Apa Saja Gejala Flu Tulang Serta Bagaimana Cara Mencegah dan Mengobatinya?

Gejala Flu Tulang – Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti memiliki nama lain yaitu chikungunya, alasan diberi nama penyakit flu tulang karena penyakit ini menyerang tulang atau sendi sehingga terasa sakit.

Rasa nyeri pada tulang atau sendi akan terasa sakit dalam waktu yang cukup lama hingga 1 bulanan, pembawa virus Aedes Aegypti merupakan nyamuk yang sama dengan nyamuk penyebab demam berdarah. Nyamuk ini sering beraktifitas pada pagi dan sore hari oleh karena itu anda perlu mewaspadi jika ada nyamuk pada siang hari.

Penyakit yang sudah ada sejak tahun 2004 berkembang pada daerah tertentu, jika dalam satu daerah ada orang yang terkena penyakit flu tulang maka penyebaran penyakit ini akan cepat menular keorang lain. Penderita penyakit flu tulang akan merasa sakit pada sendi atau tulang yang diakibatkan oleh kerusakan syaraf dan disusul dengan pembengkakkan sendi.

Gejala Flu Tulang

Ilustrasi: Gejala Flu Tulang

Gejala Flu Tulang

Kali ini CekSehat akan membahas khusus apa saja gejala flu tulang itu. Tanda awal dari gejala flu tulang adalah demam, sakit kepala, mual, nyeri sendi dan ruam pada kulit yang akan dijelaskan dibawah ini.

1. Demam

Demam bukanlah penyakit melainkan gejala awal dari penyakit yang berbahaya, terjadinya demam menandakan bahwa hormon kekebalan badan sedang melakukan perlawanan dengan virus dan bakteri yang ada didalam tubuh. Demam dapat menandakan seseorang sedang mengalami gejala flu tulang yang disebabkan oleh nyamuk terinfeksi virus Aedes Aegypti.

Oleh karena itu lakukan diagnosa mengenai demam yang sedang diderita agar memperoleh hasil pasti sebab penderita flu tulang akan mengalami demam secara tiba-tiba setelah digigit oleh nyamuk yang terinfeksi dalam beberapa jam saja.

Simak selengkapnya: Gejala dan Cara Mengobati Demam yang Harus Anda Lakukan!

2. Nyeri Sendi

Selain demam rasa nyeri pada sendi juga bisa menandakan seseorang sedang mengalami gejala flu tulang karena virus Aedes Aegpti akan menyerang organ sendi sehingga terasa sakit atau nyeri saat disentuh. Hal ini yang mengakibatakn penderita flu tulang merasa lemas diseluruh tubuhnya terutama pada bagian kaki, tangan dan punggung.

3. Sakit Kepala

Virus Aedes Aegpti yang sudah menyebar ke seluruh tubuh akan mengakibatkan kepala terasa sakit, rasa sakit di kepala sering terjadi bersamaan dengan kondisi demam pada malam hari. Hal ini menandakan bahwa virus nyamuk yang terinfeksi sudah merusak syarat penting didalam tubuh seperti sendi kaki dan sendi tangan sehingga susah untuk bergerak dan sakit kepala merupakan respon dari otak ketika syarat didalam tubuh mengalami kerusakan.

4. Sendi Bengkak

Setelah syaraf mengalami kerusakan akibat serang virus Aedes Aegypti dan penderita tidak melakukan pengobatan dengan benar maka akan terjadi pembengkakan pada bagian sendi tulang yang sudah rusak parah sehingga penderita kesulitan untuk bergerak.

Oleh karena itu jika anda mengalami pembengkakkan pada bagian sendi segera lakukan pemeriksaan diri ke dokter agar memastikan penyakit apa yang sedang diderita karena sendi bengkak bisa menandakan seseorang mengalami gejala flu tulang.

5. Tulang Sakit Saat Digerakkan

Gejala flu tulang selanjutnya adalah tulang terasa sakit jika digerakan, setelah sendi mengalami pembengkakkan dan anda tidak melakukan pengobatan dengan benar mengakibatkan tulang akan terasa sangat sakit jika digerakkan meskipun hanya bergerak sedikit.

