Daftar Gejala Penyakit Diabetes dan Cara Mengobatinya!

Gejala Diabetes – Di indonesia penyakit diabetes merupakan penyakit yang umum terjadi. Penyakit diabetes bukan lagi penyakit mereka yang memasuki usia lanjut namun sudah mengancam semua kalangan termasuk remaja dan anak-anak.

Di negara berkembang seperti indonesia penyakit diabetes turut mengalami perkembangan yang cukup signifikan karena pola hidup masyarakatnya yang tidak baik. Banyaknya bermunculan restoran cepat saji menambah tinggi daftar penderita diabetes.

Belum lagi perkembangan gadget yang menyebabkan ketergantungan membuat penggunanya malas melakukan aktivitas fisik karena sepanjang hari berada di depan gadget mereka. Kebiasaan berdiam diri dalam waktu lama akan membuat kadar gula di dalam darah semakin menumpuk.

Loading...

Namun sayangnya banyak dari masyarakat yang tidak menyadari adanya gejala diabetes yang muncul. Saat kadar gula darah sudah terlanjur sangat tinggi barulah penyakit ini ditangani. Padahal jika kita mengetahui gejala penyakit diabetes sejak dini pengobatan akan lebih mudah dilakukan.

Gejala Diabetes Melitus

Ilustrasi: Gejala Diabetes Melitus

Untuk itu mengetahui gejala diabetes sangatlah penting untuk mencegah terjadinya diabetes kronis yang menyebabkan komplikasi.

Gejala Diabetes yang Harus Anda Waspadai

Penyakit diabetes dibagi menjadi dua jenis yaitu diabetes melitus tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2. Keduanya memiliki gejala diabetes yang sama. Mari kita lihat beberapa gejala diabetes seperti berikut ini:

1. Selalu merasa lapar

Gejala diabets untuk tahap awal bisa dilihat dari perubahan pola makan. Pola makan yang wajar adalah 3 kali sehari. Namun ketika kadar gula dalam darah meningkat intensitas rasa lapar juga akan semakin meningkat oleh sebab itu pola makan juga pastinya akan ikut bertambah.

Naiknya nafsu makan ini disebabkan kadar insulin dalam darah yang terganggu sehingga tidak dapat mengubah kadar gula sehingga kadar gula akan menumpuk dalam darah sehingga akan menyebabkan rasa lapar terus menerus.

2. Tubuh sangat muda lelah

Tubuh menjadi mudah lelah tanpa penyebab yang jelas meskipun makanan yang kita konsumsi memiliki kandungan nutrisi tinggi. Kondisi ini patut kita waspadai sebab tubuh mengindikasikan adanya gejala diabetes.

Rasa lelah yang berlebihan ini disebabkan karena tubuh tidak dapat mengubah kalori menjadi energi sehingga tubuh akan kehabisan energi dan mudah lelah. Kadar karbohidrat yang masuk ke tubuh akan semakin menumpuk dan membuat kadar gula dalam darah semakin tinggi.

3. Selalu merasa haus

Untuk penderita diabetes dapat dilihat dari rasa haus yang berlebihan. Anda akan selalu ingin minum. Cairan yang masuk akan mengimbangi cairan yang dikeluarkan tubuh saat buang air kecil. Sehingga anda akan mudah haus namun juga sering buang air kecil.

4. Sering buang air kecil

Naiknya kadar gula dalam darah juga bisa dilihat dari intensitas buang air kecil yang semakin tinggi. Hal ini disebabkan rasa haus yang berlebihan sehingga membuat penderita diabetes banyak mengkonsumsi air yang menyebabkan intensitas buang air kecil juga meningkat. Terutama pada malam hari.

5. Mulut terasa kering

Kebiasaan buang air kecil dan selalu merasa haus akan membuat penderita diabetes mulutnya selalu terasa kering. Bukan hanya itu produksi air liur penderita diabetes juga akan mengalami masalah. Sehingga mulut akan semakin kering. Biasanya untuk mensyiasati mulut kering penderita diabetes akan banyak minum.

