Daftar Gejala Kadar Gula Darah Tinggi yang Harus Diwaspadai!

Gejala Gula Darah Tinggi –  Penyakit yang disebabkan karena peningkatan kadar gula di dalam tubuh mencapai 200 mg/dL akibat hormon insulin mengalami masalah atau resistensi insulin. Hormon insulin bertugas sebagai pengontrol jumlah gula (glukosa) dalam tubuh, karena hormon ini mengalami resistensi insulin sehingga gula (glukosa) tidak dapat masuk ke dalam sel dengan mudah dan menumpuk di dalam darah yang dapat mengakibatkan diabetes tipe 2.

Selain karena hormon insulin mengalami masalah penyebab gula (glukosa) di dalam tubuh mengalami peningkatan adalah stres, infeksi, flu atau selesma, makan terlalu banyak, kurang olahraga, dehidrasi, penderita diabetes meminum obat melewati dosis serta mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat steroid.

Gejala Gula Darah Tinggi

Ilustrasi: Gejala Gula Darah Tinggi

Gejala Gula Darah Tinggi

Penderita penyakit diabetes beresiko tinggi mengalami gula darah tinggi yang diakibatkan oleh hormon insulin sedang mengalami masalah. Kita tahu hormon insulin memiliki fungsi untuk mengontrol tingkat gula darah dalam tubuh. berikut ini beberapa gejala gula darah tinggi yang sering muncul, yaitu :

1. Merasa haus berlebihan

Perasaan haus yang normal menandakan tubuh sedang memerlukan untuk merespon beberapa kondisi diantaranya dehidrasi, respon terhadap makanan, kehamilan serta respons terhadap obat-obatan.

Selain itu perasaan haus juga bisa menandakan tubuh sedang membutuhkan air sebagai proses metabolisme, proses ini bertujuan untuk menghasilkan energi yang diambil dari zat-zat makanan yang masuk ke tubuh, mengganti jaringan yang rusak, menyusun protein, asam nukleat serta komponen sel lainnya.

Namun kondisi tubuh yang merasa haus berlebihan dapat menandakan penderita sedang mengalami gejala gula darah tinggi, diabetes serta anemia sel sabit yang ditandai dengan bibir kering.

2. Sering buang air kecil

Buang air kecil normal sehari 4-8 kali sebanyak 1-1,8 liter namun kondisi tubuh yang sering buang air kecil bisa menandakan seseorang sedang mengalami Infeksi saluran kemih, Kandung kemih terlalu aktif, infeksi ginjal, Kehamilan, Diabetes serta Gangguan prostat.

Penyebab buang air kecil berlebihan dikarenakan mengkonsumsi air berlebih sehingga ginjal bekerja lebih maksimal setiap hari bahkan penderita gejala ini akan terbangun pada malam hari hanya untuk buang air kecil. Selain itu sering buang air kecil bisa menandakan seseorang sedang mengalami gejala gula darah tinggi bahkan jika kantung kemih kosong.

3. Nafsu makan bertambah tetapi berat badan turun

Sebenarnya makan merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi sehari – hari namun banyak orang yang mengabaikan aturan makan sehingga mereka banyak memakan makanan dengan porsi berlebihan serta beragam jenis makanan tanpa memikirkan resikonya.

Nafsu makan bertambah disebabkan oleh pengaruh hormon, beraktivitas berat, udara yang dingin, saat fase penyembuhan penyakit, pengaruh obat, kurang tidur, dehidrasi, serta stress. Selain itu nafsu makan bertambah menandakan seseorang sedang mengalami gejala gula darah tinggi sehingga beresiko diabetes oleh karena dengan menjaga pola makan dan memakan makanan yang sehat dapat mengurangi resiko naiknya gula (glukosa) dalam tubuh.

4. Penurunan berat badan secara tiba-tiba

Berat badan yang melebih batas atau ideal sering mendapat ejekan dari teman-teman sekolah bahkan kerjanya sehingga banyak orang yang melakukan beberapa cara agar berat badan turun bahkan ada yang melakukan sedot lemak serta operasi. Sebenarnya penurunan berat badan secara tiba-tiba dapat beresiko penyakit yang berbahaya diantaranya Depresi, Tuberkulosis, Tiroid yang terlalu aktif, Penyakit paru obstruktif kronik serta Penyakit Crohn.

