Daftar Gejala Penyakit Asma yang Harus Anda Ketahui!

Gejala Asma Penyakit asma menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tragis sebab hingga saat ini belum ada obat khusus untuk menyembuhkan penyakit asma. Penyakit asam adalah penyakit yang menyerang sistem pernafasan.

Penyebab penyakit asma adalah penyempitan saluran pernafasan bronkus yang menimbulkan rasa nyeri di dada dan sesak nafas yang sangat berbahaya apa lagi jika asma yang anda alami sudah termasuk asma akut dapat menyebabkan kematian.

Obat pereda asma bisa di konsumsi ketika anda merasa serangan asma mulai diraskan namun akan sangat berbahaya jika di rumah anda tidak memiliki stok obat asma sebab asma dapat kambuh secara tiba-tiba dan sangat berbahaya.

Loading...

Penyakit ini sangatlah mengganggu dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan menyiksa. Penderita asma tidak dapat bekerja terlalu berat sebab kegiatan fisik yang berlebihan akan membuat penyempitan bronkus semakin parah.

Pengobatan asma harus dilakukan secara intensif agar tidak membahayakan nyawa pasien. Namun banyak kasus asma mendapatkan penanganan lambat sebab banyak yang tidak mengetahui gejala asma secara pasti.

Gejala Asma

Ilustrasi: Gejala Asma

Gejala asma sebenarnya cukup mudah diamati yakni ketika anda tengah bernafas lalu tarikan nafas semakin berat dan nyeri di bagian dada, maka anda patut waspada sebab itu merupakan salah satu gejala asma.

Penyebab Penyakit Asma

Selain itu masih banyak lagi gejala asma lainnya. Sebelum kita membahas mengenai gejala asma secara tuntas sebaiknya kita lihat terlebih dahulu beberapa penyebab asma seperti berikut ini :

1. Polusi udara

Penyempitan saluran bronkus bisa disebabkan adanya paparan polusi udara yang masuk ke paru-paru. Kotornya udara yang masuk ke paru-paru akan membuat asma kambuh, salah satu polusi udara itu adalah asap rokok dan kebiasaan merokok, asap kendaraan, serta asap pabrik.

Polusi udara yang terhirup setip hari pada awalnya menyebabkan flu, batuk, sinusitis kemudian terus berkembang bakteri dan virus di dalamnya dan menyebabkan infeksi pada saluran bronkus dan menyebabkan penyakit asma.

2. Alergi

Jika anda termasuk tipe orang yang sensitif,  alergi bisa menimbulkan munculnya serangan asma. Alergi bisa muncul akibat alergi debu, alergi makanan, alergi bulu binatang, alergi cuaca dingin serta alergi serbuk sari.

3. Infeksi virus

Adanya serangan virus di dalam paru-paru bisa menyebabkan munculnya penyakit asma. Infeksi virus akan membuat dada juga terasa nyeri. Untuk itu penanganan medis dibutuhkan segera untuk mengobati penyakit tersebut.

4. Obesitas atau kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas tanpa penanganan dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit berbahaya seperti darah tinggi, kolesterol, stroke serta dapat menyebabkan penyakit asma. Sebab lemak yang menumpuk di dalam tubuh akan menyebabkan paru-paru  dan saluran bronkus tertutup lemak.

5. Faktor genetik

Salah satu penyebab penyakit asma yang cukup sering terjadi adalah faktor genetik. Adanya keturunan dari pihak keluarga memperbesar resiko terserang penyakit asma dibanding yang tidak memiliki gen tersebut.

6. Stres

Stres memang menjadi sumber berbagai penyakit, sebab stres akan meningkatkan hormon estrogen. Meningkatnya hormon esterogen akan menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit salah satunya penyakit asma.

Gejala Asma yang Harus Diwaspadai 

Munculnya penyakit asma bisa dilihat dari berbagai gejala asma yang dirasakan tubuh. namun banyak dari masyarakat yang belum mengetahui gejala asma secara pasti sehingga penanganan lambat dilakukan. Untuk itu dalam artikel kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai gejala asma seperti berikut ini :

1. Sesak nafas

Bernafas merupakan kegiatan yang kita lakukan setiap hari untuk bertahan hidup namun saat anda merasakan tarikan nafas anda mulai berat atau terasa sesak, sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan anda ke dokter sebab itu hal itu bisa menjadi salah satu gejala asma.

2. Munculnya suara saat bernafas

Adanya penyempitan bronkus bukan hanya menyebabkan sesak nafas namun akan saat bernafas akan menghasilkan bunyi atau dikalangan masyarakat umum disebut mengi.

3. Nyeri di bagian dada

Salah satu penyebab penyempitan saluran bronkus adalah adanya infeksi atau peradangan akibat virus dan bakteri. Hal tersebut akan menimbulkan keluhan sakit di bagian dada. Sakit dada akan terasa semakin sakit ketika asma semakin bertambah parah.

