22 Gejala Kolesterol yang Harus Anda Waspadai

Gejala Kolesterol – kolesterol sebenarnya bukanlah suatu masalah pada kesehatan jika berada pada level normal, baik itu kolesterol jahat maupun kolesterol baik. keduanya memiliki peranan yang cukup penting di dalam tubuh.

Namun jika kolesterol jahat melewati batas normal akan membahayakan bagi tubuh dan biasa disebut kolesterol tinggi. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai penyakit kolesterol sebaiknya kita lihat dulu apa sebenarnya kolesterol itu?

Kolesterol adalah molekul lipik atau lemak serta sejenisnya yang berbentuk lipoprotein yang dihasilkan oleh tubuh khususnya organ hati sekitar 80% dan dihasilkan dari luar tubuh atau faktor eksternal yang biasa didapat dari berbagai sumber makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Jangan lewatkan juga: Daftar Buah Penurun Kolesterol yang Sehat Dikonsumsi

Kolesterol dibagi menjadi dua jenis yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Keduanya memiliki peranan yang cukup penting. Kolesterol jahat berfungsi membawa kolesterol yang dibutuhkan untuk proses metabolisme asam empedu, vitamin D, serta hormon steroid. Namun saat jumlah lipoprotein ini mengalami peningkatan maka akan mudah mengalami sumbatan pada pembuluh darah atau membentuk plak, dan disebut dengan kolesterol jahat

Sedangkan kolesterol baik memiliki kandungan protein yang diproduksi oleh usus dan hati. Yang berfungsi untuk mengangkut kolesterol dari dalam jaringan menuju ke hati untuk diproses dan kemudian dibuang dari dalam tubuh. Kolesterol baik inilah yang berperan mencegah pembentukan plak yang berakibat penyumbatan pembuluh darah atau disebut kolesterol jahat.

Tubuh bisa dikatakan mengalami penyakit kolesterol tinggi jika kadar kolesterol sudah berada di atas 200 mg. Hal tersebut patut  kita waspadai karena bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Namun terkadang gejala kolesterol yang kita rasakan hampir sama dengan gejala penyakit lain.

Gejala kolesterol

Gejala kolesterol

Untuk mengetahui secara pasti pengecekan darah perlu dilakukan. Namun sebenarnya ada gejala kolesterol khusus yang bisa kita perhatikan. Gejala kolesterol bisa sangat beragam.

Gejala kolesterol yang Harus Diwaspadai

Penyakit kolesterol tinggi bisa kita lihat dari berbagai gejala kolesterol yang akan muncul pada tubuh. Gejala kolesterol biasanya sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Mari kita lihat beberapa gejala kolesterol yang kita rasakan jika kadarnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan seperti berikut ini:

  • Nyeri dada

Peningkatan kadar kolesterol akan membuat lemak menumpuk di dalam arteri sehingga akan membuat aliran darah menuju ke jantung mengalami penyempitan dan menjadi kurang lancar. Jika hal tersebut terjadi maka dada akan terasa nyeri.

Jika hal tersebut berlangsung lama tanpa penanganan khusus maka akan berakibat munculnya gejala penyakit jantung. Jadi jangan sepelekan nyeri dada yang sering anda alami sebab bisa jadi itu merupakan gejala naiknya kadar kolesterol jahat.

  • Sakit tangan dan kaki

Kolesterol yang menumpuk di dalam darah juga akan berakibat tersumbatnya aliran darah menuju kaki dan tangan sehingga akan muncul rasa nyeri pada keduanya. Rasa nyeri ini akan membuat tubuh merasa terganggu dan kurang nyaman serta mengurangi aktivitas fisik kita seperti kesulitan ketika berjalan dan mengangkat benda-benda tertentu.

Simak juga: Pantangan Penyakit Kolesterol yang Wajib Anda Hindari Sejak Saat ini!

  • Kesemutan pada kaki dan tangan

Kurang lancarnya aliran darah menuju kaki dan tangan selain memberikan rasa nyeri juga bisa berakibat kesemutan dan terasa panas pada keduanya. Namun biasanya hal ini di alami oleh para orang tua. Sehingga tangan dan kaki akan mempengaruhi fungsinya.

