Daftar Gejala Demam Berdarah yang Harus Kita Waspadai!

Gejala Demam Berdarah – Demam berdarah termasuk kedalam penyakit menular akibat dari gigitan nyamuk aedes aegepty. Nyamuk ini senang hidup pada daerah tropis sehingga Indonesia menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk ini.

Demam berdarah ditandai dengan menurunnya keping darah dalam tubuh atau penurunan trombosit. Sebab infeksi virus dengue ini menyerang bagian sumsum tulang belakang yang berperan memproduksi trombosit.

Rendahnya kadar trombosit menyebabkan tubuh rentan mengalami pendarahan akibat dari kekentalan darah menurun, akibatnya darah akan keluar melalui pori-pori kulit.

Demam berdarah menjadi salah satu penyakit yang berbahaya sebab banyak merenggut korban jiwa. Banyak dari masyarakat yang tidak mengetahui gejala demam berdarah sehingga penyakit ini sangat lambat didiagnosa.

Gejala demam berdarah pada awalnya hampir sama dengan demam pada umumnya, yaitu demam tinggi selama berhari-hari. Oleh sebab itu mengetahui penyebab demam berdarah atau DBD ini sangat penting agar diagnosa pasti bisa segera didapatkan dan pengobatan dapat segera dilakukan.

Setelah melewati masa inkubasi selama kurang lebih 7 hari maka virus dengue akan mulai menginfeksi tubuh dengan menimbulkan gejala demam berdarah. Gejala demam berdarah yang paling umum adalah demam tinggi yang mencapai 40 derajat celcius.

Gejala demam berdarah

Ilustrasi: Gejala demam berdarah

Demam ini hampir sama dengan gejala demam biasa sehingga membutuhkan pengecekan ke dokter agar kondisi tubuh anda diketahui secara pasti. Dalam beberapa hari kedepan gejala demam berdarah akan semakin terlihat seperti timbul bercak-bercak merah pada kulit.

Gejala Demam Berdarah

Gejala demam berdarah bisa kita lihat pada kondisi fisik penderita demam berdarah namun masih banyak yang tidak mengetahui secara pasti apa saja gejala yang akan muncul akibat dari gigitan nyamuk pembawa virus dengue.

Kali ini Ceksehat akan berbagi apa saja gejala demam berdarah yang harus kita waspadai. Berikut ini diantaranya:

1. Demam tinggi

Ketika tubuh terinfeksi virus dengue gejala awal yang akan muncul yaitu demam tinggi. Demam bisa sangat tinggi bahkan bisa mencapai 40 derajat celcius. Demam terjadi akibat dari kinerja sistem kekebalan tubuh sedang memberikan perlawanan terhadap infeksi. Karena memang sistem imun bekerja lebih optimal ketika suhu tubuh sedang tinggi.

Pada kasus demam berdarah demam yang dialami akan terjadi pada fase pelana kuda. Fase pertama  pada masa inkubasi di tiga hari pertama tubuh akan mengalami demam yang sangat tinggi dengan temperatur 40 derajat celcius.

Pada fase kedua memasuki masa kritis atau masa paling berbahaya. Penanganan yang lambat dapat menyebabkan kematian pada fase ini. Fase ini ditandai dengan menurunnya suhu tubuh sehingga pasien menganggap sudah sembuh sehingga kelalaian lebih sering terjadi pada masa ini.

Pada fase ketiga trombosit di dalam tubuh mulai mengalami peningkatan yang ditandai dengan suhu tubuh meningkat kembali. Namun pada fase ini merupakan fase penyembuhan.

2. Sakit kepala

Gejala demam berdarah selanjutnya adalah sakit kepala. Sakit kepala merupakan efek dari infeksi virus dengue. Nyeri hebat pada kepala ini akan lebih sering terjadi ketika demam berdarah semakin kritis. Selain itu sakit kepala juga disebabkan sistem kekebalan tubuh sedang memproduksi interferon dan zat kimia lainnya.

3. Mual

Salah satu respon dari kinerja sistem kekebalan tubuh tengah melawan infeksi akibat demam berdarah adalah asam lambung semakin meningkat. Oleh sebab itu lambung akan terganggu dan menunjukkan gejala mual atau nausea.

Info terkait: Tips Menghilangkan Mual Saat Hamil

4. Sakit perut

Meningkatnya asam lambung menyebabkan luka pada ulu hati sehingga perut akan terasa sakit, hal itu merupakan salah satu gejala demam berdarah yang sering terjadi. Selain itu sakit perut yang hebat dapat meningkatkan resiko pendarahan.

5. Muntah

Kadar asam lambung yang meningkat akibat dari efek perlawanan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi virus dengue akan menyebabkan beberapa hal seperti sakit perut, mual bahkan muntah.

