40 Gejala Penyakit Ginjal yang Harus Anda Ketahui Sejak Dini!

Gejala Ginjal Bermasalah – Organ ginjal merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh. Ginjal memiliki fungsi yang sangat penting yakni menyaring atau memisahkan antara nutrisi yang akan dialirkan ke seluruh tubuh dan kotoran yang akan dibuang melalui air seni.

Jika ginjal bermasalah maka kotoran yang akan menjadi toksin akan beredar di dalam darah dan mencemari darah. Dengan begitu darah akan terkontaminasi racun. Dengan begitu pasien ginjal dianjurkan melakukan cuci darah secara rutin.

Sebelum penyakit ginjal terlanjur parah sebaiknya gejala ginjal harus dideteksi sejak dini, agar penanganan semakin mudah. Namun banyak dari masyarakat tidak mengetahui gejala ginjal secara pasti sehingga tidak menyadari kondisi tubuhnya sendiri.

Gejala ginjal bermasalah

Gejala ginjal bermasalah

Oleh sebab itu dalam artikel kali ini Ceksehat akan berbagi seputar gejala ginjal anda yang sedang bermasalah secara lengkap. Dengan begitu dapat mempermudah anda memperhatikan kondisi tubuh anda jika terjadi kelainan pada ginjal anda.

Gejala Ginjal Bermasalah

Di indonesia sendiri penderita penyakit ginjal mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini diperkirakan akibat pola hidup dan pola makan yang buruk. Selain  batu ginjal ada juga penyakit ginjal yang tidak kalah berbahayanya yang dapat menyebabkan gagal ginjal.

Sebelum penyakit ginjal menjadi penyakit kronis maka pengobatan sejak dini perlu dilakukan. Namun banyak yang tidak menyadari gejala ginjal stadium awal sehingga pengobatan lebih sulit dilakukan.

Artikel terkait: 19 Gejala Gagal Ginjal dan Cara Mencegahnya

Untuk itu sebaiknya simak beberapa gejala ginjal berikut ini:

1. Gatal yang ekstrem

Ketika anda merasakan gatal parah pada tubuh anda tanpa penyebab yang jelas maka berhati-hatilah itu bisa menjadi salah satu gejala ginjal. Gatal yang berlebihan ini bisa muncul pada salah satu bagian tubuh atau juga bisa terjadi pada seluruh bagian tubuh.

Adapun beberapa hal yang berkaitan dengan gatal yang ekstrim akibat ginjal seperti berikut:

  • Gangguan ginjal terjadi akibat dari menurunnya fungsi ginjal
  • Kotoran hasil metabolisme tubuh akan menumpuk di dalam ginjal akibat dari fungsi ginjal yang semakin menurun
  • Gatal pada kulit akan berlangsung lama hingga kondisi ginjal membaik.
  • Gatal akibat ginjal ini ditandai dengan rasa gatal yang berlebihan lalu ketika di garuk akan mudah mengeluarkan darah
  • Pada wanita kasus gatal lebih sering terjadi pada bagian tangan, pergelangan kaki dan tangan

2. Anemia

Ketika tubuh dipenuhi cairan sisa metabolisme maka secara otomatis pasokan darah semakin berkurang. Dengan begitu resiko anemia akan semakin tinggi. Tubuh anda akan kehabisan tenaga serta masih banyak lagi resiko lainnya akibat anemia.

Artikel terkait: 27 Penyebab Penyakit Anemia yang Harus Anda Waspadai!

3. Memiliki nafas pendek

Terganggunya paru-paru akibat penumpukan cairan menyebabkan penderita ginjal kesulitan ketika bernapas dengan begitu napas akan lebih pendek dari biasanya. Napas hanya bertahan dalam jangka waktu 3 detik.

4. Pusing

Kurangnya pasokan darah ke otak menyebabkan pasokan oksigen juga terhambat. Dengan begitu gejala ginjal juga dapat kita lihat dari kepala sering merasa pusing. Menurunnya fungsi ginjal turut mempengaruhi pasokan sel darah merah sehingga pusing tidak dapat dihindari lagi.

