5 Cara Diet Tanpa Nasi, Prinsip dan Menu untuk Turun Berat Badan Lebih Cepat

Diet Tanpa Nasi – Sebenarnya nasi bukan satu-satunya sumber karbohidrat yang dapat mengenyangkan perut kita. Namun kebiasaan yang sudah ditanamkan sejak kecil menjadikan nasi sebagai kebutuhan pokok yang sulit ditinggalkan.

Meski kita sudah mengkonsumsi berbagai jenis makanan namun jika belum makan nasi, kita akan menganggap belum makan dan belum merasa kenyang dengan sempurna. kebiasaan itulah yang membuat berat badan kita sulit dikontrol.

Mengkonsumsi nasi dalam jumlah yang berlebihan tanpa diimbangi olahraga selain dapat menaikkan berat badan  juga dapat menumpuk kadar gula didalam darah dan mengakibatkan gangguan kesehatan seperti diabetes dan kencing manis.

Nasi memiliki kandungan karbohidrat yang kurang baik jadi batasilah jumlah konsumsi nasi, atau mengganti sumber karbohidrat dengan makanan yang lebih sehat seperti beras merah, kentang, jagung, ubi-ubian dan gandum. Beberapa makanan pengganti tersebut memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang lebih sehat dan bergizi.

Cobalah memulai hidup sehat dengan rajin olah raga dan melakukan program diet tanpa nasi. Diet tanpa nasi akan membantu menurunkan berat badan kita juga dapat menjadikan tubuh kita lebih sehat. Karbohidrat memang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai salah satu sumber kalori yang membantu tubuh menghasilkan energi.

Kebutuhan kalori orang dewasa perharinya sekitar 250-300 kalori perhari sedangkan kalori sepiring nasi sekitar 250 kalori nah jika kita mengkonsumsi nasi 3 kali sehari berapa kelebihan kalori yang kita konsumsi setiap harinya.

Tips Diet Tanpa Nasi

Tips Diet Tanpa Nasi

Sebaiknya lakukan diet tanpa nasi dengan mengganti sumber karbohidrat dari berbagai jenis makanan lain yang memiliki sumber karbohidrat kompleks. Diet tanpa nasi akan menurunkan berat badan anda sekitar 2 kilo perbulan.

Sebagian orang telah berhasil menjalankan diet tanpa nasi contohnya artis Tina toon telah berhasil menurunkan 25 kg berat badannya dalam waktu 8 bulan. Bukan hanya nasi yang dihindari Tina toon, makanan manis lainnya yang  mengandung gula sebagai sumber karbohidrat yang dapat menaikkan berat badannya juga dihindari seperti es krim dan cake.

Prinsip Diet Tanpa Nasi

Meski nasi termasuk makanan pokok sebagian besar orang indonesia dan merupakan sumber pokok penghasil kalori namun menghapus nasi dari menu makanan sehari-hari aman dilakukan oleh siapa saja. Dengan kata lain diet tanpa nasi selain aman juga sangat dianjurkan bagi penderita obesitas dan diabetes.

Nutrisi terbesar yang dikandung nasi adalah karbohidrat serta sebagian kecil air dan serat. Oleh karena itu sistem pencernaan sangat cepat mencerna nasi jadi kita akan mudah kenyang namun juga akan mudah lapar.

Lakukan diet tanpa nasi untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan menghindari berbagai penyakit yang timbul akibat kelebihan nasi yang kita konsumsi dengan makanan sehat lainnya seperti beras merah.

Tujuan melakukan diet tanpa nasi adalah menghancurkan timbunan lemak yang berada di dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui sistem pembuangan dan keringat. Lemak yang telah hancur dan menghilang akan menurunkan berat badan kita.

Setelah diet tanpa nasi selesai tetap jaga asupan makananmu. Boleh mengkonsumsi nasi namun dalam jumlah yang sedikit dipagi, siang, dan malam hari. Sebagai gantinya anda dapat menambahkan jumlah sayur dan buah agar anda merasa kenyang.

Meski diawal-awal menghapus nasi dari menu kamu terasa sulit namun dengan niat yang kuat tidak ada yang tidak bisa anda lakukan termasuk diet tanpa nasi. Setelah seminggu berlalu anda juga akan terbiasa menjalankanya.

Cara Melakukan Diet Tanpa Nasi

Ada beberapa cara yang perlu anda ikuti untuk menunjang keberhasilan diet tanpa nasi yang sedang anda jalani, yang bertujuan menurunkan berat badan yang berlebih. Berikut cara yang tepat melakukan diet tanpa nasi :

1. Niat Yang Kuat

Melakukan diet tanpa nasi akan sangat sulit dilakukan bagi sebagian besar orang indonesia. Karena nasi merupakan makanan utuma kita. Tapi dengan niat yang kuat kita pasti mampu menghadapi segala rintangan dan halangan saat menjalankan diet tanpa nasi.

