Apa Saja Gejala Asam Urat serta Bagaimana Cara Mengobati?

Gejala Asam Urat – Asam urat  merupakan penyakit yang kerap menyerang usia lanjut. Namun banyak juga dari para orang dewasa yang merasakan gejala asam urat karena pola makan saat ini yang sudah sangat tidak beraturan.

Gejala asam urat yang umum terjadi adalah nyeri pada jempol kaki. Asam urat terjadi akibat dari penumpukan asam urat pada tubuh yang disebabkan faktor makanan. Jika tubuh sudah terserang asam urat maka kondisi tubuh akan memburuk dan tidak nyaman.

Selain nyeri pada jempol kaki masih banyak lagi gejala asam urat lainnya. Asam urat akan menyebabkan penderitanya kesulitan berjalan. Rasa nyeri pada jempol kaki akan diikuti bagian tubuh lainnya seperti sendi-sendi yang terletak di ujung anggota badan, rasa nyeri ini akan semakin terasa di malam hari.

Loading...
Gejala asam urat

Ilustrasi Gejala asam urat

Beberapa persendian yang sering diserang asam urat adalah jari-jari tangan, pergelangan kaki, telapak tangan, telapak kaki tengah, pergelangan tangan, serta siku. Penyakit asam urat ini jangan dianggap remeh.

Penyakit asam urat dapat menyebabkan pembengkakan serta nyeri hebat dalam beberapa jam saja, selain itu kulit juga akan berwarna kemerahan terutama kulit yang melapisi sendi. Meski dalam 3 hingga 10 hari gejala asam urat bisa pulih dengan sendirinya seperti bengkak mengempis, kulit sekitar sendi terkelupas, bersisik, serta gatal namun jangan dianggap sepele sebab asam urat bisa kambuh dan semakin parah.

Kadar asam urat yang tinggi di dalam sendi yang diakibatkan penumpukan limbah akibat dari penguraian zat purin di dalam tubuh yang sebagian dikeluarkan memalui tinja dan urine. Penumpukan zat purin ini jika diabaikan dapat menyebabkan resiko penyebaran  ke sendi-sendi lain dan meningkatkan resiko kerusakan sendi permanen.

Jika jumlah produksi asam urat lebih banyak dari jumlah yang dikeluarkan maka asam urat tersebut akan membentuk kristal-kristal tajam natrium urat berukuran mikro di sekeliling jaringan sendi dan bermuara di dalam sendi maka asam urat akan menyebabkan gangguan sendi atau disebut penyakit asam urat.

Naiknya kadar asam urat dapat dipicu tingginya konsumsi makanan mengandung zat purin seperti jeroan hewan, kerang, kepiting, ikan teri, ikan makarel, dan daging merah, serta minuman manis dan beralkohol. Selain itu mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan tertentu seperti niacin, aspirin, sislosporin, deuretik dan masih banyak lagi jenis obat lainnya.

Gejala Asam Urat

Penyakit asam urat ini sangat berbahaya apa lagi jika penanganan lambat dilakukan dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius dan menyebabkan kematian. Untuk itu sebaiknya kita mengetahui gejala asam urat agar pengobatan bisa segera dilakukan. Kali ini Ceksehat.com akan berbagi beberapa gejala asam urat yang berhasil kami rangkum, berikut ini diantaranya:

1. Nyeri sendi kaki

Tingginya kadar asam urat di dalam sendi menyebabkan sendi terasa nyeri. Selain itu penyakit asam urat juga menyebabkan sendi terasa panas serta lemak ketika ingin digerakkan, gejala ini kerap dirasakan pada lansia terutama pada malam hari.

Gejala asam urat yang satu ini banyak di salah artikan sebagai gejala rematik. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kesehatan kita secara langsung, agar pengobatan juga tepat dilakukan.

Artikel terkait: 22 Gejala Kolesterol yang Harus Anda Waspadai

2. Jempol kaki sakit

Gejala asam urat juga bisa dilihat dari bagian ujung sendi terasa sakit salah satu contohnya bagian jempol kaki. Dengan begitu rasa nyeri ini menyebabkan rasa kurang nyaman sehingga membuat penderita asam urat menjadi mudah marah, gelisah, serta sulit tidur. Nyeri pada bagian jempol kaki merupakan gejala asam urat yang umum terjadi.

