15 Gejala Asam Lambung Naik yang Harus Anda Ketahui

Gejala asam lambung naik – Asam lambung sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan lambung dan memiliki beberapa peranan penting seperti membantu mematikan bakteri penyebab penyakit yang masuk ke lambung, menjaga kestabilan gula darah dan membentuk protein enzim pencernaan.

Semua manfaat asam lambung tersebut dapat dirasakan tubuh jika kadar keasaman pada lambung berada pada kadar normal keasaman 1.5 sampai 3.5 pH. Jika kadar asam lambung melewati batas tersebut maka akan terjadi gangguan lambung atau biasa disebut kadar asam lambung naik.

Naiknya kadar asam lambung merupakan penyakit yang umum terjadi. Naiknya asam lambung terjadi akibat pola makan yang buruk. Membiarkan perut terlalu kosong atau sering menunda makan menjadi penyebab utama naiknya asam lambung.

Dalam istilah dunia medis naiknya asam lambung disebut GERD. Penyebab utama naiknya asam lambung menurut dunia medis karena terjadi kerusakan pada LES (lower esophageal sphinchter) yang merupakan lingkaran otot bagian bawah dari esofagu.

LES berfungsi mencegah asam lambung naik ke esofagus dengan cara menutup secara otomatis saat makanan masuk ke lambung. Jika LES atau pintu otomatis tersebut mengalami gangguan maka tidak bisa menutup dengan baik dan menyebabkan asam lambung bisa keluar dengan mudah dan menyebabkan asam lambung naik.

Kerusakan LES disebabkan beberapa hal seperti mengkonsumsi obat-obat tertentu, mengkonsumsi makanan berlemak, stress, kelebihan berat badan serta masih banyak yang lainnya yang berhubungan dengan pola makan yang buruk.

Gejala Asam Lambung Naik

Gejala Asam Lambung Naik

Gejala asam lambung naik biasanya ditandai dengan perut terasa begah dan kembung. Jika tidak segera diatasi  maka gejala asam lambung naik akan semakin banyak.

Gejala Asam Lambung Naik

Saat asam lambung meningkat segala kegiatan akan terganggu karena gejala yang akan timbul membuat tubuh terasa sakit dan tidak nyaman. Mari kita lihat beberapa gejala asam lambung naik seperti berikut ini:

  1. Munculnya rasa terbakar pada dada

Saat asam lambung meningkat hal pertama yang anda rasakan adalah munculnya rasa terbakar pada dada hal itu terjadi karena asam lambung yang naik dari lambung menuju kerongkongan akan membuat daerah yang dilewati asam lambung tersebut  terasa panas seperti terbakar.

Daerah yang dilewati asam lambung saat naik salah satunya bagian dada, jadi dada akan seperti terbakar.

  1. Muntah

Mual juga menjadi salah satu gejala asam lambung naik. Saat asam lambung meningkat maka lambung tidak bisa menerima makanan dengan baik dan mengakibatkan makanan akan keluar kembali selalui mulut atau disebut muntah.

  1. Ulu hati terasa nyeri

Saat tubuh terserang penyakit maka sinyal alami yang diberikan tubuh adalah rasa nyeri. Begitu juga saat lambung mengalami gangguan maka tubuh akan memberikan sinyal alami berupa perih dan nyeri.

Naiknya asam lambung biasanya akan menyebabkan rasa nyeri pada bagian ulu hati dan perut. Nyeri pada perut akan terjadi ketika anda mengkonsumsi makanan yang menyebabkan naiknya asam lambung seperti makanan pedas dan masam.

  1. Mual

Mual merupakan gejala asam lambung naik hal itu disebabkan gas yang berlebihan pada lambung akan membuat terasa mual dan saat asam lambung memiliki kadar yang lebih tinggi lagi bukan hanya mual tapi juga akan muntah.

  1. Perut kembung

Gas yang berlebihan di dalam lambung karena asam lambung meningkat akan membuat perut terasa kembung. Akan seperti ada angin di dalam lambung namun sulit dikeluarkan hal itu akan membuat segala aktivitas terganggu.

Sebaiknya hindari juga mengkonsumsi makanan yang mengandung gas seperti durian, nangka, dan nanas agar perut tidak semakin kebnug dan begah.

  1. Bersendawa terus menerus

Gas yang memenuhi lambung membuat anda bersendawa terus menerus hal itu juga merupakan salah satu akibat perut kembung. Jadi saat asam lambung anda meningkat anda akan bersendawa secara berulang-ulang. Sendawa yang berlebihan juga akan membuat perut terasa mual dan ingin muntah.

Gejala asam lambung naik ini juga hampir sama dengan gejala masuk angin. Namun bedanya sendawa karena asam lambung naik ini akan disertai dengan gejala-gejala lainnya seperti yang telah dijelaskan.

