23 Daftar Gejala Amandel yang Sering Muncul

Gejala Amandel – Amandel menjadi penyakit yang sering dialami oleh anak-anak, sebab makanan yang dikonsumsi akan-anak lebih tidak terkendali dan menyebabkan amandel meradang, tapi bukan berarti orang dewasa tidak bisa mengalami penyakit amandel.

Amandel atau dalam bahasa ilmiah disebut tonsil yang terletak di batang tenggorokan ini sebenarnya memiliki manfaat yang penting. Penyakit amandel terjadi akibat adanya pembesaran dan peradangan pada kedua atau salah satu tonsil

Penyakit amandel dapat dilihat dari beberapa gejala amandel yang akan kita rasakan. Gejala amandel sangat beragam mulai dari kesulitan menelan dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk mengetahui secara pasti kondisi tubuh anda dapat memeriksakannya di dokter THT.

Kali ini CekSehat akan berbagi beberapa gejala amandel yang wajib anda ketahui.

Gejala amandel

Gejala amandel

Beberapa Gejala Amandel

Penyakit amandel sebenarnya bukan terjadi begitu saja tanpa penyebab, penyebab utama penyakit amandel adalah kebiasaan makan yang buruk. Setelah menjalankan pola makan yang buruk lalu tiba-tiba tenggorokan kamu terasa nyeri dan sulit menelan maka kamu patut waspada sebab itu bisa mengindikasi tubuh anda terserang penyakit amandel.

Selain itu masih banyak lagi gejala amandel lainnya seperti berikut ini:

1. Pembesaran tonsil

Gejala amandel yang pertama adalah pembengkakan tonsil atau pembengkakan amandel. Pembesaran amandel ini bisa anda lihat ketika membuka mulut. Pembengkakan amandel tidak terlihat ketika amandel baik-baik saja namun ketika virus mulai menyerang amandel maka amandel akan terlihat membesar dan merah.

Pembengkakan amandel bukan hanya terasa pada bagian leher saja namun sampai ke sekitar rahang. Selain akibat serangan virus pembengkakan amandel juga bisa terjadi ketika anda mengalami radang tenggorokan dan influenza.

2. Bercak putih pada amandel

Salah satu gejala amandel juga bisa kita lihat dari perubahan warna amandel yakni merah padam dengan bercak-bercak putih seperti bagian daging yang berubah warna. Bercak putih terjadi akibat terjadinya perlawanan dari sistem imun terhadap bakteri dan virus penyebab amandel.

3. Sakit tenggorokan

Amandel berada di dalam kerongkongan jadi ketika amandel mengalami infeksi maka bukan hanya tonsilnya saja yang merasanya sakit namun kerongkongan atau tenggorokan jug akan merasa hal yang sama. Dengan begitu amandel akan membuat seluruh kerongkongan sakit dan menjadi tidak nyaman.

4. Sakit saat menelan

Tenggorokan yang merupakan salah satu organ pencernaan ini membuat kita kesulitan mencerna makanan ketika tengah mengalami peradangan akibat penyakit amandel. Jangankan menelan makanan, untuk menelan air liur kita sendiri saja akan terasa sakit.

5. Sulit ketika menelan

Pembengkakan amandel akan membuat tenggorokan kita terasa penuh dan sempit, dengan begitu kita akan kesulitan menelan makanan dan minuman. Sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk meringankan gejala amandel yang kita rasakan.

6. Demam

Ketika virus dan bakteri menyerang tonsil dan menyebabkan amandel terinfeksi dan meradang maka sistem kekebalan tubuh akan melakukan perlawanan terhadap virus tersebut. Saat sistem imun tengah bekerja melawan virus maka suhu tubuh akan meningkat sebab sistem imun akan bekerja maksimal ketika suhu tubuh tinggi.

7. Pembengkakan kelenjar getah bening

Amandel yang letaknya di tenggorokan ketika meradang bukan hanya berimbas pada tenggorokan saja namun juga akan membuat kelenjar getah bening yang berada pada bagian tenggorokan juga mengalami pembengkakan atau membesar.

8. Suara serak

Ketika penyakit amandel menyerang maka pita suara juga akan terganggu. Suara akan berubah menjadi serak atau parau. Hal ini akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari, dan menyebabkan rasa yang kurang nyaman.

9. Tenggorokan bagian dalam gatal

Amandel yang meradang bukan hanya menyebabkan rasa nyeri yang sulit tertahankan namun juga menimbulkan rasa gatal pada bagian dalam tenggorokan. Gatal pada tenggorokan ini akan lebih terasa ketika bangun tidur, sebab tenggorokan yang kering membuat rasa gatal semakin menjadi-jadi.

10. Bau mulut

Salah satu gejala amandel yang cukup mengganggu adalah aroma mulut menjadi tidak sedap atau bau mulut. Bakteri dan virus streptokokus pyogenes yang menginfeksi amandel akan merangsang air liur dan zat kimia yang berada di gigi dan lidah bercampur sehingga akan menghasilkan aroma yang tidak sedap.

11. Sakit perut

Kesulitan makanan  masuk melalui tenggorokan akibat peradangan amandel membuat tubuh kekurangan asupan makanan. Kurangnya asupan makanan akan menyebabkan asam lambung meningkat sehingga akan membuat perut terasa nyeri atau sakit.

12. Sakit kepala

Amandel yang meradang menyebabkan beberapa anggota tubuh juga ikut meradang sebab syaraf di dalam tubuh ini saling berkaitan seperti bagian leher, kelenjar getah bening, bahkan amandel juga berimbas pada bagian kepala. Kepala akan terasa sakit kemudian akan semakin parah ketika penderita amandel juga terkena influenza.

