Daftar Gejala Penyakit Darah Tinggi yang Harus Anda Waspadai!

Gejala Darah Tinggi – Penyakit darah tinggi saat ini bukanlah penyakit langka yang biasa menyerang orang tua namun sudah menjadi penyakit yang umum terjadi bahkan dikalangan yang berusia muda. Banyak gejala darah tinggi yang sangat berbahaya dialami para pemuda dan pemudi di usia muda.

Meningkatnya angka penderita darah tinggi setiap tahunnya diperkirakan akibat gaya hidup yang buruk. Selain itu tingkat stress yang terus meningkat menyebabkan penderita darah tinggi turut mengalami peningkatan.

Darah tinggi atau yang lebih dikenal sebagai penyakit hipertensi ini memiliki banyak sekali gejala yang sangat berbahaya. Ketika tensi darah diatas normal atau telah mencapai 130/70 mg maka jangan dianggap remeh.

Jika darah tinggi terus dibiarkan tanpa pengobatan dan perawatan dapat berakibat buruk seperti dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah dan stroke. Untuk itu ketika tubuh mulai menunjukkan gejala darah tinggi sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Namun masih banyak orang yang tidak mengetahui gejala hipertensi secara pasti. Sehingga angka komplikasi terus meningkat. Untuk itu kami disini akan membahas secara tuntas mengenai gejala darah tinggi yang dapat membantu anda mengetahui kondisi kesehatan anda sejak dini.

Tingginya tingkat penderita darah tinggi disebabkan gaya hidup yang mulai berubah seperti banyaknya bermunculan restoran cepat saji membuat masyarakatnya jarang mengkonsumsi makanan sehat lagi.

Jika mengkonsumsi makanan cepat saji terus menerus hanya akan menumpuk racun di dalam tubuh dan membuat tekanan darah semakin meningkat. Selain itu masih banyak lagi penyebab darah tinggi lainnya.

Gejala Darah Tinggi 

Tubuh dapat dikatakan menderita darah tinggi ketika tekanan darah berada di atas normal. Darah tinggi sangatlah berbahaya, jika terjadi terus menerus dalam jangka panjang dapat merusak jantung. Jantung akan dipaksa memompa darah secara berlebihan sehingga kesehatan jantung akan terganggu.

Gejala Darah Tinggi

Ilustrasi Gejala Darah Tinggi via Inet

Selain itu tingginya tekanan darah dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah. jika pembuluh darah menuju otak pecah maka tubuh akan mengalami stroke. Selain itu masih banyak lagi komplikasi yang disebabkan tekanan darah tinggi.

Artikel terkait: Gejala Kanker Darah yang Harus Anda Waspadai!

Untuk mencegah terjadinya kondisi yang lebih serius sebaiknya kita mengetahui gejala darah tinggi agar kita cepat tanggap dengan kondisi tubuh dan pengobatan bisa segera dilakukan. Mari kita lihat beberapa gejala darah tinggi seperti berikut ini:

  • Kepala terasa nyeri secara tiba-tiba : akibta naiknya tekanan darah ke otak membuat kepala sering mengalami rasa nyeri secara tiba-tiba
  • Menderita gangguan tidur : tekanan darah yang tinggi membuat kinerja organ tubuh ikut terganggu terutrama jantung sehingga menyebabkan rasa yang kurang nyaman terutama di malam hari sehingg penderita darah tinggi sering mengalami gangguan tidur
  • Pendarahan hidung : [enderita darah tinggi juga bisa dilihat dari sering mengalami mimisan atau keluar darah melalui hidung secara tiba-tiba
  • Wajah memerah : gejala darah tinggi juga bisa dilihat dari wajah yang berubah merah akibat tekanan darah meningkat dan terlihat hingga ke wajah
  • Gangguan penglihatan : penderita darah tinggi akan mengalami gangguan penglihatan seperti mata menjadi rabun
  • Sering mengantuk : naiknya tekanan darah membuat tubuh mudah mengatuk teruatam di pagi hari
  • Sering merasa haus : salah satu gejala darah tinggi bisa dilihat dari kerongkongan yang selalu merasa haus
  • Mudah capek dan lemas : ternyata bukan hanya tekanan darah rendah atau anemia yang menyebabkan tubuh kehilangan tenaga dan mudah capek namun tekanan darah tinggi juga memiliki gejala yang sama yakni mudah capek dan kehilangan tenaga.
  • Vertigo : vertigo atau pusing berputar juga kerap dialami penderita darah tinggi
  • Mudah marah : sudah sangat banyak diketahui orang jika darah tinggi menyebabkan emosional seseorang menjadi tidak stabil atau lebih mudah marah dan emosi tinggi.
  • Mual dan muntah : naiknya tekanan darah juga menyebabkan penderitanya merasa mual bakan hingga muntah-muntah.
  • Dada berdebar-debar : gejala darah tinggi selanjutnya adalah dada terasa berdebar-debar atau denyutnya semakin cepat. Hal ini disebabkan jantung yang memompa jantung dengan bersusah payah hingga menghasilkan denyut yang cepat.