6. Kulit terasa gatal

Meskipun penderita diabetes mengkonsumsi air yang banyak namun tetap saja akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Hal ini disebabkan cairan yang masuk akan langsung dikeluarkan melalui buang air kecil.

Kekurangan cairan turut mempengaruhi kondisi kulit. Kulit akan terasa gatal.  Rasa gatal itu bisa menyerang semua bagian tubuh namun bagian sela-sela jari kaki dan tangan lebih sering terjadi.

7. Penglihatan kabur

Naiknya kadar gula dalam darah menyebabkan tubuh terserang penyakit diabetes.  Penyakit ini sangatlah berbahaya sebab dapat menyebabkan komplikasi yang cukup serius. Salah satunya membuat mata menjadi kabur atau ganda.

8. Infeksi jari kaki dan tangan

Penyakit diabetes bukan hanya menyebabkan sela-sela jari tangan dan kaki terasa gatal namun juga sering mengalami infeksi jamur. Infeksi disebabkan tubuh yang mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga tidak dapat melawan infeksi yang menyerang tubuh. Jamur akan memakan gula darah sehingga menyebabkan luka yang sulit sembuh.

9. Infeksi di bawah payudara

Bagi wanita yang terserang diabetes biasanya akan mengalami gejala tidak nyaman pada bagian payudara. Pada lipatan payudara akan mudah ditumbuhi jamur sehingga akan menyebabkan payudara terasa gatal yang berlebihan, apa lagi jika anda memiliki berat badan berlebih maka lipatan payudara akan semakin sering mengalami masalah dan mengalami infeksi berat.

10. Infeksi organ intim

Bagi penderita diabetes akan lebih mudah mengalami infeksi yang disebabkan penurunan sistem imun. Infeksi jamur juga sering menyerang organ intim. Infeksi juga dapat menyebabkan kulit disekitar organ intim mengelupas dan bersisik sehingga sulit disembuhkan.

11. Kulit bersisik

Penderita diabetes memang sering mengalami gangguan kulit akibat dari perubahan cairan tubuh dan menurunnya sistem imun. Salah satu gangguan kulit yang sering terjadi adalah kulit gatal, mengelupas, menghitam, serta bersisik.

12. Bau mulut

Gejala diabetes juga ditunjukkan dengan bau mulut, meski anda sudah rajin membersihkan dan merawat mulut namun tetap saja mulut anda beraroma tidak sedap akibat dari terganggunya kelenjar air liur serta tingginya kadar senyawa keton. Untuk itu sebaiknya atur pola hidup anda agar terhindar dari berbagai gejala diabetes dan komplikasi diabetes.

13. Nyeri sendi

Naiknya kadar gula dalam darah juga turut berpengaruh pada pada syaraf secara langsung, yaitu dapat menyebabkan nyeri sendi yang sering terjadi pada bagian kaki. Gangguan syaraf ini membutuhkan penanganan yang cukup serius sebab jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan syaraf yang cukup parah.

14. Kesemutan

Gejala diabetes yang mudah terlihat adalah sering mengalami kesemutan terutama pada bagian kaki dan tangan. Semakin tinggi kadar gula dalam darah maka kesemutan akan lebih sering terjadi dan lebih lama.

15. Mati rasa

Jika kesemutan semakin sering terjadi maka dapat menyebabkan syaraf kaki dan tangan mengalami kerusakan. Kerusakan itu jika dibiarkan tanpa pengobatan dapat menyebabkan mati rasa.

16. Berat badan menurun

Meskipun penderita diabetes intensitas makan dan minumnya semakin meningkat namun kondisi fisiknya akan semakin kurus hal ini disebabkan tubuh tidak lagi dapat menyerap nutrisi yang masuk ke tubuh. Sehingga tubuh akan tetap kekurangan gizi sehingga berat badan akan semakin menurun.

