12 Gejala Flu (Influenza), Cara Mengoabti serta Mencegah

Gejala Flu – Salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus adalah flu atau lebih dikenal dengan istilah influenza. Meski tergolong masa inkubasi virus yang relatif singkat namun gejala flu sangat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Virus akan menginfeksi sistem pernapasan yang meliputi hidung, tenggorokan serta paru-paru. Flu atau influenza ini dapat menular dengan mudah kepada orang lain. Penularan virus yang paling cepat melalui udara.

Gejala flu yang paling umum terjadi diantaranya demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, sakit tenggorokan serta nafsu makan menurun. Selain itu masih banyak lagi gejala flu lainnya yang akan dibahas lebih rinci dalam artikel kali ini.

Loading...

Meski memiliki gejala yang hampir sama namun flu atau influenza berbeda dengan pilek biasa. Flu biasanya memiliki gejala yang lebih cepat bereaksi dengan inkubasi virus lebih singkat sedangkan pilek biasa terjadi secara bertahap dengan inkubasi lebih lambat.

Penyebaran virus influenza yang sangat mudah membuat kita harus waspada. Hindari berdekatan dengan penderita flu. Sedang bagi penderita flu sebaiknya gunakan masker atau penutup mulut untuk menghindari penularan terhadap orang lain.

Gejala Flu (Influenza)

Ilustrasi: Gejala Flu (Influenza)

Gejala Flu atau Influenza

Flu membuat saluran pernafasan seperti hidung, tenggorokan serta paru-paru terinfeksi virus membuat berbagai gejala flu bermunculan dan terus berkembang dalam kurun waktu satu hingga 3 hari. Berikut beberapa gejala flu yang meliputi :

1. Demam

Flu yang disebabkan virus membuat kondisi kesehatan tubuh terus menurun. Dengan begitu respon tubuh yang pertama adalah adanya perlawanan dari sistem kekebalan tubuh dari dalam melawan virus.

Perlawanan virus bisa dilihat dari naiknya suhu tubuh atau tubuh akan mengalami demam tinggi. Sebab sistem imun akan bekerja maksimal ketika suhu tubuh meningkat.

2. Pegal-pegal

Gejala flu selanjutnya adalah persendian akan merasa pegal-pegal. Hal ini akan membuat penderita akan kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari. Namun seiring membaiknya sistem imun maka kondisi tubuh dalam beberapa hari akan ikut membaik.

3. Batuk kering

Ketika virus menginfeksi tenggorokan maka tenggorokan akan merasa gatal sehingga menyebabkan penderita flu mengalami batuk kering.

4. Sakit kepala

Sakit kepala yang diiringi dengan memburuknya sistem pernafasan merupakan salah satu gejala flu atau influenza. Sakit kepala akan bertahan hingga gejala flu membaik. Untuk meringankan gejala flu anda bisa mengkonsumsi parasetamol.

5. Kelelahan

Saat flu menyerang berbagai gejala flu yang muncul membuat tubuh kelelahan. Untuk itu penderita flu sebaiknya istirahat secukupnya untuk membantu dan mempercepat proses pemulihan.

6. Menggingil

Salah satu gejala flu adalah menggigil. Meski suhu tubuh terus meningkat namun tubuh juga akan merasakan menggigil kedinginan seperti orang yang terserang malaria.

7. Sakit tenggorokan

Sudah sangat jelas disebutkan bahwa flu merupakan penyakit yang menginfeksi saluran pernafasan yang salah satunya adalah tenggorokan. Dengan begitu secara otomatis tenggorokan akan terasa sakit. Terutama ketika menelan makanan atau minuman akan semakin terasa sakit.

8. Bersin-bersin

Penderita flu juga ditandai dengan bersin-bersin yang terus menerus. Bersih merupakan reaksi tubuh ketika banyak virus yang menginfeksi hidung dan tubuh tengah berupaya mengeluarkan virus melalui hidung.

9. Hidung tersumbat atau ingusan

Flu juga akan membuat hidung tersumbat atau mengeluarkan ingus selama masa inkubasi virus sekitar 3 hingga 7 hari atau bisa juga dalam beberapa minggu ke depan. Ingusan atau hidung tersumbat akan membuat kita kesulitan bernafas sehingga akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari.

10. Nafsu makan menurun

Saat tubuh merasakan ada yang salah dengan kondisi kesehatannya biasanya nafsu makan akan menurun bahkan menghilang sama sekali. Kehilangan nafsu makan sebenarnya akan lebih berbahaya sebab dengan begitu sistem imun juga bisa menurun dan menghambat proses penyembuhan.

