Daftar Gejala Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Gejala Hipertensi – Tekanan darah tinggi saat ini menjadi penyakit yang paling umum menyerang masyarakat sebab pola hidup saat ini yang semakin buruk. Belum lagi faktor makanan yang dikonsumsi banyak yang memicu naiknya tekanan darah.

Padahal tekanan darah tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi yang sangat serius seperti jantung dan stroke. Namun penyakit ini terkadang dianggap sepele.

Padahal tingkat kematian akibat darah tinggi setiap tahunnya mengalami peningkatan. Belum lgi rendahnya tingkat kesadaran dari masyarakat dalam menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat membuat tekanan darah tinggi semakin mengancam keselamatan.

Loading...

Selain itu banyak juga yang tidak mengetahui secara pasti gejala hipertensi membuat penanganan lambat dilakukan. Padahal jika kita mengetahui gejala hipertensi secara pasti langkah pengobatan sejak dini akan menurunkan resiko komplikasi.

Gejala Hipertensi

Gejala Hipertensi

Gejala hipertensi dapat dicegah dengan menghindari beberapa makanan seperti makanan tinggi garam, menghindari minuman keras, menghindari rokok, menghindari makanan berlemak dan berminyak serta olahraga secara teratur.

Gejala Hipertensi yang Harus Anda Waspadai

Untuk mencegah terjadi komplikasi  yang dapat menyebabkan kematian sebaiknya anda mengetahui secara pasti gejala hipertensi yang meliputi :

1. Mudah lelah

Gejala hipertensi yang pertama adalah mudah lelah. Hal ini disebabkan karena jantung yang bekerja terlalu keras memompa darah sehingga muncul kelelahan yang sangat pada tubuh.

2. Sesak nafas

Salah satu gejala hipertensi adalah sesak nafas. Apa lagi jika menaiki dan menuruni anak tangga akan lebih sulit lagi mengatur nafas. Sesak nafas terjadi akibat paru-paru kekurangan darah. Tingginya tekanan darah yang menyebabkan jantung bekerja terlalu keras membuat aliran darah terhambat termasuk aliran darah menuju paru-paru yang membuat penderita hipertensi sesak nafas.

3. Sakit kepala

Penderita hipertensi akan merasakan sakit kepala sebab aliran darah menuju otak terhambat. Aliran darah yang sangat kencang pada pembuluh darah membuat aliran darah ke otak kurang lancar akibatnya sakit kepala yang sulit tertahan.

4. Detak jantung semakin cepat

Salah satu gejala hipertensi yang paling umum adalah naiknya intensitas tekanan jantung yang disebabkan jantung bekerja ekstra memompa darah sehingga tekanannya atau detak jantung menjadi tidak beraturan atau semakin cepat.

5. Bengkak di kaki atau perut

Jika anda merasakan adanya berbagai gejala yang dituliskan di atas lalu anda melihat adanya pembengkakan pada kaki atau perut sebaiknya segera cek tekanan darah anda pada petugas medis sebab hal itu dapat mengindikasikan anda tengah mengalami hipertensi.

6. Jantung kanan bengkak

Jika tekanan darah terus naik maka jantung-lah yang pertama terkena imbas-nya. Selain akan membuat detak jantung semakin cepat juga dapat menyebabkan jantung sebelah kanan menjadi bengkak.

7. Nyeri mata

Terkadang banyak yang mengabaikan nyeri pada mata yang dianggap karena mata merasa kelelahan padahal nyeri mata bisa mengindikasikan adanya hipertensi.

8. Batuk yang tak kunjung sembuh

Batik yang tak kunjung sembuh bahkan akan semakin parah ketika anda berbaring merupakan salah satu gejala hipertensi. Untuk mengetahui secara pasti sebaiknya lakukan pengecekan ke dokter.

9. Nyeri dada

Naiknya tekanan darah juga bisa dilihat dari dada yang terasa nyeri akibat jantung bekerja ekstra saat memompa darah. letak jantung pada bagian dada sehingga ketika jantung mengalami masalah akan terasa hingga ke bagian tubuh luar yakni dada akan terasa nyeri.

10. Kehilangan minat

Penderita hipertensi juga bisa dilihat dari kurangnya minat dalam melakukan kegiatan sehari-hari meski gejala hipertensi ini sangat jarang terjadi, namun gejala ini merupakan salah satu gejala hipertensi

11. Letih

Selain penderita tekanan darah yang kerap kali mengalami keletihan, penderita tekanan darah tinggi juga mengalami gejala yang sama yang disebabkan tekanan darah tidak normal

12. Pusing

Salah satu gejala hipertensi adalah merasakan pusing  seperti berputar, kondisi ini akan terus berlanjut sampai tekanan darah menjadi normal. Pusing yang dirasakan tidak akan mereda meski di bawa istirahat atau dibawa rebahan.

13. Mimisan

Jika tekanan darah tak kunjung mereda maka pembuluh darah bisa saja pecah dan menyebabkan pendarahan. Pendarahan kecil bisa terjadi dan ditandai dengan keluarnya darah dari hidung atau biasa disebut mimisan. Jika hal ini dibiarkan tanpa penanganan khusus dapat menyebabkan stoke.

