Gejala Penyakit Ambeien yang Harus Anda Ketahui Sejak Dini

Gejala Ambeien – Ambeien merupakan penyakit yang menyerang bagian anus, dimana terjadi pelebaran pembuluh darah vena yang terletak di anus atau rektum. Pelebaran pembuluh darah vena terjadi akibat tingginya tekanan pada daerah tersebut sedangkan dinding pembuluh darah mengalami kelemahan.

Ketika pembuluh darah melebar bentuknya tidak beraturan dan cenderung rapuh. Dengan begitu ambeien menyebabkan buang air besar disertai darah. Selain itu masih banyak lagi gejala ambeien yang dirasakan penderitanya.

Gejala ambeien yang umum terjadi seperti buang air besar berdarah, serta gatal dan nyeri pada bagian anus. Selain itu masih banyak lagi gejala ambeien lainnya. Meski  gejala ambeien awalnya jarang menimbulkan masalah namun ketika dibiarkan tanpa pengobatan akan menyebabkan kondisi yang lebih serius.

Loading...

Selain melihat dari gejala ambeien yang dirasakan pengecekan ke dokter harus dilakukan untuk melihat kondisi kesehatan anda secara pasti. Namun mengetahui gejala ambeien secara pasti juga perlu dilakukan agar penanganan bisa dilakukan secepatnya.

Gejala Ambeien

Ilustrasi: Gejala Ambeien

Gejala Ambeien

Sebelum kita melihat gejala ambeien secara pasti sebaiknya kita lihat terlebih dahulu jenis dari ambeien. Ambeien dibagi menjadi dua jenis yaitu ambeien internal atau dalam serta ambeien eksternal atau luar.

1. Ambeien Dalam

Ambeien dalam ini pada awalnya sulit diketahui sebab tidak menimbulkan gejala apapun jika dilihat dari luar. Ambeien dalam ini hanya menimbulkan gejela yang janrang disadari yakni BAB yang keras. Namun jika dibiarkan ambeien akan semakin membesar dan terus menonjol ke luar. Ambein dalam ini dibagi menjadi 4stadium yang meliputi :

  • Stadium 1 : gejala hanya bisa dilihat dari BAB yang keras dan sedikit merasa ada pembengkakan di bagian anus
  • Stadium 11 : benjolan akan semakin membesar dan mulai menyebabkan rasa nyeri tapi benjolan tersebut dapat masukkan kembali seusai BAB
  • Stadium 111 : untuk stadium 111 ini penyakit ambeien sudah mulai parah dengan menimbulkan rasa sakit ketika BAB. Selain itu benjolan akan keluar bersamaan dengan BAB dan tidak dapat masuk sendiri. Jadi butuh dorongan dengan tangan agar benjolan bisa masuk kembali
  • Stadium 4 : pada tahap ini ambeien sudah tergolong penyakit yang sangat mengkhawatirkan. Benjolan tidak data lagi di masukkan menggunakan tangan dan bersifat menetap.

2. Ambeien Luar

Ambeien luar ini lebih berbahaya sebab untuk duduk saja penderitanya akan merasa kesulitan. Pengobatan harus segera di lakukan. Pemeriksaan untuk melihat tonjolan yang berwarna ungu bisa dilakukan menggunakan mikroskop. Jika dibawa mengejan ketika BAB akan menyebabkan fases mengandung darah.

Ketika gejala ambeien dalam pembuluh darah yang terkena masih berada dalam lingkaran tektum umumnya penyakit ambeien belum dapat kita rasakan dan kita lihat sebab letaknya lebih tinggi jika dilihat dari luar.

Penyakit ambeien  akan dirasakan gejalanya ketika pembuluh darah yang rapuh mulai pecah dan menyebabkan buang air besar berdarah dan masih banyak lagi gejala ambeien lainnya seperti:

  • Buang air besar berdarah

Gejala ambeien yang paling umum terlihat adalah buang air besar berdarah. Hal ini disebabkan pecahnya pembuluh darah di dalam darah vena akibat mengalami kerapuhan. Darah yang dikeluarkan berwarna merah terang atau darah segar. Untuk itu jika melihat adanya pendarahan ketika buang air besar sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

  • Sulit buang air besar

Salah satu gejala ambeien adalah sulit buang air besar. Hal ini disebabkan adanya benjolan pada dubur sehingga fases akan lebih sulit keluar. Selain kondisi tubuh yang kurang serat membuat semakin sulit buang air besar.

  • Wasir menonjol ke luar

Jika pendarahan terjadi ketika buang air besar maka penanganan yang lambat dapat membuat wasir menonjol ke luar anus. Atau biasa disebut prolaps. Seberapa besar tonjolan yang keluar melalui anus tergantung dari seberapa parah penyakit ambeien yang anda derita.

Penonjolan wasir menyebabkan rasa yang tidak nyaman terasa ada yang mengganjal dibagian anus.  Untuk mengatasi penonjolan tersebut penderita ambeien harus menekan prolaps tersebut kembali ke dalam meski rasanya akan sangat nyeri.

  • Gatal pada bagian anus

Gatal pada bagian anus atau rektum merupakan gejala ambeien yang cukup menjengkelkan. Rasa gatal pada bagian anus ini akan membuat kita selalu bergaruk. Sedangkan garukan dapat menyebabkan kulit pecah dan mengalami infeksi.

