21 Gejala Cacar Air yang Harus Anda Waspadai Sejak Dini

Gejala Cacar Air – Ketika anda melihat adanya bintik merah atau ruam tumbuh pada kulit anda kemudian bintik tersebut dipenuhi cairan atau berisi cairan maka sebaiknya anda patut curiga dengan kondisi kulit anda sebab bisa saja anda terserang cacar air.

Cacar air disebabkan adanya serangan virus. Ketika virus masuk ke dalam tubuh tidak langsung menunjukkan reaksi namun setelah 1 hingga 2 minggu barulah virus menjadi aktif dan menginfeksi kulit.

Namun semua itu tergantung juga dari kuat atau lemahnya sistem kekebalan tubuh. jika kondisi sistem imun buruk maka reaksi virus akan lebih cepat lagi dan begitu juga sebaliknya. Gejala cacar air biasanya ditandai dengan munculnya ruam selama kurang lebih 7 hari.

Loading...

Kemudian cacar air akan menunjukkan gejala lainnya yang cukup serius. Jika pengobatan tidak segera dilakukan maka cacar air dapat menyebabkan komplikasi yang cukup serius. Meski belum ada obat cacar air secara khusus namun pengobatan dilakukan untuk membantu mengurangi gejala dan mempercepat proses penyembuhan.

Selain melakukan pengobatan secara medis untuk mepercepat penyembuhan anda dapat membantu proses penyembuhan secara alami dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. cara meningkatkan sistim imun bisa dilakukan mengkonsumsi makanan bernutrisi, olah raga teratur, konsumsi air putih dan masih banyak lagi.

Jika sistem kekebalan tubuh meningkat maka kinerja sistem imun akan meningkat dengan melakukan perlawanan secara alami dari dalam. Naiknya suhu tubuh merupakan pertanda dari sistem imun masih bekerja dengan baik melawan virus.

Gejala Cacar Air

Gejala Cacar Air

Gejala Cacar Air yang Harus Diwaspadai

Penyakit cacar air selain menunjukkan gejala munculnya ruam pada kulit juga diikuti dengan gejala cacar air lainnya yang hampir sama dengan gejala influenza yang meliputi :

1. Demam

Munculnya ruam pada kulit yang diikuti dengan demam tinggi merupakan salah satu gejala cacar air. Gejala demam sama dengan gejala influenza. Gejala demam akan semakin serius ketika virus sudah menginfeksi saluran pernafasan.

Demam pada penderita cacar air juga bisa menjadi pertanda adanya perlawanan dari sistem imun terhadap virus, sebab sistem imun akan bekerja maksimal ketika suhu tubuh meningkat atau tinggi.

Artikel terkait: Gejala Demam Berdarah yang Harus Kita Waspadai!

2. Batuk kering

Virus yang menginfeksi tubuh juga dapat menyerang hingga ke saluran pernafasan seperti tenggorokan, jika hal ini terjadi maka batuk kering tidak dapat dihindari lagi. Semakin menurunnya sistem imun maka batuk akan semakin serius dan biasanya terjadi setelah 2 atau 3 hari terserang cacar air.

3. Sakit tenggorokan

Terinfeksinya saluran pernafasan bukan hanya menyebabkan batuk kering namun juga membuat tenggorokan terasa nyeri. Jika tenggorokan sudah mulai terinfeksi maka anda akan kesulitan menelan makanan maupun air.

4. Pilek

Jika kondisi sudah tubuh sudah semakin serius dan virus telah menginfeksi saluran pernafasan maka bukan hanya tenggorokan yang sakit tapi hidung juga akan pilek atau keluar lendir dari hidung. Kondisi ini juga sama dengan gejala influenza namun konsumsi obat influenza tidak akan memperbaiki kondisi tubuh anda.

5. Mata merah

Gejala campak berikutnya adalah mata merah. Hal ini disebabkan nyeri pada tenggorokan dan pilek membuat mata pedih dan merah. Selain itu mata merah disebabkan infeksi atau peradangan yang sudah menyebar hingga ke lapisan terluar mata.

