52 Gejala Ginjal Bermasalah dan Cara Mencegahnya

Gejala Ginjal Bermasalah – Bagian tubuh manusia yaitu ginjal memiliki fungsi yang penting bagi tubuh kita seperti menyaring dan membersihkan darah, membentuk cairan urine, mengatur kadar asam dan basa tubuh, mengontrol tekanan darah, merangsang pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan tulang.

Namun dengan pola hidup yang tidak sehat dapat mengakibatkan penurunan kinerja ginjal, sehingga proses penyaringan pada darah tidak dapat dilakukan secara maksimal serta kotoran yang tidak dapat disaring akan bercampur dengan darah dan menyebar ke seluruh tubuh. selain itu dari pola hidup yang tidak sehat faktor terbesar yang menyebabkan gangguan ginjal adalah penderita diabetes dan tekanan darah tinggi.

Gejala ginjal bermasalah bisa dicegah dengan cara mengendalikan penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi, karena jika dibiarkan terus terusan ginjal akan mengalami kerusakan yang parah.

Gejala Ginjal Bermasalah

Gejala Ginjal Bermasalah

Jenis-jenis Penyakit Ginjal

Berikut ini adalah jenis jenis penyakit ginjal yang disebabkan oleh beberapa faktor tanpa disadari oleh pasien :

1. Batu Ginjal

Jenis penyakit ginjal ini disebabkan oleh pengerasan garam dan mineral yang seharusnya disaring, penyakit ini ditandai dari urine yang terlalu pekat sehingga membentuk batu ginjal.

2. Penyakit Ginjal Polikistik

Polikistik adalah penyakit ginjal yang disebabkan oleh pembentukan kantong berisi cairan yang terdapat didalam ginjal dan membentuk kelompok. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh faktor keturunan, meskipun bukan termaksud jenis penyakit ginjal yang berbahaya namun tetap dapat menurunkan kinerja ginjal.

3. Infeksi Ginjal

Faktor penyebab infeksi ginjal adalah bakteri yang berkembang dan menyebar ke organ salah satu ginjal ataupun keduanya, selain infeksi ginjal terjadi akibat komplikasi infeksi pada saluran kemih.

4. Gagal Ginjal Akut

Jenis penyakit ginjal ini ditandai dengan fungsi dari ginjal yang tidak bekerja secara maksimal secara tiba-tiba, gagal ginjal akut dapat mempengaruhi kinerja dari organ tubuh lain jika tidak ditangani dengan cepat karena dapat menyebabkan penumpukan garam dan berbagai zat kimia lainnya.

5. Penyakit Ginjal Kronis

Penyakit ginjal yang satu ini tidak dapat dirasakan oleh penderita jika masih stadium 1-3, namun setelah itu penderita akan merasakan penurunan kinerja dari ginjal selama 3 bulan. Selain itu penderita akan merasakan sesak napas, mual dan kelelahan yang berlebihan.

Daftar Gejala Ginjal Bermasalah

Gejala awal penyakit ginjal terkadang tidak benar-benar disadari atau tidak muncul hingga pada akhirnya fungsi utama ginjal mulai menghilang. Berikut kami akan menyajikan beberapa gejala ginjal dibawah ini:

1. Susah Tidur

Racun dan kotoran yang menumpuk pada tubuh dikarenakan ginjal mengalami penurunan fungsi sehingga dapat menyebabkan penderita mengalami susah tidur serta rentan stres. Penelitian sudah dilakukan oleh para ahli yang mengatakan bahwa orang yang memiliki ukuran tubuh over atau obesitas sangat mudah terkena penyakit ginjal yang parah.

2. Cepat Lelah

Kondisi dimana tubuh yang cepat lelah bisa menandakan salah satu organ tubuh sedang bermasalah salah satunya adalah ginjal. Meskipun banyak orang yang tidak mengetahui akan hal ini dan menganggap rasa lelah dipengaruhi oleh aktivitas yang berlebihan.

Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring kotoran dan racun yang masuk ke tubuh, jika ginjal mengalami masalah kinerja tentu racun dan kotoran yang masuk ke tubuh tidak dapat disaring sehingga menumpuk serta menyebar ke darah yang akan menyebabkan tubuh cepat lelah, kurang konsentrasi dan tidak bertenaga.

Selain dari penumpukan racun dan kotoran, ternyata anemia adalah satu gejala yang menandakan ginjal sedang mengalami masalah, namun banyak orang yang tidak mengetahui bahwa penyakit anemia adalah gejala ginjal bermasalah.