17. Mual

Tubuh yang kehilangan kemampuan membakar lemak atau kalori akibat produkis insulin yang terhambat menyebabkan tubuh menghasilkan senyawa keton yang masuk ke dalam aliran darah sehingga menyebabkan rasa mual yang berlebihan sepanjang hari.

18. Muntah

Senyawa keton yang dihasilkan tubuh bukannya menghasilkan energi namun berubah menjadi racun yang berakibat perut selalu merasa mual bahkan juga dapat menyebabkan muntah. Muntah terjadi akibat reaksi dari tubuh yang ingin mengeluarkan senyawa keton yang merupakan racun tersebut.

19. Sakit perut

Penderita diabetes di dalam tubuhnya akan menghasilkan zat keton sebagai hasil pembakaran lemak yang merupakan racun.  Semakin tinggi zat keton di dalam tubuh maka berbagai kerusakan akan semakin banyak, salah satunya sakit perut. Sakit perut bisa berupa diare, mules serta rasa yang tidak nyaman.

20. Nafas lebih cepat

Tingginya kadar gula di dalam aliran darah menyebabkan pasokan oksigen menjadi terhambat sehingga dapat berpengaruh pada saluran pernapasan. Dengan begitu semakin tinggi kadar gula dalam darah maka nafas juga akan semakin cepat.

21. Kurang konsentrasi

Kurang konsentrasi menjadi salah satu gejala diabetes, hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan oksigen dan energi sebagai nutrisi otak. Hal ini mengakibatkan anda kesulitan fokus atau berfikir. Maka dari itu sebaiknya jaga kadar gula dalam darah anda agar tidak terjadi berbagai masalah pada tubuh anda.

22. Luka sulit sembuh

Kadar gula yang menumpuk dalam darah menyebabkan semua sistem kinerja tubuh menjadi terganggu. Cairan di dalam tubuh juga akan mengalami perubahan sehingga tubuh akan mudah terkena luka. Bagi penderita diabetes luka kecil akan menjadi masalah besar

Sistem saraf yang terganggu akibat kadar gula tinggi akan membuat luka menjadi sulit untuk sembuh. Bahkan penderita diabetes kerap kali mendapatkan pertolongan dengan cara amputasi untuk mencegah penyebaran luka.

23. Emosi tidak stabil

Selurih gejala diabetes yang dirasakan tubuh seperti lelah, lapar, haus, gatal, infeksi, kurang konsentrasi membuat kondisi emosional ikut terganggu, itulah mengapa penderita diabetes akan lebih mudah emosi atau mudah marah.

24. Sakit kepala

Kurangnya pasokan oksigen menuju otak serta asupan energi yang terhambat pada penderita diabetes menyebabkan kepala sering mengalami nyeri hebat. Dengan begitu semakin tinggi kadar gula dalam darah maka sakit kepala juga akan lebih sering terjadi.

25. Denyut jantung cepat

Aliran darah yang dipenuhi kadar gula membuat pasokan darah dan hemoglobin menjadi sangat sedikit sehingga kinerja jantung juga akan terganggu. Kurangnya pasokan sel darah merah membuat jantung bekerja ekstra keras memompa darah sehingga denyut jantung akan lebih cepat dari biasanya.

26. Berkeringat

Penderita diabetes yang mudah haus membuatnya mengkonsumsi air dalam jumlah banyak sehingga tubuh akan terpaksa melakukan proses metabolisme meski tubuh tidak sanggup karena tingginya kadar gula dalam darah.

Dengan begitu tubuh akan mengeluarkan banyak keringat sebagai tanda tubuh sedang melakukan kerja yang berat dalam proses metabolisme. Keringat akan lebih banyak keluar ketika malam hari.

