Apa Saja Gejala Infeksi Saluran Kencing/Kemih? Berikut ini Diantaranya!

Gejala Infeksi Saluran Kencing – Meski termasuk ke dalam saluran pembuangan pada tubuh manusia, saluran kencing memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. sebab tanpa saluran kencing tubuh tidak mampu membuang sisa kotoran dan racun yang menumpuk di dalam tubuh dan hasilnya racun akan mengendap di dalam tubuh.

Ketika saluran kencing bekerja dengan baik maka racun akan dikeluarkan dengan baik namun ketika saluran kencing terserang bakteri yang menyebabkan infeksi atau peradangan maka akan sangat mengganggu kesehatan dan kegiatan kita sehari-hari.

Gejala infeksi saluran kencing yang paling umum adalah rasa nyeri ketika buang air kecil dan air seni yang dikeluarkan sedikit-sedikit serta nyeri pada bagian panggul. Selain itu masih banyak lagi gejala infeksi saluran kencing lainnya.

Loading...

Untuk mencegah gejala infeksi saluran kencing semakin memburuk sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Air seni akan bermula dari ginjal yang berfungsi menyaring kotoran dalam bentuk urine lalu dikeluarkan melalui saluran kencing.

Infeksi saluran kencing dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni infeksi pada utera dan kandung kemih yang disebut ISK bagian bawah serta infeksi yang terjadi pada ureter dab ginjal yang disebut ISK bagian atas.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai gejala infeksi kandung kemih sebaiknya kita melihat penjabaran pada artikel dari CekSehat ini, untuk membantu anda mengontrol kondisi kesehatan tubuh anda.

Gejala infeksi saluran kencing

Gejala infeksi saluran kencing

Gejala Infeksi Saluran Kencing

Gejala infeksi saluran kencing atau infeksi kandung kemih ini sangat beragam mulai dari nyeri panggul hingga nyeri ketika berhubungan intim. Selain itu ada beberapa gejala infeksi saluran kencing yang meliputi :

1. Ingin selalu buang air kecil

Penderita ISK biasanya akan merasa selalu ingin buang air kecil. Penderita akan merasa selalu ada air kencing yang masih tertinggal di dalam kandung kemih. Air kencing yang dikeluarkan juga sangat sedikit dan terasa nyeri saat buang air kecil.

2. Nyeri saat buang air kecil

Karena saluran kencing terserang bakteri dan virus menyebabkan saluran mengalami infeksi atau peradangan menyebabkan muncul rasa nyeri ketika benda asing seperti air seni  melewati saluran tersebut. Hasilnya anda akan mengalami nyeri atau perih saat buang air kecil

3. Warna urine menjadi keruh

Adanya infeksi akan menyebabkan saluran kencing mengalami peradangan dan luka sehingga air seni akan bercampur dengan darah menyebabkan air seni berwarna keruh atau kemerahan. Jika hal tersebut anda alami sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan agar kondisi anda tidak semakin serius.

4. Nyeri panggul

Gejala infeksi saluran kencing lainnya adalah terasa nyeri pada bagian panggul yang memang menjadi tempat yang paling dekat dengan saluran kemih sehingga saat saluran kemih mengalami peradangan maka panggul juga akan terkena imbasnya.

5. Nyeri saat berhubungan intim

Saluran kencing yang letaknya berdekatan dengan vagina akan menimbulkan rasa nyeri ketika saluran kemih mengalami infeksi. Infeksi yang menyebabkan luka ini akan terasa semakin nyeri atau perih ketika benda asing masuk ke dalamnya contohnya ketika tengah berhubungan intim.

6. Bau urine tidak sedap

Urin atau air kencing biasanya memiliki aroma yang khas atau sering disebut bau pesing, namun ketika anda meraskan adanya aroma yang kurang sedap pada air seni anda maka sebaiknya waspada sebab itu merupakan salah satu gejala infeksi saluran kencing.

7. Nyeri bagian selangkangan

Penderita ISK juga akan mengalami nyeri pada bagian selangkangan. Rasa nyeri ini akan menyebabkan rasa yang kurang nyaman dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Nyeri pada selangkangan ini akan bertambah nyeri ketika anda melakukan hubungan intim.

8. Demam

Ketika tubuh merasakan adanya infeksi bakteri atau virus maka sistem kekebalan tubuh akan melakukan perlawanan dari dalam secara alami. Adanya perlawanan ini ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh atau tubuh akan menjadi demam sebab sistem imun akan bekerja maksimal ketika suhu tubuh meningkat.