13. Leher sangat kaku

Selain membuat leher terasa sakit atau nyeri penyakit amandel juga menyebabkan leher terasa kaku. Hal ini disebabkan infeksi amandel membuat syaraf pada leher mengalami tekanan. Tekanan pada syaraf itulah yang menyebabkan leher kaku, dan terus menjalar hingga ke kepala.

14. Rewel

Ketika amandel menyerang anak atau balita akan membuat anak menjadi lebih rewel dari biasanya sebab berbagai gejala amandel menyebabkan rasa nyeri dan rasa tidak nyaman. Untuk itu segera periksakan anak anda ke dokter untuk meringankan gejala amandel dan mempercepat proses penyembuhan.

15. Sakit telinga

Syaraf bagian telinga dan tenggorokan saling berhubungan, sehingga ketika tenggorokan mengalami peradangan maka telinga juga akan mengalami hal yang sama. Belum lagi telinga letaknya paling berdekatan dengan tenggorokan sehingga akan lebih cepat terinfeksi.

16. Tubuh terasa lelah

Kurangnya asupan makan membuat tubuh kekurangan tenaga atau menjadi lemah. Selain itu adanya perlawanan sistem imun terhadap infeksi virus dan bakteri penyebab amandel akan membuat tubuh terasa lelah. Sehingga tubuh tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasanya.

17. Suara hilang

Penyakit amandel yang juga mengganggu pita suara bukan hanya menyebabkan suara serak atau parau namun juga dapat menyebabkan kita kehilangan suara. Namun suara akan kembali lagi setelah penyakit amandel membaik.

18. Nafas bunyi saat tidur

Pembengkakan amandel membuat rongga tenggorokan semakin sempit, dengan begitu aliran udara yang masuk dan keluar juga ikut terhalang. Dengan begitu ketika bernapas terasa lebih berat dan menimbulkan bunyi. Sebaiknya hindari tidur terlentang karena akan semakin buruk. Tidurlah tidur dengan posisi miring dan gunakan bantal yang lebih tinggi.

19. Mendengkur

Salah satu gejala amandel yang cukup terlihat adalah kebiasaan mendengkur ketika tidur. Mendengkur disebabkan aliran udara yang keluar dan amsuk melalui mulut dan hidung semakin sempit akibat amandel yang semakin membasar dan memenuhi rongga tenggorokan. Mendengkur bisa terjadi meskipun amandel tidak sedang meradang.

20. Rahang nyeri

Amandel yang meradang juga menyebabkan rahang menjadi nyeri. Dengan ketika berbicara pun akan terasa sakit dan tidak nyaman. Nyeri pada rahang bisa terjadi selama amandel masih meradang. Jika amandel semakin membaik maka nyeri rahang juga akan membaik.

21. Influenza

Saat virus dan bakteri menginfeksi amandel maka sistem kekebalan tubuh juga akan menurun sehingga tubuh akan lebih rentan terhadap influenza. Hal ini akan sangat berbahaya sebab influenza yang anda alami akan memperburuk kondisi amandel dan memperburuk gejala amandel.

22. Kehilangan nafsu makan

Berbagai gejala amandel yang di rasakan tubuh akan membuat selera makan berkurang. Selain itu sakit saat menelan makanan akan membuat kita malas makan.

23. Berat badan menurun

Jika amandel tidak segara diobati maka kondisi tubuh akan semakin buruk. Selera makan akan semakin hilang akibatnya tubuh bisa kehilangan berat badan idealnya. Penurunan berat badan akan semakin parah jika amandel berlangsung lama.

Artikel terkait: Khasiat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

Cara Merawat dan Mengobati Amandel

Ada beberapa langkah medis dan nonmedis yang bisa anda lakukan untuk mengobati dan merawat amandel agar tidak semakin memburuk yang meliputi :

  • Jika anda merasakan adanya gejala amandel pada tubuh anda langkah pertama yang harus anda lakukan adalah istirahat total.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan tetap memenuhi kebutuhan gizi dengan mengkonsumsi makanan lunak seperti bubur atau jus buah dan jus sayur
  • Mengkonsumsi obat antibiotic yang diresepkan dokter
  • Saat demam melanda sebaiknya redakan dengan mengkonsumsi obat turun panas contohnya paracetamol serta ibuprofen
  • Untuk mengurangi pembengkakan disekitar amandel seperti kelenjar getah bening sebaiknya minum obat golongan deksametason
  • Berkumurlah dengan air garam untuk mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan
  • Jika ukuran amandel sudah tidak terkendali lagi sebaiknya segera lakukan langkah operasi.

Cara Mencegah Amandel

Pengobatan amandel memang cukup efektif menhilangkan peradangan namun akan lebih baik lagi jika pencegahan amandel dilakukan, sebab mencegah lebih baik dari pada mengobati. Berikut langkah pencegahan amandel seperti:

  • Sebaiknya hindari berdekatan dengan penderita amandel atau berada satu ruangan dengan penderita sebab virus tersebut dapat menular melalui udara
  • Jauhi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, pewarna, penyedap, serta berpengawet.
  • Hindari terlalu sering mengkonsumsi minuman dingin
  • Hindari makanan yang digoreng
  • Selalu jaga kebersihan tangan terutama cuci tangan sebelum makan
  • Hindari menggunakan perlengkapan makan orang lain untuk mencegah penularan
  • Bersihkan lingkungan sekitar

Demikianlah beberapa pembahan secara tuntas mengenai gejala amandel yang dapat menyerang siapa saja. Semoga bermanfaat. Simak juga: Cara Mengobati Sariawan di Lidah Secara Alami

Leave a Reply