Daftar Gejala Darah Rendah yang Wajib Anda Ketahui!

Gejala Darah Rendah – Menjaga tekanan darah tetap normal sangatlah penting agar kinerja seluruh organ tubuh berjalan dengan baik. Salah satunya untuk menjaga asupan oksigen tetap stabil di dalam tubuh. namun tekanan darah terkadang menjadi tidak normal akibat pola hidup dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Tekanan darah terkadang bisa naik dan bisa turun. Ketika tekanan darah naik pembuluh darah bisa pecah dan menyebabkan stroke dan gangguan jantung. Begitu juga dengan tekanan darah rendah juga tidak kalah berbahayanya.

Tekanan darah rendah jika dibiarkan tanpa pengobatan juga bisa menyebabkan stroke dan gangguan jantung. Tekanan darah bisa dikategorikan rendah ketika tekanan darah berada di bawah 90/60 mmhg.

Ketika tekanan darah berada di bawah tekanan normal biasanya tubuh akan menunjukkan berbagai gejala. Gejala darah rendah yang paling umum adalah kepala pusing dan terasa ringan. Selain itu masih banyak lagi gejala darah rendah lainnya.

Gejala Darah Rendah

Gejala Darah Rendah

Dalam artikel kali ini kami akan membahas hingga tuntas mengenai gejala darah rendah. Yang bertujuan mempermudah anda mengetahui kondisi kesehatan tubuh anda agar pengobatan bisa segara dilakukan tanpa menunggu munculnya komplikasi yang lebih serius lagi.

Gejala Darah Rendah yang Timbul

Penderita darah rendaha akan menunjukkan gejala darah rendah yang cukup mengganggu kesehatan dan kegiatan sehari-hari. Untuk itu sebaiknya jika  kita meraskaan turuh mengalami gejala darah rendah seperti di bawah ini segera periksakan ke dokter guna mencari pengobatan yang tepat. Berikut beberapa gejala darah rendah yang meliputi:

1. Pusing

Gejala darah rendah yang paling umum terlihat adalah pusing. Pusing terjadi akibat kurangnya asupan darah pembawa oksigen menuju otak. Kurangnya suplai oksigen menyebabkan penderitanya mengeluh pusing tujuh keliling sehingga akan sulit melakukan kegiatan sehari-hari.

2. Pingsan

Kurangnya aliran darah menuju otak selain menyebabkan pusing tujuh keliling juga dapat menyebabkan pingsan. Pingsan terjadi akibat tekanan darah yang terlalu rendah. Untuk mengurangi gejala darah rendah yang kerap muncul anda dapat mengkonsumsi makanan penambah darah seperti daging

3. Pandangan kabur dan berkunang-kunang

Tekanan darah rendah juga bisa menyebabkan pandangan menjadi kabur atau berkunang-kunang. Hal ini akan sering berulang, terutama jika anda berdiri terlalu lama serta bergerak secara tiba-tiba. Hal ini dapat menyebabkan anda kehilangan keseimbangan dan ambruk.

4. Pucat

Para penderita darah rendah atau kekurangan darah wajah dan kulitnya akan terlihat pucat. Sebab darah merah yang mengaliri kulit tidak berjalan dengan baik. Selain kulit terlihat pucat biasanya kulit cenderung terasa dingin akibat darah tidak sampai ke jaringan tepi atau mucossa tubuh.

5. Loyo atau tidak bersemangat

Kurangnya asupan oksigen turut mempengaruhi kinerja metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori juga ikut terhambat, akibatnya tubuh akan kekurangan tenaga dan kurang bersemangat. Tubuh akan merasa lelah yang berlebihan meski tidak melakukan kegiatan apapun.

6. Perut mual

Selain merasa lemas yang berlebihan tekanan darah rendah juga menyebabkan perut menjadi mual. Mual bisa terjadi sewaktu-waktu tanpa penyebab yang pasti. Terutama akan menyerang di pagi hari pada saat bangun tidur.

