Daftar Gejala Penyakit Herpes yang Harus Anda Waspadai

Gejala Herpes – Penyakit herpes merupakan penyakit kulit yang umumnya menyerang bagian organ intim, yang bisa menyerang wanita maupun pria. Penyakit ini disebabkan oleh serang virus. Virus yang masuk ke dalam tubuh akan hidup secara pasif selama batas waktu yang tak tentu.

Ketika daya tahan tubuh melemah maka virus tersebut akan berubah menjadi aktif, dan akan mulai membuat tubuh merasakan berbagai gejala herpes yang sangat mengganggu. Gejala herpes yang paling mudah dilihat adalah munculnya bintik-bintik merah yang berisi cairan.

Virus varicella-zoster yang merupakan virus penyebab penyakit herpes masuk bersamaan dengan penyakit cacar air, ketika cacar air telah dinyatakan sembuh, namun virus penyebab herpes akan terus hidup secara pasif pada pusat syaraf posterior.

Loading...

Sejatinya penyakit herpes ini bisa sembuh dengan sendirinya namun batas waktunya tidak dapat ditentukan, itupun tergantung dengan sistem kekebalan tubuh. ketika sistem imun membaik maka kondisi penyakit herpes juga akan membaik.

Gejala Herpes

Gejala Herpes

Namun ketika kurangnya nutrisi yang masuk ke tubuh membuat sistem kekebalan tubuh menurun maka penyakit herpes bisa semakin memburuk. Untuk itu penanganan dokter diperlukan untuk membantu pengobatan penyakit tersebut.

Gejala Herpes

Untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh kita sebaiknya kita lihat beberapa gejala herpes seperti berikut ini :

  1. Kelenjar getah bening akan mengalami pembengkakan
  2. Ketika virus menginfeksi tubuh maka beberapa bagian tubuh atau seluruh tubuh sering mengalami kesemutan atau kebas.
  3. Bintik-bintik merah atau gelembung kecil hingga melepuh akan tumbuh pada bagian tubuh yang terinfeksi virus penyebab herpes.
  4. Bagian tubuh yang ditumbuhi bintik-bintik akan terasa nyeri dan panas.
  5. Tubuh yang terinfeksi akan ditumbuhi gelembung yang lama-kelamaan akan berisi cairan pada satu daerah yang terus berkembang hingga menjadi banyak dan akhirnya berkumpul menjadi satu
  6. Biasanya dalam waktu 10 hari herpes akan sembuh dengan sendirinya seiring dengan membaiknya sistem kekebalan tubuh
  7. Ketika sistem kekebalan tubuh buruk maka penyakit herpes bisa menjadi penyakit yang lebih serius lagi dengan beberapa gejala seperti sesak nafas, nyeri sendi, serta pegal-pegal pada beberapa anggota tubuh
  8. Mulut ditumbuhi sariawan yang tidak biasa yakni terjadi secara terus-menerus atau berlangsung cukup lama
  9. Saat terserang herpes maka suhu tubuh juga akan semakin meningkat atau demam tinggi
  10. Naiknya suhu tubuh juga diiringi dengan tubuh yang terasa menggigil
  11. Luka yang terlihat merah, tanpa rasa gatal, sakit, atau geli namun terbuka
  12. Pada daerah anal atau genital akan terasa sakit, gatal dan geli
  13. Pada bagian bokong, paha, genital, serta rektum akan mengalami luka melepuh yang lama-kelamaan akan pecah
  14. Saat buang air kecil terasa sakit
  15. Punggung bagian bawah terasa nyeri
  16. Adanya cairan yang keluar dari vagina
  17. Leher rahim mengalami luka yang terbuka

Jika tubuh anda menunjukkan beberapa gejala seperti di atas sebaiknya segera periksakan ke dokter agar penanganan dan pengobatan bisa dilakukan secepatnya untuk mencegah komplikasi yang lebih serius lagi.

Penyebab Penyakit Herpes

Beberapa faktor dapat menyebabkan penyakit herpes menyerang tubuh yang meliputi :

  • Penyebab utama penyakit herpes adalah serangan virus yang berasal dari penyakit cacar air yang tersu hidup secara pasif di dalam kulit
  • Sebaiknya hindari berada satu ruangan yang tertutup dengan penderita herpes sebab penyakit herpes dapat menular melalui udara
  • Adanya kontak visik dengan seseorang yang menderita penyakit herpes
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh menyebabkan virus penyebab herpes tersu menginfeksi dan berkembang di dalam tubuh
  • Berhubungan intim dengan seseorang yang menderita penyakit herpes
  • Menggunakan toilet yang sama dengan pembawa virus tersebut
  • Stres juga turut menyebabkan virus herpes terus aktif
  • Penderita herpes akan semakin tersiksa ketika terpapar sinar matahari langsung.

Jenis dan macam penyakit herpes pada kulit

Penyakit herpes biasanya menyerang beberapa bagian tubuh seperti bagian mulut, sekitar penis, paha, vagina dan pantat. Penyakit ini akan menimbulkan rasa nyeri dan kurang nyaman, sebab penyakit ini dapat menyebabkan rasa perih ketika buang air kecil.

Ketika daya tahan tubuh membaik maka penyakit herpes juga ikut membaik dan begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu sebaiknya penuhi kebutuhan nutrisi untuk meningkatkan sistem imun. Ada dua jenis penyakit herpes yakni herpes simplex dan herpes zoster.

  • Herpes simplexs

Penyakit herpes ini menginfeksi sel-sel epitel dalam neuron yang menyerang bagian mulut dan alat kelamin yang menyebabkan luka dinding seperti borok pada selaput lendir atau pada kulit. Meski penyakit herpes dapat sembuh dengan sendirinya namun penyakit herpes dapat menyebabkan komplikasi yang cukup berbahaya jika tidak mendapat penanganan.