  • Sulit bernafas

Penderita kolesterol umumnya mengalami masalah pada bagian arteri tubuh dengan banyaknya lemak yang menumpuk akan membuat alirannya semakin menyempit. Hal tersebut juga akan menyulitkan kita ketika bernafas.

Hal tersebut juga berkaitan erat dengan jantung yang kekurangan oksigen akibat penumpukan lemak tersebut. Sesak napas akan semakin parah pada penderita stroke dan obesitas.

  • Tubuh terasa sangat lelah

Kondisi penyakit kolesterol tinggi akan membuat penderitanya mengalami gangguan aliran darah atau aliran darah menuju seluruh tubuh menjadi tidak lancar serta kekurangan oksigen akibat penumpukan lemak di dalam darah sehingga akan membuat tubuh merasa sangat lelah.

Artikel terkait: Daftar Sayuran Penurun Kolesterol yang Sehat Dikonsumsi!

Dengan begitu berbagai organ tubuh akan kesulitan dan dipaksa melakukan metabolisme sedangkan jantung dan pembuluh darah juga bermasalah. Kondisi ini akan sangat berbahaya bagi penderita diabetes karena kadar insulin yang terlalu rendah dan kadar gulanya terlalu tinggi sehingga tubuh bisa saja tidak memiliki tenaga sama sekali.

  • Otot kaki lemah

Kolesterol tinggi juga bisa berakibat otot kaki menjadi lemah sehingga akan mudah jatuh dan kesulitan berjalan terlalu lama da jauh. Hal ini akan semakin parah jika anda juga mengalami hipertensi serta dapat menyebabkan penderitanya jatuh dan mengalami stroke.

Hal ini disebabkan karena arteri tubuh kurang mendapat aliran darah sehingga otot kaki juga mengalami imbasnya yaitu otot kaki terasa lemas.

  • Nyeri leher dan punggung

Naiknya kadar kolesterol biasanya akan disertai dengan naiknya tekanan darah atau hipertensi yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang disebabkan plak dari kolesterol sehingga akan menyebabkan nyeri pada leher dan punggung. Apalagi jika kolesterol dan hipertensi menyerang secara bersamaan maka nyeri tersebut akan terasa sangat tidak nyaman.

  • Kaku pada bagian leher

Gejala kolesterol yang paling umum adalah kaku pada bagian leher belakang tepatnya di bawah kepala dan diatas punggung. Hal ini bisa terjadi akibat penyempitan pembuluh darah akibat arteri yang dipenuhi lemak

  • Sakit kepala berat

Penyempitan pembuluh darah akan membuat aliran darah tidak lancar. Hal tersebut akan membuat aliran darah ke seluruh tubuh menjadi terhambat begitu juga aliran darah yang menuju otak juga akan mengalami gangguan atau tidak cukup maka akan berakibat sakit kepala berat. Belum lagi kekurangan oksigen juga bisa terjadi hal tersebut akan memperparah rasa nyeri dan mengurangi konsentrasi.

Aliran darah yang tersumbat akibat penyempitan arteri bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah menuju tak akibat aliran darah yang memaksa dan terlalu kencang melewati arteri sehingga bisa berakibat plak bocor atau pecah. Hal tersebut bisa menyebabkan stroke.

Simak juga: Daftar Makanan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

  • Kehilangan keseimbangan

Penderita kolesterol tinggi yang mengalami rasa lelah yang berlebihan, nyeri kaki dan tangan serta otot kaki yang lemah bisa menyebabkan kehilangan keseimbangan ketika berdiri. Hal ini juga sangat dipengaruhi dengan aliran darah yang tidak lancar atau aliran darah yang tidak cukup.

Hal ini harus sangat diwaspadai apalagi jika anda juga mengalami tekanan darah tinggi sebab kehilangan keseimbangan dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah dan bisa berakibat sroke.