Artikel terkait: Penyebab Bayi Muntah dan Cara Penanganannya yang Tepat

6. Nyeri otot

Nyeri otot menjadi salah satu gejala demam berdarah. Nyeri otot terjadi akibat sistem imun menghasilkan histamine, cytokine serta protein lain sebagai upaya penangkalan terhadap kerusakan akibat infeksi virus dengue.

Namun ketika tubuh menghasilkan berbagai zat tersebut dengan kadar yang terlalu tinggi maka akan menyebabkan nyeri otot.

7. Bercak atau ruam merah

Salah satu gejala utama demam berdarah adalah munculnya ruam atau bercak merah pada kulit. Ruam atau bercak merah akan muncul ketika tubuh mengalami demam tinggi. Ruam pada awalnya akan muncul pada bagian wajah, dada serta leher lalu menyebar ke seluruh tubuh.

8. Diare

Pada sebagian kasus demam berdarah ada juga pasien yang mengalami diare namun hanya sebagian kecil  atau sekitar 6% saja. Diare diindikasi terjadi akibat terjadinya masalah pada sistem pencernaan. Selain itu diare juga disebabkan adanya gangguan penyerapan air pada usus besar.

9. Gusi berdarah

Demam berdarah menyebabkan trombosit turun akibat dari pendarahan yang kerap terjadi. Salah satu pendarahan yang sering terjadi adalah pendarahan pada gusi. Pendarahan yang sering terjadi pada penderita demam berdarah terjadi akibat pembuluh darah mudah pecah. Pecahnya pembuluh darah disebabkan rendahnya permeabilitas dinding pembuluh darah.

10. Penurunan trombosit

Gejala demam berdarah yang paling umum adalah menurunnya kadar trombosit atau kepingan darah dalam tubuh sehingga menyebabkan darah kehilangan kekentalannya. Darah yang kehilangan kekentalannya menyebabkan sering terjadi pendarahan melalui pori-pori kulit dan gusi. Trombosit pada penderita demam berdarah hanya sekitar 100.000 mm3

11. Pendarahan

Sudah sangat dijelaskan bahwa demam berdarah menyebabkan seringnya terjadi pendarahan akibat dari kekentalan darah yang menurun.  Pendarahan ini dapat terjadi melalui pori-pori kuli, gusi dan hidung

12. Pembesaran plasma darah

Pembesaran pembuluh darah kerap terjadi pada penderita demam berdarah yang ditandai dengan kenaikan pada dinding pembuluh darah

Gejala Demam Berdarah yang Lainnya

  • Mengalami hematemeses
  • Muncul keringat dingin
  • Demam tinggi dapat terjadi selama 7 hari atau lebih
  • Batuk yang tidak kunjung sembuh bahkan semakin hari semakin parah
  • Wajah pucat akibat kurang darah yang disebabkan tubuh sering mengalami pendarahan
  • Tubuh akan mudah lelah dan lemas akibat dari kurang darah sehingga pasokan oksigen juga terhambat
  • Menggigil
  • Terjadi pendarahan pada bagian dalam
  • Sakit tenggorokan
  • Hati akan selalu gelisah serta kaki dan tangan mengeluarkan keringat dingin
  • Kehilangan nafsu makan
  • Muncul kemerahan pada bagian wajah
  • Nyeri punggung
  • Sakit mata pada bagian belakang mata
  • Nyeri pada bagian persendian dan tulang
  • Pembengkakan organ hati
  • Denyut nadi lebih cepat dari biasanya namun semakin melemah
  • Kulit menjadi lembab dan terasa dingin
  • Nafas terengah-engah
  • Menurunnya intensitas buang air kecil
  • Mulut terasa kering
  • Mudah marah
  • Peningkatan permeabilitas pembuluh darah, hipovolemia serta pembekuan darah yang tidak normal
  • Mudah mengantuk
  • Buang air besar berwarna hitam

Gejala Demam Berdarah pada Anak-anak

Selain beberapa gejala di atas yang dialami penderita demam berdarah ada juga beberapa gejala demam berdarah yang terjadi pada anak-anak atau balita seperti berikut ini:

  • Pendarahan maculapopular yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah diwajah, leher dan menjalar keseluruh tubuh.
  • Terjadi syndrome trias dengue yang menyebabkan suhu tubuh anak meningkat secara mendadak dengan suhu yang sangat tinggi.
  • Nyeri diseluruh tubuh pada anak yang bisa dilihat dari perubahan sikap anak yang menunjukkan rasa tidak nyaman serta tangis yang tidak kunjung berhenti
  • Pembesaran plasma namun hal ini tidak bisa dilihat secara langsung membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut dengan melakukan tes darah dengan melihat nilai hematokrit pada darah. Jika nilainya naik hingga 20 % itu merupakan tanda adanya pembesaran plasma
  • Trombosit kurang dari 100.000 mm3
  • Keluar keringat dingin
  • Penurunan denyut nadi akibat dari shock yang dialami bayi dan anak
  • Demam tinggi disertai dengan keluarnya keringat dingin dari telapak kaki dan tangan

Artikel terkait: Kejang Demam pada Anak yang Wajib Ibu ketahui!

