Daftar Gejala Penyakit Bronkitis yang Harus Kita Waspadai!

Gejala Bronkitis – Penyakit bronkitis merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan pada manusia khususnya infeksi pada paru-paru. Ketika paru-paru mengalami infeksi maka akan terjadi peradangan dengan berbagai gejala bronkitis yang akan muncul.

Gejala bronkitis yang paling umum terlihat adalah nafas terasa berat dan nyeri. Selain itu masih banyak lagi gejala bronkitis lainnya. Penyakit bronkitis dibagi menjadi dua jenis yakni  bronkitis kronis dan bronkitis akut.

Bronkitis akut sangat sering menyerang anak-anak di bawah 5 tahun dengan masa infeksi sekitar 2 hingga 3 minggu. Sedangkan bronkitis kronis masa infeksinya lebih lama yakni sekitar 3 bulan dan banyak menyerang orang dewasa dan lansia.

Loading...
Gejala bronkitis

Gejala bronkitis

Ketika tubuh mengalami infeksi pada saluran pernafasan biasanya gejala bronkitis umum akan muncul yakni batuk kering namun ada juga kasus batuk berdahak dengan lendir berwarna kuning ke abuan.

Gejala Bronkitis yang Harus Anda Waspadai

Selain beberapa gejala bronkitis di atas masih banyak lagi gejala lainnya yang bisa menjadi pertanda adanya peradangan pada saluran pernafasan sehingga kondisi tubuh bisa dipantau dengan baik dan pengobatan bisa segera dilakukan. Berikut beberapa gejala bronkitis seperti:

  • Batuk kering menjadi gejala umum bronkitis namun ada juga kasus batuk berdahak dengan lendir berwarna kehijauan atau keabu-abuan dan jika terus memburuk akan menyebabkan lendir bercampur darah
  • Sesak nafas akibat terjadi infeksi pada saluran pernafasan yang membuatnya meradang dan sesak
  • Sakit tenggorokan dimana tenggorokan merupakan saluran pernafasan sehingga ikut terkena dampak infeksi yang akan menyebabkan kesulitan menelan makanan dan minuman
  • Kelelahan akibat dari infeksi saluran pernafasan sehingga udara yang masuk ke dalam tubuh berkurang sehingga mempengaruhi sistem metabolisme untuk menghasilkan energi
  • Demam merupakan pertanda adanya perlawanan dari sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi sebab sistem imun akan bekerja optimal ketika suhu tubuh meningkat.
  • Menggigil menjadi salah satu gejala bronkitis
  • Sakit kepala akibat pasokan oksigen ke otak terhambat atau berkurang
  • Sinus dan hidung tersumbat akibat adanya infeksi pada saluran pernafasan yang menyebabkan hidung dipenuhi ingus atau lendir
  • Badan terasa nyeri akibat kurangnya pasokan oksigen ke dalam tubuh
  • Dada terasa tidak nyaman atau nyeri akibat paru-paru mengalami peradangan yang memang letak paru-paru di bagian dada
  • Produksi mukosa atau lendir meningkat yang berlangsung cukup lama sekitar 3 bulan dengan lendir hijau, keabuan bahkan bercampur darah
  • Infeksi dada yang terus berulang

Saat yang Tepat Memeriksakan Diri ke Dokter

Saat anda merasakan tubuh anda mengalami berbagai gejala bronkitis di atas sebaiknya anda patut waspada dan segera periksakan ke dokter apa bila keadaan menjadi semakin serius dengan berbagai gejala seperti :

  • Batuk yang tak kunjung sembuh selama 3 minggu lebih dengan intensitas yang terus meningkat dan mulai mengganggu kenyamanan tidur dan melakukan kegiatan sehari-hari
  • Demam lebih dari 3 hari tanpa ada tanda-tanda kesembuhan
  • Batuk yang disertai dengan lendir yang bercampur darah
  • Sesak pada bagian dada dan tarikan nafas semakin pendek sekitar 30 kali permenit
  • Mudah mengantuk atau sulit konsentrasi
  • Munculnya bronkitis disertai dengan adanya penyakit jantung serta paru-paru seperti asma, gagal jantung kongestif, emifisema, serta penyakit paru obstruktif kronis
  • Menderita HIV/AIDS

Penyebab Penyakit Bronkitis

Bronkitis merupakan penyakit yang menyerang bronkus atau saluran pernafasan. Saluran pernafasan berfungsi membawa udara ke paru-paru dan sebaliknya. Selain itu ada juga dinding bronkus yang berfungsi menghasilkan lendir atau mukosa sebagai penahan debu dan benda asing lain yang masuk ke dalam paru-paru yang dapat menyebabkan infeksi.

