diet pola makan kita akan berubah dan jumlahnya juga kita kurangi,  jika kita tidak memilih makanan yang tepat akan membuat tubuh kita menjadi lemah.

Pengolahan kentang yang daik untuk diet kentang adalah dikukus, direbus, dan dipanggang. Hindari mengkonsumsi kentang goreng itu akan menggagalkan diet anda

2. Mengubah nutrisi jadi energi

Kandungan Vitamin B6 pada kentang dapat memecahkan karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino yang berfungsi sebagai bahan bakar energi tubuh. Jadi kentang mampu mengubah beberapa nutrisi menjadi energi yang baik untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Menahan lapar

Sejak lama kentang telah dijadikan makanan pengganti nasi karena kentang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Karbohidrat dapat membantu anda menahan rasa lapar jadi keinginan anda untuk makan berkurang.

Anda tidak sebentar-sebentar ingin makan atau tidak ingin berhenti saat makan. yang membuat anda kegemukan atau obesitas.  Serta dapat mengendalikan keinginan mengemil yang tidak baik bagi berat badan anda

4. Menghilangkan lemak

Serat pada kentang juga dapat melancarkan buang air besar, yang membantu menyerap lebih banyak lemak dan melarutkan lemak bersama kotoran yang keluar. Hal ini membuat lemak larut seluruhnya dan tidak ada lagi yang menumpuk pada tubuh yang menjadi penyebab utama naiknya berat badan.

5. Tinggi kalori

Kalori yang sangat tinggi pada kentang menjadikan tubuh kita semangat kembali dengan terpenuhinya kebutuhan tenaga. Namun harus tetap diimbangi dengan olah raga yang dapat memaksimalkan pembakaran kalori.

6. Tinggi kandungan air

Kandungan air pada kentang juga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga tubuh terhindar dari dehidrasi yang mengganggu keseimbangan tubuh. Air pada kentang juga dapat mengusir rasa lapar

7. Merasa kenyang lebih lama

Kentang kaya akan serat yang mampu membuat kita merasa kenyang lebih lama. Serat akan lebih lama dicerna jadi akan lebih lama berada di sistem pencernaan hal ini yang membuat perut kita merasa kenyang lebih lama. Jadi keinginan makan akan berkurang karena kita sudah merasa kenyang.

8. Menyehatkan jantung

Kentang memiliki kandungan flavonoid yang merupakan antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang menjadi penyebab utama penyakit jantung. Jadi mengkonsumsi kentang juga dapat menyehatkan jantung kita. Tapi ingat jangan mengkonsumsi kentang goreng yang menjadi sumber kolesterol jahat.

9. Menurunkan darah tinggi

Zat kukormin pada kentang mampu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Konsumsi kentang rebus dipagi, siang, dan malam hari sebagai pengganti nasi putih.

Cara Mengolah Kentang Untuk Diet

Saat menjalankan diet kentang ada beberapa cara mengolah kentang menjadi menu utama pengganti nasi dan waktu yang tepat mengkonsumsi kentang, sebagai berikut:

  • Rencana 1 : Anda dapat mengolah kentang dengan cara potong 1 buah kentang menjadi bagian yang lebih kecil. Kemudian masukkan kedalam oven lalu panggang hingga matang dan warna berubah kecoklatan. Jangan menambahkan bumbu apapun kedalam kentang panggang. Konsumsi kentang panggang saat sarapan, makan siang, dan malam dengan lauk sayuran dan jangan lupa air putih 8 gelas perhari. Diet ini dilakukan selama seminggu
  • Rencana 2 : panggang menggunakan oven 6 kentang ukuran sedang untuk dikonsumsi 3 kali sehari dengan tambahan minyak zaitun dan sedikit garam. Cara ini dilakukan seminggu sekali saat anda mejalankan diet kentang
  • Rencana 3 : rebus 3 buah kentang, lalu hancurkan kentang sampai lembut. Tambahkan jahe dan bawang putih lalu panggang kentang dalam oven. Jadikan menu ini sebagai menu utama saat diet kentang sampai berat badan anda ideal.

