19 Gejala Gagal Ginjal dan Cara Mencegahnya (Wajib Tahu)

Gejala Gagal Ginjal – Ginjal merupakanorgan vital yang memiliki peran sangat penting untuk tubuh kita. Ginjal memiliki banyak fungsi untuk tubuh kita. Sehingga apabila fungsi utama ginjal ini terganggu maka akan mengakibatkan tubuh kita menjadi terganggu.
Beberapa fungsi ginjal yang sangat penting adalah untuk menyaring darah dari zat-zat sisa yang tidak butuhkan oleh tubuh, menjaga keseimbangan air di dalam tubuh, mempertahankan kadar asam basa, dan masih banyak lagi fungsi ginjal yang sangat urgen untuk tubuh kita.
Mak dari itu, menjaga kesehatan ginjal menjadi snagat penting. Karena kalau tidak, ginjal kita akan rentan terkena penyakit. Salah satu penyakit yang sering terjadi adalah penyakit ginjal kronis atau yang lebih dikenal di masyarakat dengan istilah gagal ginjal kronis (GGK).
GGK merupakan kondisi dimana fungsi ginjal mulai menurun secara bertahap. Indonesia Renal Registry mendefinisikan gagal ginjal kronis sebagai kerusakan ginjal, dapat berupa kelainan jaringan, komposisi darah dan urine atau tes pencitraan ginjal, yang dialami lebih dari tiga bulan.
Pada tahap yang berbahaya, GGK statusnya akan berubah menjadi gagal ginjal tahap akhir (End-Stage Renal Disease/ESRD) dimana kondisi ini biasanya ginjal sudah tidak lagi berfungsi. Pada stadium ini biasanya telah terjadi penumpukan limbah tubuh, cairan, dan elektrolit yang bisa membahayakan tubuh jika tanpa dilakukan penyaringan buatan (dialisis/cuci darah) atau transplantasi ginjal.
Jika gagal ginjal sudah pada stadium akhir maka sudah bisa dipastikan satu-satu cara untuk mengatasinya adalah dengan transplantasi ginjal, dan tentu saja ginjal kita sudah tidak berfungsi sebagaimana aslinya. Tentu kita tidak menginginkan hal ini terjadi, maka dari itu sebaiknya kita mengetahui apa saja gejala gagal ginjal sejak dini.
gejala gagal ginjal

Ilustrasi: Gejala gagal ginjal

Gejala gagal ginjal biasanya didahului dengan perubahan warna air seni. Jika kita sudah mengalami perubahan pola atau warna air seni, maka sebaiknya kita memeriksakana kondisi ginjal kita ke dokter. Memang, tidak semua perubahan warna air seni merupakan gejala gagal ginjal.

Meskipun gagal ginjal adalah suatu kondisi yang serius, namun gejala gagal ginjal tahap awal biasanya didahului dengan ciri-ciri yang samar, sehingga terkadang penderitanya tidak menyadari bahwa ginjalnya telah gagal menjalankan fungsi sebagaimana mestinya,

Ginjal sendiri terletak di perut bagian belakang kanan dan kiri. Perannya yang santa vital seperti yang sudah disebutkan di atas yaitu untuk mengatur keseimbangan elektrolit, memproduksi sel darah merah, dan mengontrol tekanan darah. Fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring produk limbah dalam darah, dan penyakit gagal ginjal terjadi ketika organ ini kehilangan kemampuan penyaringan; menyebabkan penumpukan limbah beracun dalam tubuh, dan mengakibatkan susunan kimiawi darah menjadi rusak.

Gejala gagal ginjal tahap awal samar-samar dan sulit dideteksi, namun lambat laun gejala gagal ginjal ini akan berubah ke stadium lanjut dan dan mulai mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan. Pada tahap awalpenyakit ini biasanya mengakibatkan penurunan fungsi ginjal sekitar 20 persen saja.
Kebanyakan kita tidak begitu menghiraukan yang 20% ini, sehingga secara perlahan namun pasti kerusakan akan terus bertambah hingga mengakibatkan kerusakan ginjal mencapai 80%. Nah, pada tingkat kerusakan 80% ini seseorang sudah mengalami masalah yang disebut sebagai gagal ginjal. Gagal ginjal berarti juga bahwa ginjal sudah tidak mampu bekerja untuk menyaring semua cairan atau racun di dalam tubuh. Bahkan kondisi gagal ginjal bisa sangat parah karena terjadi akumulasi pada sistem peredaran darah.