  • Wajah merah

Pada penderita hipertensi yang juga mengalami kolesterol tinggi akan berakibat pembesaran pembuluh darah di wajah sehingga wajah akan seperti terbakar atau merah padam. Selain itu tekanan darah yang terlalu tinggi akan membuat wajah merasa ada yang salah atau kurang nyaman, panas, atau gangguan emosi. Emosi yang kurang terkendali tentunya justru akan memperparah tekanan darah tinggi.

  • Mual dan muntah

Gangguan pencernaan juga bisa terjadi akibat gejala kolesterol tinggi. Gangguan pencernaan ini akan berakibat lambung tidak bisa menerima makanan dengan baik sehingga akan menimbulkan rasa mual yang berlebihan bahkan bisa menyebabkan muntah. Selain itu gejala lain juga bisa muncul seperti kehilangan nafsu makan, kehilangan kesadaran atau pingsan.

  • Emosi tidak stabil

Bukan hanya penderita hipertensi saja yang mengalami gangguan emosi namun penderita kolesterol tinggi juga bisa mengalami emosi yang tidak stabil. Hal ini disebabkan karena tubuh yang kekurangan aliran darah dan oksigen akan mengalami berbagai gejala yang menyebabkan tubuh merasa kurang nyaman jadi hal kecil saja bisa membuat penderita kolesterol bisa sangat marah.

  • Kesemutan

Kesemutan juga sering dialami penderita kolesterol terutama jika berada pada posisi bersila terlalu lama. hal tersebut terjadi akibat peredaran darah yang kurang lancar pada arteri.

  • Sering mengantuk di pagi hari

Agar tubuh menjadi sehat sebaiknya kita melakukan aktivitas kecil di pagi hari. Namun untuk penderita kolesterol biasanya akan menunjukkan gejala mudah mengantuk terutama di pagi hari. Sebaiknya anda melawan rasa kantuk tersebut dengan melakukan aktivitas ringan agar kolesterol dalam darah tidak semakin tinggi karena kebiasaan tidur di pagi hari bisa menyebabkan berbagai penyakit menyerang tubuh

  • Kram

Peredaran darah yang kurang lancar bukan hanya menyebabkan kesemutan pada tubuh terutama kaki dan tangan tapi juga bisa berakibat kram pada sebagian anggota tubuh. Kram akan lebih sering terjadi pada bagian kaki.

  • Tubuh lebih gemuk

Kolesterol yang merupakan lemak atau sejenisnya yang menumpuk dalam tubuh dan darah juga bisa berakibat pada peningkatan berat badan. timbunan lemak tersebut secara otomatis juga akan membuat tubuh menjadi gemuk meski anda kehilangan selera makan. Itulah mengapa kolesterol sangat ditakuti karena bisa memicu munculnya berbagai penyakit salah satunya obesitas dan tekanan darah tinggi.

  • Tidak kuat berolahraga

Kolesterol yang menyebabkan otot kaki menjadi lemah serta tubuh merasa lemah juga akan berakibat pada berkurangnya kekuatan tubuh sehingga baru melakukan aktivitas sedikit sudah sangat lelah.

  • Mata sering berkunang-kunang

Naiknya kadar kolesterol jahat juga bisa berakibat pada indera mata. Aliran darah yang kurang lancar menuju mata akan berakibat mata sering berkunang-kunang.

Artikel terkait lainnya: 20 Tanda-tanda Penyakit Kolesterol yang Jarang Diketahui

Efek buruk kolesterol

Dengan berbagai gejala kolesterol yang ditimbulkan akan membuat kita merasa kurang nyaman serta akan menghambat aktivitas sehari-hari. Tapi ada hal yang lebih berbahaya lagi dari naiknya kadar kolesterol jahat di dalam darah yaitu berbagai komplikasi di dalam tubuh bisa saja terjadi seperti berikut ini:

  • Pengerasan arteri

Penumpukan plak kolesterol yang terlalu banyak bisa menyebabkan pengerasan arteri. Pengerasan arteri dapat memberi imbas pada gangguan jantung sebab arteri memiliki tugas mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Jika arteri mengeras maka suplai darah akan mengalami gangguan sehingga organ tubuh akan kesulitan melakukan fungsi serta tugasnya. Pengerasan arteri tersebut tentunya akan memberikan dampak negatif bagi jantung seperti dapat menyebabkan berbagai penyakit jantung. Serangan jantung juga bisa mengancam kapan saja akibat kolesterol tinggi

Selain itu tekanan angin juga sering muncul pada jantung. Belum lagi tekanan darah tinggi yang muncul akibat kolesterol ini akan mengancam jiwa penderitanya. Gangguan pencernaan juga muncul pada seluruh penderita kolesterol tinggi.