Beberapa komplikasi yang dapat muncul akibat penyakit herpes seperti radang otak, radang gusi, kekeringan parah pada mata yang melibatkan korne dan ulkus kornea dendritik, serta lapisan lendir di mulut.

  • Herpes zoster

Untuk jenis penyakit herpes yang satu ini virus penyebabnya sama dengan virus penyebab cacar air, yang terus hidup pasif selama batas waktu yang tidak tentu. Jadi virus ini dapat aktif sewaktu-waktu meski cacar air telah dinyatakan sembuh total.

Penyakit ini lebih sensitif terhadap cahaya yang menyerang bagian kulit yang juga bisa menyebar hingga ke organ viseral. Setelah  hidup pasif selama bertahun-tahun virus ini menjadi aktif jika daya tahan tubuh menurun, stres, serta efek samping obat-obatan tertentu.

Beberapa gejala herpes yang akan muncul seperti sakit kepala, mengalami gejala seperti gejala flu serta demam tinggi, kesemutan dan nyeri pada bagian tubuh yang terinfeksi virus, serta gatal-gatal.

Penyebab Herpes Semakin Aktif

Penyakit herpes pada umumnya juga memiliki beberapa macam gejala lain yang dapat memicu aktifnya virus tersebut akibat beberapa hal berikut ini:

  • Sensitifitas terhadap dinar matahari akan semakin meningkat, maka sebaiknya hindari berada di luar ruangan bagi anda penderita herpes
  • Demam tinggi juga akan membuat penyakit herpes bertambah buruk
  • Stres sebaiknya juga dihindari sebab stres akan membuat virus penyebab herpes semakin aktif dan berbahaya
  • Keresihan organ intim yang kurang terjaga
  • Menggunakan pembalut yang kurang streril hasil dari daur ulang berbahan sintersis
  • Sehabis melakukan operasi
  • Perilaku seks yang menyimpang seperti homo seksual atau lesbian

Diagnosa Herpes

Ketika anda merasakan tubuh anda mengalami beberapa gejala herpes seperti di atas sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter atau petugas medis terdekat. Maka langkah awal pemeriksaan adalah melakukan tes fisik dengan melihat ruam, lokasi serta rasa nyeri dan gejala herpes lainnya.

Setelah melihat ciri-ciri fisik maka pemeriksaan lanjutan akan dilakukan dengan mengambil sampel kulit ruam atau mengambil cairan yang selanjutnya akan diperiksa lebih lanjut di laboratorium.

Hingga saat ini tidak ada pengobatan khusus penyakit cacar dan herpes hanya saja pengobatan dilakukan untuk meringankan gejala herpes yang muncul dan mencegah perkembangan penyakit yang lebih serius lagi.

Cara Mengobati Herpes 

Pengobatan dilakukan bukan untuk menyembuhkan penyakit namun berupaya mempercepat proses penyembuhan serta mengurangi resiko komplikasi. Langkah pengobatan dilakukan dengan memberikan obat antivirus.

Obat antivirus yang bisa diberikan seperti valacyclovir serta acyclovir. Antivirus bisa diberikan hingga tiga hari setelah kemunculan ruam kulit, namun jika penyakit menunjukkan gejala yang lebih serius maka antivirus akan diberikan dalam waktu tujuh hari kedepan setelah kemunculan ruam.

Ada beberapa kondisi tubuh seseorang yang sangat membutuhkan obat antivirus yang meliputi, penderita diabetes, pengidap kanker, manula, penderita HIV, serta yang mengalami komplikasi pada mata.

Selain antivirus ada beberapa obat yang akan diberikan pada penderita herpes yang meliputi:

  • Parasetamol, ibuprofen, dan kodein yang merupakan obat anti nyeri
  • Imipramine, nortriptyline, serta amitriptyline sebagai obat antidepresan triklik
  • Obat antikonvulsan seperti gabapentin serta pregabalin.

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengurangi gejala herpes seperti berikut ini:

  • Pilihlah pakaian yang nyaman, jangan terlalu ketat, berbahan lembut dan menyerap keringat seperti bahan katun
  • Usahakan ruam selalu tertutup untuk menjaga ruam agar tetap bersih dan kering
  • Jangan menutup ruam menggunakan bahan yang mengandung perekat seperti plester atau hansaplas untuk mencegah iritasi semakin serius.

Simak juga: 9 Cara Mengobati Herpes Secara Alami yang Terbukti Ampuh

Cara Mencegah Herpes

Pemberian vaksin herpes sebenarnya dapat dilakukan untuk menurunkan resiko terserang penyakit herpes. Vaksin ini lebih diutamakan diberikan pada usia di atas 50 tahun sebab di usia tersebut daya tahan tubuh sudah sangat melemah.

Selain itu vaksin herpes juga dianjurkan diberikan pada pasien herpes untuk mencegah penyakit tersebut kambuh kembali. Meski vaksin ini tidak dapat mencegah sepenuhnya namun dapat membantu meringankan gejala yang muncul serta membantu penyembuhan menjadi lebih cepat.

Selain itu langkah pencegahan yang tepat adalah jangan melakukan kontak fisik dengan pengidap herpes, hindari berada 1 ruangan tertutup, hindari penggunaan barang-barang yang digunakan penderita penyakit herpes.

Loading...

Demikianlah beberapa gejala herpes yang sewaktu-waktu menyerang kita. Untuk itu lakukan langkah pencegahan agar terhindar dari penyakit herpes. Semoga bermanfaat. Simak juga: Penyakit Herpes Mulai dari Penyebab Sampai Cara Mengobatinya

loading...

Leave a Reply