Daftar Penyebab dan Gejala Angin Duduk yang Harus Diwaspadai

Gejala Angin Duduk – Angin duduk merupakan penyakit yang menyerang organ jantung akibat dari otot jantung kurangnya pasokan darah menuju jantung. Penyakit ini di dalam dunia media dikenal sebagai penyakit angina yang ditandai dengan rasa nyeri di bagian dada.

Pasokan darah menuju jantung bisa terjadi akibat penyempitan pembuluh darah atau pengerasan pembuluh darah. Jika penyakit angin dibiarkan tanpa pengobatan bisa menjalar ke anggota tubuh lain seperti lengan kiri, leher, rahang, serta punggung.

Artikel terkait: Gejala Masuk Angin Berikut ini!

Loading...

Serangan angin duduk bisa terjadi tiba-tiba dengan berbagai gejala yang muncul. Gejala angin duduk yang paling umum adalah nyeri pada dada, sesak nafas, mual dan masih banyak lagi gejala angin duduk lainnya.

Gejala angin duduk

Gejala angin duduk

Gejala angin duduk yang berupa nyeri pada dada di akibatkan kurangnya pasokan darah pada otot jantung yang menyebabkan penyakit jantung, namun bukan berarti semua nyeri jantung berhubungan dengan penyakit jantung.

Namun ketika tubuh anda mengalami gejala angin duduk sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mencari tahu kondisi kesehatan anda dan mencari pengobatan yang tepat. Jika anda belum mengetahui gejala angin duduk secara pasti anda dapat membaca artikel kali ini yang akan membahas mengenai gejala angin duduk.

Beberapa Gejala Angin Duduk

Penyakit angin duduk bisa menyerang siapa karena beberapa penyebab adanya penyempitan atau pembekuan sehingga pasokan darah dan oksigen menuju jantung menjadi terhambat akibatnya jantung tidak dapat bekerja dengan baik dan menyebabkan serangan angin duduk datang tiba-tiba.

Meski munculnya secara tiba-tiba, namun penyakit angin duduk dapat dilihat dari beberapa gejala angin duduk yang terlihat seperti berikut ini:

1. Dada terasa nyeri

Gejala angin duduk yang paling umum adalah nyeri pada bagian dada. Nyeri dada ini terjadi akibat jantung tidak dapat bekerja dengan baik, sedangkan jantung terletak di bagian dada. Nyeri dada ini akan membuat rasa yang tidak nyaman.

Nyeri dada ini disertai dengan rasa sumpek, seperti tertekan oleh benda berat atau seperti tertindih, sehingga anda akan kesulitan bernafas.

2. Nafas terasa berat

Gejala angin duduk yang selanjutnya adalah nafas terasa berat. Nafas terasa berat ini sebagai lanjutan dari nyeri dada yang membuat dada terasa tertindih benda berat. Penderita angin duduk akan mengalami kesuliatn saat bernafas.

Nafas akan semakin pendek, tersengal-sengal meski tidak sedang melakukan kegiatan fisik yang melelahkan. Jika anda melihat adanya gejala angin duduk yang berupa nyeri dada dan kesulitan bernafas sebaiknya segera periksakan ke dokter.

3. Tubuh cepat lelah

Jika anda mengalami kelelahan yang berat meski tidak sedang melakukan kegiatan fisik maka anda patut waspada sebab itu bisa menjadi ciri atau gejala angin duduk. Kelelahan ini terjadi akibat kurangnya pasokan darah menuju jantung membuat jantung harus bekerja ekstra sehingga membutuhkan kelelahan.

Selain itu kelelahan bisa terjadi akibat turunnya sistem kekebalan tubuh. hal ini akan membuat tubuh terasa tidak nyaman, serta kesulitan beraktivitas.

4. Nyeri pada dada mulai menyebar

Jika nyeri dada menyerang anda namun pengobatan tidak segera dilakukan maka nyeri tersebut akan menyebar kebagian tubuh yang lain akibat dari kurangnya pasokan darah menuju jantung. Penyebaran akan dimuali dari bagian rahang, leher, bahu, lengan kiri dan menuju punggung.

5. Mual

Penderita angin duduk juga mengalami gejala yang berupa mual. Gejala mual sering kali tidak dianggap sebagai penyakit serius sehingga kondisi ini sering kali diabaikan sehingga angka kematian akibat angin duduk setiap tahunnya mengalami peningkatan. Rasa mual juga diikuti dengan perut kembung.

6. Sesak nafas

Sesak nafas juga merupakan salah satu gejala angin duduk yang cukup umum terjadi. Selain nafas pendek dan tersengal, sesak nafas akan menyerang anda ketika pasokan darah menuju jantung dan paru-paru mengalami masalah. Nafas akan terasa sangat berat, bagian dada seperti terhimpit beban berat.

7. Sakit kepala

Gejala angin duduk hampir sama dengan gejala masuk angin biasa seperti mual, perut kembung, serta sakit kepala sehingga banyak yang menyepelekan penyakit ini. Padahal angin duduk yang dibiarkan tanpa pengobatan dapat menyebabkan kematian.

Sakit kepala yang dialami penderita angin duduk akan diikuti dengan munculnya gejala angin duduk lain seperti sesak nafas, nyeri dada, dan masih banyak lagi gejala lainnya sebaiknya segera periksakan ke dokter atau petugas media terdekat.

8. Tubuh menggigil

Penderita angin duduk juga akan mengalami menggigil meski tidak sedang kondisi cuca dingin. Menggigil akan terlihat seperti penderita tengah mengalami masuk angin biasa, namun menggigil yang dialami akan disertai dengan nyeri dada, sesak nafas, sakit kepala, mual dan masih banyak lagi.