Simak juga: 9 Panduan Cara Diet Pisang yang Benar untuk Bakar Lemak Hingga 18 Kg

Berikut cara mengolah menu diet kentang  yang dapat membantu menurunkan berat badan. Cara terbaik mengolah kentang untuk diet adalah dipanggang menggunakan oven, tapi jangan memanggang dengan api langsung karena akan menyebabkan kanker.

Saat memanggang kentang jangan membuang kulitnya karena nutrisi terbesar kentang berada pada kulitnya. Selain cara diatas anda dapat melakukan diet kentang dengan yogurt.

Rencana Diet Kentang dengan Yogurt

Selai diet kentang menggunakan  kentang sebagai menu utama, anda juga dapat mengkombinasikan kentang dan yogurt sebagai menu diet harian anda. yogurt merupakan susu fermentasi yang rendah lemak sangat cocok dikombinasi dengan kentang. Kedua bahan ini akan menurunkan berat badan anda dengan sempurna.

Kentang dan yogurt yang ditambah sedikit air akan menjadi menu yang sempurna jika dikonsumsi akan memberi rasa kenyang lebih lama dengan bantuan karbohidrat dan serat sehingga  mampu menekan dan mengendalikan nafsu makan.

Simak juga ulasan Cara Diet Karbo yang Benar serta 5 Menu Diet yang Harus Anda Ketahui

Menu Kentang dan Yogurt Untuk Diet

Olahan dari kentang dan yogurt berikut ini akan membantu menurunkan berat badan anda. mari kita lihat menu diet berikut ini :

Hari pertama

Sarapan : rebus 1 buah kentang untuk makanan pembuka hari anda, dan ditemani secangkir yogurt dan air putih. Jangan tambahkan makanan lain saat anda sarapan

Makan siang : di siang hari anda dapat menambahkan 1 kentang rebus lagi, jadi anda dapat makan 2 buah kentang rebus tanpa garam serta secangkir yogurt

Makan Malam : Di malam hari anda hanya diperbolehkan minum air putih dan 2 cangkir yogurt

Hari kedua

Sarapan : Di hari kedua ini saat sarapan anda tidak boleh makan kentang hanya secangkir yogurt dan air putih yang dapat nada konsumsi.

Makan Siang : 2 kentang rebus tanpa tambahan bumbu apapun dapat anda konsumsi di siang hari dan secangkir yogurt

Makan Malam : Di hari kedua saat makan malam anda diperbolehkan mengkonsumsi kentang rebus tanpa garam dan ditemani secangkir yogurt

Hari ketiga

Sarapan : anda hanya akan ditemani secangkir yogurt saat sarapan

Makan siang : siang hari mengkonsumsi 1 buah kentang rebus tanpa garam dan secangkir yogurt

Makan malam : 1 cangkir yogurt

Simak selengkapnya: Daftar Menu Diet Sehat Sarapan, Makan Siang, Malam

Mengkonsumsi kentang saat diet merupakan pilihan yang tepat tapi ingat jangan menggoreng kentang karena mengandung minyak yang akan menaikkan berat badan anda. Kandungan pada kentang sangat baik untuk membantu anda menurunkan berat badan yang sulit dikendalikan. Selain memilih cara diet yang anda sukai jangan lupakan 1 hal penting ini yaitu niat yang kuat dari dalam diri anda untuk mencapai tujuan tersebut.

Konsumsi air putih minimal 8 gelas perhari juga harus anda perhatikan agar saat diet fungsi tubuh anda tetap berjalan lancar serta membantu tubuh membakar kalori dan membantu melarutkan lemak melalui sistem pembuangan.

Artikel terkait: 13 Tips Diet Air Putih yang Mudah untuk Dilakukan

Imbangi dengan olah raga yang teratur tak perlu melakukan olah raga berat cukup lakukan sesuai kemampuan anda. olah raga dapat mengoptimalkan pembakaran lemak jadi berat badan anda akan ideal. Berikut ulasan tentang diet kentang semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga Pola Makan Diet yang Harus Anda Perhatian!

Leave a Reply