3. Kulit Kering Dan Gatal

Kondisi dimana kulit kering dan gatal bisa disebabkan karena cuaca yang sangat kering, gaya hidup dan pengobatan yang sedang dijalani. Ternyata kondisi kulit kering dan gatal bisa menjadi salah satu gejala ginjal bermasalah dikarenakan penurunan kinerja ginjal untuk membuang kotoran yang masuk kedalam tubuh, selain itu ginjal juga berfungsi untuk membentuk sel darah merah, menjaga kesehatan tulang serta menjaga kestabilan mineral dalam tubuh.

Kotoran yang menumpuk didalam tubuh serta penyakit yang berhubungan dengan tulang dan mineral yang ada didalam tubuh bisa menjadi penyebab terjadinya kulit kering dan gatal.

4. Sering Buang Air Kecil

Masalah sering buang air kecil bisa disebabkan karena terlalu banyak minum air atau gangguan medis lainnya yang tidak bisa dianggap sepele, karena batas buang air kecil sehari adalah 4-8 kali atau 1-1,8 liter.

Ternyata masalah sering buang air kecil bisa menjadi salah satu gejala ginjal bermasalah, karena tubuh akan merespon bila ada salah satu organ tubuh yang tidak bekerja secara maksimal seperti ginjal. Kondisi ini terjadi meskipun jumlah air yang anda minum sedikit, selain itu masalah pada kantong kemih dan gejala prostat bisa menjadi salah satu penyebab sering buang air kecil.

5. Urin Bercampur Darah

Ginjal berfungsi untuk menyaring darah dari kotoran yang masuk ke tubuh agar tidak tercampur oleh cairan urine yang akan dikeluarkan saat buang air kecil. Proses pembuangan urine berfungsi untuk membuang semua kotoran yang masuk ke tubuh tanpa membawa darah yang sudah disaring oleh ginjal, namun masalah urine bercampur darah terjadi karena fungsi dari organ ginjal mengalami masalah.

Gejala ginjal bermasalah bisa disebabkan oleh keluarnya cairan urine bersama darah karena penurunan kinerja jantung yang mengakibatkan darah bercampur dengan cairan urine. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele karena ginjal memiliki fungsi yang sangat penting seperti menyaring darah agar terhindar dari kotoran yang dapat mengakibatkan kematian penderita.

6. Urine yang berbusa

Terdapat beberapa faktor yang mengakibatkan urine berbusa seperti kantung kemih dalam kondisi penuh sehingga proses pengeluaran cairan urine terjadi cepat dan cairan urine terkonsentrasi. Hal ini biasa terjadi apabila anda mengalami dehidrasi saat kondisi hamil serta sesudah olahraga.

Namun masalah ini tidak bisa dianggap sepele karena urin yang berbusa bisa menjadi salah satu gejala ginjal bermasalah, kondisi ini terjadi karena cairan urin bercampur dengan protein yang diakibatkan karena penurunan kinerja ginjal tanpa disadari.

Cairan urine berbusa sama seperti telur yang dikocok karena protein yang tercampur oleh urine sama dengan protein yang ada didalam telur sehingga bentuknya tidak berbeda.

7. Pembengkakan Di Beberapa Area Tubuh

Fungsi ginjal yang mengalami penurunan secara drastis bisa mengakibatkan terjadi pembengkakan pada area tubuh karena terjadi retensi sodium atau penumpukan cairan didalam tubuh. selain itu masalah pembengkakan pada area tubuh bisa menjadi gejala ginjal bermasalah karena cairan yang ada didalam tubuh tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal sehingga membentuk benjolan disekitar area tubuh.

Selain itu penyebab terjadi pembengkakan pada tubuh adalah jumlah garam yang masuk kedalam tubuh melebih 5 gram perhari, alergi, kerusakan hormon, penyakit jantung, obat obatan,

8. Kehilangan Nafsu Makan

Kondisi tubuh yang mengalami kehilangan nafsu makan bisa disebabkan oleh kesedihan, depresi dan kecemasan yang berlebihan sehingga badan mengalami penurunan berat. Selain itu masalah ini juga bisa disebabkan karena tubuh sedang sakit, efek dari obat obatan yang diminum dan melakukan program diet.

Kehilangan nafsu makan bisa menjadi salah satu gejala ginjal bermasalah disebabkan karena penumpukan racun yang bisa menyebabkan komplikasi pada tubuh, sehingga tubuh mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis serta tubuh tidak dapat menerima protein yang masuk kedalam tubuh.