Penyempitan pembuluh darah yang terjadi akibat naiknya kadar kolesterol jahat akan membuat aliran darah menuju otak menjadi sangat kencang sehingga dapat menyebabkan pemecahan pembuluh darahkemudian penderita akan terserang sroke.

Terganggunya suplai darah menuju otak juga bisa berakibat sel-sel darah otak mengalami kematian dan kehilangan fungsinya hal ini bisa menyebabkan kesulitan bicara, sesak nafas serta kesulitan menggerakkan anggota tubuh.

Gangguan fungsi empedu juga bisa terjadi akibat kolesterol tinggi. Jika gungsi empedu teganggu maka bisa menyebabkan penderitanya mengalami mual, lemah, serta kesulitan menerima makanan. Selain gangguan fungsi empedu, pemdentukan batu empedu juga bisa terjadi akibat penumpukan lemak dalam empedu.

Selain itu usus juga bisa kena imbasnya akibat naiknya kadar kolesterol jahat. Hal ini disebabkan kurangnya suplai darah menuju usus akan berakibat munculnya berbagai gejala seperti mual, muntah, tidak dapat makan, nyeri lambung, serta pendarahan dalam tinja.

Penyebab naiknya kadar kolesterol jahat

Pola hidup dan pola makan yang buruk tentunya sangat tidak baik karena dapat menyebabkan berbagai penyakit menyerang tubuh salah satunya penyakit kolesterol tinggi. Naiknya kadar kolesterol sebenarnya memiliki banyak pemicu seperti berikut ini:

  • Pola makan yang buruk

Makan sebenarnya salah satu aktiftas wajib yang tidak boleh ditinggalkan agar tubuh tetap bisa bertahan hidup dan melakukan berbagai fungsinya yang sangat penting. Namun pengertian makan disini bukanlah mengkonsumsi semua makanan tanpa melihat gizi yang terkandung di dalamnya.

Mengkonsumsi makanan yang salah buaknnya membuat tubuh sehat tapi justru menyebabkan berbagai penyakit menyerang tubuh. Seperti kebiasaan mengkonsumi makanan yang mengandung kolestrol contohnya makanan berlemak trans, daging tinggi lemak, susu tinggi lemak, jeroan, makanan berminyak, bersantan tersebut akan menumpuk lemak dan beresiko terjadi penumpukan plak di pembuluh darah dan menyebabkan naiknya kadar kolesterol jahat.

  • Kurang aktivitas fisik

Kurang aktivitas fisik terutama olahraga akan menghambat proses metabolisme sehingga pembakaran lemak kurang maksimal. Jika hal tersebut terjadi maka secara otomatis lemak akan menumpuk dalam tubuh. Penumpukan lemak tersebut juga akan memicu timbunan lemak di dalam darah sehingga kolesterol jahat juga akan meningkat

  • Kebiasaan meroko*

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit salah satunya kolesterol tinggi. Kandungan zat adiktif pada rokok dapat menyebabkan menurunnya kadar kolesterol baik dan meningkatkan kolesterol jahat.

  • Faktor keturunan

Faktor keturunan juga bisa menjadi salah satu pemicu naiknya kadar kolesterol jahat dalam darah. Untuk itu bagi anda yang memiliki keturunan kolesterol sebaiknya lebih ekstra hati-hati dalam menjalankan hidup agar tidak terserang kolesterol.

Itulah beberapa gejala kolesterol yang wajib anda ketahui dan waspadai agar jumlahnya tidak semakin meningkat dan menjadi penyebab berbagai penyakit di dalam tubuh . Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga Daftar Penyebab Kadar Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui

Leave a Reply