11. Sulit tidur

Batuk kering, sakit kepala, hidung tersumbat serta masih banyak lagi gejala flu lainnya akan mebuat penderita flu kesulitan tidur.

12. Mata berair

Salah satu gejala flu yang paling sering terjadia dalah mata berair. Mata berair juga salah satu efek dari sakit kepala, hidung tersumbat dan berbaga gejala flu lainnya.

Cara Mengobati Flu

Pada sebagian kasus flu tidak membutuhkan penanganan dokter apa lagi jika flu hanya berlangsung sekitar 3 hingga 7 hari. Berikut beberapa langkah pengobatan mandiri yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala flu yang meliputi :

  • Perbanyak istirahat untuk membantu mengistirahatkan tubuh agar kondisi tubuh cepat pulih
  • Perbanyak konsumsi air putih untuk menetralkan virus dari dalam sistem pernafasan. Air putih juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh
  • Menjaga tubuh agar tetap hangat dengan mengenakan jacket, syal, serta baju tebal
  • Mengkonsumsi makanan sehat seperti perbanyak buah dan sayur serta ikan dan telur
  • Konsumsi obat pereda nyeri dan demam yang bisa dibeli di apotek seperti paracetamol dan ibuprofen

Kondisi yang Rentan Terhadap Komplikasi Flu

Meski flu sangat jarang menimbulkan komplikasi namun kita tetap perlu waspada sebab resiko komplikasi sangat tinggi pada beberapa orang yang meliputi :

  • Ibu hamil
  • Anak-anak
  • Lansia
  • Penderita beberapa penyakit seperti penderita paru-paru, gagal jantung, serta diabetes
  • penderita penyakit dengan sistem kekebalan tubuh rendah seperti penderita HIV serta kanker.

Cara Mencegah Flu

Flu sangat mudah menular pada orang lain. Penularan yang paling cepat melalui udara. Virus yang dikeluarkan penderita flu saat batuk atau bersin akan mengkontaminasi udara disekitar penderita flu. Selain itu media yang telah terkontaminasi virus juga bisa menularkan flu kepada orang lain seperti sapu tangan dan tisu.

Berikut beberapa langkah pencegahan flu yang meliputi :

  • menjaga kebersihan diri dan lingkungan
  • cuci tangan sebelum makan
  • cuci tangan menggunakan sabun setelah buang air besar dan kecil
  • hindari berada satu ruangan yang tertutup dengan penderita flu
  • gunakan masker saat bepergian ke luar rumah.
  • Pemberian vaksin influenza bagi anda yang lebih beresiko terserang komplikasi flu
  • Menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin menggunakan sapu tangan atau tisu
  • Pastikan tubuh menerima asupan vitamin dan gizi yang seimbang dan cukup
  • Olahraga sesuai kemampuan dan teratur

Kapan ke Dokter?

Meski sistem kekebalan tubuh dapat melawan virus penyebab flu secara alami namun beberapa kondisi berikut ini mengharuskan anda memeriksakan diri ke dokter seperti :

  • Bagi anda yang rentan terhadap komplikasi influenza sebaiknya waspada terhadap gejala flu yang dirasakan dan segera memeriksakan diri ke dokter. Berikut beberapa kondisi yang rentan terhadap komplikasi seperti ibu hamil, anak-anak, lansia atau manula, penderita paru-paru, jantung, HIV serta kanker.
  • Anda juga perlu memeriksakan diri ke dokter jika gejala flu dalam 7 hari tidak juga mereda tapi justru semakin parah.

Komplikasi Flu

  • Infeksi paru-paru : komplikasi flu yang pertama adalah infeksi paru-paru. Infeksi yang paling sering dialami adalah bronkitis. Infeksi ini menyerang bagian saluran pernafasan uatan yang idsebut bronkus. Ada beberapa kasus infeksi yang paling parah adalah radang paru atay pneumonia.
  • Perburukan gejala flu : perburukan gejala flu bisa terjadi pada penderita asma atau PPOK
  • Peningkatan gula darah pada penderita diabetes
  • Kelahiran prematur pada ibu hamil
Loading...

Demikianlah beberapa gejala flu yang dapat menyerang siap saja. Meski gejala flu dapat reda dengan sendirinya dalam beberapa hari namun ada beberapa kondisi yang patut di waspadai mengalami komplikasi. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: 21 Gejala Cacar Air yang Harus Anda Waspadai Sejak Dini

loading...

Leave a Reply