Daftar Gejala Awal Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai

Gejala Awal Kanker Serviks – Kanker serviks menjadi penyakit mematikan no 1 di dunia untuk wanita. Penyakit ini rata-rata menyerang wanita yang memiliki gaya hidup buruk dan memiliki daya tahan tubuh lemah. Penyakit ini disebabkan serangan virus human papillongmavirus.

Virus akan menyerang tubuh namun tidak langsung bereaksi menginfeksi tubuh melainkan akan hidup pasif selama kurun waktu yang tidak ditentukan. Virus akan aktif  ketika daya tahan tubuh mulai melemah dan beberapa faktor penyebab lainnya.

Banyak dari para wanita yang tidak menyadari gejala awal kanker serviks sehingga resiko kematian akan lebih besar lagi, padahal penyakit kanker serviks merupakan salah satu kanker yang bisa disembuhkan secara total.

Loading...

Untuk itu dalam artikel kali ini CekSehat akan membantu anda melihat beberapa gejala awal kanker serviks agar anda dapat mengetahui kondisi kesehatan anda secara pasti, kemudian pengobatan bisa segera dilakukan untuk mencegah penyebaran kanker dan kematian.

Tidak semua virus human papillongmavirus atau virus kutil ini berbahaya, hanya virus jenis HPV 16 dan HPV 18 saja yang dapat menyebabkan kanker serviks. Pertumbuhan sel yang ubnormal atau sulit dikendalikan pada leher rahim inilah yang disebut kanker serviks.

Untuk mengetahui serangan kanker serviks kita bisa melihat dari pendarahan yang terjadi diluar siklus menstruasi, nyeri pada saat berhubungan intim serta masih banyak lagi gejala awal kanker serviks lainnya.

Gejala awal kanker serviks

Gejala awal kanker serviks

Penyebab Kanker Serviks

Virus human papillongmavirus memiliki banyak jenis, ada yang tidak berbahaya yakni menyebabkan kanker serviks ada juga yang tidak berbahaya hanya menyebabkan tumbuhnya kutil di kaki atau tangan serta  alat kelamin.

Jenis virus HPV 16 dan 18 yang menyerang leher rahimlah yang akan tumbuh aktif dan menyebabkan penyakit kanker serviks. Virus ini akan menyebabkan sel-sel di dalam tubuh terus tumbuh secara ubnormal atau sulit dikendalikan dan akhirnya menjadi cikal bakal penyakit kanker serviks.

Virus yang telah mengendap di dalam tubuh dapat aktif sewaktu-waktu bisa memakan waktu yang cukup lama yakni bisa 10 hingga 15 tahun kemudian terus melukai dinding rahim dan terus berkembang menjadi kanker di saat daya tahan tubuh melemah dan tidak dapat melakukan perlawanan lagi terhadap virus tersebut.

Selain itu ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan resiko terserang kanker serviks yang meliputi :

  • Stres menyebabkan virus yang hidup secara pasif menjadi aktif dan terus menggerogoti dinding rahim
  • Daya tahan tubuh lemah sehingga tubuh akan kesulitan melawan virus secara alami
  • Berhubungan intim dengan lebih dari satu orang merupakan gaya hidup yang sangat buruk yang menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit seperti HIV AIDS, serta kanker serviks
  • Melahirkan banyak anak membuat leher rahim semakin terdesak dan mengalami luka yang akan meningkatkan resiko serangan kanker serviks
  • Menikah di usia dini atau berhubungan intim terlalu muda dimana organ reproduksi belum matang dan belum siap
  • Merokok menjadi penyebab berbagai penyakit berbahaya salah satunya menyebabkan kanker serviks
  • Memakai alat kontrasepsi oral atau pil KB selama bertahun-tahun

Salah satu cara mencegah serangan kanker serviks adalah dengan menggunakan pelindung seperti kondom ketika berhubungan intim, meski belum sepenuhnya dapat mencegah penularan namun cukup optimal melindungi tubuh anda dari kanker serviks.

Selain itu pemberian vaksin dapat melemahkan virus penyebab kanker serviks seperti:

  • Jenis virus HVP 16 dan 18 diberi vaksin bivalen
  • Jenis virus HVP 6,11,16,18 diberi vaksin kuadrivalen
  • Jenis virus HVP 31,33,45, serta 58 diberi vaksin nonavalen

Gejala Awal Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai

Kanker servik menjadi penyakit yang paling sering menyerang kaum wanita dengan resiko kematian cukup tinggi. Untuk mencegah penyakit ini menjadi penyakit kronis maka gejala awal kanker serviks  harus diketahui agar pengobatan juga bisa dilakukan sedini mungkin. Mari kita lihat beberapa gejala kanker serviks seperti berikut ini:

1. Tanpa gejala

Hal cukup ditakutkan dari kanker serviks stadium awal adalah tidak menunjukkan gejala apapun sehingga diagnose akan lebih sulit dilakukan hal ini akan menyebabkan menunda pengobatan. Biasanya penyakit ini diketahui di saat memasuki stadium sedang dimana berbagai gejala mulai muncul dan pengobatan akan lebih sulit dilakukan.

Untuk mencegah penyakit kanker serviks menjadi lebih serius sebaiknya pemeriksaan secara rutin harus dilakukan setiap 6 bulan sekali agar kondisi kesehatan anda bisa diketahui secara pasti.

2. Pendarahan vagina

Pendarahan pada vagina yang terjadi di luar siklus menstruasi dengan intensitas tinggi merupakan salah satu gejala awal kanker serviks. Selain mengalami pendarahan hebat, biasanya penderita kanker serviks juga merasakan nyeri ketika berhubungan intim.