2. Hindari Nasi

Nasi putih harus anda coret dari menu makanan harian anda selama berat badan anda belum ideal. Setelah berat badan anda normal boleh makan nasi putih namun tetap harus dibatasi jumlahnya. mengkonsumsi nasi putih secara berlebihan akan menaikkan berat badan anda ganti nasi putih dengan beras merah dan beberapa makanan lain

3. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makan sehat kaya serta dan rendah lemak serta tinggi protein yang bisa didapat dari berbagai makanan berikut buah-buahan, sayuran, ikan, daging, dan telur. berbagai makan tersebut akan membatu menurunkan berat badan anda, serta dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

4. Cukupi Kebutuhan Cairan

Cairan sangat penting bagi tubuh untuk menyeimbangkan kerja seluruh organ dalam tubuh. cairan terbaik didapat dari air putih. Jadi konsumsi air putih 8 gelas perhari agar tidak mengganggu kerja tubuh dan tidak mengganggu diet anda

5. Olah raga teratur

Meski diet tanpa nasi dapat membantu menurunkan berat badan dengan ampuh tapi tetap harus anda imbangi dangan olah raga teratur untuk membantu membakar lemak dan membantu membentuk otot dan mengencangkan kulit.

Simak juga: Cara Diet Ala Deddy Corbuzier untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Menu Diet Tanpa Nasi

Ada beberapa menu yang baik anda konsumsi saat menjalankan diet tanpa nasi. Sebenarnya bukan hanya nasi yang dihindari saat diet tapi makanan yang digoreng dan bersantan. Hal ini dilakukan untuk menyempurnakan diet anda. Berikut menu diet tanpa nasi yang dianjurkan:

  • Sarapan

Awali sarapan anda dengan mengkonsumsi segelas air putih untuk membantu anda merasa sedikit kenyang. hapus nasi dari menu sarapan anda. saat sarapan konsumsi 1 buah kentang panggang, 1 butir telur rebus, dan 1 piring sayur yang direbus seperti bayam dan buncis serta ditambah 1 gelas susu rendah lemak. Saat diet sarapan sangat penting dilakukan untuk menunjang keberhasilan diet anda.

  • Makan siang

Saat makan siang anda boleh menambah porsi makanan anda karena aktivitas anda akan bertambah dan membutuhkan energi lebih anda juga diperbolehkan mengkonsumsi berbagai jenis makan. anda hanya perlu menghapus nasi dan olahan makanan yang digoreng.

Beberapa contoh menu makan siang yang baik berikut ini, konsumsi 6 sendok nasi merah, dan 1 porsi dada ayam panggang tanpa kulit ditambah 1 mangkuk salad sayur seperti selada ditambah tauge dengan irisan tomat dan wortel diberi minyak wijen. Dan konsumsi 1 buah apel serta air putih secukupnya.

  • Makan malam

Kurangi asupan makanan anda di malam hari karena di malam hari kegiatan anda sangat sedikit. Konsumsi 1 buah apel, setengah porsi salad sayur yang ditambah tempe dan tahu serta segelas susu hangat rendah lemak. Jangan lupa tetap imbangi dengan air putih secukupnya.

Jangan langsung tidur saat anda habis makan, karena akan menaikkan asam lambung. Tidurlah 2 jam setelah  makan.

  • Camilan

Ganti camilan tinggi kolesterol, tinggi karbohidrat dan tinggi lemak anda seperti gorengan, cake basah, cake kering, dan es krim dengan makanan sehat kaya serat dan rendah lemak seperti buah buahan berikut ini apel, jeruk, pear, melon,semangka dan masih banyak lagi yang lainnya. Serta konsumsi camilan berbahan dasar gandum utuh.

Itulah beberapa cara menurunkan berat badan dengan melakukan program diet tanpa nasi. Sebenarnya tak ada menu kusus saat menjalankan diet tanpa nasi anda hanya perlu meninggalkan nasi saat makan. serta mengkonsumsi makanan kaya serat, rendah kalori, tinggi protein dan beberapa vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Serta imbangi dengan mengkonsumsi air putih secukupnya dan olahraga teratur. Semoga pembahan ini akan membantu anda yang memiliki berat badan berlebih dan ingin menurunkannya. Simak juga Oatmeal untuk Diet: Kandungan, Manfaat dan Resep Diet Sehat Sehari-hari

Leave a Reply