Tips Diet Ketat yang Harus Anda Jalankan dalam Seminggu

Diet Ketat – Diet ketat biasanya dilakukan untuk mendapat bentuk tubuh yang ideal dalam waktu singkat. Hal itu bukanlah sesuatu yang mustahil didapatkan. Dengan niat yang kuat dan cara yang tepat anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

Diet ketat biasanya memerlukan waktu kurang lebih 1 minggu. Sama seperti cara diet lainnya, dengan mengatur pola makan dan pola hidup yang sehat dan benar. Hanya bedanya diet ketat biasanya memiliki target waktu serta target seberapa besar lemak yang harus dikeluarkan.

Jika anda telah memutuskan melakukan diet ketat, berikut adalah beberapa cara yang harus kamu lakukan agar diet ketat-mu dapat berjalan efektif.

Loading...
Menu Diet Ketat

Menu Diet Ketat

Artikel terkait: Rahasia Sukses Diet Golongan Darah A, B, AB dan O yang Wajib Anda Ketahui

Cara Menjalankan Program Diet ketat

Saat anda memiliki suatu rencana pasti anda akan memikirkan bagai mana cara yang harus dilakukan agar rencana anda berhasil. Begitu juga jika anda ingin menurunkan berat badan dengan cara diet ketat. Ada beberapa cara yang harus anda lakukan berikut ini :

1. Tanamkan Motivasi Yang Kuat Dalam Diri Anda

Sebelum melakukan cara-cara diet yang benar, ada hal utama yang harus anda lakukan yaitu menanamkan niat yang kuat dalam diri anda. Agar godaan sebesar apapun dapat anda atasi.  Saat anda menjalani diet tetap fokus pada tujuan awal. Jika anda ingin target utama anda tercapai, kuatkan niatmu serta tetap tekun dan bersabar.

2. Hitung Jumlah Kalori dan Protein Harianmu

Diet ketat bukan berarti kamu harus meninggal kalori dan protein yang sangat dibutuhkan tubuhmu. Hanya saja anda harus membatasi jumlah kalori dan protein yang dikonsumsi setiap hari. Jangan sampai kalori yang anda  konsumsi lebih banyak dari kalori yang anda keluarkan.

Kebutuhan kalori orang dewasa sekitar 1600 per hari. Jadi jangan mengkonsumsi kalori lebih dari batas maksimal kebutuhan per harinya.

3. Jaga Kesehatan Ususmu

saat diet anda akan mengubah kebiasaan makan harian anda itu akan berpengaruh pada sistem pencernaan yang mungkin akan sedikit terganggu. Jadi di hari pertama dan kedua jangan terlalu ekstrim membatasi pola makan anda. Biarkan usus anda beradaptasi dengan perubahan pola makan anda.

Berikutnya yang harus anda lakukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan terutama usus adalah dengan mengkonsumsi makanan yang baik bagi usus seperti tempe, susu, dan yogurt karena makanan tersebut mengandung banyak probiotik, yang berfungsi menjaga bakteri baik dalam usus, agar sistem pencernaan tetap lancar.

Pembakaran kalori dan lemak akan semakin lancar jika sistem pencernaan sehat dan lancar. Hal ini akan menurunkan berat badan anda secara maksimal.

4. Olahraga Sesuai Kemampuan

Diet ketat akan lebih sempurna jika diimbangi dengan olahraga. Olahraga bertujuan untuk mengencangkan kulit dan otot. Jika penurunan berat badan tidak diimbangi olahraga maka kulit dan otot anda akan mengendur.

Tak perlu melakukan olahraga angkat besi untuk mengencangkan otot anda cukup lakukan olahraga ringan sesuai kemampuan anda. Seperti senam, lari, jalan, bersepeda, dan berenang. Dengan berolahraga anda juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta membantu proses pembakaran lemak dan kalori serta membantu menguatkan tulang dan sendi.

Banyak bukan manfaat olahraga saat diet. Bukan hanya pola makan yang diatur tapi gaya hidup juga harus diimbangi untuk mencapai apa yang anda inginkan.

5. Jangan Berdiam Diri Terlalu Lama

Saat anda sedang diet hindari menonton tv dan tidur terlalu lama. Karena kegiatan itu membuat anda kurang bergerak sehingga pembakaran kalori kurang maksimal. Tidur hanya boleh dilakukan untuk beristirahat sejenak agar tubuh anda fit kembali, serta untuk memberi waktu kepada seluruh organ dalam dan tubuh anda beristirahat. Untuk memulai kembali kegiatan anda.