Gejala Gagal Ginjal yang Wajib Anda Waspadai

Berikut ini Ceksehat bagikan 19 gejala gagal ginjal yang harus anda ketahui, semakin cepat anda mengetahuinya maka semakin mudah untuk melakukan tindakan pengobatan, silahkan simak:

1. Perubahan Warna dan Pola Air Kencing

Gejala gagal ginjal yang pertama adalah terjadinya perubahan pada warna serta pola air seni yang kita keluarkan. Sebagaimana sudah diketahui bersama, fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring semua cairan dalam tubuh dan kemudian akan mengeluarkan lewat saluran kencing. Air kencing adalah zat buangan yang berasal dari tubuh. Ketika ginjal mengalami masalah maka ada beberapa perubahan pola dan warna air kencing.

Kira-kira, bagaimana perubahan yang dimaksud tersebut? Berikut ini silahkan anda simak perubahan yang mungkin saja terjadi:

  • Perubahan yang pertama adalah urin yang keluar memiliki banyak gelembung atau busa kecil hingga berat.
  • Kemudian, anda pola air kencing anda bisa berubah menjadi lebih sering buang air kecil terutama pada malam hari.
  • Perubahan warna air kencing menjadi lebih pucat dan terlihat tidak sehat.
  • Sering buang air ecil namun jumlahnya sedikit.
  • Terkadang, anda juga menemukan adanya darah saat buang air kecil.
  • Terakhir, saat anda buang air kecil anda akan merasa seperti tertekan biasanya seperti rasa ingin mengejan karena ada yang harus dikeluarkan secara paksa.

Jika anda sudah mengalami gejala gagal ginjal di atas, ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi kesehatan ginjal anda ke dokter, jangan sampai ditunggu berlama-lama.

2. Tubuh Sangat Lelah

Gejala gagal ginjal berikutnya adalah tubuh menjadi merasa sangat lelah. Hal ini dikarenakan terjadinya gangguan pada proses metabolisme di dalam tubuh kita. Biasanya ginjal akan menghasilkan hormon eritropoietin sebagai pertanda agar tubuh segera memproduksi sel darah merah.

Nah, saat ginjal gagal dalam membuat hormon ini maka tubuh juga akan kehilangan kemampuan untuk memproduksi sel darah merah. Jika hal ini terjadi, maka tubuh anda akan terasa sangat lelah sebagai efek dari tidak ada sel darah merah yang cukup untuk memproduksi sel darah merah. Sel darah merah akan menyalurkan oksigen ke beberapa bagian termasuk otot dan otak. Jadi gejala anemia biasanya terjadi pada tahap awal.

Bagaimana kira-kira? Apa anda sering merasa sangat lelah sekali? Jika iya, ini patut anda waspadai sebagai gejala awal penyakit gagal ginjal.

3. Tubuh Bengkak

Gejala gagal ginjal yang ketiga adalah terjadinya pembengkakan di tubuh. Pembengkakan bisa terjadi di pergelangan kaki, tangan, wajah dan betis. Jika pada bagian tersebut pada tubuh anda atau keluarga anda bengkak-bengkak secara tiba-tiba maka ini bisa menjadi indikasi awal gagal ginjal.

Pembengkakan terjadi sebaga akibat tubuh tidak bisa mengeluarkan semua cairan yang menumpuk dalam tubuh. Nah, saat warna urin berubah, tubuh sangat lelah dan disertai dengan terjadi pembengkakan pada bagian tubuh tersebut, maka kemungkinan besar anda sudah terkena penyakit gagal ginjal. Gejala ini juga sering disertai dengan beberapa tanda seperti rambut yang rontok terus menerus, berat badan yang turun meskipun terlihat lebih gemuk.

4. Bau Mulut

Bau mulut juga bisa menjadi gejala gagal ginjal yang patut anda waspadai. Hal ini disebabkan oleh terjadinya penumpukan racun dan limbah dalam darah dan cairan dalam tubuh sehingga mengakibatkan bau mulut yang tidak sedap.

Kondisi bau mulut menjadi tidak sedap ini akan mengakibatkan mulut akan memproduksi banyak amonia dalam mulut. Sehingga perlahan lidah akan kehilangan kemampuan untuk mengecap rasa. Kondisi akan mengakibatkan kita menjadi tidak enak makan, dan nafsu makan hilang.

5. Gatal

Tumpukan racun yang gagal dikeluarkan dari dalam tubuh kita ini akan mengakibatkannya menyebar ke seluruh tubuh, tidak terkecuali melalui darah dan menyebar ke kulit. Nah, hal ini akan mengakibatkan seluruh tubuh kita menjadi gatal-gatal, bisa terjadi pada bagian tungkai, punggung, kepala, dan dada. gatal parah ini bisa sangat tidak nyaman, dan dapat mengalihkan perhatian pasien dari kegiatan sehari-hari. Obat gatal berupa krim tidak bisa meredakan gatal ini, dan memeriksakan diri ke dokter merupakan suatu keharusan.

