Ini Dia Gejala Kanker Darah yang Harus Anda Waspadai!

Gejala Kanker Darah – Sel darah putih pada kondisi normalnya memiliki peranan penting yaitu melindungi tubuh terhadap benda asing, atau penyakit dan melawan infeksi yang muncul. Sel darah putih akan berkembang secara beraturan di dalam tubuh untuk menjalankan fungsinya.

Namun ketika sel darah putih terserang kanker maka sumsum tulang akan memproduksi sel-sel darah putih yang tak terkendali atau abnormal. Jumlahnya yang berlebihan membuatnya tidak dapat berfungsi dengan baik. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh juga akan ikut menurun.

Produksinya yang berlebihan akan membuat sel darah putih menumpuk dalam sumsum tulang sehingga akan mengurangi sel-sel darah yang sehat. Jika penanganan tidak segera dilakukan maka penumpukan tersebut akan menyebar hingga ke organ tubuh lain seperti hati, limfa, paru-paru, ginjal, bahkan hingga ke tulang belakang dan otak.

Gejala Kanker Darah

Gejala Kanker Darah

Penyebab kanker darah sangat beragam salah satunya akibat radiasi energi tinggi contohnya bom nuklir  terpapar bahan kimia benzema dalam jangka panjang serta masih banyak lagi. Penyakit ini membutuhkan penanganan serius dengan berbagai metode pengobatan mulai dari operasi, terapi radiasi, kemoterapi, serta terapi biologi dengan radiasi energi tinggi.

Namun sayangnya banyak kalangan masyarakat yang tidak mengetahui gejala kanker darah sehingga gejala yang dirasakan kerap kali diabaikan. Gejala kanker darah yang muncul hanya dianggap sebagai penyakit biasa saja.

Banyak juga kasus yang bermunculan dimana penderita kanker jenis ini tidak menyadari gejala kanker darah yang sering muncul. Bahkan mereka tidak mengetahui bahwa yang tengah mereka rasakan adalah gejala kanker darah.

Untuk itu dalam artikel kali ini kami akan membahas tuntas mengenai gejala kanker darah. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada anda yang belum mengetahui apa saja gejala kanker darah yang sangat berbahaya

Jika beberapa gejala kanker darah telah diketahui secara pasti maka pemeriksaan akan segera dilakukan dan penanganan juga dapat akan semakin mudah. Pengobatan yang lambat akan mempersulit proses penyembuhan tentunya.

Gejala Kanker Darah

Gejala kanker darah sering muncul meyerupai flu biasa itulah mengapa kanker darah sulit dideteksi.  Oleh sebab itu kita patut waspada jika gejala yang dirasakan tidak kunjung membaik. Meski gejala kanker darah pada setiap orang berbeda-beda namun ada gejala umum yang sering muncul seperti:

1. Demam

Gejala kanker darah yang pertama adalah demam. Hal ini disebabkan karena tubuh yang tidak lagi dapat melawan infeksi virus membuat tubuh rentan terhadap berbagai penyakit salah satunya demam tinggi.

Gejala ini sama dengan gejala flu biasa namun demam akibat kanker darah ini tidak kunjung membaik bahkan semakin hari semakin bertambah parah.

Info terkait: Demam tifoid

2. Pusing

Selain badan akan terasa demam anda juga akan mengalami pusing kepala. Tentunya hal ini juga umum terjadi pada penderita flu biasa. Untuk itu dibutuhkan kejelian untuk membedakan penyakit kanker darah dengan indikasi penyakit lain. Pusing pada penderita kanker darah akan diikuti dengan gejala lainnya yang akan dibahas di bawah ini.

Artikel terkait: Penyebab kepala pusing

3. Lemas

Ketika tubuh merasakan lemas yang berkepanjangan tanpa penyebab yang jelas  maka anda patut waspada sebab hal tersebut dapat mengindikasikan tubuh anda terserang kanker darah. Tubuh yang lemas akan membuat aktivitas anda menjadi terganggu karena tubuh anda sudah tidak mampu lagi melakukan kegiatan fisik seperti yang biasa anda lakukan.

4. Menggigil

Gejala kanker darah juga bisa ditunjukkan dengan tubuh yang menggigil meski suhu lingkungan atau suhu ruangan normal. Bahkan meski memakai selimut tebal tubuh akan tetap menggigil kedinginan.

5. Mual dan muntah

Mual dan muntah juga akan sering dialami penderita kanker darah. Gejala yang satu ini memang umum di alami semua jenis kanker. mual dan muntah akan lebih sering terjadi ketika stadium kanker semakin tinggi.

6. Berkeringat

Penderita kanker darah akan sering berkeringat meski keadaan sekitar atau lingkungan tidak sedang panas atau gerah. Keringat akan semakin banyak pada malam hari. Biasanya keringat yang dikeluarkan berupa keringat dingin.

7. Nafsu makan menghilang

Para penderita kanker pada umumnya akan kehilangan nafsu makan, begitu juga dengan kanker darah akan membuat penderitanya kehilangan nafsu makan. Ketika tubuh merasakan ada yang sakit memang respon utama yang ditunjukkan tubuh adalah kehilangan nafsu makan.

8. Berat badan menurun

Berkurangnya nafsu makan tentunya akan membuat berat badan juga semakin menurun. Menurunnya berat badan juga menjadi salah satu gejala kanker darah.

9. Nyeri sendi

Jangan sepelekan nyeri sendi yang sering anda rasakan, apa lagi jika nyeri sendi tersebut tidak kunjung membaik tapi justru semakin hari semakin parah. Nyeri sendi yang anda rasakan bisa saja merupakan salah satu gejala kanker darah yang sering terjadi. Nyeri sendi bisa terjadi secara tiba-tiba meski tanpa penyebab yang jelas.