Bagi anda yang mengalami penurunan berat badan mencapai 4,5 bahkan hingga 5 kg tanpa mengetahui penyebabnya perlu melakukan pemeriksaan secara medis karena penurunan berat bisa menandakan seseorang sedang mengalami gejala gula darah tinggi yang beresiko diabetes.

Urine tercampur glukosa ginjal berfungsi untuk menyaring darah yang mengandung glukosa agar tidak tercampur oleh urine sehingga pada proses pengeluaran urine atau kencing   glukosa sudah kembali kedalam darah tetapi urine biasanya mengandung glukosa dalam jumlah kecil yaitu 0,01 % dianggap tidak berbahaya.

Pada beberapa kasus langka urine yang mengandung glukosa disebabkan oleh kinerja ginjal yang sedang mengalami masalah serta gejala gula darah tinggi, selain itu orang yang memiliki gula darah tinggi beresiko besar memiliki urine yang bercampur dengan glukosa.

5. Mudah Merasa Lelah

Gejala gula darah tinggi selanjutnya yang harus anda waspdai adalah anda akan mudah merasa lelah meskipun anda tidak melakukan aktivitas yang berat, kalau anda merasa lelah setelah melakukan aktivitas berat tentu ini wajar. Gejala Hiperglikemia yang satu ini memang mirip dengan gejala anemia.

Mudah merasa lelah ternyata juga menjadi pertanda seseorang sedang mengalami Gejala Hiperglikemia, bahkan bisa jadi mmerupakan gejala yang paling banyak dirasakan oleh para penderita kadar gula tinggi atau juga penyakit diabetes sebagai turunannya.

6. Emosi yang Mudah Meluap

Jika anda merasa mudah sekali marah, bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa gula darah anda sedang naik. Karena gejala Hiperglikemia pada tahap yang sudah cukup serius akan mudah sekali emosi tanpa ada sebab yang jelas. Untuk orang yang sudah mengalami hal ini sebaiknya untuk segera mendapatkan pertolongan dari tim medis.

7. Penglihatan Menjadi Buram

Gejala gula darah tinggi berikutnya adalah penglihatan akan menjadi kabur atau buram, bahkan pada tingkatan yang sudah sangat parah sekali dapat mengakibatkan penderita diabetes menjadi hampir buta.

8. Luka yang Tidak Kunjung Sembuh

Anda sering mengalami luka yang tak kunjung sembuh? Luka yang tak kunjung sembuh bisa menjadi indikator bahwa anda sedang menderita penyakit diabetes kronis terutama jika tipe diabetes tersebut basah.

Bahkan untuk tingkat diabetes sudah cukup tinggi dan luka yang dialami cukup parah maka bisa membuat luka menyebar kemana-mana. Luka yang sudah menyebar dan tak kunjung sembuh ini bisa berakhir dengan amputasi karena luka terus menyebar dan sulit untuk disembuhkan.

9. Sering mengalami kesemutan

Mengalami kesemutan sesekali adalah hal yang normal, namun jika anda mengalami kesemutan terus menerus, maka ini harus anda waspadai, karena biasanya jika kesemutan terjadi terus menerus maka bisa menjadi pertanda bahwa gula darah anda sedang naik.

Kesemutan terjadi karena sistem saraf yang sudah tidak bekerja optimal sehingga sering menimbulkan kesemutan. Kesemutan yang terjadi terus menerus ternyata bisa juga menjadi indikator bahwa anda mengalami gejala asam urat tinggi. Karena ternyata kesemutan juga bisa disebabkan oleh penumpukkan zat purin di dalam tubuh.

10. Mengalami infeksi jamur

Selanjutnya, gejala hiperglikemia yang harus anda waspadai yaitu anda sering mengalami infeksi jamur sebagai akibat dari kekebalan tubuh dan sistem metabolisme tubuh yang terganggu sehingga bakteri, virus serta jamur bisa dengan mudah hinggap di dalam tubuh. Bagi wanita juga akan lebih sering mengalami keputihan yang tidak sehat dikarenakan adanya bakteri candida.

