Waspadai Gejala Penyakit Jantung Koroner Berikut!

Gejala Jantung Koroner – Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor 1 di dunia. Penyakit ini begitu mematikan dan sangat mengerikan. Tahukah anda, setidaknya 35% kematian yang terjadi di negara kita adalah akibat penyakit jantung. Bahkan berdasarkan data Federasi Jantung Dunia, angka kematian akibat penyakit jantung koroner di Asia Tenggara mencapai 1,8 juta kasus pada tahun 2014.

Perlu kita ketahui, penyebab penyakit jantung koroner adalah plak pada arteri dengan jumlah yang berlebihan. Hal tersebut menyebabkan arteri jantung menjadi menyempit dan juga pasokan oksigen pada darah berkurang. Pasokan oksigen yang kurang dalam tubuh bisa membahayakan dan juga mengancam nyawa si penderita. Plak ini terbentuk karena tumpukan kolesterol akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Makanan yang kaya kolesterol pada akhirnya tidak bisa dibakar secara maksimal oleh tubuh karena penderita tidak membantunya dengan aktivitas fisik.

Jenis Penyakit Jantung Koroner

Secara umum, penyakit jantung terbagi menjadi 2 jnies, yaitu angina (angin duduk) dan serangan jantung. Penyakit jantung yang tidak ditangani akan mengakibatkan komplikasi mematikan. Ketika tidak menerima suplai darah yang cukup hingga terlalu lemah untuk memompa darah, kinerja jantung akan menurun. Kondisi ini dikenal sebagai gagal jantung. Komplikasi ini dapat terjadi secara tiba-tiba maupun bertahap.

Jangan lewatkan: 24 Tips Mencegah Penyakit Jantung

Gejala jantung koroner

Gejala jantung koroner

Gejala Jantung Koroner

Kira-kira apakah anda sudah memiliki gejala jantung koroner? Agar penyakit ini tidak mematikan, maka harus ditangani lebih dini, agar tingkat keparahannya bisa dikenalikan secara tepat dan cepat. Berikut ini gejala jantung koroner yang biasanya muncul:

1. Nyeri dada, Sering merasakan sakit kepala

Gejala penyakit jantung koroner yang pertama adalah dada terasa sesak dan juga sering mengalami sakit kepala. Jika kita sering merasakan dada kita terasa nyeri tiba-tiba, ada baiknya kalau kita memeriksakan kondisi kesehatan, terutama jantung.

Sakit kepala mungkin bisa dibilang gangguan kesehatan yang sepele, namun bila kita sering dan terus berulang mengalami sakit kepala maka, ini harus kita waspadai, bisa jadi ini merupakan pertanda anda terkena jantung koroner.

2. Bagian perut yang membengkak

Gejala jantung koroner yang kedua adalah bagian perut anda akan terasa membengkak, gejala ini bisa kita rasakan secara langsung, jika kita menemukan kondisi perut membengkak tanpa sebab yang jelas, maka ada baiknya kalau kita memeriksakan ke dokter.

3. Detak yang tidak teratur

Seseorang yang terkena penyakit jantung koroner biasanya akan sering mengalami detak jantung yang kacau dan tidak braturan, sehingga ini akan berakibat timbulnya gejala jantung koroner berikutnya.

4. Sesak nafas dan terengah-engah

Sebagai akibat dari detak jantung yang tidak teratur, biasnaya nafas akan terasa sesak dan terengah-engah.

5. Selalu merasakan mual, Nafsu makan berkurang

Gejala selanjutnya yang sebaiknya kita waspadai adalah sering merasa mual dan nafsu makan akan menghilang, akibatnya tubuh akan kekurangan nutrisi dan daya tahan tubuh akan menurun. Semakin lama tubuh akan melemah dan mengakibatkan daya tahan tubuh akan terus menurun. Segera periksakan ke dokter sebelum penyakit lebih parah lagi.

6. Keluar keringat meskipun tidak beraktifitas

Gejala yang satu ini sangat umum terjadi, padahal kita tidak beraktivitas pada namun keringat akan keluar banyak. Bahkan saat menulis akan keluar keringat yang membasahi buku kita. Jika anda sering mengalami hal demikian, dimana keluar keringat padahal kita tidak beraktivitas berat.

7. Rasa lelah terjadi meskipun tidak beraktifitas berat

Selain sering berkeringat meskipun tidak beraktivitas pada, seorang penderita penyakit jantung juga akan mengalami kelelahan padahal tidak sedang atau telah melakukan aktivitas padat. Jika ini sering terjadi sebaiknya anda segera memeriksakan kondisi kesehatan anda.

8. Pada wanita sering merasakan rasa sakit pada tangan kanan dan lengan kiri

Khusus untuk wanita, penderita penyakit jantung koroner akan sering merasakan rasa sakit pada tangan kanan dan lengan kiri.

9. Pada pria rasa sakit sering terjadi pada lengan kiri

Kalau untuk laki-laki, biasanya penderita penyakit jantung koroner akan mengalami rasa sakit atau nyeri pada lengan kirinya.

10. Rasa sakit dibagian tubuh lainnya seperti, bahu, leher, punggung, siku

Secara umum, pria dan wanita juga akan mengalami beberapa rasa nyeri di anggota tubuhnya, seperti pada bahu, leher, punggung, siku. Jika anda mengalami nyeri pada bagian-bagian tubuh tersebut, sebaiknya anda periksakan kesehatan anda kepada dokter segera.

11. Pembengkakan yang terjadi pada pergelangan kaki dan perut

Penderita jantung koroner juga akan mengalami pembengkakan, baik itu di pergelangan kaki atau perut.

Mungkin gejala jantung koroner yang muncul akan berbeda-beda pada setiap penderitanya. Jika anda menemukan beberapa gejala di atas sering anda alami atau orang tercinta alami, sebaiknya segera periksakan kodisi kesehatan anda ke dokter, jangan dibiarkan berlarut-larut, karena keterlambatan penangan dapat mengakibatkan kematina.

Itulah beberapa gejala jantung koroner yang sering muncul dan harus anda waspadai. Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda semua. Bagikan artikel ini kepada yang lainnya agar semakin banyak nyawa yang terselamatkan. Baca juga Penyebab Utama Masuk Angin yang Wajib Diketahui.

Leave a Reply