27. Gusi bengkak

Naiknya kadar gula dalam darah juga akan menyebabkan kerusakan syaraf yang ada pada bagian gusi sehingga penderita diabetes sering mengalami pembengkakan gusi. Pembengkakan gusi akan membuat penderitanya kesulitan makan. Padahal penderita diabetes mudah merasa lapar maka hal ini akan sangat mengganggu.

28. Gigi goyang

Penderita diabetes bukan hanya mengalami pembengkakan gusi namun gigi juga akan mudah goyang. Namun gigi goyang tidak mengindikasi gigi akan lepas. Gigi goyang terjadi akibat gangguan syaraf pada gusi membuat akar gigi menjadi rapuh.

29. Masalah pendengaran

Naiknya kadar gula membuat banyak sistem syaraf terganggu salah satunya sistem syaraf yang berhubungan dengan pendengaran. Dengan begitu penderita diabetes akan mengalami gangguan pendengaran. Gangguan ini akan semakin serius bahkan dapat menyebabkan tuli jangka panjang atau tuli permanen.

30. Mendengkur saat tidur

Jika anda melihat suami atau orang terdekat biasanya tidur tidak pernah mendengkur namun akhir-akhir ini lebih sering mendengkur maka anda patut curiga sebab itu bisa saja mengindikasikan tingginya kadar gula dalam darah. Sebab mendengkur merupakan salah satu gejala diabetes.

31. Selalu ingin tidur

Mengantuk pada pagi hari juga menjadi salah satu gejala diabetes. Sedangkan tidur secara berlebihan akan membuat kadar gula akan semakin tinggi. Lakukan kegiatan fisik ketika pagi hari untuk mengalihkan rasa kantuk yang menyerang di pagi hari.

Sebaiknya anda juga membaca: 25 Cara Mencegah Penyakit Diabetes yang Terbukti Berhasil

Cara Mengobati Diabetes

Penyakit diabetes sebenarnya tidak dapat disembuhkan namun pengobatan dilakukan hanya untuk menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Dengan begitu upaya untuk hidup normal bisa dilakukan dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Melakukan gerakan fisik : sebagai upaya menurunkan kadar gula dalam darah bisa dilakukan dengan sering melakukan aktivitas fisik seperti olahraga ringan. Jangan biarkan tubuh anda berdiam diri dalam waktu yang lama.
  • Ubah pola makan : Diabetes disebabkan karbohidrat atau kalori yang masuk ke tubuh lebih banyak dari yang dikeluarkan. Asupan karbohidrat dapat dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi. Dengan begitu perhatikan konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi putih, kentang, gula dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Berusaha memiliki motivasi : Motivasi atau pikiran positif sangat penting agar tubuh selalu sehat atau terhindar dari diabetes.
  • Konsumsi obat resep dokter : memeriksakan kondisi tubuh ke dokter juga sangat penting oleh sebab itu konsumsilah obat yang telah diresepkan dokter untuk menjaga kondisi tubuh anda.
  • Cek kadar gula secara rutin : untuk mengetahui kondisi kadar gula dalam darah anda harus melakukan pengecekan secara rutin.
  • Diet sehat : pola makan yang baik juga harus diterapkan pada penderita diabetes dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur serta makanan sehat lain sesuai takaran atau jangan berlebihan
  • Istirahat yang cukup dan istirahat yang tepat
  • Merawat luka dengan baik
  • Hentikan kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, berkafein, serta bersoda
  • Menjaga berat badan

Simak selengkapnya: Cara menurunkan gula dalam darah

Loading...

Demikianlah beberapa gejala diabetes yang harus anda waspadai serta beberapa tips pengobatannya. Jangan sampai kadar gula dalam darah anda terlalu tinggi agar tidak terjadi masalah yang cukup serius dan komplikasi berbahaya. Simak juga: 9 Cara Membuat Obat Diabetes Alami yang Terbukti Ampuh Turunkan Gula Darah

loading...

Leave a Reply