5. Cepat lelah

cepat lelah merupakan salah satu gejala ginjal. Gejala ini disebabkan kurangnya pasokan sel darah merah akibat menurunnya fungsi ginjal sehingga tubuh juga akan kehilangan tenaga. Kondisi tubuh akan semakin memburuk ketika aktivitas fisik meningkat.

6. Pucat

Menurunnya fungsi ginjal menyebabkan tubuh terserang anemia. Atau kekurangan sel darah merah akibat tubuh dipenuhi cairan sisa metabolisme. Anemia menyebabkan penderitanya menjadi pucat terutama pada bagian wajah.

7. Menggigil

Ketika cuaca sedang cerah namun tubuh anda merasa kedinginan atau menggigil maka anda harus berhati-hati sebab hal itu mengindikasikan adanya kelainan pada fungsi ginjal anda. Meski tidak semua menggigil adalah gejala ginjal namun pengecekan ke dokter perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi tubuh anda secara pasti.

8. Sulit konsentrasi

Kurangnya pasokan oksigen ke otak akibat menurunnya fungsi ginjal menyebabkan otak sulit berkonsentrasi atau sulit fokus. Gejala ginjal ini merupakan salah satu gejala anemia akibat penumpukan cairan di dalam tubuh.

9. Sering kehilangan keseimbangan

Berbagai gejala ginjal yang menyebabkan anemia atau tubuh kekurangan sel darah merah membuat penderita ginjal kerap kali kehilangan keseimbangan sehingga mudah jatuh.

10. Mudah emosi

Salah satu gejala ginjal juga dapat mempengaruhi emosi seseorang. Kurangnya pasokan darah akan membuat otak sulit berkonsentrasi, pusing juga mudah marah. Selain itu mudah emosi juga disebabkan tubuh merasa tidak nyaman dengan semakin menurunnya fungsi ginjal.

11. Denyut jantung lebih cepat

Tubuh yang dipenuhi cairan menyebabkan pasokan darah semakin berkurang sehingga akan mempengaruhi seluruh kinerja organ tubuh salah satunya dapat menyebabkan denyut jantung menjadi semakin cepat.

Hal ini disebabkan pasokan darah yang kurang akan menyebabkan jantung bekerja lebih keras memompa darah sehingga denyut jantung menjadi semakin cepat.

Jangan lewatkan juga: 9 Obat Herbal Jantung yang Ampuh Mengobati Penyakit Jantung

12. Kelemahan otot

Terganggunya pasokan darah akibat menurunnya fungsi ginjal turut berpengaruh pada kekuatan otot. Otot akan semakin melemah ketika fungsi ginjal semakin menurun. Dengan begitu anda akan kesulitan melakukan aktifitas fisik.

13. Sakit disekitar pinggang

Salah satu gejal ginjal yang paling umum adalah mengalami nyeri dibagian pinggang. Nyeri pinggang pada penderita ginjal ini dapat menyerang kapan saja meski tidak sedang melakukan aktifitas apapun.

Sakit pada bagian pinggang pada penderita penyakit ginjal terjadi akibat batu ginjal yang terjebak di ureter atau saluran kandung kemih. Jika batu ginjal semakin membesar maka rasa sakit akan semakin bertambah dan terjadi dalam waktu yang cukup lama.

14. Nyeri saat berkemih

Saat anda buang air kecil terasa sakit itu bisa disebabkan adanya batu ginjal pada saluran kemih anda.  Saat berkemih maka batu ginjal akan semakin tertekan sehingga menimbulkan rasa nyeri saat buang air kecil.

15. Mengalami gangguan hormon

Ginjal menjadi salah satu organ tubuh penghasil hormon. Ketika fungsi ginjal menurun maka hormon juga akan terganggu. Dengan begitu hormon estrogen dalam tubuh akan meningkat sedangkan hormon baik akan mengalami penurunan sehingga tubuh akan lebih mudah mengalami gangguan.

