6 Gejala Flu Singapura yang Harus Anda Waspadai

Gejala Flu Singapura –  Kondisi kulit yang mengalami iritasi, bengkak atau gembung ditandai warna merah, rasa gatal, bintil-bintil air serta luka-luka  disebabkan oleh serangan virus yang menyerang bagian mulut, kaki, tangan namun bisa juga menyerang bagian lutut dan lipatan paha pada anak- anak serta orang dewasa merupakan tanda-tanda awal dari flu singapura.

Penyebaran flu singapura terjadi melalui kontak kulit(bersalaman atau pelukan), melalui uap udara(bersin dan batuk) serta melalui air liur(berciuman dan minum air bersama). Penyakit ini tidak berbahaya sehingga anda tidak perlu melakukan perawatan khusus, namun terdapat beberapa kasus langka dari gejala flu singapura yang dapat mengakibatkan komplikasi seperti meningitis, polio, dan bahkan kematian.

Kebanyakan penderita penyakit ini akan merasa sembuh dalam waktu 10 hari dan pemberian obat pereda nyeri sehingga dapat meringankan gejala flu singapura. Terdapat beberapa gejala flu singapura yaitu demam, sakit tenggorokan, nafsu makan berkurang, timbul sariawan serta luka pada bagian gusi.

Gejala Flu Singapura

Ilustrasi; Gejala Flu Singapura

Kali ini CekSehat akan menjelaskan secara detail mengenai gejala flu singapura, penyebab, pencegahan serta pengobatannya.

Penyebab Flu Singapura

Penyakit pada bagian tangan, kaki dan mulut (HFMD) adalah penyakit yang ditandai demam dan erupsi vesikular pada tangan dan kaki dan di mulut. Penyakit ini disebabkan oleh Picornaviridae di genus Enterovirus . Komplikasi jarang terjadi, tapi pneumonia, meningitis, atau ensefalitis mungkin terjadi.

Wabah HFMD terutama disebabkan oleh 2 jenis spesies enterovirus A, coxsackievirus (CV) A16 (CVA16) atau enterovirus 71. Beberapa wabah telah dikaitkan dengan CVA10, namun hanya kasus sporadis yang melibatkan anggota lain dari spesies enterovirus A yang telah dilaporkan.

Faktor lain yang menyebabkan flu singapura menyerang anak-anak serta orang dewasa  melalui kontak langsung dengan penderita, yaitu :

  • Terkena cairan yang keluar dari hidup maupun tenggrokan saat bersin penderita flu singapura
  • Terkena air liur atau ludah saat penderita flu singapura batuk
  • Terkena cairan yang berasal dari luka penderita flu singapura
  • Terkena kontaminasi benda yang berasal dari penderita flu singapura

Gejala Flu Singapura

Masa awal penyebab masuk kedalam tubuh lalu saat penularan sampai timbulnya penyakit berlangsung kurang lebih satu minggu yang menimbulkan gejala flu singapura, yaitu :

Demam

Tubuh yang sedang mengalam gejala flu singapura akan mengalami infeksi yang disebabkan oleh serang virus sehingga penderita akan merasakan demam bersuhu 38-39 derajat Celcius secara tiba-tiba biasanya terjadi pada siang atau malam hari.

Meskipun gejala flu singapura ditandai dengan luka dan bintil-bintil pada bagian mulut, tangan dan kaki namun pada tahap ini penderita belum mengelami tanda-tanda terkena flu singapura. Biasanya penderita demam terjadi karena gejala awal dari influenza, flu serta sedang kelelahan.

Demam merupakan salah satu gejala umum, sehingga anda tidak perlu khawatir jika buah hati mengalami demam belum tentu masuk dalam gejela flu singapura. Namun anda tetap menginginkan diagnosa yang pasti, penyakit apa yang sedang dialami buah hati sehingga lebih baik memeriksakan kedokter untuk pengecekan kesehatannya.

Sakit Pada Bagian Tenggorokan

Penderita demam akan sering mengalami sakit tenggorokan sehingga akan sulit untuk makan atau minum, kasus ini menandakan bahwa virus sudah menyebar ketubuh hingga bagian rongga mulut. Selain itu gejala flu singapura ditandai timbul becak atau bintil-bintil dibagian rongga sehingga virus yang sudah menyebar hingga rongga mulut beresiko besar mengalami penyakit flu singapura karena virus dapat berkembang dengan pesat di rongga mulut atau tenggorokan seperti sariawan dan bercak merah atau putih.

Dikarenakan sakit pada tenggorokan membuat penderita akan susah makan dan minum sehingga buah hati akan susah mendapat asupan gizi serta nutrisi. Oleh karena itu anda sebagai orang tua usahakan bagaimanapun cara agar anak tetap makan dan minum agar menerima asupan gizi dan nutrisi agar tidak mengalami kurang gizi serta dehidrasi (cairan yang keluar dari tubuh lebih besar dibandingkan cairan yang masuk kedalam tubuh).

Timbulnya Sariawan

Tenggorokan yang sudah mengalami gangguan dari virus mengakibatkan rongga mulut t mengalami sariawan yang merupakan salah satu gejala flu singapura. Selain itu sariawan biasanya terjadi bersamaan dengan demam serta perasaan tubuh yang tidak nyaman, sariawan terjadi pada bagian bibir, mulut serta gusi yang mengelami infeksi atau luka sehingga sulit untuk makan dan minum.