Hal tersebut terjadi akibat leher rahim menderita luka dan semakin merapuh. Selin itu pendarahan juga terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama atau lebih panjang dari masa menstuasi.

Pendarahan juga bisa terjadi pada saat seorang wanita telah memasuki masa menoupose serta darah yang kerap keluar bersamaan dengan keputihan sehingga keputihan akan berubah warna menjadi keruh kemerahan.

3. Pendarahan yang lebih panjang

Penyakit kanker serviks yang menyebabkan leher rahim terus digerogoti sehingga membuat leher rahim semakin luka dan rapuh membuat pendarahan lebih sering terjadi dalam jangka waktu yang lebih panjang dari masa menstruasi biasanya.

4. Pendarahan lebih banyak

Pendarahan yang dialami penderita kanker serviks bisa terjadi pada saat masa menstruasi atau juga di luar masa menstruasi dengan volume air yang lebih banyak dari biasanya.

5. Pendarahan setelah masa menoupose

Kanker serviks dapat terjadi pada semua wanita baik yang masih dalam masa produktif serta wanita yang sudah memasuki masa menoupose. Pendarahan akan terjadi meski seorang wanita sudah menoupose ketika kanker mulai menginfeksi tubuh.

6. Keputihan bercampur darah

Keputihan memang wajar terjadi pada setiap wanita namun ketika anda mengalami keputihan akut yang terjadi terus menerus dan bercampur darah maka hal itu patut diwaspadai sebagai salah satu gejala awal kanker serviks.

7. Pendarahan saat berhubungan badan

Virus human papillongmavirus menyebabkan leher rahim merapuh dan mengalami luka, sehingga ketika benda asing mulai masuk ke dalam leher rahim maka luka tersebut akan semakin membesar dan menyebabkan pendarahan yang semakin banyak, itulah mengapa ketika berhubungan intim penderita kanker serviks akan mengalami pendarahan.

8. Timbul nyeri saat berhubungan intim

Luka yang pada leher rahim yang menyebabkan pendarahan parah juga menimbulkan rasa nyeri terutama ketika berhubungan intim. Hal ini terjadi akibat gesekan pada leher rahim pada benda asing.

9. Nyeri sekitar panggul

Gejala awal kanker serviks yang sering dirasakan penderita kanker serviks adalah nyeri disekitar panggul.

10. Kehilangan nafsu makan

Saat tubuh merasakan ada yang tidak beres maka secara otomatis nafsu makan juga akan menurun, begitu juga ketika tubuh merasakan kanker servisk mulai menginfeksi tubuh maka nafsu makan juga akan menghilang.

11. Berat badan menurun

Berat badan menurun merupakan salah satu efek samping dari hilangnya nafsu makan. Selain itu zat taksin yang merupakan efek samping dari kanker servik juga akan membuat berat badan menurun.

12. Kelelahan berlebihan

Penderita kanker serviks juga akan mengalami kelelahan yang belebihan. Hal ini terjadi akibat berbagai gejala awal kanker serviks yang menguras tenaga, selain itu menurunnya nafsu makan juga akan membuat tubuh kehilangan tenaga.

Berikut ini gejala awal kanker srviks yang juga patut anda waspadai:

  • Nyeri punggung
  • Sakit-sakit pada bagian tulang
  • Tulang akan lebih mudah mengalami patah tulang akibat kerapuhan tulang terutama pada bagian kaki
  • Keluarnya urin atau fases dari vagina
  • Sakit pada bagian kaki
  • Nyeri panggul
  • Pembengkakan pada bagian kaki
  • Gangguan organ pencernaan
  • Gangguan saluran kemih

Pemeriksaan Gejala Kanker Serviks

Jika anda merasakan tubuh anda mengalami berbagai gejala awal kanker serviks maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau petugas medis terdekat. Maka dokter akan melakukan diagnosa untuk mengetahui stadium dari kanker tersebut.

Mengetahui stadium penyakit kanker bertujuan untuk mencari pengobatan yang tepat. Berikut beberapa tahapan seperti berikut ini:

  • Tes fisik serta riwayat kesehatan : Langkah awal diagnosa adalah melakukan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan riwayat kesehatan seperti melihat beberapa cirri fisik yang ditunjukkan.
  • Pemeriksaan panggul : tes selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan panggul untuk mengetahui posisi, ukuran,bentuk serta ovarium dari kanker serviks yang dilakukan dengan memasukkan jari telunjuk melalui vagina dan tangan di atas perut
  • Tes pap smear : langkah diagnose selanjutnya adalah dengan melihat apakan ada virus yang menginfeksi leher rahim atau leher rahim masih dalam keadaan normal dengan mengumpulkan sel dari leher rahim dan vagina dan dilihat menggunakan mikroskop
  • Tes human papillongmavirus : pemeriksaan ini dilakukan dengan melakukan pemeriksaan DNA dan RNA
  • Kutetase andoserviks : tes ini dilakukan dengan mengkombinasikan dua tes yakni tes pap dan tes HVP
  • Biospi : biospi dilakukan dengan mengampil sample dari leher rahim untruk diteliti secara intensif.
Loading...

Demikianlah beberapa gejala awal kanker serviks yang patut kita waspadai. Jika anda merasakan tubuh anda mengalami berbagai gejala tersebut maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis untuk mencari pengobatan yang tepat. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Tanda Kanker Serviks yang Harus Anda Waspadai!

loading...

Leave a Reply