6. Ruam pada Kulit

Timbul ruam pada bagian sendi yang mengalami kerusakan akibat serang virus Aedes Aegypti, awalnya ruam akan terlihat biasa saja namun setelah beberapa saat dan anda tidak melakukan pengobatan ke dokter atau pribadi maka ruam tersebut akan semakin besar serta terasa sakit jika sentuh tangan.

Meskipun gejala flu burung yang satu jarang terjadi, ada baiknya anda memperhatikan semua tanda-tanda awal dari penyakit flu tulang yang disebabkan oleh gigit nyamuk Aedes Aegypti karena dapat mengakibatkan penderita kehilangan nyawa tanpa disadari.

7. Kram Otot

Begitu anda mengalami nyeri pada sendi maka akan disusul dengan kram otot, gejala ini sering terjadi pada bagian kaki yang sendinya sudah mengalami pembengkakkan. Syaraf sendi kaki yang sudah mengalami kerusakan mengakibatkan otot-otot kaki tidak dapat bekerja dengan maksimal sehingga anda akan kesulitan untuk bekerja dan mudah merasa lelah.

Gejala flu tulang ini sering terjadi bersamaan dengan pembengkakkan sendi dibagian kaki, oleh karena segera lakukan pengobatan sebelum rasa sakit yang diderita semakin parah.

8. Mual

Gejala mual merupakan respon tubuh dari serangan virus Aedes Aegypti yang mengakibatkan organ tubuh terinfeksi dan mengurangi kinerja organ dalam tubuh. Rasa mual akan semakin parah jika anda tidak dapat mengkonsumsi makan dan minuman sehingga mengalami dehidrasi.

Mual dapat diatasi dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak. Gejala flu tulang yang satu ini sering terjadi pada tubuh yang baru mengalami infeksi oleh gigitan nyamuk Aedes, oleh karena itu lakukan diagnosa ke dokter agar anda dapat memastikan penyakit yang sedang diderita.

9. Muntah

Sebelumnya kami sudah menjelaskan mengenai mual yang diakibatkan oleh virus Aedes, mual yang terjadi terus menerus dapat mengakibatkan seseorang muntah. Oleh karena muntah sering terjadi bersamaan dengan mual. Bagi anda penderita penyakit maag kondisi ini akan cepat parah serta sulit pulih. Muntah menandakan hormon kekebalan tubuh mengalami penurunan secara drastis.

10. Tubuh Sangat Lelah

Gejala flu tulang berikutnya adalah tubuh anda akan mudah merasa letih, lemah dan lunglai. Hal ini terjadi sebagai akibat dari tubuh yang tidak kuat melawan infeksi dari virus flu tulang ini.

Akibat infeksi yang menyerang bagian sendi, penderita flu tulang akan merasa sangat lelah dan tidak ada tenaga sama sekali. Biasanya tubuh akan pulih sendiri setelah infeksi sembuh dan tidak memerlukan perawatan khusus.

11. Sakit Punggung

Penderita flu tulang biasanya juga akan mengalami sakit di sekitar punggung. Akibat punggung sakit ini, penderita biasanya akan meringkuk. Ketika tubuh terlalu meringkuk karena menahan rasa sakit pada bagian sendi tubuh maka sakit pada punggung akan bertambah menjadi lebih parah. Kondisi ini akan bertahan hingga flu tulang benar-benar sembuh.

12. Menggigil malam hari

Tidak jarang juga penderita flu tulang ini akan menggigil di malam hari. Apalagi jika cuaca sedang dingin, biasanya penderita penyakit chikungnya atau flu tulang mirip dengan menggigilnya penderita malaria ketika gejala flu yang mereka alami mereda

Gejala Flu Tulang Lainnya

Berikut ini beberapa gejala flu tulang yang lainnya yang mungkin juga akan mereka alami:

