Daftar Gejala Cacingan yang Harus Anda Ketahui!

Gejala Cacingan – Cacingan bisa menyerang siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun cacingan lebih identik dengan anak-anak. Cacingan biasa disebabkan kurang terjaganya kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal.

Cacingan jangan dianggap sepele, sebab cacingan tanpa pengobatan bisa menyebabkan kurang gizi dan kurang darah akibat sebagian atau seluruh nutrisi yang masuk ke dalam tubuh diambil oleh cacing yang hidup di dalam usus manusia.

Kurangnya nutrisi juga akan menghambat proses pembentukan sel darah merah sehingga resiko anemia akan lebih tinggi. Cacingan dapat kita lihat dari berbagai gejala cacingan yang akan muncul.

Loading...

Gejala cacingan yang paling umum adalah makan banyak namun badan kurus dengan perut yang membesar. Selain itu masih banyak lagi gejala cacingan lainnya.

Jenis-jenis Cacing yang Menyerang Manusia

Ada beberapa jenis cacing yang sering menyerang manusia sepreti berikut ini:

  • Cacing pita :cacing ini disebut cacing pita Karena bentuknya hampir sama dengan pita yakni pipih dengan ruas-ruas pada seluruh tubuh. cacing ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui tangan yang tekontaminasi telur lalu menyentuh mulut atau makanan lalu dikonsumsi
  • Cacing tambang :cacing tambang hidup di dalam tanah yang hangat dan lembab yang kemudian tersentuh oleh tangan lalu tangan menyentuh mulut
  • Cacing kremi :cacing kremi memiliki bentuk atau ukuran kecil namun sangat mengganggu dan sangat mudah menyebar terutama dikalagan anak-anak.
Gejala Cacingan

Gejala Cacingan

Gejala Cacingan yang Harus Anda Waspadai

Gejala cacingan itu sendiri sangat beragam. Mulai dari sakit perut hingga nafsu makan menurun. Jika kita melihat beberepa gejala cacingan mulai kita rasakan sebaiknya segera konsumsi obat cacing. Untuk melihat secara pasti gejala cacingan mari kita lihat pembahasan berikut ini :

1. Nyeri perut

Adanya cacing yang hidup di dalam saluran pencernaan khususnya usus membuat perut terasa kurang nyaman tepatnya nyeri perut. Hal ini disebabkan kegiatan cacing yang memakan sari-sari makanan.

2. Diare

Gejala cacingan selanjutnya adalah diare. Diare merupakan salah satu masalah pada sistem pencernaan akibat cacing yang hidup dan berkembang biak di dalam saluran pencernaan. Diare membuat fases berubah tekstur menjadi lebih lembek dan cair dengan intensitas lebih tinggi dibanding biasanya yakni bisa 3 kali atau lebih

3. Turun nafsu makan

Cacingan yang menyebabkan sakit perut dan diare akan membuat penderita cacingan kehilangan nafsu makan. Selain itu kehilangan nafsu makan juga disebabkan cacing yang terus memakan sari-sari makanan yang masuk ke dalam tubuh.

4. Anemia

Salah satu gejala cacingan yang sangat berbahaya adalah kurang darah atau anemia. Anemia terjadi akbta kurangnya nutrisi tubuh membuat proses pembentukan sel darah merah terhambat. Jika anemia tidak di atasi dapat menyebabkan gangguan jantung.

5. Lesu dan lemas

Cacingan juga dapat dilihat dari tubuh yang terasa lesu atau kurang bersemangat dalam melakukan berbagai hal. Lesu juga disebabkan tubuh kekurangan darah dan kekurangan nutrisi.

6. Batuk tak kunjung sembuh

Meski cacingan merupakan penyakit yang disebabkan cacing yang hidup di dalam saluran pencernaan tapi bukan berarti hanya saluran pencernaan yang terkena masalah namun saluran pernafasan juga ikut terganggu yakni penderita cacingan akan mengalami batuk yang tak kunjung sembuh.

7. Turun berat badan

Penderita cacingan secara otomatis akan kehilangan berat badan. Hilangnya berat badan disebabkan nafsu makan yang terus menurun serta cacing yang terus memakan sari-sari makanan sehingga nutrisi yang digunakan untuk menjaga kebugaran dan berat badan tidak terpenuhi dengan baik.

8. Selera makan bertambah

Meski kebanyakan kasus cacingan menyebabkan nafsu makan menurun, ada beberapa kasus yang menyebabkan nafsu makan semakin bertambah. Namun meski keinginan makan terus meningkat berat badan tetap saja terus menurun hal ini disebabkan meski banyak makan namun nutrisi  dari makanan tersebut tidak masuk ke dalam tubuh dengan baik akibat di makan oleh cacing yang hidup di dalam saluran pencernaan.

9. Pucat dan tidak bersemangat

Gejala cacingan selanjutnya adalah wajah terlihat dan kurang bersemangat. Hal ini disebabkan cacing yang menyebabkan tubuh terserang anemia sehingga tubuh yang kekurangan darah akan terlihat pucat dan kurang bersemangat.