6. Bakar Kalori Dengan Selalu Menggerakkan Tubuh

Jangan anggap sepele gerakan tubuh saat melakukan kegiatan sehari-hari seperti berjalan kaki ke lantai dua rumah, berjalan ke kamar mandi, menyapu, mencuci baju, dan mengepel, sebenarnya hal itu juga berfungsi untuk membakar lemak.

Kegiatan sederhana itu juga dianggap sebagai olahraga ringan yang dapat menguatkan otot dan tulang kaki. Serta membantu dalam penurunan berat badan.

7. Konsumsi buah

Mengkonsumsi buah saat menjalankan diet ketat juga sangat dianjurkan. Buah mengandung banyak serat dan kandungan air yang cukup tinggi. Serat pada buah dapat membantu anda melancarkan sistem pencernaan.

Artikel terkait: Daftar Buah untuk Diet untuk Menurunkan Berat Badan

Serat juga membatu anda mengontrol nafsu makan dengan membuat anda kenyang lebih lama. Kandungan air pada buah juga dapat membantu memenuhi cairan dalam tubuh yang membantu proses pembakaran.

Ganti camilan tinggi kalori anda dengan buah rendah kalori dan tinggi serat seperti apel, pear, pisang, semangka, jeruk, kiwi, mangga, pepaya dan tomat. Dengan mengkonsumsi banyak buah juga membuat kulit anda menjadi halus.

Artikel terkait: Panduan cara diet pisang

8. Konsumsi air putih secukupnya

Minum air putih yang cukup juga dapat membantu anda merasa kenyang,  jadi keinginan makan anda dapat berkurang. Sebaiknya sebelum anda  makan, konsumsi segelas air putih, hal ini akan membuat anda kenyang sebelum makan jadi porsi makan anda berkurang.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga penting sebanyak 8 gelas perhari untuk membantu menyehatkan serta melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang sehat juga dapat membantu memaksimalkan pembakaran lemak dan kalori.

Hindari mengkonsumsi minuman kaleng yang mengandung gas dan pemanis buatan ini akan menggagalkan rencana diet ketat anda.

9. Mengkonsumsi Sayuran

Selain buah, sayuran juga kaya serat dan air, yang dapat  membantu program diet ketat anda. Akan lebih baik jika anda mengkonsumsi sayuran tanpa proses memasak. Anda dapat menjadikan sayuran sebagai lalap seperti sayur selada.

Olahan sayur berikutnya yang baik untuk diet ketat adalah salad. Anda dapat menambahkan irisan wortel dan tomat pada sayur selada dan tauge kemudian beri taburan minyak wijen. Sarapan di pagi hari menggunakan salad sayuran dan jus jeruk tanpa gula merupakan menu terbaik saat diet ketat.

10. Hindari Junk Food

Saat ini junk food dan minuman bersoda sedang mewabah dimana-mana. Jika anda tidak kuat iman pasti anda akan tergoda. Hal ini akan menggagalkan program penurunan berat badan anda. Karena junk food merupakan musuh terbesar bagi anda yang sedang berjuang melakukan diet ketat.

Tetap kuatkan diri anda saat berhadapan dengan junk food ganti camilan anda dengan buah dan roti yang terbuat dari gandum utuh yang rendah kalori.

11. Selalu Sediakan Makanan Sehat

Untuk menghindari makanan cepat saji dirumah,yang menjadi musuh saat diet, ganti semua makan yang tidak sehat didalam kulkas anda dengan makanan dan minuman rendah kalori seperti buah dan sayuran serta susu kedelai,  untuk mengatasi keinginan makan yang datang tiba-tiba.

Jadi tidak masalah jika anda ingin makan berulang-ulang dirumah karena sudah tersedia makanan yang sehat di kulkas anda.

12. Konsumsi makanan rendah lemak dan Karbohidrat

Lemak dan karbohidrat merupakan penyebab terjadi kenaikan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Pilihlah makanan yang mengandung lemak rendah atau menggantinya dengan mengkonsumsi  lemak baik yang berasal dari  alpukat, minyak zaitun , dan kacang kenari.

Saat menjalankan diet ketat anda dapat mengganti nasi putih dengan beras merah.