  • Kaku pagi hari, tidak jrang juga penderita flu tulang akan mengalami kekauan pada pagi hari. Kekakuan badan ini merupakan salah satu efek akibat reaksi yang ditimbulkan oleh antibodi yang bekerja melawan antigen virus.
  • Kelenjar getah bening membengkak, pembengkakan yang terjadi ternyata di hanya pada sendi-sendi saja melainkan juga terjadi pada kelenjar getah bening.
  • Infeksi selaput mata, gejala flu tulang berikutnya adalah terjadinya infeksi pada bagian selaput mata disebut juga conjunctivitis.
  • Sesak napas, penderita flu tulang juga sering mengalami sesak napas karena infeksi virus sudah sampai ke bagian paru-paru dan dapat menimbulkan radang paru atau pneumonia. Hal ini terjadi karena kadar oksigen yang rendah dan karbondioksida meningkat.
  • Mirip demam berdarah, gejala flu tulang juga mirip dengan gejala yang terjadi di penyakit demam berdarah. Namun perbedaannya pada flu tulang tidak disertai adanya pendarahan.
  • Kelumpuhan sementara, pada tahapan tertentu, penderita flu tulang akan mengalami kelumpuhan sementara yang terjadi akibat akumulasi dari adanya nyeri tulang, nyeri sendi, nyeri otot, kekakuan tulang hingga pembengkakan sendi yang dialami oleh penderita flu tulang. Komplikasi tulang, otot dan sendiri tersebut mengakibatkan penderita mengalami kesulitan bergerak.
  • Fenomena raynaud, Gejala flu tulang yang terakhir adalah raynaud terjadi akibat kondisi penurunan aliran darah menuju ke tangan dan kaki sebagai reaksi dari dingin atau stress dari dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan ujung jari terasa dingin dan berwarna kebiruan.

Pengobatan Flu Tulang

Penderita panyakit flu tulang dapat diobati dengan menggunakan cara simtomatik atau pengobatan berdasarkan gejala yang dialami saja. Pengobatan flu tulang bisa dilakukan dengan cara istirahat yang cukup, mengkonsumsi air putih yang banyak agar mual cepat hilang dan tidak mengalami dehidrasi, mengkonsumsi obat penurun panas atau demam serta mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri yang menyerang sendi kaki, tangan dan punggung.

Selain itu pastikan penderita tidak terkena gigit nyamuk karena virus flu tulang dapat dengan mudah menular keorang lain melalui gigitan nyamuk bekas penderita sehingga orang lain beresiko besar mengalami penyakit flu tulang.

Setelah penderita flu tulang pulih, lakukan banyak aktivitas fisik seperti berolahraga terutama pada bagian kaki, tangan dan punggung. Namun jika organ tubuh kesulitan untuk bergerakan lakukan latihan fisioterapi.

Pencegahan Flu Tulang

Setelah kami membahas gejala flu tulang dan cara pengobatannya, selanjutnya kami akan membahas mengenai cara pencegah penyakit flu tulang yang bisa anda lakukan secara pribadi dirumah agar terhindar dari penyakit berbahaya ini yaitu :

  • Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal agar nyamuk tidak dapat berkembang biak
  • Selain itu lakukan pencegahan gigitan nyamuk dengan memberikan obat nyamuk seperti krim maupun semprot setiap hari.
  • Melakukan pembuangan benda-benda yang tidak berguna karena beresiko menjadi genangan air dan menjadi sarang nyamuk
  • Tutup jendela rumah saat ingin tidur atau sebelum tidur agar nyamuk tidak masuk kedalam
  • Selalu gunakan pakaian yang panjang dan berwarna cerah karena nyamuk tidak menyukai hal tersebut.

Penyakit flu tulang sudah ada sejak tahun 2004 dengan nama lain chikungunya dengan jumlah penderita yang selalu meningkat. Penyebab utama dari penyakit ini adalah gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang menyebar ke seluruh tubuh teruma mengerang syaraf dari kaki, tangan dan punggung. Sekian informasi dari kami mengenai gejala flu tulang, semoga bisa bermanfaat, terima kasih. Jangan lewatkan juga: Daftar Gejala Flu Burung dan Cara Pencegahan serta Pengobatannya

Leave a Reply