9. Mual

Salah satu gejala infeksi saluran kencing adalah selalu merasa mual. Mual akan semakin berat ketika infeksi semakin serius sehingga penyakit ini membutuhkan penanganan sedini mungkin agar gejala tidak semakin kronis.

Artikel terkait: 24 Tips Menghilangkan Mual Saat Hamil

  • Rasa tidak nyaman pada perut bagian bawah
  • Seperti ada tekanan pada panggul
  • Badan terasa lelah, nyeri dan tidak enak atau kurang nyaman
  • Perasaan urin masih tertinggal di dalam saluran kemih atau selalu merasa urin tidak sepenuhnya keluar
  • Tubuh kedinginan atau menggigil
  • Disorientasi
  • Kandungan kemih tegang

Penyebab Infeksi Saluran Kencing

Infeksi yang terjadi pada saluran kencing bukannya tanpa penyebab namun adanya serangan bakteri Escherichia coli atau E coli pada salyran kemih menyebabkan infeksi dan peradangan. Bakteri yang menyrang akan hidup di dalam saluran cerna dan akan semakin aktif ketika sistem kekebalan tubuh menurun.

Masuknya bakteri diperkirakan karena kurang terjaganya kebersihan vagina dan dubur, terurama ketika buang air kecil dan buang air besar kurang bersih saat mencucinya. Sebaiknya ketika membersihkan kotoran setelah buang air besar jangan sampai menyentuh bagian kelamin.

Saat organ kelamin tersentuh maka bacteria kan masuk ke saluran kemih dan menyebabkan infeksi yang sangat menganggu kesehatan. Infeksi ini lebih seruing terjadi pada wanita di banding pria.

Selain itu infeksi saluran kencing juga bisa terjadi akibat terganggunya kinerja pengosongan urin akibat kondisi tertentu seperti batu ginjal serta penyumbatan saluran kemih. Dan iritasi setelah berhubungan seksual.

Diagnosa Infeksi Saluran Kencing

ketika anda merasakan tubuh anda mengalami berbagai gejala infeksi saluran kencing seperti yang telah dijabarkan di atas sebaiknya anda segera periksakan diri anda ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh anda.

Maka dokter akan melakukan diagnose yang dimuali dari memeriksa kesehatan pasien dan menanyakan gejala yang diraskaan pasien. Setelah itu dokter akan melakukan diagnose lanjutan dengan melakukan beberaoa tes yang meliputi tes urin dan tes darah, melakukan CT Scan, sistoskopi, serta USG.

Serangkaian tes tersebut dilakukan untuk melihat ada tidaknya bakteri yang bersarang di dalam saluran kemih yang kemudian akan menyebabkan kandung kemih mengalami infeksi yang cukup serius.

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Saat serangkaian tes telah dilakukan dan hasilnya menunjukkan anda positif terserang infeksi saluran kemih maka pengobatan harus segara dilakukan. Pengobatan sedini mungkin akan mempermudah penyembuhan.

Pengobatan akan dimulai dengan memberikan antibiotic. Setelah itu dokter juga akan memberikan resep obat pereda nyeri seperti parasetamol dan ibuprofene. Pemberian obat ini juga untuk membantu meringankan demam.

Saat infeksi saluran kencing masih tergolong ringan dan pengobatan dilakukan secepatnya maka dapat sembuh dalam beberapa hari, sedangkan penyakit yang tergolong parah atau serius membutuhkan pengobatan yang cukup lama bahkan membutuhkan rawat inap di rumah sakit.

Komplikasi Infeksi Saluran Kencing

Saat anda merasakan gejala infeksi saluran kencing namun anda masih tidak memperdulikan kesehatan tubuh anda maka infeksi tersebut dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan menyebabkan komplikasi yang cukup serius.

Infeksi bakteri dapat menyebar hingga ke ginjal dan sepsis yang menyebabkan kedua organ tersebut turut mengalami infeksi yang cukup serius. Untuk mencegah terjadinya komplikasi sebaiknya pengotan harus segera dilakukan ketika anda merasakan gejala infeksi saluran kencing.

Itulah beberapa gejala infeksi saluran kencing yang harus diwaspadai. Ketika anda merasakan adanya gangguan tersebut sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter agar pengobatan bisa dilakukan sedini mungkin.

Loading...

Simak juga: Daftar Gejala Batu Ginjal yang Sering Muncul, Waspada!!!

loading...

Leave a Reply