16. Osteoporosis

Osteoporosis merupakan pengeroposan tulang yang juga bisa dialami penderita ginjal. Gangguan ginjal akan membuat penderitanya tidak dapat menerima asupan vitamin D dengan baik maka gangguan tulang juga akan terjadi salah satunya osteoporosis.

17. Urine berkurang

Cairan sisa proses metabolisme yang seharusnya di keluarkan melalui urine justru akan menumpuk di dalam tubuh akibatnya pasokan urine akan berkurang atau lebih sedikit dari biasanya.

Hal ini tentunya sangat berbahaya, sisa metabolisme yang merupakan toksin itu akan mengendap di dalam tubuh dan menyebabkan fungsi dari seluruh organ tubuh menjadi terganggu dan menyebabkan komplikasi yang cukup serius.

18. Buang Air Malam Hari

Penyakit ginjal yang disebabkan komplikasi diabetes justru memiliki volume urin yang lebih banyak dari biasanya hal ini disebabkan tingginya kadar gula dalam darah membuat penderitanya selalu ingin buang air kecil terutama di malam hari.

19. Urin berwarna keruh

Menurunnya fungsi ginjal menyebabkan ginjal tidak dapat memisahkan antara nutrisi dan toksin sehingga urin yang dikeluarkan merupakan percampuran antara nutrisi dan racun sehingga warna air seni berbeda dari orang pada umumnya. Warna urin akan cenderung keruh seperti kecokelatan dan merah

20. Demam

Demam merupakan salah satu reaksi tubuh ketika tubuh terserang suatu penyakit sebab demam mengindikasikan adanya perlawanan sistem imun terhadap penyakit tersebut. Penyakit ginjal juga kan menunjukkan reaksi yang sama yaitu menyebabkan demam.

21. Mual

Cairan yang menumpuk di dalam tubuh juga menumpuk pada bagian lambung sehingga menyebabkan lambung tertekan sehingga dapat menyebabkan rasa mual.

22. Tubuh bengkak

Penderita ginjal akan mengalami pembengkakan pada tubuhnya akibat dari penumpukan cairan sisa metabolisme. Tubuh yang bengkak jika ditekan sangat lembut. Pembengkakan biasa terjadi pada kaki, tangan dan perut serta wajah.

23. Perut kembung

Penumpukan cairan di dalam tubuh menyebabkan berbagai kerusakan di pada organ tubuh serta mengganggu kinerja tubuh. Salah satu akibat penumpukan cairan adalah perut akan merasa kembung akibat cairan menumpuk pada bagian perut

24. Nafsu makan berkurang

Berbagai gejala yang muncul pada penderita ginjal membuat penderita ginjal kehilangan nafsu makan. Dengan begitu pasokan darah akan semakin berkurang sehingga tubuh akan semakin kehilangan darah dan kehilangan berat badannya akibat kekurangan nutrisi.

25. Kencing berdarah

Ginjal yang terganggu menyebabkan filter dalam ginjal tidak bisa menyaring dengan baik sehingga urun yang dikeluarkan bisa saja bercampur darah.

26. Sering kram parah

Penumpukan cairan di dalam tubuh bukan hanya mengganggu organ penting di dalam tubuh namun juga menyebabkan syaraf atau otot juga ikut terganggu akibatnya otot sering mengalami kram parah.

27. Sulit tidur

Kondisi tubuh yang tidak nyaman seperti sesak napas, pusing, mual dan masih banyak lagi menyebabkan penderita ginjal kesulitan tidur. Semakin kurang istitrahat maka kondisi tubuh juga akan semakin memburuk.

28. Bengkak di kelopak mata

Ketika tubuh mengalami gangguan ginjal anda dapat melihat tanda yang utama adalah pada bagian kelopak mata akan terlihat membengkak. Pembengkakan ini terjadi akibat cairan yang menumpuk di dalam kelopak mata, dengan kata lain mata terlihat lebih sembab.