9. Kram Otot

Gejala gagal ginjal yang harus anda waspadai berikutnya adalah keram otot. Keram otot ini terjadi akibat tubuh kita kekurangan kadar elektrolit. Contoh kasus, seseorang yang kekurangan kadar elektrolit, misalnya kekurangan kalsium dan fosfor pada gilirannya akan menyebabkan kram otot.

10. Sesak Napas dan Suara Menjadi Serak

Jika anda menderita sesak nafas dan suara menjadi serak maka itu bisa menjadi indikator anda sedang mengalami gejala gagal ginjal.

Sesak nafas (gangguan pernafasan) dan serak ini bisa terjadi akibat penumpukan cairan di dalam tubuh. Bagi Anda yang mengalami gejala sesak napas secara tiba-tiba (belum pernah atau tidak memiliki riwayat penyakit sesak napas atau asma) maka bisa jadi kondisi sesak napas yang Anda alami disebabkan oleh penumpukan cairan di paru-paru, Maka dari itu, tindakan pemeriksaan medis adalah tindakan yang paling tepat.

11. Mata sembab

Mata anda sembab? Nah, ternyata mata sembab bisa jadi merupakan salah satu gejala gagal ginjal yang harus anda waspadai. Apalagi jika mata anda sembab pada pagi hari. Sembab pada mata terjadi dikarenakan adanya penumpukan cairan dan penyerapan air yang kurang maksimal. Selain sembab pada mata, sembab juga terjadi pada bagian tubuh yang lain karena penumpukan cairan yang menyebabkan bagian tubuh yang tertumpuk cairan lebih besar ukurannya.

12. Sakit Pinggang

Gejala ginjal bermasalah selanjutnya adalah sakit pinggang. Sakit pinggang ini terjadi dikarenakan adanya batu ginjal di ureter. Batu ginjal inilah yang menyebabkan rasa sakit pada ginjal. Semakin besar ukuran batu ginjal yang terdapat pada ureter maka akan semakin sakit pinggang seseorang. Rasa sakit pada pinggang dapat muncul tiba tiba dan rasa sakitnya bisa hilang dalam waktu yang cukup lama.

Selengkapnya simak di: 40 Gejala Penyakit Ginjal yang Harus Anda Ketahui Sejak Dini!

Diagnosis Penyakit Ginjal

1. Tes Urine

Identifikasi ini dilakukan untuk mengetahui apakah cairan urine mengandung albumin, karena jika urine dalam kondisi sehat tidak akan mengandung albumin. Cairan albumin adalah salah satu protein yang ada didalam darah berfungsi sebagai pengatur tekanan osmotik dalam darah, jika cairan ini berada didalam urine makan jumlah albumin pada darah akan menurun.

2. Tes Darah

Cara pengecekan selanjutnya adalah tes darah tujuanya untuk melakukan pemeriksaan kadar kreatinin pada darah. Kreatinin adalah sebuah senyawa yang ditemukan pada jaringan otot skelet, ginjal merupakan faktor penting yang mengatur kadar kreatinin pada darah. Jika ginjal mengalami masalah makan senyawa kreatinin pada darah tidak dapat dikontrol.

Selain itu tujuan dilakukan pemeriksaan darah oleh dokter bisa mendapat informasi mengenai laju filtrasi glomerulus (GFR) untuk mengecek kesehatan ginjal penderita.

3. Pemindaian

Gangguan ginjal stadium lanjut, bisa mengakibatkan perubahan bentuk ginjal jika dibiarkan tanpa penanganan khusus. Sebelum hal itu terjadi ada baiknya anda melakukan pengecekan ke dokter agar melihat apakah kondisi ginjal mengalami penyumbatan pada aliran urine.

Alat yang digunakan oleh dokter adalah USG, CT dan MRI.

4. Biopsi Ginjal

Diagnosisi ini dilakukan dengan cara pengambilan sempel dari ginjal yang mengalami masalah untuk mengecek pemeringkatan (stadium) dengan menggunakan mikroskop.

  • eGFR bernilai diatas 90 atau normal ( stadium 1)

meskipun dalam kondisi normal, namun terdapat gangguan pada ginjal yang tidak dapat terditeksi oleh tes ini.

  • eGFR bernilai diatas 60-89 ( stadium 2)

Bagi penderita gangguan ginjal stadium 2 diwajibkan melakukan pemeriksaan tahunan.