  • Pembengkakan

Ambeien menyebabkan jaringan prolaps mengalami iritasi dan gesekan menyebabkan terjadi pembengkakan di daerah anus. Pembengkakan ini menyebabkan rasa nyeri pada bagian anus selain itu akan menimbulkan rasa yang tidak nyama terutama ketikasedang duduk

  • Nyeri pada bagian anus

Salah satu gejala anus adalah nyeri pada bagian anus, hal ini disebabkan pelebaran pembuluh darah di bawah kulit sekitar anus sehingga akan lebih banyak syaraf di bagian anus dan menimbulkan rasa sakit.

  • Pembekuan darah disekitar anus atau dubur

Pembekuan darah disekitar anus ini biasa disebut trombosit dimana disekitar dubur atau anus akan berubah warna menjadi ungu atau kebiruan. Gejala pembekuan darah ini terjadi pada ambeien luar atau eksternal.

  • Terdapat lendir setelah buang air besar

Jika anda merasakan hal yang tidak biasa seperti adanya lendir yang keluar melalui dubur maka anda patut waspada sebab itu bisa menajdi salah satu gejala ambeien. Untuk itu pengobatan harus segera dilakukan agar penyakit tidak semakin serius.

Penyebab Ambeien

Penyebab penyakit ambeien sangatlah beragam. Beberapa faktor dapat meningkatkan resiko terserang ambeien. Beberapa faktor tersebut meliputi:

  • Sembelit : salah satu gangguan pencernaan adalah gangguan buang air besar yaitu sembelit. Sembelit terjadi akibat fases yang sudah mencapai rektrum namun sulit dikeluarkan. Hal tersebut akan membuat bagian disekitar anus membengkak. Ketika fases sulit dikeluarkan tak jarang orang akan mengejan namun hal tersebut justru meningkatkan resiko pemecahan pembuluh darah sehingga serangan penyakit ambeien akan mengancam anda
  • Berat badan berlebih : penyakit ambein juga bisa disebabkan kelebihan berat badan. Obesitas dapat menjadi sumber berbagai penyakit salah satunya penyakit ambeien. Selain itu makanan yang dapat menaikkan berat badan biasanya tidak memiliki kandungan serat dengan begitu resiko ambeien akan lebih tinggi lagi.
  • Genetik : faktor keturuna atau genetik ternyata juga bisa menyebabkan anda terserang ambeien. Misalnya ketika ibu atau ayah memiliki penyakit ambeien maka akannya memiliki resiko terserang ambein lebih tinggi dibanding yang tidak.
  • Angkat beban berat : mengangakat beban yang terlalu berat sangatlah tidak baik bagi kesehatan, sebab dapat menyebabkan perut turun dan mmeningkatkan resiko terserang penyakit ambeien.
  • Batuk : ambein juga bisa disebabkan batuk kering atau batuk tidak berdahak dengan intensitas yang tinggi.
  • Hamil : kehamilan dapat memicu terjadinya ambein akibat kehamilan yang menekan pembuluh darah sehingga mudah mengalami kerapuhan dan pecah
  • Memiliki riwayat penyakit hipertensi : seserang yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi lebih beresiko terserang ambeien.
  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas tinggi
  • Memiliki penyakit radang usus : penyakit ini dapat memicu serangan penyakit ambeien. Penyakit radang usus memiliki gejala seperti pembengkakan pada dubur.
  • Kelelahan : kelelhana juga bisa mmeningkatkan resiko terserang ambeien.
  • Mengkonsumsi makanan berlemak tinggi

Cara Mengatasi dan Mengobati Ambeien

Penyakit ambein menyebabkan daerah sekitar anus terasa nyeri dan buang air besar berdarah, jika kondisi ini dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius lagi, oleh sebab itu pengobatan dan pencegahan harus dilakukan dengan melakukan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Perbanyak konsumsi makanan berserat : cara menyembuhkan ambeien bukan hanya dengan mengkonsumsi obat saja tapi bisa dilakukan dengan mengubah pola makan yaitu dengan mulai mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti buang dan sayur. Serat akan membantu memperlancar buang air besar sehingga resiko ambeien juga akan menurun. Seperti konsumsi buah dan sayur.
  • Perbanyak konsumsi air : kurang cairan juga bisa menyebabkan sulit buang air besar sehingga dapat menimbulkan penyakit ambeien, dengan begitu penuhi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi air putih atau air mineral sebanyak 8 hingga 10 gelas perhari untuk mengobati tekanan pada pembuluh darah penyebab ambeien.
  • Hindari duduk terlalu lama : duduk terlalu lama dapat ,eningkatakn resiko penyakit ambeien karena duduk akan membuat peredaran darah tidak lancar sehingga akan membuat pembengkakan akan semakin parah dan beresiko pecahnya pembuluh darah
  • Olahraga secara teratur : olah raga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama menjaga kesehatan tubuh. Dengan olahraga secara teratur akan menurunkan resiko terserang ambeien dan memperlancar peredaran darah

Itulah beberapa gejala ambeien yang kerap dirasakan penderita penyakit ambeien. Gejala awal ambeien jangan dibiarkan sebab dapat memperparah kondisinya. Semoga bermanfaat.

Loading...

Jangan lewatkan juga: 14 Obat Ambeien Tradisional yang Ada di Sekitar Kita

loading...

Leave a Reply