Daftar Gejala Batu Ginjal yang Sering Muncul, Waspada!!!

Gejala Batu Ginjal – Ginjal merupakan organ tubuh manusia yang memiliki peranan sangat peting yakni sebagai penyaring dari sisa proses metabolisme yang akan di keluarkan melalui urin. Jika ginjal mengalami masalah maka cairan sisa metabolisme tersebut akan mengendap di dalam tubuh dan menyebabkan berbagai masalah.

Salah satu penyakit yang sering menyerang ginjal adalah penyakit batu ginjal. Batu ginjal merupakan gumpalan keras dan kecil yang terbentuk di dalam ginjal di dalam dunia medis lebih dikenal dengan istilah renal lithiasis.

Batu ginjal terbentuk akibat mineral dan asam garam mengkristal dan menggumpal ketika urin tengah berkonsentrasi. Penggumpalan atau pengkristalan itu terjadi karena berbagai hal. Salah satunya akibat kurangnya konsumsi air putih dan terlalu sering menahan buang air kecil.

Sedangkan gejala batu ginjal itu sendiri yang paling umum adalah nyeri pada bagian punggung dan pinggang. Ketika gatu ginjal bergerak ke perut bagian bawah dan pangkal paha maka ras nyeri akan semakin bertambah. Lalu rasa nyeri akan semakin terasa ketika batu ginjal bergerak hingga ke saluran kencing.

Selain gejala batu ginjal di atas masih banyak lagi gejala batu ginjal yang dirasakan oleh tubuh. Untuk mengurangi rasa nyeri akibat gejala batu ginjal yang dirasakan tubuh maka pengobatan harus segera dilakukan agar tidak menyebabkan kerusakan permanen. Pengobatan batu ginjal yang paling sederhana adalah mengkonsumsi banyak air putih.

Gejala Batu Ginjal

Ilustrasi: Gejala Batu Ginjal

Pengobatan sejak dini akan membantu menghancurkan batu ginjal dan melarutkannya melalui buang air kecil selain itu banyak mengkonsumsi air putih akan membantu mencegah terbentuknya batu ginjal atau menurunkan resikonya.

Fungsi Organ Ginjal 

Sebelum kita melihat beberapa gejala batu ginjal sebaiknya kita lihat terlebih dahulu beberapa fungsi organ ginjal bagi tubuh seperti berikut ini:

  • Fungsi utama ginjal adalah menyaring dan membuang racun dari sisa metabolisme yang bersumber dar makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari yang bercampur dalam darah. Jika racun yang mengandung urea dan uric acid ini tidak dapat dibuang maka akan mengendap di dalam tubuh dan menyebabkan berbagai kerusakan pada organ tubuh lainnya. Serta mengaganggu kinerja tubuh
  • Menjaga kebersihan darah
  • Mengendalikan tekanan darah dengan enzim renin yang dihasilkan ginjal akan membantu mengendalikan elektrolisis dan tekanan darah. Selain itu enzim yang dihasilkan ginjal ini dapat mengubah protein dalam darah dan menghasilkan hormon angiotensis yang akan diubah menjadi aldosterone yang berfungsi sebagai penghancur sodium.
  • Mengatur keseimbangan pH darah
  • Memproduksi vitamin D

Gejala Batu Ginjal

Ketika batu ginjal terbentuk di dalam ureter-pipa yang menjadi penghubung antara kandungan kemih dan ginjal maka berbagai masalah akan terjadi, bahkan jika pengobatan terlambat dilakukan dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Untuk mencegah kerusakan permanen maka kita perlu mengetahui gejala batu ginjal agar kita bisa tanggap pada kondisi tubuh dan pengobatan bisa segera dilakukan. Mari kita lihat beberapa gejala batu ginjal seperti berikut ini :

  1. Nyeri akan menyerang bagian-bagian tubuh terutama yang berdekatan dengan ginjal seperti nyeri pada sisi tubuh, nyeri pada punggung serta nyeri pada bagian bawah pinggul
  2. Kemudian setelah bagian yang berdekatan dengan ginjal akan terasa nyeri lalu rasa nyeri tersebut akan mulai menyebar ke bagian bawah tubuh terutama pangkal paha
  3. Ketika buang air kecil terasa nyeri akibat batu ginjal yang mengendap pada saluran kencing
  4. Urine berubah warna menjadi berwarna pink, coklat atau merah
  5. Perut terasa mual bahkan hingga menyebabkan muntah
  6. Intensitas buang air kecil menjadi meningkat akibat daya tampung urin yang semakin dikit akibat saluran kemih dipenuhi batu ginjal
  7. Adanya penggumpalan batu ginjal dapat menyebabkan infeksi yang membuat tubuh menjadi demam atau menggigil
  8. Air seni beraroma tidak sedap
  9. Rasa nyeri akan membuat kita menjadi gelisah
  10. Sulit beristirahat akibat tubuh merasa tidak nyaman
  11. Buang air kecil menjadi sulit akibat saluran kencing terhambat oleh batu ginjal
  12. Kelopak mata menjadi bengkak atau sembab, bahkan pembengkakan dapat menyebar pada bagian kaki dan tangan
  13. Memiliki tekanan darah tinggi

Penyebab Batu Ginjal 

 Setelah kita melihat beberapa gejala batu ginjal sebaiknya kita lihat apa saja penyebab batu ginjal yang menyerang tubuh anda. Batu ginjal ini terjadi akibat beberapa unsur kehilangan keseimbangan seperti cairan urin, mineral dan zat asam.

