23 Gejala Penyakit Hepatitis A, B dan C yang Harus Anda Waspadai!

Gejala Hepatitis – Organ hati memiliki peranan yang sangat penting yakni menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh. Organ hati merupakan organ yang memiliki kekuatan lebih dibanding organ tubuh lainnya, sebab organ hati mampu meregenerasi organnya sendiri.

Namun ketika gangguan datang terus menerus ditambah lagi dengan daya tahan tubuh yang lemah maka organ hati juga bisa mengalami kerusakan. Salah satu gangguan hati yang sering terjadi adalah penyakit hepatitis.

Penyakit hepatitis disebabkan oleh serangan virus. Virus penyebab hepatitis ini memiliki tiga jenis yakni virus hepatitis A, hepatitis B, serta hepatitis C. ketika ketiga jenis virus ini menyerang hati maka fungsi hati akan terganggu.

Terganggunya fungsi hati akibat penyakit hepatitis ini dapat dilihat dari gejala hepatitis yang dirasakan tubuh. Gejala hepatitis sangat beragam, gejala hepatitis yang paling umum terlihat adalah tubuh berubah warna menjadi kuning.

Gejala hepatitis

Ilustrasi: Gejala hepatitis

Penyebab Hepatitis

Selain itu masih banyak lagi gejala hepatitis lainnya. Sebelum kita melihat beberapa gejala hepatitis secara pasti mari kita lihat terlebih dahulu  beberapa jenis penyakit hepatitis berdasarkan jenis virusnya seperti berikut ini:

  • Hepatitis A

Ketika virus hepatitis A menyerang tubuh maka tubuh akan menderita penyakit hepatitis A. meski penyakit ini tergolong ringan namun jangan dianggap sepele sebab tanpa penanganan dan pengobatan penyakit ini dapat berubah menjadi penyakit yang berbahaya dan menyebabkan kematian. Virus penyakit ini dapat menular, biasanya penularannya terjadi melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi virus tersebut

  • Hepatitis B

Hepatitis B disebabkan serangan virus hepatitis B. penyakit ini termasuk ke dalam penyakit yang sangat berbahaya atau berat dan dapat menyebabkan kematian. Untuk itu penanganan dini perlu dilakukan untuk mencegah kondisi yang lebih serius yang dapat merenggut nyawa.

Penularan penyakit ini sangat beragam bisa melalui makanan, minuman, air liur, mani, darah, ketuban saat melahirkan dan caran vagina.

  • Hepatitis C

Jenis penyakit hepatitis C sama dengan tipe lainnya yakni disebabkan serangan virus. Virus yang menyerang berjenis virus hepatitis C. namun penyakit ini sedikit berbeda dari jenis hepatitis lainnya yakni penyakit ini tanpa gejala hepatitis sama sekali selama kurun waktu 10-15 tahun baru tubuh akan merasakan dampak dari penyakit ini.

Virus penyakit ini juga bisa menular melalui makanan, minuman, hubungan intim, penggunaan obat-obat terlarang, menggunakan pisau cukur bersama, menggunakan gunting kuku bersama, serta sikat gigi bersama.

Gejala Hepatitis

Ketika organ hati terserang virus hepatitis maka fungsi hati akan terganggu. Untuk itu kita patut waspada ketika tubuh menunjukkan gejala hepatitis, simak gejala penyakit hepatitis yang berhasil Ceksehat rangkum untuk anda, seperti berikut ini:

1. Mudah lelah

Rasa nyeri pada organ hati akan membuat tubuh keletihan menahan rasa sakit. Dengan begitu penderita penyakit hepatitis akan mudah merasa lelah. Sebaiknya perbanyak istirahat agar kondisi tubuh anda tidak semakin memburuk.

2. Nyeri otot

Organ hati yang meradang juga akan berakibat kontraksi otot terutama dibagian perut. Hal ini menyebabkan otot semakin tertarik sehingga akan menimbulkan rasa nyeri. Kemudian kontraksi otot akan menjalar ke otot lainnya. Rasa nyeri pada otot juga bisa disebabkan  racun yang menumpuk pada tubuh akibat hati kehilangan kemampuannya yakni menyaring racun.

