Penyebab dan Gejala Kanker Rahim yang Wajib Anda Ketahui!

Gejala Kanker Rahim – Kaum wanita memiliki lebih banyak resiko terserang penyakit kanker yang mematikan dibanding kaum pria. Sebab kaum wanita memiliki lebih banyak organ tambahan yang beresiko tinggi terserang kanker seperti kanker payudara, kanker leher rahim serta kanker rahim.

Dalam artikel kali ini Ceksehat akan membahas mengenai kanker rahim. Rahim merupakan organ reproduksi yang khusus dimiliki kaum wanita. Kanker ini terbentuk akibat adanya pertumbuhan sel-sel yang ubnormal atau sulit dikendalikan pada rahim.

Dalam dunia medis kanker rahim ini sering disebut endometrium dimana kanker menyerang sel-sel yang membentuk dinding rahim. Namun ada juga kasus yang jarang terjadi dimana kanker  menyerang otot-otot disekitar rahim kemudian membentuk sarkoma uteri.

Gejala kanker rahim

Ilustrasi: Gejala kanker rahim

Kanker rahim dapat dilihat dari berbagai gejala yang ditunjukkan oleh tubuh. Salah satu gejala umum yang kerap terjadi adalah pendarahan vagina. Namun bukan berarti setiap pendarahan vagina adalah kanker rahim.

Jika anda mengalami pendarahan meski sudah memasuki menoupose, serta pendarahan terjadi sebelum masa menoupese tidak pada siklus menstruasi maka anda patut waspada.

Pendarahan vagina atau pendarahan ubnormal yang disebabkan kanker rahim biasanya akan disertai dengan gejala kanker rahim yang lainnya. Namun masih banyak kaum wanita yang belum mengetahui secara pasti gejala kanker rahim.

Untuk itu kami akan memberikan informasi mengenai gejala kanker rahim untuk membantu memudahkan anda dalam mendeteksi sejak dini penyakit yang menyerang tubuh anda. Namun pemeriksaan medis lebih lanjut perlu dilakukan agar diagnosa pastinya bisa didapatkan.

Penderita Kanker Rahim di Indonesia

Penderita kanker rahim di indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan sudah tercatat dalam data GLOBOCAN lebih dari 46.849 jiwa telah terserang kanker rahim selama periode 1997-2002.

Bahkan indonesia menduduki peringkat 4 penderita kanker rahim terbanyak di asia. Di tahun 2012 jumlah penderitanya semakin meningkat telah tercatat sekitar 320 ribu wanita menderita kanker rahim.

Faktor Pemicu Kanker Rahim

Faktor utama penyebab kanker rahim belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Namun kecurigaan terbesar para dokter adalah ketidakseimbangan hormon. Hormon yang tidak seimbang dapat memicu sel-sel tumbuh secara ubnormal.

Diduga tingginya kadar hormon estrogen dapat meningkatkan resiko terserang kanker rahim. Selain itu ada juga beberapa faktor lain yang bisa memicu ketidakseimbangan hormon seperti berikut ini:

  • Menoupose dini atau lambat serta menstruasi dini

  • Kelebihan berat badan atau obesitas

  • Menderita penyakit diabetes

  • Terapi penggatian hormon

  • Menggunakan tamoksifen jangka panjang

Selain beberapa faktor pemicu peningkatan hormon estrogen tersebut ada juga beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terserang kanker rahim seperti:

  • Faktor genetik

Faktor genetik atau faktor keturunan bisa meningkatkan sekitar 70% resiko terserang kanker rahim pada seorang wanita yang memiliki riwayat kesehatan keluarga pengidap kanker. untuk itu jika anda memiliki riwayat kesehatan keluarga pengidap kanker sebaiknya patut waspada dan menjalankan pola hidup sehat serta rutin melakukan pengecekan kesehatan.

  • Perokok

Sudah bukan rahasia lagi jika merokok dapat memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya salah satunya kanker rahim. Sebab di dalam tembakau tersebut mengandung ribuan zat adiktif yang sangat berbahaya.

Selain rokok yang harus dihindari, menghirup asap rokok juga dilarang keras sebab resiko terserang berbagai penyakit pada perokok pasif sama berbahayanya dengan perokok aktif.

  • Pecandu alkohol

Selain rokok, minuman beralkohol menjadi salah satu minuman yang wajib dihindari sebab dapat memicu serangan kanker rahim. Gaya hidup inilah yang meski diubah sejak dini agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

  • Makanan yang tidak sehat

Mengkonsumsi makanan yang tidak memiliki nilai gizi yang baik seperti makanan cepat saji, makanan ringan, serta makanan berlemak memang tidak baik bagi tubuh sebab dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Makanan tersebut tidak bisa dikelola dengan baik oleh tubuh sehingga akan mengendap di tubuh dan menjadi racun atau toksin yang menyebabkan munculnya berbagai penyakit salah satunya penyakit kanker rahim.

Hindari juga makanan yang berpengawet, penyedap rasa atau msg, pemanis, perasa, serta masih banyak lagi yang lainnya. Sebab makanan tersebut dapat memicu pertumbuhan sel yang ubnormal.