11. Berubahnya warna kulit

Gejala gula darah tinggi berikutnya yaitu terjadinya perubahan pada warna kulit secara perlahan yang biasanya juga diiringi oleh adanya bintik atau flek hitam yang muncul di bagian leher. Munculnya bintik hitam ini dikarenakan hormone insulin sudah tidak terproduksi lagi di dalam tubuh sehingga membuat pigmen kulit menjadi rusak dan akhirnya menghitam.

12. Cepat mengantuk

Gejala gula darah tinggi berikutnya adalah cepat sekali mengantuk. Mudah mengantuk bisa menjadi indikator bahwa kadar gula darah anda sedang tinggi. Kurangnya asupan oksigen ke dalam kepala menjadikan anda akan menjadi cepat mengantuk.

13. Mulut Kering

Penderita gula darah tinggi mulutnya akan kering. Hal ini tidak lain berkaitan dengan dehidrasi atau kurangnya cairan tubuh sehingga membuat mulut menjadi kering.

14. Kulit kering

Selain mulut kering, penderita gula darah tinggi juga ditandai oleh kulit menjadi kering. Hal ini dikarenakan tubuh mengalami kekurangan cairan.  Hal ini juga diperparah dengan kualitas darah yang buruk karena tidak banyak mengandung oksigen sehingga membuat kulit menjadi kering dan mudah terkena luka.

15. Linglung

Untuk gejala hiperglikemia berat, penderita diabetes akan sampai pada tahap linglung atau seperti orang kebingungan tidak tahu akan berbuat apa.

16. Pusing Parah

Selanjutnya, penderita gula darah tinggi yang parah akan mengalami pusing yang sangat parah bahkan serasa akan pingsan.

17. Nafas Terengah-engah

18. Jantung berdebar-debar

19. Bau napas tidak sedap

20. Mual dan muntah

21. Wajah memerah, terasa hangat/panas dan kulit mengering.

22. Kehausan yang semakin ekstrim

Penyebab Gula Darah Tinggi

Gula darah tinggi sering terjadi pada penderita diabetes karena resistensi insulin, pola makan dan gaya hidup berpengaruh besar pada kondisi ini. Penderita gejala gula darah tinggi akan memiliki fisik yang lemah karena mudah diserang penyakit. Dibawah ini beberapa penyebab gula darah tinggi, yaitu :

  • Penderita penyakit diabetes tipe 1 dan 2 karena resistensi insulin
  • Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula ditambah penderita diabetes
  • Mengalami stress karena tekanan yang berat
  • Mengalami gangguan penyakit pankreas atau radang pankreas.
  • Terdapat beberapa jenis tumor didalam tubuh yang mengakibatkan keluarnya hormon berlebihan
  • Penderita penyakit jantung, trauma dan stroke

Komplikasi Gula Darah Tinggi

Penderita gula darah tinggi harus mendapat perawatan medis yang serius karena jika dibiarkan penyakit ini dapat merusak organ-organ didalam tubuh seperti jantung, hati, ginjal serta pankreas. Berikut ini beberapa komplikasi gula darah tinggi, yaitu :

  • Penderita gula darah tinggi beresiko terkena penyakit jantung
  • Saraf didalam tubuh dapat mengalami kerusakan karena gula darah tinggi
  • Penderita gula darah tinggi beresiko gagal ginjal
  • Kerusakan pembuluh darah retina yang mengakibatkan kebutaan

Komplikasi Lanjutan Gula Darah Tinggi

Pada kasus langka dari gula darah tinggi yang tidak mendapat perawatan dengan benar dapat berakibat fatal sehingga tubuh mengalami perubahan reaksi karena kandungan gula darah dalam tubuh terlalu tinggi. dibawah ini penyakit yang disebabkan oleh gula darah tinggi, yaitu :

Diabetes ketoasidosis

Kondisi yang disebabkan oleh tubuh yang tidak menghasilkan insulin sama sekali sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan hormon didalam tubuh. glukosa yang diperoleh dari makanan dan minuman akan terhambat sehingga sel tubuh yang memerlukan tenaga akan mengolah lemak menjadi sumber energi. Pada kondisi ini penderita akan menghasilkan keton yaitu asam yang bisa masuk kedalam urine serta beresiko koma dan kematian.