6. Muncul Ruam Kulit

Sebagai akibat dari racun yang tidak bisa keluar tadi, selain mengakibatkan rasa gatal yang sangat mengganggu juga dapat menyebabkan timbulnya bercak merah yang gatal pada tubuh. Hal ini juga bisa disebabkan karena tubuh tidak mendapatkan mineral yang membuat jaringan kulit mengalami reaksi. Bahkan rasa gatal bisa dirasakan merasuk hingga ke bagian tulang, kulit yang mudah pecah dan luka yang terus muncul. Gejala ini membuat kondisi tubuh akan semakin melemah yang berarti sudah terlalu banyak racun dalam darah.

7. Gangguan Pencernaan (Mual dan Muntah)

Selain menyebabkan berbagai gangguan di atas, gagal ginjal juga dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan pencernaan. Pasien gagal ginjal akan merasa mual dan ingin muntah terus menerus, gan biasanya gejala ini biasanya disertai dengan bau mulut yang sangat kuat. Bahkan keinginan muntah bisa bertahan sepanjang waktu hingga sama sekali tidak bisa makan.

8. Meriang

Meriang juga merupakan salah satu gejala gagal ginjal yang tidak bisa diabaikan. Kondisi ini merupakan akibat dari tubuh kekurangan oksigen akibat tubuh yang tidak bisa memproduksi sel darah merah dalam jumlah yang cukup. Meriang ini bisa terjadi pada siapa saja yang memang sudah merasakan beberapa gejala awal gagal ginjal.

9. Mulut Rasa Logam

Selain menyebabkan bau pada mulut, gejala gagal ginjal lainnya yaitu mulut anda akan berubah seperti rasa logam. Kondisi ini disebut sebagaiuremia; salah satu tahap akhir penyakit ginjal. Pada kondisi ini partikel limbah menumpuk berlebihan di dalam tubuh seseorang, salah satu gejala yang dirasakan adalah mulut terasa tak enak seperti ada rasa logam di mulut.
Hal ini akan mengakibatkan penderita penyakit ginjal akan kehilangan selera makan dan bahkan mereka akan kehilangan selera terhadap makanan kesukaannya sendiri.

10. Sulit Bernafas

Gejala gagal ginjal lainnya yaitu penderita akan mengalami kesulitan untuk bernafas. Kesulitan bernapas penderita gagal ginjal bisa terjadi pada tahap awal hingga tahap yang lebih lanjut. Penderita gagal ginjal akan kesulitan bernafas dikarenaka adanya cairan yang menumpuk dalam tubuh telah masuk ke dalam rongga paru-paru.
Nah, jika cairan yang menumpuk di dalam tubuh tadi, sudah masuk ke dalam paru-paru maka sudah bisa dipastikan pasien penderita gagal ginjal akan sulit untuk bernafas. Selain itu, kekurangan sel darah merah juga akan mengakibatkan sulit bernafas karena tubuh kekurangan oksigen dalam darah.

11. Nyeri Pinggang

Gejala gagal ginjal lainnya yaitu nyeri pada bagian pinggang. Jika anda mengalaminyeri di sekitar pinggang kanan dan kiri bertepatan dengan perut bagian atas sampai tengah di sisi pinggir kanan dan kiri, maka anda patut curiga, karena lokasi ini merupakan lokasi ginjal berada.
Memang, tidak semua sakit pinggang merupakan gejala gagal ginjal, namun jika sakit pinggang diiringi denganpola kemih telah berubah drastis, atau adakah darah dalam urin, jika demikian maka kita patut curiga dan segera memeriksakan diri ke dokter.

12. Punggung Atas Sakit

Selain sakit atau nyeri pada pinggang, gejala gagal ginjal lainnya yaitu nyeri atau skait pada bagian punggung atas. Jika punggung bagian atas anda sudah sakit, maka ini mengindikasikan bahwa salah satu bagian ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik. Rasa sakit juga sering menyebabkan penderita tidak bisa menggerakkan badan tiba-tiba pada malam hari.

13. Sakit Kepala Berat

Gagal ginjal juga dapat mengakibatkan sakit kepala yang luar biasa. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang sudah tidak bisa lagi mendapatkan oksigen dalam jumlah cukup akibat kekurangan sel darah merah. Bahkan otak juga tidak bisa memiliki kadar oksigen dalam jumlah yang cukup. Sakit kepala akan menjadi lebih berat jika memang penderita juga bermasalah dengan anemia.

Memang tidak semua sakit kepala berat merupakan gejala gagal ginjal, namun jika diiringi dengan gejala gagal ginjal lainnya, ini yang patut kita waspadai.