Apalagi jika penderita sariawan adalah anak-anak anda tentu mereka tidak akan mau diberi asupan gizi dan nutrisi oleh karena itu upayakan agar mereka tetap mau makan dan minum walaupun terasa perih agar tidak mengalami kurang gizi dan dehidrasi.

Sariawan akan terjadi bila virus sudah 24 jam menyerang rongga mulut, namun jika dibiarkan sariawan dapat menyeberang bagian tubuh lainnya. Selain itu sariawan sering timbul bersamaan dengan luka dibagian kaki serta tangan.

Tubuh Terasa Tidak Nyaman

Badan akan mengalami perasaan tidak nyaman setelah mendapat serangan dari virus coxsackievirus A sehingga buah hati akan rewel, menangis serta lemas untuk beraktivitas seperti biasanya. Oleh karena itu sebagai orang tua harus memperhatikan buah hati anda, bila mengalami perilaku seperti bisa saja buah hati anda sedang mengalami gejala flu singapura lebih baik lakukan pemeriksaan kedokter agar hasil diagnosanya pasti.

Ruam Pada Bagian Telapak Kaki Dan Telapak Tangan

Ruam adalah Kondisi kulit yang mengalami iritasi, bengkak atau gembung ditandai warna merah, rasa gatal pada bagian telapak kaki dan tangan pada anak-anak. gejala ini dapat berkembang hingga bagian lain seperti lengan serta lutut pada kaki dan tangan, bekas luka dari ruam akan membekas dengan jelas sehingga dapat menggaggu.

Ruam dapat berkembang dengan cepat dari luka kecil lalu membesar sehingga penderita akan merasa ada yang aneh dengan telapak kaki dan tangannya yang seharusnya sembuh malah membesar. Bila ruam berbentuk bintil-bintil berair lalu pecah maka cairannya itu yang mengakibatkan ruam berkembang dengan pesat.

Luka Dibagian Pipi

Langit-langit mulut yang sedang mengalami luka beresiko besar menimbulkan luka baru pada bagian pipi kanan dan kiri pada bagian luar sehingga berbentuk seperti jerawat atau sariawan dalam jumlah yang cukup banyak. Oleh karena orang tua perlu memperhatikan buah hatinya dengan serius bisa saja penyakit ini merupakan salah satu gejala flu singapura sehingga lebih baik melakukan pemeriksaan ke dokter.

Selain karena langit-langit mulut mengalami luka ternyata luka pada pipi bisa disebabkan oleh kuman dan bakteri melalui tangan yang kotor.

Simak juga: Gejala Flu Burung

Diagnosis Flu Singapura

Penyakit yang disebabkan oleh virus Picornaviridae di genus Enterovirus  merupakan tanda serta gejala flu singapura yang perlu diwaspadai, meskipun bukan termaksud penyakit yang berbahaya namun dalam beberapa kasus langka penderita flu singapura bisa mengakibatkan komplikasi seperti meningitis, polio, dan bahkan kematian.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membeda gejala flu singapura dengan gejala penyakit lainnya :

  • Gejala awal penderita flu singapura akan mengalami demam serta sakit tenggorokan.
  • Biasanya penderita flu singapura berumur 10 tahun kebawah
  • Ukuran luka flu singapura lebih kecil dari pada penyakit lainnya seperti cacar.

Pengobatan dan Pencegahan Flu Singapura

Meskipun penyakit flu singapura tidak perlu mendapat pengobatan secara khusus karena dapat sembuh dengan sendirinya selama seminggu kurang dengan meminum obat antibiotik. Kita ketahui bahwa flu singapura disebabkan oleh serangan virus yang mengakibatkan infeksi dibeberapa area tubuh seperti tangan, kaki serta mulut.

Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan sendiri di rumah untuk mengobati gejala flu singapura, yaitu :

  • Jika anak merasakan nyeri dan demam, anda bisa memberikan paracetamol atau ibuprofen
  • Istirahat secukupnya serta berikan minum air dingin agar mengurangi rasa nyeri di tenggorokan.
  • Hindari pemberian makan atau minum yang asam dan pedas.
  • Melakukan pola hidup yang sehat agar dapat mengurangi resiko penyebaran virus flu singapura.

Komplikasi Flu Singapura

Sebelumnya kami sudah menjelaskan bahwa flu singapura bukan penyakit berbahaya, namun terdapat beberapa kasus langka yang mengakibatkan komplikasi flu singapura dibawah ini.

  • Dehidrasi, karena penderita flu singapura yang mengalami luka pada rongga mulut dan tenggorokan akan sulit menelan air sehingga asupan akan cairan berkurang yang mengakibatkan penderita bisa mengalami dehidrasi.
  • Meningitis virus, meskipun virus flu singapura hanya menyerang bagian kaki, tangan serta mulut namun ternyata dalam kasus langka virus penyakit dapat menyerang otak yang mengakibatkan Meningitis virus.
  • Ensefalitis, komplikasi yang sangat berbahaya karena serang virus flu singapura pada bagian otak yang mengakibatkan pembengkakan serta radang yang dapat mengganggu serta merusak otak secara parah.

Demikianlah penjelasan tentang gejala flu singapura dan hal lainnya yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Apa Saja Gejala Flu Tulang?

Leave a Reply