10. Muncul infeksi parah

Karena sel darah putih yang sudah tidak dapat berfungsi dengan baik akan membuat penderita kanker darah sering mengalami infeksi parah berkepanjangan. Gejala kanker darah yang satu ini akan semakin sering dirasakan seiring dengan semakin parahnya penyakit kanker ini.

11. Mudah mengalami mimisan

Penderita kanker darah juga menunjukkan gejala sering mengalami pendarahan khususnya mimisan. Selain itu pasien kanker darah akan sering muncul memar pada tubuhnya. Hal ini disebabkan karena darah yang sudah mengalami kelainan akibat serangan kanker tersebut.

12. Muncul bintik-bintik merah pada kulit

Selain berbagai gejala yang ditunjukkan di atas, penderita kanker darah akan mengalami kelainan pada kulit yakni akan bermunculan bintik-bintik merah pada kulit. Bintik-bintik tersebut berupa darah yang berada di bawah kulit.

13. Pembengkakan pada nodus- nodus getah bening

Gejala kanker darah selanjutnya adalah terjadinya pembengkakkan pada nodus-nodus getah beinig. Pembengkakan ini terutama terjadi pada pada bagian leher dan juga pada bagian ketiak. Hal ini karena bagian- bagian itulah yang mempunyai banyak kelenjar getah bening.

14. Pembengkakan dan juga rasa yang tidak nyaman pada bagian perut 

Gejala kanker darah yang terakhir adalah terjadinya pembengkakkan pada perut sehingga akan mengakibatkan rasa yang tidak nyaman akibat pembesaran limpa. Ya, kanker darah merupakan satu penyakit yang dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada limpa. Limpa merupakan satu organ dalam tubuh manusia yang mempunyai kegunaan tertentu. Dan limpa ini merupakan satu organ yang penting untuk manusia.

Penyebab Kanker Darah

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab kanker darah. Namun beberapa faktor diduga dapat memicu pertumbuhan sel yang abnormal yang kemudian menjadi kanker. salah satu dugaan yang paling kuat adalah adanya mutasi DNA dalam sel darah putih.

Artikel terkait: Daftar Penyebab Penyakit Kanker yang Wajib Anda Ketahui

Selain itu mari kita lihat beberapa faktor lain yang diduga dapat meningkatkan resiko kanker darah seperti:

  • Faktor keturunan atau genetik : adanya riwayat keluarga yang mengidap leukimia akan meningkatkan resiko mengalami penyakit yang sama. Selain itu gangguan genetik seperti down syndrome akan meningkatkan resiko terserang leukimia akut.
  • Pernah menjalani pengobatan kanker : pengobatan kanker yang pernah anda lakukan mungkin akan menyembuhkan penyakit yang anda derita namun efek dari radiasi kemoterapi dan rasioterapi justru akan meningkatkan resiko terserang kanker darah
  • Pernah mengamali radiasi tingkat tinggi atau zat kimia tertentu : contohnya pernah mengalami pajana zat kimia seperti benzema dalam jangka panjang serta orang yang pernah selamat dari kecelakaan yang berhubungan dengan reaktor nuklir misal ledakan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada perang dunia 11
  • Merokok : merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, darah tinggi serta kanker darah
  • Makanan : mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan berlemak, bersantan, junkfood serta masih banyak lagi yang lainnya akan membuat tubuh mudah terserang berbagai macam penyakit salah satunya kanker darah

Cara Mengobati Kanker Darah 

Jika hasil dari serangkaian tes telah positif menyatakan anda menderita kanker darah maka pengobatan harus segera dilakukan untuk memperkecil resiko kegagalan. Pengobatan pada tiap pasien berbeda-beda tergantung dari kondisi kesehatan, usia, jenis kanker yang diderita, serta stadium dari kanker tersebut.

Berikut pengobatan yang bisa dilakukan pada pasien kanker darah meliputi :

  • Kemoterapi : kemoterapi dilakukan pada pasien kanker darah dengan memberikan obat-obat tertentu dengan tujuan membunuh sel-sel kanker darah
  • Radioterapi : radioterapi biasa dilakukan pada pasien yang sedang bersiap melakukan transplantasi. Radioterapi bertuan untuk menghancurkan dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker menggunakan sinar X pada area tertentu yang terserang kanker.
  • Transplantasi sel induk atau stem cell : pecangkokkan sumsum tulang menjadi solusi pengobatan yang tepat bagi penderita kanker darah. Sumsum pendonor haruslah cocok dengan sumsum pasien tentunya. Sebelum melakukan transplantasi maka diperlukan kemoterapi dan radioterapi sebagai persiapan untuk memperkecil resiko kegagalan.
  • Terapi fokus : terapi ini dilakukan untuk menyerang bagian-bagian rentan dalam sel kanker
  • Terapi biologis : terapi ini bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mengenali serta menyerang sel-sel kanker
  • Penantian dan pengawasan : pengobatan ini dianjurkan bagi penderita leukimia limfatik kronis dimana perkembangan penyakit akan di awasi secara seksama.

Demikianlah beberapa gejala kanker darah yang dapat memberikan informasi mengenai penyakit ini. Semoga artikel kali ini dapat meningkatkan kewaspadaan kita akan perubahan yang terjadi pada tubuh kita.jika terjadi hal-hal yang tidak biasa maka pengobatan harus segera dilakukan agar tidak berakibat fatal. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel seputar gejala kanker darah ini kepada yang lainnya agar semakin banyak lagi orang yang mengetahuinya. Simak juga info lain seputar kanker darah

Leave a Reply