3. Merasa mual

Gejala hepatitis selanjutnya adalah mual. Mual disebabkan organ hati yang dekat dengan sistem pencernaan sehingga sistem pencernaan turut terkena imbasnya yakni selalu merasa mual. Lambung yang juga dipenuhi racun berakibat rasa mual yang sering terjadi.

4. Muntah

Gejala hepatitis bukan hanya menimbulkan rasa mual hebat tapi juga menyebabkan muntah-muntah. Mual dan muntah bisa terjadi secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas.

5. Sakit kepala

Seluruh sistem syaraf di dalam tubuh manusia itu saling berhubungan jadi ketika salah satu sistem syaraf terganggu maka yang lain juga ikut terganggu. Dengan begitu ketika syaraf dibagian hati terasa nyeri akibat penyakit hepatitis maka juga akan berakibat nyeri pada bagian kepala.

Simak juga: 17 Penyebab Kepala Pusing yang Wajib Anda Ketahui

6. Mudah gelisah

Penderita hepatitis juga akan mudah gelisah akibat dari rasa nyeri yang kerap menyerang membuat kondisi psikologis ikut terganggu. Rasa gelisah ini akan semakin menjadi ketika rasa nyeri semakin hebat.

7. Mudah marah

Kondisi psikologis penderita hepatitis yang kurang stabil selain menyebabkan rasa gelisah juga menyebabkan penderitanya mudah marah. Gangguan hati yang semakin parah akan membuat penderitanya sulit mengendalikan emosi sehingga akan lebih cepat marah.

8. Mudah depresi

Karena berbagai gejala hepatitis yang dirasakan menyebabkan berbagai kesulitan membuat penderita hepatitis mudah mengalami depresi. Untuk itu selain pengobatan medis untuk menyembuhkan penyakit hepatitis juga dibutuhkan pendekatan secara emosional untuk membantu menenangkan kondisi kejiwaan pasien.

9. Mudah mengantuk

Tubuh yang terasa lelah akibat kesulitan menahan rasa sakit pada organ hati membuat penderita hepatitis kehilangan semangat, lesu, letih dan akhirnya pasien sering merasakan kantuk yang sulit ditahan. Jadi pasien hepatitis akan mudah merasa mengantuk.

10. Kulit berubah menjadi kuning

Penyakit hepatitis juga lebih dikenal dengan sakit kuning sebab penderita hepatitis akan mengalami perubahan warna kulit yakni kulit akan menjadi kuning. Tubuh berubah kuning ini disebabkan organ hati tidak dapat berfungsi dengan baik jadi penyaringan racun dan sistem ekskresi menjadi terganggu.

11. Kehilangan nafsu makan

Ketika tubuh mengalami masalah maka dampak utama bagi tubuh adalah kehilangan nafsu makan. Ketika tubuh kesulitan menahan rasa nyeri yang ditimbulkan tentunya kita juga akan kehilangan nafsu makan.

12. Penurunan berat badan

Ketika tubuh terserang hepatitis maka nafsu makan semakin menurun hal ini tentunya turut berakibat pada berat badan. Kurangnya asupan makanan membuat berat badan pasien hepatitis mengalami penurunan yang drastis pula.

Artikel terkait: Daftar Buah untuk Diet untuk Menurunkan Berat Badan

13. Urine berwarna gelap

Organ hati yang kehilangan fungsinya sebagai penyaring racun membuat racun tercampur dan mengendap di dalam tubuh sehingga urine yang dikeluarkan juga merupakan campuran antara racun dan zat-zat lain dengan begitu urine akan berubah warna menjadi lebih gelap atau keruh.

14. Perut bagian atas mengalami pembesaran

Ketika anda mengalami pembesaran perut pada bagian atas sebaiknya anda waspada sebab itu merupakan salah satu gejala hepatitis yang sangat berbahaya. Pembesaran perut terjadi akibat adanya peradangan pada organ hati yang letaknya di perut. Pembengkakan larut juga akan diiringi dengan rasa nyeri.

15. Kuku berubah kuning

Serangan virus hepatitis pada organ hati menyebabkan bilirubin di dalam tubuh manusia meningkat. Meningkatnya bilirubin bisa dilihat dari perubahan warna kulit yakni menjadi kuning. Selain kulit yang menjadi kuning, kuku pasien juga akan berubah warna menjadi lebih kuning.