Artikel terkait: Cara Diet Karbo yang Benar serta 5 Menu Diet yang Harus Anda Ketahui

13. Persiapkan Untuk Menjaga Berat Badan

Diet ketat dapat anda lakukan dengan mengikuti cara cepat menurunkan berat badan diatas. Menjalankan program diet ketat dalam waktu singkat memang sedikit sulit namun ada hal yang lebih sulit lagi yaitu mempertahankan berat badan  yang telah berhasil anda dapatkan.

Saat berat badan anda sudah ideal  bukan berarti anda berhenti menjalankan program diet, yang perlu anda lakukan adalah menambah jumlah makanan yang anda konsumsi tapi tetap dalam batas normal. Jika anda tidak berhati-hati besar kemungkinan berat badan anda akan naik kembali bahkan jauh lebih berat dari sebelumnya.

Saat anda memilih melakukan diet ketat jangan lupa tetap mengimbanginya dengan  olahraga yang teratur untuk membantu pembakaran kalori dan mengencangkan kulit serta menguatkan otot dan tulang. Serta banyak konsumsi air putih atau air mineral.

Menu Diet Ketat Selama Satu Minggu

Diet ketat bertujuan mendapatkan bentuk tubuh ideal dalam waktu singkat minimal satu minggu ada beberapa menu harian yang perlu anda konsumsi selam satu minggu kedepan seperti:

Info terkait: Pola Makan Diet yang Harus Anda Perhatian!

1. Diet ketat hari pertama

Di hari pertama menjalankan diet ketat anda diharuskan mengkonsumsi buah-buahan sampai kenyang. konsumsi buah yang memiliki vitamin dan mineral yang lengkap. Agar kebutuhan nutrisi harian anda tercukupi.

2. Diet Ketat Hari Kedua

Dihari kedua ini anda dapat menambahkan sayuran sebagai teman buah-buahan yang menjadi menu hari pertama. Anda dapat membuat olahan sayur seperti salad, lalapan, dan asinan sayur.

Info terkait: Daftar Sayuran Untuk Diet yang Baik Dikonsumsi!

Sayur yang baik anda konsumsi di hari kedua ini adalah selada, bayam, brokoli, dan wortel dan air putih secukupnya.

3. Diet Hari Ketiga

Di hari sebelumnya anda hanya diizinkan makan 3 kali sehari dengan sayur dan buah. Di hari ketiga ini anda dapat menambahkan camilan di waktu-waktu senggang. Tapi tetap camilan sehat ya seperti apel.

4. Diet Hari Keempat

Di hari keempat anda dapat menambahkan makanan berkalori yang berasal dari bahan alami seperti pisang. Serta anda dapat menambahkan 1 gelas susu di pagi hari. Jika diet hari sebelumnya bertujuan mencuci sistem pencernaan di hari keempat ini mulai proses penurunan berat badan. Jangan lupa tetap minum air putih 8 gelas perhari.

5. Diet Hari Kelima

Di hari kelima anda dapat menambahkan sedikit nasi. sekitar 5 sendok makan di pagi dan dan siang hari. Tapi buah, sayur, dan air putih tetap menjadi menu utama.

6. Diet Hari Keenam

Di hari ini anda boleh menambahkan protein dalam menu anda, seperti 1 butir telur rebus di pagi hari tanpa nasi. Nasi hanya boleh dimakan di siang hari, sebanyak 5 sendok dengan lauk lengkap, seperti 5 sendok nasi ditambah 1 butir telur rebus serta buah dan sayur jangan lupa air putih secukupnya.

Artikel terkait: 5 Cara Diet Tanpa Nasi, Prinsip dan Menu untuk Turun Berat Badan Lebih Cepat

7. Diet Hari Ketujuh

Di hari ketujuh anda boleh menambah nasi saat anda makan pagi, siang dan malam tapi tetap batasi jumlahnya, jangan lebih dari 5 sendok makan. Anda juga dapat menambahkan 1 gelas jus buah

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menjalankan diet ketat. Cara menurunkan berat badan dalam waktu singkat tidak sepenuhnya menyeramkan. Hal yang perlu anda ingat jangan menahan diri anda dalam kondisi selalu lapar itu akan membuat asam lambung anda naik dan mengakibatkan penyakit maag.

Loading...

Semoga panduan cara diet ketat ini bermanfaat untuk pembaca sekalian, jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya melalui fb, twitter, IG atau akun media sosial anda yang lainnya. Simak juga: 10 Tips Diet Ala Tina Toon yang Terbukti Ampuh Membakar Lemak 25 kg

loading...

Leave a Reply