Jika kondisi diatas anda alami sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan anda sebelum kondisi kesehatan anda memburuk dan menyebabkan kematian.

9. Keringat dingin

Kurangnya pasokan darah menuju jantung menjadi penyebab penyakit angin duduk dengan berbagai gejala yang akan muncul salah satunya adalah keluarnya keringat dingin. Keringat dingin yang terus keluar memang menjadi tanda umum penyakit hipotermia atau kekurangan darah.

10. Panik

Penyakit angin duduk selain menunjukkan gejala secara fisik juga menunjukkan gejala emosional seperti selalu merasa panik. Kepanikan akan semakin menjadi ketika kondisi kesehatan memburuk dan sulit ditahan.

Kepanikan jika dibiarkan tanpa penanganan bisa menyebabkan penderita angin duduk mengalami depresi. Oleh sebab itu penderita angin duduk membutuhkan support dari keluarga terdekat.

11. Nyeri pada ulu hati

Jika anda mengalami nyeri pada ulu hati yang disertai dengan nyeri dada dan sesak nafas itu bisa saja mengindikasikan adanya gejala angin duduk tengah menyerang tubuh anda. Nyeri ulu hati bukan hanya disebabkan naiknya asam lambung dan maag namun juga bisa menjadi salah satu gejala angin duduk.

12. Tubuh lemas

Kurangnya pasokan darah dan oksigen menuju jantung akan membuat tubuh kekurangan tenaga sebab darah dan oksigen membantu proses metabolisme dalam melakukan pembakaran kalori yang diubah menjadi tenaga.

Sehingga saat proses pembakaran kalori terhambat maka tubuh juga akan kekurangan tenaga dan merasa sangat lemas. Untuk itu anda akan kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari atau melakukan kegiatan fisik.

13. Dehidrasi

Salah satu gejala angin duduk yang cukup berbahaya adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Sehingga penderita angin duduk selalu merasa kering dan haus yang berlebihan. Kurangnya cairan akan mempengaruhi seluruh kinerja organ tubuh. salah satunya otak akan sulit konsentrasi.

Dehidrasi disertai dengan berbagai gejala lain seperti sakit kepala, mual, menggigil, sesak nafas, serta nyeri dada. Hal ini akan sangat berbahaya jika dibiarkan tanpa pengobatan yang tepat sebab dapat menyebabkan kematian.

Penyebab Angin Duduk

Penyakit angin duduk selain disebabkan kurangnya pasokan darah dan oksigen ke jantung juga memiliki banyak penyebab lainnya seperti berikut ini:

  • Angin duduk stabil : penyebab angin duduk yang pertama adalah penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah menuju jantung akibat dari kebiasaan hidup yang buruk seperti merokok, stres, udara, angin, serta makan berlebihan
  • Angin duduk tidak stabil : penyakit angin duduk juga bisa disebabkan timbunan lemak atau pembekuan darah sehingga aliran darah menuju jantung terhalang.
  • Angin duduk varian : penyebab angin duduk selanjutnya adalah penyempitan arteri jantung akibat dari spasme
  • Kolesterol tinggi : penyakit kolesterol juga dapat menyebabkan aliran darah menuju jantung menjadi terhambat sehingga angin duduk dapat menyerang secara tiba-tiba.
  • Diabetes : penyakit diabetes juga dapat menyebabkan komplikasi seperti kolesterol sehingga resiko terserang angin duduk juga semakin tinggi, selain itu tingginya kadar gula dalam darah dapat merusak dinding arteri.
  • Hepertensi : penyakit angin duduk bukan hanya disebabkan kurangnya pasokan darah menuju jantung tapi juga bisa disebabkan tekanan darah tinggi
  • Stres : salah satu penyebab angin duduk adalah stres yang juga menjadi penyebab utama berbagai penyakit berbahaya.
  • Obesitas
  • Merokok
  • Riwayat kesehatan keluarga
  • Kurang olahraga
  • Umur

Simak juga: Daftar Gejala Penyakit Herpes yang Harus Anda Waspadai

Pengobatan Angin Duduk

Jika anda merasakan muncul berbagai gejala angin duduk pada tubuh anda sebaiknya jangan dibiarkan berlarut-larut tanpa pengobatan yang tepat sebab angin duduk dapat menyebabkan kematian. Bahkan setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Pengobatan yang tepat bukan hanya dilakukan di rumah sakit namun ada beberapa cara mengobati angin duduk di rumah seperti berikut ini:

  • Olahraga teratur
  • Hindari stres
  • Mengkonsumsi makanan bergizi seperti kaya serat, perbanyak buah dan sayur, serta biji-bijian
  • Hindari makanan mengandung lemak jenuh
  • Makan sesuai kebutuhan per harinya
  • Diet sehat
  • Hindari merokok dan asap rokok
  • Hindari minuman beralkohol
  • kontrol kadar gula dalam darah
  • obat-obatan nitrat
  • obat pencegah pembekuan darah
  • obat penghambat saluran kalsium
  • nicorandil
  • obat penghambat beta
  • ivabradine
  • statin
  • aspirin
  • obat penghambat enzim pengubah angiotesin
  • operasi bypass
  • operasi angioplasty
Loading...

Demikianlah beberapa gejala angin duduk yang wajib anda ketahui. Semoga artikel kali ini membantu anda mengetahui kondisi kesehatan tubuh anda sehingga jika terjadi kesalahan dapat segera dilakukan pengobatan. Semoga bermanfaat.
Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lain agar semakin banyak lagi yang sadar akan bahaya angin duduk. Baca juga: 23 Daftar Gejala Amandel yang Sering Muncul

loading...

Leave a Reply