Gejala Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai

Gejala Penyakit Jantung – Jantung merupakan orang yang paling penting bagi tubuh kita. Orga yang berukuran hanya sekepalan ini begitu vital fungsinya bagi kehidupan kita. Fungsi memompa darah keseluruh tubuh menjadikannya sebagai inti dari kehidupan.

Karena fungsinya yang sangat penting bagi kehidupan, maka sudah selayaknya kita untuk selalu menjaga kesehatan jantung. Namun ternyata, menurut fakta dari federasi jantung dunia, angka kematian akibat penyakit jantung koroner di Asia Tenggara saja mencapai angka yang fantastis, terdapat 1,8 juga kasus pada 2014.

Bahkan, penyakit jantung koroner sendiri masih menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, setidaknya 35% kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit yang satu ini. Untuk menekan angka ini, sudah seharusnya kita mengetahui penyebab dan gejala penyakit jantung sejak dini.

Penyebab Penyakit Jantung Secara Umum

Kebiasaan tidak sehat menjadi pemicu utama terjadinya sakit jantung, misal seperti merokok, stres, dan obesitas adalah beberapa hal utama pemicu sakit jantung. Namun, ada juga beberapa penyebab umum yang membuat seseorang bisa terkena penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, tingkat kolesterol yang tidak dikontrol dengan baik, dan penyakit diabetes. Selain itu, faktor genetika atau riwayat anggota keluarga yang pernah terkena penyakit jantung juga berkontribusi dalam meningkatkan risiko penyakit jantung pada seseorang.

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Pada dasarnya, jika aliran darah dari tubuh ke jantung terhambat oleh lemak, maka kondisi ini dinamakan jantung koroner. Lemak atau plak pada arteri koroner ini umumnya disebabkan oleh timbunan kolesterol. Akumulasi plak pada arteri koroner menyebabkan jantung kekurangan asupan oksigen. Sama seperti penyebab sakit jantung secara umum, penyakit jantung koroner ini juga disebabkan oleh pola hidup tidak sehat seperti kolesterol tinggi, kebiasaan merokok, diabetes, dan hipertensi.

Gejala penyakit Jantung

Gejala penyakit Jantung

Mungkin kebiasaan buruk di atas sudah enjadi kebiasaan kita sehari-hari maka dari itu, agar jantung kita bisa terjaga kesehatannya harus kita ubah kebiasaan tersebut. Kebiasaan tidak sehat tersebut bila dilakukan terus menerus akan mengakibatkan jantung kita semakin parah.

Gejala Penyakit Jantung

Secara tidak sadar, mungkin kita sudah mengalami satu atau dua gejala penyakit jantung, maka dari itu agar tidak semakin parah kita harus tahu apa-apa saja gejala penyakit jantung stadium dini itu? Berikut ini diantaranya:

1. Sakit Pada Bagian Kepala

Gejala penyakit jantung yang pertama dan lumrah terjadi adalah sakit kepala jika terkena sinar matahari. Hal ini dikarenakan sirkulasi darah yang tidak lancar. Pengaruh ini bisa saja menimbulkan denyut jantung lebih lambat atau lebih cepat. Pada wanita juga harus waspada jika mengalamai sakit migrain karena menurut penelitian yang diterbitkan oleh American Academy of eurology sakit kepala pada penderita penyakit jantung bisa saja akibat dari terjadinya penyimpanan sirkulasi darah.

2. Nyeri Dada

Gejala penyakit jantung selanjutnya adalah nyeri atau sesak di dada. Nyeri dada pada seseorang yang terkena serangan jantung terjadi akibat penyumbatan arteri yang mengakibatkan darah tidak dapat mengalir menuju seluruh tubuh.

3. Sakit Pada Bagian Tubuh

Sakit pada bagian tubuh tertentu juga bisa menjadi gejala penyakit jantung seseorang. Hal ini disebabkan arteri tersumbat sehingga menimbulkan sakit pada bagian tubuh tertentu seperti jika pada wanita akan merasakan sakit pada tangan bagian kiri atau kanannya sedangkan pada laki-laki pada bagian kirinya, selain pada bagian tangan, bagian tubuh yang sering terasa sakit adalah bahu, punggung siku dan juga leher yang sewaktu-waktu datang dan juga pergi.