  1. Mulut terasa pahit

Selain beberapa gejala di atas naiknya asam lambung juga diiringi dengan mulut terasa pahit karena asam lambung yang naik sampai ke mulut akan menimbulkan efek pahit pada mulut. Hal itu akan membuat kita kehilangan selera makan karena semua makanan yang dimakan akan terasa pahit.

Jika hal tersebut dibiarkan maka asam lambung yang anda alami semakin meningkat karena perut dibiarkan kosong dalam waktu yang lama. sebaiknya paksa tubuh anda agar tetap makan untuk mencegah asam lambung semakin parah.

  1. Sulit menelan makanan

Asam lambung yang naik sampai ke kerongkongan akan membuat kerongkongan meradang atau sering disebut radang tenggorokan. Saat kerongkongan meradang akibat naiknya kadar asam lambung maka akan sulit saat menelan makanan.

Untuk asam lambung yang belum terlalu tinggi belum akan merusak kerongkongan namun anda akan merasa seolah-olah ada benjolan di dalam kerongkongan sehingga akan kesulitan menelan makanan.

  1. Perut teras perih

Saat anda menahan lapar secara berlebihan akan membuat asam lambung meningkat dan menyebabkan perut terasa perih. Begitu juga saat anda mengkonsumsi makanan yang masam atau pedas perut juga akan terasa perih.

Sebaiknya makan tepat waktu dan menghindari makanan pedas dan masam agar gejala tersebut tidak menyerang anda.

  1. Laringitis

Saat asam lambung meningkat kerongkongan juga mengalami gangguan karena kerongkongan merupakan organ pencernaan yang dilewati makanan saat menuju lambung. Jadi kerongkongan juga bisa terganggu saat asam lambung naik seperti radang tenggorokan dan laringitis.

Laringitis merupakan infeksi pada laring dan pita suara yang mengakibatkan tenggorokan sakit serta suara menjadi serak dan parau. Saat terjadi peradangan atau infeksi pada kerongkongan atau laring akan sulit menelan makanan.

  1. Nafas menjadi bau

Gejala asam lambung naik selanjutnya adalah nafas menjadi bau hal itu disebabkan karena sifat asam akan menimbulkan bau pada mulut. Saat mulut menjadi bau rasa percaya diri juga akan berkurang. Serta membuat orang enggan berinteraksi atau berdekatan dengan kita karena bau mulut anda.

  1. Munculnya air liur yang berlebihan

Munculnya air liur yang berlebihan juga menjadi salah satu gejala asam lambung naik. Hal itu terjadi karena terjadinya proses pembersihan atau penyembuhan pada iritasi yang terjadi pada lambung.

  1. Mengi

Mengi atau gangguan pernapasan juga bisa terjadi karena asam lambung meningkat. Saat mengi terjadi maka kita akan kesulitan bernapas.

  1. Batuk kering

Naiknya asam lambung juga bisa membuat anda terserang batu kering. Batuk kering sebagai gejala asam lambung naik biasanya akan lebih parah terjadi pada malam hari. Batuk kering juga menjadi penyebab mengi dan parau yang terjadi saat asam lambung meningkat.

15. Tinja berdarah atau hitam

Itulah 15 gejala asam lambung naik yang bisa mengganggu kesehatan dan kegiatan anda.

Cara Menjaga Asam Lambung Agar Tetap Normal

Sebaiknya jaga agar asam lambung tidak meningkat dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Makan tepat waktu
  • Jangan membiarkan perut dalam keadaan sangat kosong
  • Hindari makanan berkafein dan makanan yang mengandung gasa
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur
  • Hindari makanan pedas dan asam
  • Jauhi minuman beralkohol. Bersoda dan bergas
  • Minum air putih sesuai takaran 8 sampai 10 gelas perhari
  • Hindari makanan belemak dan berminyak
  • Jauhi makanan siap saji atau junk food
  • Rajin olah raga
  • Konsumsi makanan yang penderita asam lambung seperti brokoli, kunyit, kacang hijau, susu kambing, mentimun dan pisang

Itulah beberapa pembahasan tentang gejala asam lambung naik, sebaiknya lakukan beberapa cara di atas yang dapat membantu mencegah naiknya asam lambung. Meningkatnya kadar asam lambung jangan dianggap sepele karena asam lambung dapat mengakibatkan beberapa penyakit seperti radang tenggorokan dan maag jika tidak segera diatasi. Sebaiknya mulailah hidup sehat sejak dini agar tubuh terhindar dari penyakit ini. Semoga bermanfaat. Baca juga Daftar Menu Diet Sehat Sarapan, Makan Siang, Malam

No Responses to “15 Gejala Asam Lambung Naik yang Harus Anda Ketahui”

Leave a Reply