Penyakit bronkitis bukan tanpa penyebab ada banyak penyebab bronkus mengalami infeksi atau peradangan.  Penyebab utama infeksi bronkus adalah infeksi virus.  Ketika bronkitis menyerang maka produksi lendir atau mukosa akan meningkat sehingga menyebabkan batuk.

Selain akibat virus penyakit bronkitis bisa disebabkan banyak faktor pendukung seperti :

  • Merokok akan menyebabkan infeksi atau peradangan semakin memburuk sehingga gejala bronkitis akan semakin kronis
  • Berada dilingkungan yang kurang sehat
  • Udara disekitar tercemar polusi seperti asap kendaraan, asap pabrik, serta masih banyak lagi
  • Terhirup bulu hewan peliharaan seprti bulu kucing, anjing, serta kelinci dan amsih banyak lagi yang lainnya

Perawatan Sederhana Penderita Bronkitis

Ketika penyakit bronkus telah masuk ke zona mengkhawatirkan sebaiknya segara lakukan pemeriksaan ke dokter untuk melakukan penanganan medis yang tepat. Untuk anda yang masih belum membutuhkan perawatan medis sebaiknya melakukan beberapa perawatan sederhana untuk meringankan gejala bronkitis seperti berikut ini:

  • Istirahat secukupnya akan membantu proses pemulihan dan menjaga kondisi tubub tetap fit
  • Perbanyak konsumsi air putih akan mengurangi produksi lendir dan membantu mengeluarkan lendir sehingga mencegah penumpukan lendir di dalam saluran pernafasan.
  • Tinggalkan kebiasaan merokok dan berdekatan dengan perokok untuk mencegah kita menjadi perokok pasif
  • Konsumsi makanan atau minuman penambah sistem imun seperti campuran madu dan lemon akan membuat sistem imun meningkat dan akan melawan infeksi virus secara alami
  • Hindari terkontaminasi polusi udara seperti asap pabrik, asap knalpot, serta bahan kimia lainnya
  • Hindari konsumsi obat batuk tanpa resep dokter yang akan memperparah kondisi saluran pernafasan anda.

Penanganan Penderita Bronkitis Kronis

ketika saluran pernafasan anda telah terserang virus dan terjadi infeksi atau peradangan maka secara otomatis tubuh anda akan lebih mudah terserang infeksi. Jika hal tersebut terjadi maka pemberian vaksinasi flu dan vaksinasi pneumonia perlu di berikan.

Namun pemberian kedua vaksin tersebut membutuhkan persetujuan dokter terlebih dahulu. Jika dokter merasa pemberian vaksin tidak diperlukan dengan alasan tertentu  maka sebaiknya tidak dilakukan.

Kemudian pengobatan bronkitis akan dilakukan dengan cara yang sama dengan pengobatan paru obstuktif kronis (PPOK). Kemudian obat mucolytic akan diberikan dokter untuk membantu mengencerkan mukosa atau lender.

Selain itu untuk meredakan gejala bronkitis yang muncul maka rehabilitasi paru akan dilakukan. Kemudian penderita bronkitis juga di haruskan menghindari konsumsi obat yang dijual bebas di pasaran kecuali dengan resep dokter.

Kemudian anda juga di wajibkan memulai hidup sehat dengan menghindari rokok dan asapnya serta jenis piolusi lainnya. Perbanyak istirahat dan konsumsi air putih, dan konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur.

Komplikasi yang Mungkin Muncul

Jika penyakit bronkitis dibiarkan tanpa pengobatan dalam jangka waktu yang lama maka tidak bisa dihindari akan muncul berbagai komplikasi seperti munculnya pneumonia. Kondisi ini terjadi akibat infeksi yang terus menyebar lebih jauh ke dalam paru-paru.

Infeksi yang terus merusak ke dalam paru-paru akan menyebabkan kantong udara terisi cairan. Namun resiko terkena pneumonia cukup kecil hanya sekitar 5 % dari penderita bronkitis. Resiko terserang pneumonia akan meningkat pada lansia, perokok, serta sistem imun yang lemah.

Loading...

Itulah beberapa gejala bronkitis yang patut anda waspadai. Jika terlihat tubuh anda mulai merasakan berbagai gejala tersebut sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mencegah kondisi yang lebih serius lagi. Semoga bermanfaat. Simak juga: Daftar Gejala Awal Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai

loading...

Leave a Reply