Artikel terkait: 11 Tips Mengatasi Sakit Mata Secara Alami

6. Mata gatal

Infeksi virus yang menyerang bagian mata terluar bukan hanya menyebabkan mata merah tapi juga menyebabkan mata gatal. Mata gatal ini juga disebabkan iritasi mata seperti sakit mata, mata mengeluarkan cairan dan kotoran

7. Sariawan biru dibagian dalam mulut

Penyakit cacar air juga menyebabkan mulut mengalami sariawan. Namun sariawan sedikit berbeda dari biasanya. Sariawan berbentuk bintik-bintik kecil dan ada bintik kecil di dalamnya berwarna kebiruan. Sariawan akan membuat anda sulit menelan.

8. Ruam

Gejala cacar air yang paling umum adalah munculnya ruam pada kulit. Awalnya ruam hanya muncul pada satu titik lama-kelamaan ruam akan semakin banyak dan berkumpul pada satu titik dan berisi cairan. Saat cairan pecah maka bisa cairan tersebut akan membuat cacar semakin banyak dan dapat menyebar ke orang lain. Maka dari itu sebaiknya hindari kontak langsung dengan penderita cacar air.

9. Gangguan pendengaran

Ada beberapa kasus cacar air yang menyebabkan komplikasi seperti gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran terjadi akibat virus menyebar hingga ke gendang telinga. Untuk itu sebagai pencegahan komplikasi sebaiknya pengobatan harus segera dilakukan

Jika infeksi sudah menyebar hingga ke telinga maka bukan hanya gangguan pendengaran tapi juga telinga akan mengeluarkan cairan berwarna keruh dan berbau kurang sedap. Jika pengobatan tidak dilakukan maka gangguan pendengaran permanen bisa saja terjadi.

10. Radang tenggorokan

Nyeri tenggorokan dan batuk yang dialami penderita cacar air dapat menjadi semakin parah jika tidak diobati dengan baik yakni dapat menyebabkan radang tenggorokan. Meski pengobatan secara alami bisa dilakukan dengan memperbaiki sistem imun namun untuk mempercepat penyembuhan sebaiknya periksakan diri anda ke dokter.

11. Pneumonia

Saat tubuh menderita cacar air namun pengobatan tidak kunjung dilakukan serta daya tahan tubuh juga memburuk maka selain menyebabkan radang tenggorokan dan gangguan pendengaran juga dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius lagi yakni pneumonia atau infeksi paru-paru

Virus yang menyerang saluran pernafasan akan terus menyebar hingga ke paru-paru kemudian di dalam paru-paru akan terbentuk lendir dan nanah. Jika hal ini terjadi bisa saja berakibat penderita cacar air mengalami batuk berdahak, batuk kering, batuk berdarah bahkan bisa kehilangan nyawa.

12. Kejang

Demam tinggi yang mencapai 40 derajat celcius pada penderita cacar air jika tidak diatasi dapat menyebabkan kejang. Kejang juga terjadi akibat virus menyerang otak. Jika kondisi ini tidak segera diobati maka akan sangat berbahaya, bisa saja merenggut nyawa penderita cacar air.

13. Gangguan kehamilan

Ketika anda hamil sebaiknya hindari kontak langsung dengan penderita cacar air atau hindari juga berada satu ruangan dengan penderita cacar air sebab jika cacar air menyerang ibu hamil akan sangat berbahaya.

Ibu hamil yang terserang cacar dapat menyebabkan keguguran, gangguan janin kronis, kelahiran premature, serta berat bayi di bawah batas normal. Ibu hamil yang terserang campak biasanya akan mudah mengalami pendarahan ringan, keluar cairan berlebih dari vagina serta kram perut.

14. Trombosit menurun

Gejala cacar air selanjutnya adalah trombosit rendah atau anemia. Kondisi ini cukup mengkhawatirkan jika terus dibiarkan dalam jangka waktu lama tanpa penanganan sebab dapat menyebabkan penderita cacar air mengalami kerusakan jantung, pembekuan darah, serta pendarahan.

15. Sakit kepala

Sakit kepala menjadi salah satu gejala cacar air yang cukup sering dialami penderita campak. Hal ini disebabkan virus yang mulai menyebar ke bagian kepala. Selain itu kondisi ini juga dipicu rendahnya jumlah trombosit atau anemia.