10. Pembengkakan pankreas

Gejala yang satu ini masih tergolong langka. Hanya terjadi beberapa kasus dan lebih banyak menyerang anak-anak. Resiko pembengkakan pankreas akan lebih tinggi jika penderita cacingan memiliki riwayat penyakit tertentu.

11. Pembengkakan hati

Pembengkakan selain menyerang bagian pankreas juga menyerang organ hati. Untuk itu sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan anda jika mulai merasakan keluhan mengenai sakit di bagian hati agar tidak menyebar ke organ lainnya.

12. Ruam

Anak-anak yang mengalami cacingan kerap kali muncul ruam pada kulit yang disertai dengan gatal. Rasa gatal tentunya akan menimbulkan rasa yang kurang nyaman dan membuat anak anda menjadi rewel.

13. Mual

Sistem pencernaan yang diserang cacing membuat rasa yang kurang nyaman pada perut. Selain itu akan timbul rasa mual yang berlebihan. Mual akan sering terjadi selama cacing masih hidup dan berkembang biak di dalam sistem pencernaan.

14. Muntah

Setelah mengalami mual yang sulit dikendalikan, penderita cacingan juga akan mengalami muntah-muntah. Jika hal ini terjadi sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk membunuh cacing yang hidup di dalam saluran pencernaan hingga tuntas.

15. Malabsorpsi nutrisi

Makanan yang masuk ke dalam tubuh sebagian atau seluruh nutrisi yang terkandung di dalam makanan tersebut dimakan oleh cacing. Dengan begitu tubuh akan kekurangan nutrisi atau lebih dikenal dengan istilat malabsorpsi nutrisi.

Jika hal ini dibiarkan terus berlangsung maka  kondisi kesehatan tubuh anda akan semakin memburuk anda bisa menderita gizi buruk nantinya.

16. Saluran pernafasan terganggu

Jika cacingan yang di alami selama beberapa lama dibiarkan tanpa pengobatan bisa berakibat fatal yakni mulai menyerang organ pankreas dan hati selain itu kondisi yang lebih serius bisa saja terjadi yakni cacing  akan mengganggu bagian paru-paru yang menyebabkan saluran pernafasan terganggu.

17. Fases bercampur darah

Selain diare sebagai salah satu gejala cacingan yang menyebabkan fases berubah tekstur yakni fases akan lebih lembek dan encer, cacingan juga menyebabkan fases bercampur darah. tidak semua jenis cacing menyebabkan diare dan fases bercampur darah tapi hanya cacing jenis cacing gelang saja.

18. Gatal-gatal

Ketika anda meraskan gatal yang berlebihan dan terus menerus di bagian dubur atau anus membuat anda ingin selalu menggaruknya saking gatalnya maka anda patut waspada sebab itu merupakan salah satu gejala cacingan yang umum terjadi.

19. Gangguan tidur

Salah satu efek dari gejala cacingan seperti gatal pada dubur, mual, muntah, nyeri perut, membuat penderita cacingan kesulitan tidur. Selain itu seluruh aktivitas sehari-hari juga ikut terganggu tentunya.

20. Keluar cacing dari dubur

Gejala cacingan yang terlihat nyata adalah keluarnya cacing dari dubur saat buang air besar. Jika hal itu terjadi sebaiknya segera minum obat cacing atau periksa ke dokter.

21. Usus tersumbat

Saat cacing yang hidup di dalam tubuh dibiarkan tanpa pengobatan maka cacing tersebut akan terus hidup dan berkembang biak. Jika perkembangbiakan cacing todak diatasi maka cacing akan memenuhi usus dan menyebabkan usus tersumbat.

22. Demam

Cacingan pada orang dewasa maupun anak-anak bisa menimbulkan gejala naiknya suhu tubuh atau demam. Demam juga menjadi salah satu reaksi ketika tubuh tengah mengalami masalah.

23. Disentri

Saluran pencernaan yang dipenuhi cacing gelang dan jenis cacing lainnya juga bisa menyebabkan disentri atau gangguan buang air besar. Meski sama-sama gangguan pencernaan namun diare dan disentri sangat berbeda.

Jika diare menyebabkan fases menjadi cair atau lembek maka disentri menyebabkan fases lembek, bercampur lendir dan darah.

24. Keluar cairan dan belekan pada mata

Jika anda melihat mata anda terus mengeluarkan cairan dan kotoran atau disebut belekan namun anda tidak sedang mengalami sakit mata maka itu mengindikasikan tubuh anda terserang cacingan.

25. Gelisah dan menangis

Berbagai gejala cacingan yang muncul membuat sebagian orang menjadi stres, gelisah dan bahkan sampai menangis. Rasa tak nyaman saat menderita cacingan itulah yang membuat anda terus gelisah.

Loading...

Demikianlah 25 gejala cacingan yang harus anda waspadai. Saat gejala tersebut mulai kita rasakan sebaiknya segera lakukan pengobatan untuk menghindari komplikasi yang lebih serius lagi. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Penyebab, Gejala Diare dan Bagaimana Cara Mengobatinya!

loading...

Leave a Reply