14. Gangguan penglihatan

Saat anda merasakan gangguan penglihatan seperti mata menjadi buram atau penglihatan ganda bukan berarti anda mengalami mata minus namun itu merupakan salah satu gejala hipertensi yang sering terjadi.

15. Mual

Penderita hipertensi akan mengalami kepala pusing seperti berputar dan diikuti dengan rasa mual bahkan muntah. Mual ini akan membuat tubuh kekurangan nutrisi dan cairan jika tidak diatasi secepatnya. Dengan begitu sebaiknya segera obati tekanan darah tinggi anda agar tidak semakin parah dan menyebabkan serangan jantung dan stroke.

16. Kesemutan

Aliran darah yang kurang lancar akibat tekanan darah yang terlalu tinggi membuat sebagian atau seluruh anggota tubuh mengalami kesemutan. Kesemutan ini akan sering dirasakan hingga tekanan darah menjadi normal. Jika tidak segera diatasi kesemutan atau mati rasa akan menjadi penyakit stoke.

  • Tengkuk terasa berat
  • Telinga berdengung
  • Wajah menjadi merah
  • Sulit tidur
  • Tengkuk sering pegal
  • Intensitas buang air kecil meningkat
  • Mata berkunang-kunang.

Penyebab Hipertensi yang Harus Anda Waspadai

Naiknya tekanan darah bukan tanpa penyebab yang pasti. Ada beberapa kondisi tubuh yang membuat tekanan darah terus naik dan sulit dikendalikan. Berikut beberapa penyebab naiknya tekanan darah yang meliputi :

  • Obesitas

Salah satu komplikasi dari penyakit obesitas atau kelebihan berat badan adalah hipertensi. Selain itu tekanan darah tinggi disebabkan makanan pemicu obesitas juga memicu tekanan darah menjadi tinggi seperti makanan berlemak, makanan berminyak, serta masih banyak lagi makanan lainnya

  • Genetik

Apa bila keluarga terdekat seperti ayah, ibu atau paman anda mempunyai penyakit darah tinggi, maka bisa jadi penyakit hipertensi yang anda alami merupakan penyakit turunan atau faktor genetik.

  • Kelebihan garam

Makanan yang terlalu asin akibat kelebihan garam dapat memicu naiknya tekanan darah. Sebaiknya makanan yang kita konsumsi setiap harinya harus seimbang dengan kadar garam yang tidak terlalu tinggi.

Cara Mencegah Hipertensi

Untuk menjaga kesehatan tubuh terutama melindungi jantung sebaiknya tetap jaga tekanan darah anda selalu normal, sebab tekanan darah yang terlalu rendah dan tekanan darah yang terlalu tinggi menyebabkan jantung bekerja ekstra dalam memompa darah. Jika terus berlanjut kondisi ini dapat menyebabkan serangan jantung.

Untuk itu sebaiknya jaga tekanan darah anda dengan melakukan beberapa pencegahan seperti berikut ini :

  • Pola hidup sehat

Pola hidup sehat yang anda jalankan bisa dimulai dai memilih makanan yang sehat seperti penuhi kebutuhan gizi dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan tersebut meliputi perbanyak sayur dan buah, konsumsi ikan, tempe, telur, serta ditambah dengan segelas susu rendah lemak.

Selanjutnya jauhi makanan yang kurang sehat yang dapat memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya salah satunya hipertensi seperti makanan berlemak, makanan berminyak, makanan bersantan, junkfood, seafood, serta masih banyak lagi makanan lainnya.

Kemudian konsumsi air putih 8 hingga 10 gelas perhari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar kinerja tubuh berjalan dengan baik. olahraga secara teratur juga wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga darah tetap normal serta istirahat secukupnya.

  • Kurangi garam

Untuk menjaga darah tetap normal sebaiknya hindari hal yang bisa memicu naiknya tekanan darah seperti mengurangi konsumsi garam. Makanan yang terlalu asin akan memicu naiknya tekanan darah.

  • Berhenti merokok

Merokok menjadipenyebab munculnya berbagai penyakit berbahaya, sebab rokok mengandung berbagai zat adiktif  yang dapat merugikan kesehatan. Salah satu penyakit yang disebabkan merokok adalah hiperensi. Dengan begitu sebaiknya hentikan kebiasaan merokok agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari hipertensi.

  • Olahraga

Olahraga juga dapat mencegah gangguan tekanan darah tinggi.

Komplikasi hipertensi

Jika hipertensi dibiarkan tanpa pengobatan akan sangat berbahaya, berbagai komplikasi kardiovaskular bisa menyerang tubuh anda seperti :

  • Gagal ginjal kronik, serta gagal ginjal terminal
  • Penyakit stroke
  • Gagal jantung serta jantung koroner
  • Dapat menyebabkan kebutaan dan retinopati hipertensi.
Loading...

Itulah beberapa informasi mengenai gejala hipertensi yang dapat mengancam siapa saja. Untuk itu sebaiknya kita tetap waspada dan menjalankan pola hidup dan pola makan sehat agar tubuh tetap sehat dan tekanan darah tetap normal. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Daftar Gejala Darah Rendah yang Wajib Anda Ketahui!

loading...

Leave a Reply