Saat beberapa unsur tersebut kehilangan keseimbangan maka akan terjadi penggumpalan atau pengkristalan sehingga terbentuklah batu ginjal di dalam ginjal. Selain itu faktor pendukung terjadi pengkristalan atau penggumpalan adalah kurangnya konsumsi air putih dan terlalu sering menahan air kencing.

Selain itu efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan kimia juga bisa membentuk batu ginjal.

Artikel terkait: Penyebab Penyakit Gagal Ginjal yang Harus Anda Waspadai

Faktor Resiko Batu Ginjal 

Berikut ini beberapa faktor yang dapat meningkatkan serangan  batu ginjal seperti :

  • Memiliki faktor keturunan atau faktor genetik
  • Faktor usia dapat meningkatkan resiko serangan batu ginjal, rentan usia yang mudah terserang adalah di usia 40 tahun ke atas
  • Jenis kelamin turut berpengaruh pada serangan batu ginjal, laki-laki lebih beresiko dibanding wanita
  • Kekurangan cairan
  • Mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi, tinggi kandungan gula dan tinggi sodium
  • Kelebihan berat badan
  • Pernah melakukan operasi saluran pencernaan
  • Serta memiliki berbagai penyakit lain seperti renal tubular acidosis, infeksi saluran urin tertentu, serta cystinuria hyperparatyroidism

Diagnosis Batu Ginjal

Ketika anda melihat beberapa gejala batu ginjal mulai terlihat pada tubuh anda sebaiknya segera bawa ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui kondisi tubuh anda secara pasti. Maka dokter akan melakukan pengecekan pada tahap awal dengan melihat gejala batu ginjal yang anda rasakan.

Selain itu dokter juga akan melihat riwayat penyakit anda dan dan keluarga. Serta dokter akan bertanya tentang makanan yang anda konsumsi apakan makanan tersebut dapat meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal seperti makanan berprotein tinggi serta suplemen pemicu batu ginjal.

Langkah selanjutnya dokter akan melakukan beberapa tes untuk memastikan kondisi tubuh melalui cara medis dengan melakukan beberapa tahap seperti tes urin, tes darah, serta tes pemindaian seperti USG, CT scan, rontgen, serta intravenous urogram/IVU

Cara Mengobati Penyakit Batu Ginjal 

Jika setelah melakukan berbagai tes kesehatan lalu anda positif menderita batu ginjal maka pengobatan harus segera dilakukan. Pengobatan untuk batu ginjal cukup beragam tergantung dari ukuran dan tingkat keparahannya.

Untuk batu ginjal yang masih berukuran kecil atau sedang, maka operasi tidak perlu dilakukan. Pengobatan cukup dilakukan dengan banyak mengkonsumsi air putih. Untuk batu ginjal yang masih berukuran kecil dan dapat melewati saluran kandung kemih maka cairan akan membantu mendorong batu ginjal untuk keluar melalui air seni dengan sendirinya.

Untuk gejala batu ginjal yang memberi reaksi berlebih pada tubuh seperti mengalami demam, serta rasa nyeri lainnya maka dokter akan memberikan obat pereda nyeri atau demam dengan memberikan obat anti radang non steroid, acetaminopen serta ibuprofen.

Batu ginjal yang terlambat diketahui akibat rendahnya kesadaran manusianya menyebabkan batu ginjal menyumbat saluran kemih akibat batu ginjal yang besar maka penanganan yang lebih serius perlu dilakukan  dengan melakukan berbagai prosedur pengobatan berikut ini laser, ultrasoun serta operasi.

Artikel terkait: 19 Obat Alami Penyakit Ginjal yang Terbukti Ampuh

Cara Mencegah Batu Ginjal 

Batu ginjal yang terbentuk di dalam ginjal anda sangatlah mengganggu bukan? Berbagai gejala batu ginjal yang anda rasakan menyebabkan tubuh anda merasa nyeri dan kurang nyaman. Untuk itu dari pada kita sulit melakukan berbagai pengobatan yang juga memakan banyak biaya sebaiknya lakukan beberapa pencegahan batu ginjal.

Cara paling sederhana menghindari batu ginjal adalah dengan mengkonsumsi air putih sesuai takaran yakni 8 hingga 10 gelas perhari. Cara pencegahan selanjutnya yakni dengan membatasi konsumsi makanan, minuman, serta suplemen yang memiliki kandungan yang dapat meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal seperti protein hewani, suplemen kalsium, serta zat oksalat.

Beberapa makanan yang mengandung zat oksalat yang wajib dihindari bagi penderita batu ginjal seperti :

  • Kacang-kacangan
  • Ikan sarden
  • Treh hitam
  • Cokelat
  • Bayam
  • Ubi
  • Asparagus
  • Buah anggur

Demikianlah beberapa gejala batu ginjal yang bisa anda jadikan tolak ukur kondisi tubuh anda. Jika berbagai gejala ginjal tersebut anda rasakan sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter dan segera lakukan pengobatan yang tepat. Semoga berhasil. Simak juga: 40 Gejala Penyakit Ginjal yang Harus Anda Ketahui Sejak Dini!

Leave a Reply