Artikel terkait: Penyebab dan Gejala Angin Duduk yang Harus Diwaspadai

4. Keluhan sulit tidur

Sulit tidur atau insomnia merupakan salah satu gejala asma. sulit tidur merupakan dampak dari berbagai gejala asma lain yang muncul seperti sesak nafas, nyeri dada dan masih banyak yang lainnya.

5. Gejala membiru pada wajah dan bibir

Penyakit asma juga menyebabkan wajah dan bibir membiru akibat kurangnya pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh akibat dari penyempitan bronkus. Untuk itu sebaiknya konsumsi obat asma dan perbanyak istirahat agar kondisi sedikit membaik.

6. Sakit kepala

Penyakit asma juga bisa dilihat dari gejala sakit kepal yang sering muncul tanpa penyebab yang jelas. Sakit kepal ini sebenarnya disebabkan kurangnya pasokan oksigen ke otak.

7. Keringat dingin

Penderita asma akan menghasilkan keringat lebih banyak dari pada orang normal, namun keringat yang keluar adalah keringat dingin. Keringat dingin ini menandakan kondisi tubuh kurang baik.

8. Mudah lelah

Penyempitan bronkus menyebabkan pasokan oksigen ke otak menjadi terhambat akibatnya sistem metabolisme juga akan terganggu. Sistem metabolisme yang tidak lancar menyebabkan pembakaran lemak tidak maksimal sehingga tubuh akan kekurangan tenaga dan mudah lelah.

9. Detak jantung lebih cepat

Penyakit asma juga dapat ditandai dengan detak jantung lebih cepat. Hal ini disebabkan kurangnya pasokan oksigen ke jantung sehingga memaksa jantung bekerja lebih keras memompa darah sehingga menghasilkan detak jantung tidak beraturan.

  • Sulit berbicara
  • Sulit makan
  • Mudah mengantuk
  • Menurunnya daya ekspirasi
  • Batuk

Diagnosis Penyakit Asma

ketikan anda merasakan tubuh anda mengalami beberapa gejala asma seperti di atas sebaiknya segera periksa ke dokter atau petugas medis untuk memastikan kondisi kesehatan anda. Lalu dokter melakukan pemeriksaan dengan melakukan beberapa tes seperti berikut ini :

  • spirometri
  • tes arus puncak ekspirasi(APE)
  • uji provokasi bronkus
  • pengukuran status alergi
  • CT Scan
  • Rontgen

Pengobatan Penyakit Asma 

Setelah melakukan beberapa tes dan diagnosa pasti sudah didapatkan dan anda positif menderita asma maka langkah pengobatan akan segera dilakukan untuk menghambat kondisi menjadi lebih serius lagi.

Mengkonsumsi obat-obatan seperti inhaler pereda. Selain mengkonsumsi obat-obatan yang dianjurkan dokter, menjauhi penyebab asma juga sangat penting sebagai penunjang pengobatan dan mempercepat proses penyembuhan.

Untuk kondisi yang tidak kunjung membaik meski telah mengkonsumsi obat-obatan seperti inhaler dan menjauhi penyebab asma namun kondisi tidak kunjung membaik maka rawat inap akan menjadi solusi yang tepat.

Asma tanpa pengobatan dapat menyebabkan penyempitan permanen atau asma kronis yang dapat membahayakan nyawa pasien.

Komplikasi Penyakit Asma 

Penyakit asma tanpa pengobatan dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang cukup mengganggu dan berbahaya seperti berikut ini :

  • Gangguan psikis seperti stres, depresi, serta cemas
  • Menurunnya performa
  • Kelelahan berat
  • Gangguan pubertas dan gangguan pertumbuhan
  • Status asmatikus
  • Pneumonia
  • Gagal pernapasan
  • Kerusakan paru-paru
  • Kematian

Cara Mengendalikan Penyakit Asma 

Beberapa cara mengendalikan penyakit asma bisa anda lakukan sebagai langkah pencegahan kambuhnya penyakit tersebut dan mencegah penyakit ini menjadi lebih parah yang meliputi :

  • Menghindari faktor yang dapat menyebabkan asma
  • Mengikuti anjuran yang dibuat dokter sebagfai rencana penanganan
  • Mengetahui secara pasti gejala asma dan langkah pengobatan yang tepat
  • Mengkonsumsi obat yang telah diresepkan dokter
  • Memonitor kondisi pernapasan anda.

Demikianlah pembahasan mengenai gejala asma yang dapat menyerang anda kapan saja. Untuk menghindari penyakit asma sebaiknya anda menghindari pemicu munculnya penyakit tersebut. Semoga bermanfaat.

Loading...

Jangan lewatkan juga: Gejala Demam Berdarah yang Harus Kita Waspadai!

loading...

Leave a Reply