  • eGFR bernilai diatas 30-59( stadium 3)

penderita gangguan ginjal stadium 3 diwajibkan melakukan pemeriksaan 6 bulan sekali

  • eGFR bernilai diatas 15-29 ( stadium 4)

penderita stadium 4 akan merasakan gejala CKD dan diwajibkan melakukan pemeriksaan 3 bulan sekali.

  • eGFR bernilai diatas 15 ( stadium 5)

Untuk penderita gangguan ginjal yang masuk stadium 5 akan kehilangan sebagian besar fungsi ginjalnya sehingga penderita diwajibkan melakukan pemeriksaan 6 minggu sekali.

Jangan lewatkan juga: 19 Obat Alami Penyakit Ginjal yang Terbukti Ampuh

Cara Mencegah Gangguan pada Ginjal

Ada baiknya untuk menjaga agar ginjal kita selalu sehat. Ada beberapa cara mencegah ginjal bermasalah yang bisa kita lakukan:

1. Rutin Olah Raga

Cara mencegah ginjal bermasalah yang pertama adalah dengan merutinkan berolahraga. Olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Perlu kita semua ketahui bahwa dengan berolahraga maka pembentukan urin akan menjadi lebih lancar dan tidak terhambat. Artinya, proses penyaringan darah dari berbagai kotoran dan juga proses pengeluaran kotoran tersebut bersama urin akan lebih lancar.

2. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Selain berolahraga, perlu juga agar kita memenuhi cairan tubuh harian kita. Kita dianjurkan untuk minum minimal 8 gelas atau 2 liter setiap harinya. Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, pembentukan urin akan lebih lancar, kinerja ginjal juga akan lebih ringan dengan metode ini.

3. Kontrol Berat Badan

Penting juga agar kita bisa mengontrol berat badan agar tetap ideal.

4. Menjaga Tekanan Darah

Untuk menjaga kesehatan ginjal, sebaiknya kita juga menjaga tekanan darah agar tetap normal.

5. Menjaga Pola Makan

Mulai sekarang, jagalah pola makan agar tetap sehat dan seimbang. Sebagaimana yang kita ketahui, ginjal sendiri berfungsi untuk menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh kita.

Jika makanan yang kita konsumsi tidak sehat maka ginjal kita akan bekerja lebih keras lagi. Hindarilah makanan yang banyak mengandung lemak dan pengawet karena ginjal kita pasti akan berat untuk menyaringnya ya.

Konsumsilah sayur dan buah untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral sehingga kesehatan ginjal dan organ tubuh lainnya tetap terjaga.

6. Menjaga Kadar Gula Darah

Agar ginjal kita tetap sehat, sebaiknya kita menjaga kadar gula darah kita. Karena memang, penyakit diabetes sangat berkaitan dengan gangguan ginjal. Tingginya kadar gula dalam darah akan meningkatkan resiko penyakit diabetes dan secara ototmatis akan meningkatkan resiko kerusakan ginjal. Karena itu, pola asupan makanan harus dijaga agar kadar gula darah tidak berlebih.

7. Hindari Konsumsi Garam Berlebih

Mengkonsumsi garam boleh, namun jangan berlebihan, karena jika garam kita konsumsi berlebihan maka berpotensi akan mengendap di dalam ginjal. Jika kondisi tersebut berlangsung dalam kurun waktu yang lama, endapan garam tersebut akan berubah menjadi gejala batu ginjal.

8. Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol

Cara mencegah ginjal bermasalah yang terakhir adalah dengan menghindari rokok dan alkohol. Kebiasaan merokok akan meningkatkan kadar racun di dalam tubuh yang pada akhirnya akan memperberat kerja ginjal. Sementara itu, konsumsi alkohol juga akan memperberat kerja ginjal.

Semua organ tubuh yang diberikan oleh tuhan tidak ada yang tidak penting, termaksud ginjal. Oleh karena itu kita sangat disarankan untuk menjaga kesehatan ginjal dengan menjaga pola hidup sehat, selain itu anda perlu memperhatikan gejala ginjal bermasalah yang sudah kami jelaskan diatas, semoga bisa membantu anda semua terima kasih.

Demikianlah ulasan seputar gejala ginjal bermasalah dan cara mencegahnya. Semoga bermanfaat untuk pembaca semua. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar semakin bermanfaat juga untuk orang lain. Jangan lewatkan juga: Daftar Gejala Batu Ginjal yang Sering Muncul, Waspada!!!

Leave a Reply