Beberapa gejala darah tinggi di atas jika diabaikan bisa memperburuk kondisi tubuh anda. Berbagai komplikasi berbahaya bisa menyerang tubuh anda seperti serangan jantung dan stroke. Untuk jika anda merasakan beberapa gejala darah tinggi seperti yang disebutkan di atas sebaiknya segera bawa ke dokter.

Penyebab Darah Tinggi 

Tekanan darah normal jika tidak dijaga pola hidupnya bisa menyebabkan tekanan darah rendah atau pun tekanan darah tinggi. Tergantung dari pola hidup yang anda terapkan. Jika anda menerapkan pola hidup seperti dibawah ini secara otomatis tekanan darah anda akan mengalami peningkatan. Berikut beberapa pola hidup yang menyebabkan naiknya tekanan darah atau hipertensi yang meliputi :

  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak tinggi seperti daging tinggi lemak, susus tinggi lemak
  • Pecandu alkohol
  • Perokok
  • Faktor genetik atau keturunan
  • Jarang melakukan olahraga
  • Sering mengkonsumsi makanan asin atau tinggi garam
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Strees berat
  • Faktor usia

Cara Menghindari Tekanan Darah Tinggi 

Setelah melihat gejala darah tinggi dan penyebab darah tinggi sebaiknya anda menghindari penyebabnya agar anda tidak terserang darah tinggi. Selain menjauhi segala hal penyebab darah tinggi anda juga bisa melakukan berbagai hal seperti di bawah ini untuk menghindari penyakit darah tinggi seperti berikut ini :

1. Diet hipertensi

Cara paling ampuh mencegah naiknya tekanan darah adalah dengan menghindari makanan berlemak. Selain itu membatasi asupan garam juga bisa menjadi solusi mengatasi hipertensi. Cara ini termasuk ke dalam diet hipertensi yang dianjurkan untuk menghindari hipertensi.

Diet hipertensi yang bertujuan menjaga kenormalan tensi darah juga menganjurkan anda mengkonsumsi makanan sehat seperti perbanyak sayuran, gandum, dada ayam, brokoli, bayam, buah apel, jambu biji, anggur, tomat, pisang, serta masih banyak menu makanan sehat lainnya.

Artikel terkait: Rahasia Sukses Diet Golongan Darah A, B, AB dan O yang Wajib Anda Ketahui

2. Perbanyak konsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih 8 hingga 10 gelas perhari dapat membantu tubuh menghindari berbagai macam penyakit salah satunya darah tinggi. Air akan membatu melarutkan racun dan lemak yang mengendap di dalam tubuh sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat.

Artikel terkait: Manfaat Air Putih

3. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur bisa menjadi salah satu kunci hidup sehat. Olahraga bisa membantu mengatasi berbagai penyakit salah satunya penyakit darah tinggi. Olahraga akan membantu mengeluarkan racun yang mengendap di dalam tubuh dan dikeluarkan melalui keringat.

Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti lari atau berenang untuk membantu membakar lemak dan menjaga kestabilan darah dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Lakukan olahraga minimal 2 kali seminggu dengan olahraga sesuai kemampuan.

4. Hindari penyebab darah tinggi

Cara ampuh mengatasi darah tinggi adalah dengan menjauhi penyebab darah tinggi. Ada banyak hal yang perlu anda lakukan untuk menjaga kestabilan darah seperti menghindari rokok dan asap rokok, menjauhi minuman beralkohol, minuman bersoda dan berkafein.

Selain itu menjauhi makanan berlemak, bersantan, makanan yang diolah dengan cara digoreng, makanan cepat saji, batasi asupan garam, perbanyak konsumsi air putih, perbanyak konsumsi sayur dan buah berserat tinggi dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Memperbaiki daya tahan tubuh

Untuk mencegah dan menghindari serangan berbagai macam penyakit adalah dengan cara memperbaiki sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Sistem imun yang baik akan melawan penyakit dari dalam secara alami.

Meningkatkan sistem imun bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat, perbanyak buah dan sayur, konsumsi bawang putih, air putih secukupnya serta olahraga teratur.

Demikianlah beberapa gejala darah tinggi yang dapat mengganggu kesehatan tubuh dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Kondisi ini jika dibiarkan berlarut-larut tanpa pengobatan dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Sebaiknya kita menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan naiknya tekanan darah. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Gejala kurang darah

Leave a Reply