7. Nafas cepat dan dangkal

Kurangnya suplai oksigen menuju paru-paru akan memaksa paru-paru bekerja lebih keras lagi dalam memompa oksigen sehingga nafas akan lebih pendek dan cepat. Jika hal ini dibiarkan terus menerus tanpa perawatan yang tepat dapat menyebabkan kerusakan paru-paru.

8. Denyut jantung tidak beraturan

Aritmia atau denyut jantung tidak beraturan juga bisa terjadi pada penderita tekanan darah rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan darah dan oksigen menuju jantung membuat jantung bekerja lebih ekstra dalam memompa darah dan akibatnya denyut jantung menjadi tidak beraturan atau lebih cepat dari biasanya.

9. Otak tidak mampu bekerja dengan baik

Kurangnya pasokan oksigen menuju otak akan menyebabkan otak tidak dapat berfungsi dengan baik. Otak akan kesulitan fokus, sehingga kinerja seluruh organ tubuh akan terganggu sebab otak adalah pusat pengendali seluruh kegiatan yang dilakukan organ tubuh manusia.

10. Mengantuk

Salah satu gejala kurang darah yang sering dirasakan adalah mudah mengantuk, kurang bersemangat karena kurangnya pasokan oksigen di dalam tubuh.

11. Mudah haus

Tekanan darah rendah juga menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan sehingga penderita darah rendah akan lebih mudah haus. Mengkonsumsi air putih yang cukup akan membantu menormalkan tekanan darah

12. Lemah, Letih dan lesu

Gejala darah rendah yang juga sering terjadi adalah 3 L. Lemah, letih, dan lesu. Bila anda mengalami gejala 3 L ini, maka kemungkinan besar anda mengalami gejala darah rendah.

13. Kepala Terasa Ringan

Gejala darah rendah yang tidak bisa diabaikan selanjutnya adalah kepala terasa ringan. Kepala terasa ringan seperti melayang sehingga akan mudah kehilangan keseimbangan atau mudah tersungkur

14. Badan Dingin

Gejala darah rendah yang terakhir adalah badan anda terasa dingin. Badan terasa dingin terutama dibagian ujung kaki, dan ujung tangan.

Penyebab Darah Rendah

Tekanan darah bisa saja berubah setiap saat, tergantung dari kondisi tubuh, makanan yang dikonsumsi serta kegiatan yang tengah dilakukan. Tekanan bisa saja naik dan bisa saja turun. Tekanan darah bisa saja turun karena beberapa penyebab seperti berikut ini:

  • Hipotensi ortostatik: penyebab darah rendah yang pertama adalah terjadi akibat perubahan posisi secara tiba-tiba. Perubahan posisi secara mendadak ini membuat tekanan darah sistolik menurun. Contohnya ketika berdiri dari posisi berbaring dan duduk
  • Neurally mediated hypotension : darah rendah yang disebabkan darah berkumpul pada bagian bawah tubuh akibat terlalu lama berdiri
  • Dehdrasi : rendahnya tekanan darah juga bisa disebabkan kekurangan cairan seperti ketika puasa atau diare
  • Efek samping pengobatan : mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menurunkan tekanan darah seperti obat antidepresi dan obat diuretik serta masih banyak jenis obat lainnya
  • Anemia : rendahnya sel darah merah dan hemoglobin juga bisa menyebabkan turunnya tekanan darah. Simak juga: 34 Ciri-ciri Anemia yang Patut Anda Waspadai!
  • Kehamilan : salah satu penyebab tekanan darah rendah adalah kehamilan. Sebab saat hamil akan banyak nutrisi yang dibutuhkan sedangkan asupan makanan yang masuk sangat sedikit. Artikel terkait; Penyebab dan Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil
  • Ketidak seimbangan hormon : gangguan hormon juga turut mempengaruhi tekanan darah. Tinggi hormon estrogen dapat menyebabkan tekanan darah menjadi rendah
  • Penyakit syaraf : salah satu penyakit syaraf seperti parkinson dapat menyebabkan tekanan darah rendah
  • Pendarahan hebat : ketika terjadi pendarahan hebat seperti kecelakaan, pendarahan ketika melahirkan serta masih banyak lagi akan membuat tekanan darah menjadi rendah. Untuk penyebab yang satu ini solusi yang tepat adalah dengan melakukan transfusi darah.
  • Penyakit jantung : menurunnya fungsi jantung dalam memompa darah menyebabkan tekanan darah menjadi tidak normal atau rendah.
  • Infeksi darah : infeksi darah atau disebut sepsis yang masuk melalui aliran darah yang mengakibatkan turunnya tekanan darah.
  • Penyakit kronis : salah stau penyakit kronis yang menyebabkan darah rendah adalah penyakit leukimia.