  • Belum pernah hamil

Wanita yang belum pernah hamil memiliki kadar hormon estrogen lebih tinggi dibanding hormon progesteron itulah sebabnya wanita yang belum pernah hamil beresiko terserang kanker rahim lebih tinggi dibading wanita yang sudah pernah hamil

  • Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan turut meningkatakn kadar hormon estrogen sehingga akan lebih beresiko terserang kanker rahim. Peningkatan hormon dapat terjadi akibat dari penumpukan jaringan lemak pada tubuh.

Simak selengkapnya: Daftar Penyebab Penyakit Kanker yang Wajib Anda Ketahui

Gejala Kanker Rahim

Kanker rahim yang menyerang tubuh dapat beresiko kematian jika penanganan lambat dilakukan. Untuk itu mengetahui sejak dini penyakit tersebut sangatlah penting. Deteksi dini dapat dilakukan dengan mengetahui informasi mengenai gejala kanker rahim yang ditunjukkan tubuh seperti berikut ini:

1. Pendarahan vagina

Ketika pendarah terjadi diluar siklus haid maka anda patut waspada sebab itu merupakan gejala umum kanker rahim. Kanker rahim yang melukai dinding rahim menyebabkan rahim sering mengeluarkan darah meski anda telah memasuki masa menoupose sekali pun.

2. Pendarahan yang berlebihan saat menstruasi

Menstruasi yang anda alami setiap bulan sebagai siklus rutin akan menjadi berbahaya jika darah yang dikeluarkan berlebihan atau tidak seperti biasanya, sebab itu bisa merupakan salah satu gejala kanker rahim.

3. Sekresi vagina berbentuk cair atau darah encer

Gejala kanker rahim juga bisa ditunjukkan dengan ketika vagina bersekresi mengeluarkan cairan atau darah encer. Jika hal tersebut terjadi sebaiknya segera hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

4. Sakit panggul

Akibat dari serangan sel-sel kanker pada dinding rahim akan berakibat rasa nyeri yang berlebihan pada panggul. Infeksinya akan semakin hebat ketika stadiumnya semakin meningkat. Untuk itu pengobatan harus segera dilakukan agar kanker tidak menyebar ke anggota tubuh lain.

5. Nafsu makan menurun

Ketika tubuh merasakan ada yang tidak beres atau sakit maka reaksi pertama yang ditunjukkan tubuh adalah dengan menurunnya nafsu makan. Menurunnya nafsu makan sebenarnya merupakan reaksi yang buruk sebab tubuh membutuhkan banyak asupan nutrisi untuk melawan penyakit tersebut dari dalam.

6. Rasa nyeri saat berhubungan seksual

Nyeri saat berhubungan seksual merupakan salah satu gejala kanker rahim. Hal ini disebabkan adanya sel kanker yang menggerogoti dinding rahim sehingga jika anda benda asing yang masuk ke rahim rasanya akan sangat tidak nyaman dan timbul rasa nyeri yang berlebihan.

7. Kelelahan

Letih, lelah, lesu, merupakan serangkaian hal yang akan terjadi ketika kanker rahim menyerang organ reproduksi wanita. Kelelahan tersebut bisa jadi pengaruh dari banyaknya darah yang keluar ketika pendarahan.

8. Rasa sakit pada perut bagian bawah

Selain rasa lelah yang menyerang tubuh, serta rasa sakit pada panggul, kanker rahim juga akan menyebabkan perut bagian bawah mengalami rasa nyeri yang berlebihan tergantung dari tingkat keparahan kanker tersebut.

9. Mual

Rasa mual dan muntah-muntah juga akan terjadi ketika kanker rahim mulai menggerogoti dinding rahim anda. Jika tubuh sudah menunjukkan berbagai gejala di atas sebaiknya anda patut waspada dan segera lakukan pengecekan ke dokter agar penanganan bisa segera dilakukan jika kanker benar-benar menginfeksi organ reproduksi anda.

Cara Mengobati Kanker Rahim

Ketika tubuh anda mengalami berbagai gejala awal kanker rahim sebaiknya pemeriksaan lebih lanjut segera dilakukan. Jika hasil sudah menunjukkan positif terserang kanker rahim maka pengobatan harus segera dilakukan dengan melakukan serangkaian pengobatan seperti berikut ini:

Operasi pengangkatan rahim atau histerektomi harus segera dilakukan untuk mengangkat kanker dari tubuh anda. Cara ini biasa dilakukan jika kanker masih belum menyebar ke organ tubuh lain atau masih stadium 1 namun cara ini akan membuat anda tidak bisa hamil.

Namun ada solusi lain bagi anda yang masih ingin memiliki anak yaitu dengan melakukan terapi hormon. Selain itu pilihan pengobatan lain juga bisa dilakukan dengan melakukan kemoterapi dan radioterapi yang dikombinasi dengan tindakan pembedahan.

Demikianlah beberapa gejala kanker rahim yang patut anda waspadai. Jika berbagai gejala tersebut anda rasakan sebaiknya segera lakukan pengecekan ke dokter agar penanganan bisa lebih cepat dan mudah dilakukan. Semoga bermanfaat. Simak juga: Gejala Kanker Serviks yang Harus Anda Waspadai

Leave a Reply