4. Merasa Mudah Lelah

Jangan remehkan jika anda mudah merasa lelah. Karena merasa mudah lelah bisa menjadi gejala penyakit jantung yang akan membahayakan nyawa anda. Gejala yang anda rasakan seperti gejala anemia, misal anda baru saja bangun tidur dan tidak melakukan aktivitas berat apapun namun merasa lelah dan lemah. Jika hal ini terjadi tentu saja harus segera mengkonsultasikannya dengan dokter untuk memastikan keadaaan tubuh.

5. Sesak Napas

Anda sering mengalami sesak nafas? Sesak nafas dapat terjadi karena pembuluh darah terganggu lirannya, sehingga dapat mengakibatkan tidak teraturnya denyut jantung, penebalan pada otot jantung dan juga katup jantung yang mengalami kelainan.

6. Merasa Mual

Selain mual, kehilangan nafsu makan juga menjadi gejala penyakit jantung yang mesti anda waspadai. Pada awalnya bagian perut yang membengkak saja namun perut bagian dalam juga merasakan mual juga

7. Rasa Cemas

Rasa cemas bisa dipengaruhi oleh denyut jantung yang tidak beraturan, dan denyut jantung yang tidak beraturan juga bisa diakibatkan oleh rasa cemas. Hal ini akan mengakibatkan rasa tegang dan ketakutan sehingga dapat memicu seseoran terkena serangan jantung.

8. Pembengkakan

Jika terjadi pembengkakan pada bagian tubuh misal pada perut, pergelangan kaki atau bagian tubuh lainnya akibat cairan yang menumpuk pada bagian tersebut, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter. Karena bisa menjadi gejala penyakit jantung stadium awal.

9. Keluar Keringat

Keluar keringat merupakan proses metabolisme yang normal bagi tubuh, namun jika keluar keringat tanpa aktivitas berat atau berolahraga, maka hal ini mesti diwaspadai.

10. Pingsan Mendadak

Pingsan atau keadaan tak sadarkan diri bisa terjadi oleh berbagai macam faktor salahsatuya bisa terjadi karena gla darah yang rendah, atau bahkan bisa disebabkan oleh faktor lainnya. Namun, penyeabnya biasanya masalah yang cukup serius. Menurut ahli jantung Laxmi Mehta,. M.D., Women’s Cardiovascular Health di The Ohio State University Wexner Medical Center. Mengatakan bahwa setiap kali tubuh pingsan, bahkan jika berfikir diketahui penyebabnya, sebaiknya harus tetap melakukan pemeriksaan diri ke dokter.

11. Riwayat Keluarga

Apabila memiliki saudara atau kerabat yang mempunyai penyakit jantung atau serangan penyakit jantung ketika muda, sebaiknya lebih waspada. Hal ini diungkapkan oleh Linda Gillam, MD seorang ketua pengobatan jantung di Morristown Medical Center, Atlantic.

Jika seseorang mengalami gejala penyakit jantung seperti yang sudah diuraikan di atas lantas jangan langsung menyimpulkan bahwa orang tersebut menderita penyakit jantung bisa saja penyakit lainnya yang hampir mirip gejala nya dengan penyakit jantung. Untuk lebih jelasnya tentu saja membutuhkan diagnosa dari dokter.

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati, begitu juga dengan penyakit jantung. Agar jantung kita terhindar dari berbagai ancaman yang bisa mengancam kapan saja, kita harus melakukan tindakan pencegah. Berikut ini beberapa cara mencegah penyakit jantung yang bisa kita lakukan:

  1. Berhenti merokok.
  2. Menerapkan pola hidup sehat, misalnya mengurangi makanan berkolesterol tinggi serta berolahraga teratur.
  3. Menjaga berat badan yang sehat.
  4. Mengurangi konsumsi minuman keras.
  5. Mengontrol berat badan karena obesitas adalah salah satu faktor penyebab penyakit jantung
  6. Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi, kurangi makanan berlemak yang dapat meningkatkan kolesterol
  7. Mengelola diabetes
  8. Menurunkan tekanan darah tinggi dengan membatasi konsumsi garam dan pola hidup sehat
  9. Mengelola stres

Demikianlah uraian seputar penyebab dan gejala penyakit jantung serta cara mencegahnya sejak dini. Semoga bermanfaat untuk anda semua, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar tidak semakin banyak jatuh korban karena sillent killer yang satu ini. Baca juga 15 Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Leave a Reply