Sindrom Hiperosmolar Hiperglikemik

Penderita penyakit ini sebenarnya dapat memproduksi insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh namun hormon insulin tidak dapat digunakan oleh tubuh sehingga kadar gula dalam tubuh sangat tinggi mencapai 650 mg/dL. Sama dengan diabetes ketoasidosis tubuh akan mengelola lemak sebagai sumber energi, bahaya dari penyakit ini adalah mengalami kekurangan air karena terlalu sering buang air kecil, tubuh lemah, koma serta kematian.

Perawatan untuk Gula Darah Tinggi

Penderita diabetes yang memiliki gula darah tinggi membutuhkan perawatan khusus secara intensif. Hal ini dilakukan untuk mengecek perkembangan gula darah serta kondisi kesehatan. Berikut ini beberapa cara perawatan yang dilakukan untuk penderita gula darah tinggi, yaitu :

  • Pola makan yang dijaga, seimbangkan kebutuhan makan dengan jumlah insulin didalam tubuh.
  • Mengkonsumsi insulin dengan jumlah sesuai jika produksi hormon insulin mengalami masalah
  • Melakukan pemeriksaan gula darah setiap hari

Penyakit gula darah tinggi disebabkan hormon insulin yang mengalami masalah sehingga gula darah didalam tubuh tidak bisa dikontrol.

Penderita diabetes tipe 1 dan 2 beresiko besar terkena gula darah tinggi oleh karena selalu lakukan pengecekan gula serta selalu mengkonsumsi insulin dalam jumlah yang sama dengan makanan yang dimakan.

Simak selengkapnya: 9 Cara Membuat Obat Diabetes Alami yang Terbukti Ampuh Turunkan Gula Darah

Pencegahan Gula Darah Tinggi

Mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, untuk anda yang belum mengalami gejala-gejala di atas, atau yang baru merasakan tanda-tanda ringan gula darah tinggi di atas, maka ada baiknya anda melakukan tindakan pencegahan.

Segeralah untuk memeriksakan kesehatan anda jika anda sudah mengalami beberapa gejala gula darah tinggi di atas agar anda mendapatkan saran dan diagnosa yang tepat sehingga anda tahu apa yang akan dilakukan selanjutnya, atau obat apa yang akan diberikan.

Kira-kira, apa saja tindakan pencegahan gula darah tinggi? Berikut ini diantaranya:

1. Olahraga Rutin

Kebiasaan sehat pertama adalah dengan merutinkan olahraga, minimal 2 kali seminggu. Banyak olahraga yang bisa anda lakukan, mulai dari lari ringan atau jogging, berenang, bersepeda dan lain sebagainya.

Olahraga secara teratur memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Tidak hanya untuk mencegah diabetes saja, tetapi juga dapat menyehatkan jantung, memperkuat imunitas tubuh sampai mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti stroke.

2. Mengatur Pola Makan

Selain berolahraga, sebaiknya anda mulai mengatur pola makan agar tetap sehat. Sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung lemak trans tinggi, makanan manis yang banyak kalori, makanan junk food. Kalaupun tidak bisa dihindari, sebisa mungkin untuk meminimalisir makanan tersebut.

Mulailah untuk mengkonsumsi makanan sehat yang kaya serat dan nutrisi. Perbanyak konsumsi buah dan sayur Pada penderita gula darah tinggi juga akan dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi nasi putih dan gula sembarangan.

3. Kontrol Kadar Gula Darah Secara Rutin

Ada baiknya juga agar kadar gula darah tidak over, anda melakukan pemeriksaan rutin kadar gula darah anda.

4. Perbanyak Asupan Cairan

Sebaiknya mulailah untuk minum air yang cukup setiap hari, minimal 8 gelas perharinya.

Simak selengkapnya: 25 Cara Mencegah Penyakit Diabetes yang Terbukti Berhasil

Demikianlah ulasan tentang gejala gula darah tinggi dari kami. Semoga bermanfaat untuk pembaca semua. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya. Agar semakin banyak lagi yang mewaspadai gejala gula darah tinggi, agar tidak berakibat fatal nantinya. Simak juga: 20 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Leave a Reply