14. Sulit Konsentrasi

Penderita gagal ginjal juga akan kesulitan untuk berkonsentrasi, hal ini sebagai akibat dari otak yang sudah tidak lagi menerima asupan oksigen yang cukup sehingga menyebabkan sel-sel syaraf dalam otak juga tidak bisa bekerja dengan baik.

Kondisi ini akan mengakibatkan seorang penderita gagal ginjal akan kesulitan untuk mengingat atau berkonsentrasi terhadap aktivitasnya.

15. Sulit Tidur

Rasa tidak nyaman pada tubuh akan mengakibatkan seseorang sulit untuk tidur.

16. Busa dalam Urin

Nah, gejala ini sudah disebutkan pada gejala gagal ginja yang pertama tadi. Hanya untuk menegaskan saja, bahwa jika anda menemukan air seni anda berbusa atau bergelembung ketika urin keluar, maka anda patut waspada. Hal ini sebagai efek dari protein dalam jumlah banyak yang sudah menumpuk dalam urin. Beberapa jenis protein yang paling sering ditemukan adalah seperti albumin.

17. Kram Otot

Gejala gagal ginjal selanjutnya adalah kram otot. Biasanya kram otot terjadi pada malam hari, namun bisa terjadi kapan saja. Hal ini dikarenakan cairan elektrolit di dalam tubuh kita sudah tidak seimbang lagi. Kondisi ini biasanya paling dipengaruhi ketika tubuh tidak memiliki kadar kalsium yang cukup atau jumlah fosfor yang sangat kurang.

18. Nafsu Makan Turun

Seorang penderita gagal ginjal juga akan kehilangan nafsu makan. Sebagai efek domino dari mulut yang bau, serasa logam, tubuh tidak nyaman dan lain sebagainya. Penderita gagal ginjal biasanya akan merasa sangat frustasi.

19. Sekitar Mata Bengkak

Gejala gagal ginjal yang terakhir adalah sekitar mata bengkak. Jika area di sekitar mata anda bengkak, maka ini merupakan indikasi bahwa gagal ginjal yang anda alami sudah masuk dalam tahap serius. Penumpukan protein berlebihan dalam tubuh, dan kemudian pProtein yang sudah bocor di dalam tubuh akan membuat bengkak di bagian mata. Kondisi ini harus segera mendapatkan perawatan dokter.

Bagaimana? Kira-kira gejala apa saja yang sudah anda alami? Kalau anda sudah mengalami beberapa gejala gagal ginjal di atas, sebaiknya anda segera memeriksakan kondisi ginjal anda ke dokter.

Cara Mencegah Gagal Ginjal

Nah, setelah kita mengetahui apa saja gejala gagal ginjal, ada baiknya kita melakukan tindakan pencegahan sebelum kita terkena, atau minimal agar tidak semakin parah lagi. Berikut ini beberapa cara mencegah gagal ginjal yang dapat kita lakukan:

  1. Salah satu penyebab gagal ginjal adalah diabetes (Baca: Penyebab diabetes melitus). Kendalikan kadar gula dalam darah, memiliki asupan makanan yang sehat dan melakukan latihan secara rutin.
  2. Usahakan sebisa mungkin untuk berhenti merokok. Rokok mengandung nikotin yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Selain itu merokok juga bisa meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Jadi Anda harus mencoba untuk menghentikan rokok dan melakukan pola hidup yang sehat.
  3. Anda juga harus mulai mengkonsumsi makanan sehat, rendah lemak. Konsumsi makanan bernutrisi tinggi, dan sebaiknya anda menghindari konsumsi makanan berikut ini dalam julam berlebihan: daging merah, mentega, keju dan kue kering.
  4. Sebisa mungkin juga untuk menghindari garam tinggi dalam masakan. Garam tinggi menjadi salah satu hal yang sangat buruk untuk ginjal. Ginjal bisa bekerja sangat keras untuk menyaring semua racun termasuk garam dalam tubuh. Karena itu penting untuk menghindari asupan garam berlebihan.
  5. Berhenti mengkonsumsi alkohol dan sejenisnya.
  6. Berolahraga secara teratur dapat membantu anda menjaga kesehatan ginjal anda.

Nah, demikianlah uraian seputar gejala gagal ginjal yang bisa kami paparkan kepada anda. Semoga anda dan keluarga terhindari dari gangguan ginjal dalam bentuk apapun, dan bagi anda yang sudah menderita penyakit ginjal agar bisa segera sembuh.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar semakin bermanfaat lagi. Baca juga Penyebab gagal ginjal yang wajib anda ketahui

Leave a Reply