3. Perasaan kaki terbakar

Ketika kadar asam urat meningkat biasanya penderita asam urat akan merasakan sensasi terbakar pada bagian sendi yang diawali dari bagian jempol kaki dan menyebar hingga ke seluruh tubuh terutama bagian sendi.

Hal ini tentunya akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari, serta menyulitkan kita istirahat. Sensasi terbakar ini bisa terjadi sesaat namun semakin tinggi kadar asam urat maka rasa akan semakin sering dan lama.

4. Jaringan mengeras pada sendi

Bagian sendi yang dipenuhi asam urat akibat pnguraian zat purin ini akan menjadi kaku atau mengeras. Semakin terasa nyeri maka bagian sendi jika diperhatikan dengan seksama akan semakin kaku.

Jika kondisi ini dibiarkan tanpa penanganan dan pengobatan akan sangat berbahaya bisa membuat sendi mati rasa sehingga potensi mengalami kelumpuhan akan semakin meningkat.

5. Persendian bengkak

Gejala asam urat juga bisa dilihat dari bagian sendi yang terlihat bengkak. Pembengkakan sendi ini terjadi setelah kondisi penyakit asam urat ini sudah cukup serius dan sering terjadi. Selain itu pembengkakan sendi akan semakin parah jika penderita asam urat juga menderita penyakit diabetes.

 

6. Kemerahan pada sendi

Penumpukan asam urat pada sendi menyebabkan sensasi terbakar serta panas hal tersebut juga berdampak pada warna kulit. Kulit penderita asam urat akan terlihat kemerahan. Kemerahan akan semkain terlihat ketika rasa panas terus terjadi. Selain kemerahan gejala asam urat kompleks akan terlihat seperti sendi bengkak, sendi kaku, kulit kemerahan, kulit panas serta masih banyak lagi yang lainnya.

7. Tidak bisa bergerak dengan bebas

Sendi yang diserang dengan berbagai gejala asam urat pada akhirnya akan mengalami kerusakan yang cukup serius seperti tidak dapat bergerak dengan bebas. Hal ini terjadi akibat penumpukan kristal-kristal yang menyerang bagian sendi yang bertekstur lunak. Kesulitan gerak ini diawali dari bagian kaki lalu menyebar kebagian tubuh lainnya.

8. Sendi tidak bisa digerakkan

Setelah sendi mengalami betbagai gejala asam urat yang cukup serius dan tidak bisa digerakkan dengan bebas maka ujungnya sendi tidak dapat digerakkan sama sekali. Dengan begitu resiko kelumpuhan akan semakin tinggi.

Oleh sebab itu segera lakukan pemeriksaan asam urat dan segera ambil langkah pengobatan yang tepat sebelum terlanjur sendi tidak dapat digerakkan atau mengalami kelumpuhan. Selain itu menghindari makanan yang mengandung zat purin tinggi sebaiknya dihindari seperti jeroan, makanan laut, serta daging merah.

9. Kelumpuhan

Kelumpuhan merupakan ancaman yang paling serius bagi penderita asam urat. Kelumpuhan akan menyebabkan penderita asam urat tidak lagi bisa hidup normal. Tidak dapat mengurus dirinya sendiri, sehingga menyusahkan orang. Lakukan pengobatan dengan segera sebelum asam urat merusak kondisi kesehatan anda.

10. Sendi terasa gatal

Pada bagian sendi yang mengalami penumpukan kadar asam urat permukaan kulitnya akan terasa gatal. Rasa gatal ini akan semakin parah ketika sendi semakin mengeras dan tinggi kadarnya. Jika asam urat tidak segera dikendalikan rasa gatal akan menyerang kebagian sekitar sendi

11. Kulit bersisik

Penderita asam urat juga mengalami berbagai gangguan pada kulit seperti kemerahan, gatal serta terasa panas. Selain itu penderita asam urat juga akan memiliki kulit yang bersisik. Hal ini tentunya akan sangat merusak penampilan bukan apalagi jika asam urat dialami orang dewasa. Pengobatan sebaiknya segera dilakukan agar kondisi anda bisa pulih seperti sebelumnya.

12. Sendi tidak nyaman

Dengan semua gejala asam urat yang  dirasakan penderita penyakit asam urat menyebabkan sendi terasa tidak nyaman. Terutama pada malam hari. Meski pada siang hari ketidak nyaman juga kerap dialami.