16. Diare

Gejala cacar air selanjutnya adalah diare. Diare disebabkan virus mulai menyerang saluran pencernaan. Untuk mencegah kondisi tubuh semakin serius sebaiknya hindari dehidrasi dengan mengimbangi cairan yang keluar saat diare dengan cairan yang masuk dengan memperbanyak konsumsi air putih.

17. Mual dan muntah

Penderita campak juga kerap kali dilanda rasa mual yang berlebihan. Mual bisa terjadi kapan saja terutama di pagi hari. Mual akan disertai dengan muntah. Mual dan muntah bahkan terjadi sejak cacar air mulai menyerang tubuh.

18. Kehilangan nafsu makan

Salah satu dampak berbagai gejala campak yang muncul adalah hilangnya nafsu makan. Apa lagi dengan kondisi mulut yang dipenuhi sariawan dan sakit tenggorokan yang menyebabkan kesulitan menelan makanan membuat nafsu makan semakin hilang.

19. Kehilangan kesadaran

Saat virus sudah menyebar ke berbagai anggota tubuh seperti telinga dan otak akan sangat berbahaya. Berbagai komplikasi dapat muncul salah satunya kehilangan kesadaran atau tidak dapat menerima reaksi apapun. Jika hal ini dibiarkan dapat menyebabkan kematian mendadak.

20. Lemah dan letih

Hilangnya nafsu makan, kurang darah, sakit tenggorokan dan berbagai gejala cacar air lainnya akan menyebabkan tubuh kehilangan tenaga atau merasa lemah dan letih.

21. Berat badan menurun

Hilangnya nafsu makan pada penderita cacar air dapat menyebabkan berat badan menurun.

Cara Mencegah Cacar Air

Disbanding melakukan berbagai pengobatan sebaiknya kita melakukan berbagai upaya pencegahan seperti berikut ini :

  • Selalu jaga kebersihan diri dengan mandi minimal 2 kali sehari
  • Jaga kondisi tubuh agar selalu tetap fit dengan menjalankan pola hidup sehat
  • Istirahat yang cukup dan tepat waktu
  • Perbaiki sistem kekebalan tubuh
  • Perbanyak konsumsi air putih
  • Hindari kontak fisik dengan penderita cacar air
  • Hindari menggunakan barang-barang penderita cacar air seperti handuk
  • Hindari berada satu ruangan tertutup dengan penderita cacar air untuk mencegah penularan melalui udara

Pengobatan Cacar Air

Jika anda merasakan tubuh anda mulai terserang cacar air dengan munculnya berbagai gejala cacar air sebaiknya segera lakukan pengobatan dengan melakukan berbagai hal seperti berikut ini:

  • Konsumsi pereda demam seperti ibuprofen dan parasetamol
  • Dokter akan memberikan antibiotic dan vitamin A ketika campak tengah meradang.
  • Melakukan vaksin sejak bayi untuk melemahkan virus campak
  • Bersihkan mata yang iritasi atau mengeluarkan kotoran dengan tisu atau kain katun yang direndam air

Komplikasi Cacar Air

Penyakit cacar air memang sangat berbahaya. Berbagai gejala campak dapat menyerang tubuh dan menyebabkan tubuh menjadi kurang sehat bahkan bisa menyebabkan komplikasi dan kematian. Berikut beberapa komplikasi yang dapat muncul akibat cacar air seperti :

  • Infeksi mata
  • Kejang
  • Infeksi paru atau pneumonia
  • Dehindari
  • Meningitis
  • Radang pita suara
  • Gangguan jantung
  • Ensefalitis
  • Mata juling
  • Gangguan jantung
  • Gangguan kehamilan dan janin
  • Buta permanen
Loading...

Itulah beberapa gejala cacar air yang patut anda waspadai sebab sangat berbahaya bagi tubuh. serangan virus cacar air dapat menginfeksi anggota tubuh lainnya dan menyebabkan komplikasi yang sangat berbahaya. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Gejala Infeksi Saluran Kencing/Kemih

loading...

Leave a Reply