29. Lutut bengkak

Pembangkakan akibat penumpukan cairan sisa metabolisme juga bisa terjadi pada bagian lutut. Dengan begitu anda akan kesulitan gerak.

30. Buah zakar bengakak

Gejala ginjal yang satu ini khusus dialami kaum pria yaitu pembengkakan pada buah zakar. Penyebabnya adalah penumpukan cairan di dalam tubuh salah satunya pada buah zakar.

Artikel terkait: Penyebab Penyakit Gagal Ginjal yang Harus Anda Waspadai

31. Busa di air kencing

Ketika anda mengalami perangan ginjal maka nefron ginjal akan mengalami kerusakan sehingga menyebabkan kencing menjadi berbuih atau berbusa.

32. Tekanan darah tinggi

Salah satu gejala atau komplikasi ginjal adalah tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi bisa terjadi tiba-tiba meski anda tidak memiliki riwayat penyakit tersebut. Hal ini disebabkan anda tubuh mengalami penyempitan pembuluh darah akibat aliran darah dipenuhi cairan.

33. Lapisan perut meradang

Penyakit ginjal menyebabkan sistem kekebalan tubuh ikut menurun sehingga tubuh akan rentan terserang infeksi terutama pada bagian lapisan perut. Lapisan perut lebih mudah terinfeksi bakteri sehingga dapat menyebabkan peradangan pada lapisan perut.

34. Kencing diserbu semut

Urin penderita ginjal biasanya tinggi kandungan glukosaria dengan kadar gula yang cukup tinggi. Dengan begitu semut akan senang mengerubungi kencing penderita penyakit ginjal karena memiliki rasa manis akibat kadar gula tinggi.

35. Susah buang air kecil

Saluran kencing yang terhambat batu ginjal dapat menyebabkan sulit buang air kecil. Hal ini akan semakin parah ketika terjadi pada ibu hamil karena kehamilan besar semakin mempersulit buang air kecil

36. Memiliki pertumbuhan yang pelan

Jika penyakit ginjal menyerang anak-anak maka hal ini turut mengganggu pertumbuhan anak. Pertumbuhan akan menjadi lambat.

37. Mata sembab

Mata sembab seperti kurang tidur atau kelebihan tidur bisa terjadi pada penderita ginjal meski pola tidur yang anda terapkan sudah benar. Hal ini terjadi akibat banyaknya cairan pada kelopak mata.

38. Diare

Gangguan ginjal pada anak menyebabkan sistem pencernaan lebih sensitif sehingga anak akan lebih mudah terserang diare. Bakteri penyebab diare juga sulit dilawan sebab daya tahan anak yang kurang baik.

39. Kadar albumin menurun

Gangguan ginjal menyebabkan filter ginjal mengalami kerusakan sehingga dapat berakibat pada menurunnya kadar albumin dalam tubuh. Molekul albumin serta protein semakin menurun dengan semakin menurunnya fungsi dari ginjal.

40. Sesak napas

Terganggunya fungsi ginjal menyebabkan cairan menumpuk di dalam tubuh sehingga pasokan oksigen akan semakin berkurang. Dengan begitu anda akan kesulitan bernapas atau sesak napas. Paru-paru yang semestinya dipenuhi udara, pada penderita penyakit ginjal justru dipenuhi cairan sisa proses metabolisme yang seharusnya di keluarkan melalui urine.

Demikianlah beberapa gejala ginjal yang dapat menyerang anda kapan saja. Oleh sebab itu jagalah pola hidup yang baik agar terhindar dari penyakit ginjal. Selain itu konsumsi air putih 8 gelas perhari untuk menurunkan resiko terserang penyakit ginjal.  Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: 19 Obat Alami Penyakit Ginjal yang Terbukti Ampuh

Leave a Reply