  • Sendi yang meradang menjadi lebih sensitif. Meski hanya disentuh sedikit akan terasa semakin sakit
  • Kesemutan meski tanpa penyebab yang jelas
  • Nyeri pada bagian lutut, pangkal jempol, kaki, siku dan pergelangan tangan serta jari
  • Linu sendi terutama lutut sehingga penderitanya kesulitan duduk dan berdiri
  • Penderita asam urat akan mengalami demam, nyeri sendi, detak jantung menjadi lebih cepat, serta menggigil

Penyebab Asam Urat

Tingginya kadar asam urat di dalam tubuh disebabkan tigginga kadar zat puring yang masuk atau diproduksi  dari pada kadar asam urat yang dikeluarkan. Beberapa penyebab tingginya kadar zat purin adalah sebagai berikut :

  • Mengkonsumsi makanan tinggi zat purin seperti:
    • Daging tinggi lemak
    • Makanan laut seperti cumi, kepiting, kerang , serta masih banyk lagi
    • Minuman beralkohol
    • Minuman bersoda
    • Minuman peningkat energi
  • Obesitas atau kelebihan berat badan juga dapat meningkatkan resiko terserang asam urat
  • Menderita beberapa penyakit tertentu dalam jangka panjang tanpa perawatan maksimal seperti :
  • Tekanan darah tinggi
  • Stroke
  • Jantung
  • Diabetes
  • Batu ginjal
  • Mengkonsumsi obat-obatn kimia tertentu dalam jangka panjang seperti obat ginjal, obat tekanan darah tinggi, serta masih banyak lainnya
  • Faktor keturunan
  • Lelaki dengan usia sekitar 30 hingga 55 tahun
  • Wanita yang memasuki masa menoupose

Cara Mengobati Asam Urat

Jika tubuh anda merasakan adanya gejala asam urat seperti di atas sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengecek kadar asam urat di dalam tubuh. Jika anda positif menderita asam urat sebaiknya segera lakukan pengobatan untuk menurunkan kadar asam urat.

Pengobatan bisa dilakukan dengan metode yang pertama meringan kan gejala dan yang kedua mencegahnya terulang kembali. Langkah sederhana untuk meringankan gejala asam urta adalah dengan mengompres bagian sendi yang sakit dengan kantong es.

Kemudian mengkonsumsi obat pereda rasa sakit untuk menghilangkan rasa sakit pada sendi seperti colchine, OAINS serta obat golongan steroid. Kemudian anda dapat mengkonsumsi obat penurun kadar asam urat seperti allopurinol.

Setelah pengobatan pereda gejala asam urat anda dapat melakukan beberapa hal untuk mencegah asam urat kambuh kembali seperti:

  • Hindari mengkonsumsi makanan tinggi zat purin seperti jeroan hewan, kepiting, kerang, daging tinggi lemak
  • Kurangi berat badan dengan mengurangi jumlah kalori dalam makanan.
  • Hindari makanan yang mengandung pemanis buatan
  • Hindari makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji, makanan berlemak, makanan berpengawet
  • Hindari konsumsi minuman bersoda dan beralkohol
  • Perbanyak konsumsi air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas perhari
  • Hindari sayuran tinggi purin seperti kembang kol, bayam, asparagus, kacang polong, serta jamur
  • Batasi jumlah konsumsi kopi untuk mencegah naiknya kadar asam urat.

Komplikasi Asam Urat

Beberapa komplikasi yang kerap muncul pada penderita asam urat jika tidak ditangani dengan serius seperti berikut ini:

  • Pada bagian sendi yang meradang rentan mengalami benjolan keras atau tifi.
  • Jika asam urat terus menerus terjadi selama bertahun-tahun dapat menyebabkan kerusakan sendi permanen.
  • Batu ginjal dapat terjadi akibat dari komplikasi asam urat akibat dari pengendapan asam urat yang bercampur dengan kalsium di dalam ginjal.

Demikianlah pembahan mengenai gejala asam urat yang dapat membantu anda mengetahui kondisi kesehatan anda agar penanganan bisa segera dilakukan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar semakin bermanfaat lagi.

Loading...

Simak juga: Faktor Penyebab Asam Urat Tinggi yang Harus Anda Waspadai

loading...

Leave a Reply