Tips Perawatan Penderita Darah Rendah

Tenanan darah rendah bukannya turun tanpa penyebab yang pasti ada beberapa prilaku yang dapat menurunkan tekanan darah, selain itu turunnya tekanan darah darah juga bisa dicegah dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Mengkonsumsi makanan sehat : makanan yang kita konsumsi setiap harinya sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh kita termasuk tekanan darah. Untuk itu sebagai pola pencegahan darah rendah sebaiknya konsumsi makanan sehat empat sehat lima sempurna.
  • Jangan tinggalkan sarapan : untuk mencegah darah rendah anda perlu memulai hari dengan sarapan. Sarapan akan membantu menstabilkan tekanan darah anda.
  • Hindari tidur larut malam : untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, fit, dan darah tetap normal sebaiknya hindari kebiasaan begadang atau tidur larut malam. Selain itu penuhi kebutuhan istirahat anda dengan tidur minimal 6 jam perhari
  • Penuhi kebutuhan garam : kandungan garam pada makanan turut membatu menjaga tekanan darah anda tetap normal, namun jangan terlalu berlebihan sebab terlalu banyak mengkonsumsi garam justru dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.
  • Konsumsi air putih secukupnya : salah satu penyebab darah rendah adalah dehidrasi atau kekurangan cairan, untuk itu sebagai pencegahan darah rendah sebaiknya konsumsi air putih sesuai takaran yakni 8 hingga 10 gelas perhari.
  • Olahraga teratur : untuk mencegah darah rendah anda juga perlu menjalankan hidup sehat salah satunya olahraga secara teratur minimal 2 kali seminggu.
  • Mengkonsumsi vitamin jika perlu : untuk anda yang memiliki daya tahan tubuh baik menjalankan pola hidup sehat saja sudah cukup untuk mencegah darah rendah, namun bagi anda yang daya tahan tubuhnya buruk sebaiknya konsumsi multivitamin tambahan contohnya viamin C.
  • Hindari berdiri terlalu lama : berdiri terlalu lama akan membuat darah berkumpul di bawah tubuh sehingga jantung akan kekurangan darah sehingga tekanan darah akan mudah turun. Untuk itu hindari berdiri terlalu lama untuk mencegah tekanan darah rendah
  • Jangan merubah posisi secara tiba-tiba : sebaiknya ketika anda berdiri dari posisi tidur atau duduk jangan dilakukan secara tiba-tiba untuk mencegah turunnya tekanan darah.
  • Konsumsi buah dan sayur : salah satu makanan yang dianjurkan dikonsumsi setiap hari sebagai pencegah turunnya tekanan darah adalah perbanyak buah dan sayur. Berbagai kandungan nutrisi di dalam buah dan sayur akan membantu meningkatkan daya taha tubuh sehingga akan membantu menjaga tekanan darah tetap normal.
  • Konsumsi makanan penambah darah : jika darah rendah menyerang sebagai langkah pertolongan pertama adalah konsumsi makanan penambah darah seperti daging kambing

Artikel terkait: Daftar Makanan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

Demikianlah beberapa gejala darah rendah yang sewaktu-waktu bisa menyerang anda. Sebaiknya lakukan pencegahan sejak dini agar tekanan darah anda tetap normal. Sebab darah rendah akut tanpa pengobatan dan pencegahan akan sangat berbahaya bagi kesehatan organ tubuh lainnya. Semoga bermanfaat. Simak juga: Daftar Gejala Penyakit Darah Tinggi yang Harus Anda Waspadai!

Leave a Reply