Cara Mencegah Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah ini sangat berbahaya dan mematikan. Di Indonesia peningkatan jumlah korban demam berdarah semakin meningkat setiap tahunnya. Untuk itu ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah wabah demam berdarah seperti berikut ini:

1. Tutup bak penampungan air

Tempat lembab atau basah merupakan tempat favorit nyamuk bertelur maka dari itu sebaiknya tutup penampungan air untuk mencegah nyamuk bertelur atau berkembang biak.

2. Gunakan insektisida

Nyamuk akan bertelur untuk berkembang biak. Lalu telur tersebut akan menetas menjadi jentik-jentik nyamuk.yang hidup di dalam air. Untuk membasmi telur dan jentik-jentik agar tidak tumbuh menjadi nyamuk pembawa virus dangue dapat anda basmi menggunakan insektisida.

3. Pelihara ikan kecil

Mengatasi masalah jentik nyamuk bisa anda lakukan dengan memelihara ikan kecil. Ikan kecil akan memangsa jentik jentik yang menjadi calon nyamuk dewasa.

4. Buang botol yang tidak terpakai

Botol yang berserakan akan menjadi tempat bersarang nyamuk dan menjadi tempat berkembang biak nyamuk khususnya pada musim hujan. Sebaiknya buang botol yang tidak terpakai pada tempat yang tersedia atau tong sampah.

5. Bersihkan selokan

Selokan yang merupakan tempat pembuangan air ini menjadi tempat yang paling disukai nyamuk sebab selokan itu kotor, lembab, bau, serta banyak sampah berserakan. Bersihkan selokan secara rutin agar nyamuk tidak bersarang disana.

6. Gunakan lotion anti nyamuk

Salah satu cara mencegah infeksi virus dengue adalah dengan menggunakan lotion anti nyamuk sehingga nyamuk tidak maun menggigit tubuh anda, karena kandungan di dalam lotion tidak disukai nyamuk

7. Gunakan baju lengan panjang

Menggunakan baju lengan panjang cukup efektif mencegah gigitan nyamuk penyebab demam berdarah dan jenis nyamuk lainnya

8. Gunakan perangkap nyamuk

Menggunakan perangkat nyamuk akan membantu menangkap dan membunuh nyamuk sehingga rumah anda akan terbebas dari gangguan nyamuk. Perangkap nyamuk bisa berupa spray anti nyamuk.

9. Pasang kelambu pada tempat tidur

Kelambu yang dipasang pada tempat tidur akan melindungi anda sepanjang malam dari gigitan nyamuk

10. Jangan biarkan jendela selalu terbuka

Jendela yang selalu terbuka akan menyebabkan nyamuk mudah masuk ke dalam rumah sehingga akan meningkatkan resiko demam berdarah. Sebaiknya pasang jaring-jaring yang bisa mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.

11. Menguras bak mandi

Untuk mencegah jentik nyamuk hidup di dalam bak mandi sebaiknya kuras bak mandi setiap tiga hari sekali.

12. Mengubur barang bekas

Salah satu cara mencegah penyebaran dan perkembang biakan nyamuk penyebab demam berdarah adalah dengan mengubur barang bekas yang dapat menjadi tempat bersembunyi nyamuk

Cara Mengobati Penyakit Demam Berdarah

Jika tubuh anda menunjukkan gejala demam berdarah seperti di atas maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter agar kondisi tubuh dapat diketahui secara pasti dan oengobatan bisa dilakukan secepatnya.

Selain itu ada beberapa hal yang bisa anda lakukan di rumah untuk mengobati demam berdarah seperti berikut ini:

  1. Perbanyak istirahat
  2. Konsumsi air putih sesuai takaran yaitu 8 hingga 10 gelas perhari
  3. Konsumsi paracetamol untuk mengurangi demam dan nyeri
  4. Lakukan pemeriksaan ke dokter jika dalam 3 hari kondisi tubuh tidak mengalami perubahan yang lebih baik
  5. Lakukan perawatan intensif jika demam berdarah semakin parah jika diperlukan lakukan rawat inap untuk mendapatkan transfusi darah saat tekanan darah terlalu rendah.
  6. Mengkonsumsi vitamin C sebagai upaya perbaikan daya tahan tubuh
  7. Mengkonsumsi bubur sebagai upaya pemulihan dan mencegah luka ulu hati semakin parah
  8. Perbanyak konsumsi sayuran

Demikianlah pembahasan mengenai gejala demam berdarah yang cukup berbahaya. Sebaiknya pahami tanda-tanda demam berdarah agar demam berdarah tidak merenggut nyawa anda. Selain itu lakukan pencegahan demam berdarah agar tubuh tidak terinfeksi virus dengue. Semoga bermanfaat.

Simak juga: 9 Penyebab BAB Berdarah Menurut Ahli

Leave a Reply