16. Mata yang putih menjadi kuning

Peningkatan bilirubin juga berdampak pada bagian bola mata yang berwarna putih berubah menjadi kuning. Selain itu racun yang mulai menyebar ke seluruh tubuh juga dapat merubah warna bola mata anda menjadi kuning.

Simak juga: 18 Kelainan Pada Mata

17. Nyeri disekitar hati

Vitus hepatitis yang menyerag organ hati membuat hati menjadi meradang sehingga akan menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Semakin penyakit bertambah serius atau parah maka rasa nyeri yang dihasilkan juga semakin terasa.

Ketika sistem kekebalan tubuh semakin menurun maka virus akan semakin menyebar dengan cepat sehingga kondisi organ hati juga semakin parah.

18. Kaki bengkak

Selain penyaring racun organ hati juga berfungsi menyimpan gula pada otot yang disebut glikogen. Ketika fungsi hati terganggu maka penyimpanan glikogen juga ikut terganggu sehingga menyebabkan otot pada bagian-bagian tubuh menjadi sakit bahkan bisa menyebabkan kaki menjadi bengkak.

19. Pandangan menjadi kabur

Perubahan warna pada kornea mata juga membuat pandangan menjadi kabur. Jika penyakit hepatitis ini tidak segera ditangani akan sangat berbahaya selain menyebabkan pandangan kabur juga dapat menyebabkan kebutaan permanen.

20. Perut terasa nyeri

Organ hati yang mengalami peradangan atau infeksi sangat berdekatan dengan sistem pencernaan sehingga ketika hati mengalami rasa nyeri maka rasa nyeri tersebut juga akan menyebar ke tubuh di sekitarnya seperti saluran pencernaan. Hal itu juga berakibat rasa nyeri pada perut.

21. Tinja menjadi kaku dan keras

Gejala hepatitis selanjutnya adalah perubahan pada tinja yakni tinja akan berubah menjadi kaku dan keras. Perubahan ini terjadi akibat racun yang menumpuk pada tubuh mulai menyebar hingga ke sistem pembuangan.

Racun yang bercampur dengan tinja akan menjadi seperti adukan semen sehingga tinja akan berubah menjadi kaku dan keras.

22. Demam tinggi

Racun yang mulai menyebar di dalam tubuh membuat sistem metabolisme ikut terganggu sehingga dapat berakibat naiknya suhu tubuh atau demam tinggi. Hal ini wajar terjadi sebab menandakan sistem kekebalan tubuh masih bekerja dengan baik melawan virus yang menyerang tubuh.

Artikel terkait: Gejala Demam Berdarah yang Harus Kita Waspadai!

23. Nyeri pada persendian

Penyakit hepatitis bukan hanya menyerang bagian otot saja tapi juga member dampak pada bagian persendian. Persendian akan terasa sakit sehingga akan sangat mengganggu pergerakan tubuh.

Faktor Resiko Penyakit Hepatitis Secara Umum

Serangan virus hepatitis pada organ hati bisa meningkat akibat beberapa factor resiko berikut ini:

  • Menggunakan siakt gigi, gunting kuku, pisau cukur serta handuk dengan penderita hepatitis
  • Berbagi jarum suntik dan menggunakan obat-obat terlarang
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok
  • Memiliki luka terbuka yang tak sengaja melakukan kontask fisik dengan penderita hepatitis
  • Bekerja dan berurusan dengan darah seperti petugas medis
  • Melakukan tranfusi darah di rumah sakit yang tidak memeriksa darah untuk hepatitis
  • Melakukan perawatan gigi menggunakan peralatan yang tidak steril
  • Melakukan seks tanpa pengaman dengan penderita hepatitis
  • Pekerja seks komersial
  • Melakukan hubungan seks dengan lebih dari satu orang

Demikianlah beberapa gejala hepatitis yang patut diwaspadai. Jika anda melihat tubuh anda mengalami berbagai gejala hepatitis sebaiknya segara bawa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Simak juga: Daftar Gejala Penyakit Darah Tinggi yang Harus Anda Waspadai!

Leave a Reply