Gejala Penyakit Liver yang Harus Diwaspadai

Gejala Penyakit Liver – Organ liver memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh kita. Liver atau hati berperan menangkal dan menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Jika hati kita tidak berfungsi dengan baik, maka sudah bisa dipastikan racun akan masuk ke dalam tubuh tanpa bisa dinetralisir lagi.

Selain untuk menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh, liver juga berfungsi sebagai organ ekskresi, membantu kinerja dan fungsi ginjal, menghasilkan amonia, menghasilkan urea, asam urat, memanfaatkan nitrogen dari asam amino dsb. Ternyata sangat banyak sekali peran liver untuk tubuh kita bukan? Maka dari itu, kita harus menjaga agar liver sehat selalu. Selain itu, kita harus mengetahui gejala penyakit liver sejak dini.

Dengan mengetahui gejala liver sejak dini, diharapkan kita bisa mencegah liver kita terserang penyakit lebih parah. Karena jika liver sudah terganggu dalam kondisi yang parah, maka akan sulit untuk diobati dan akan terus memburuk dari hari ke hari.

Gejala Penyakit Liver

Gejala Penyakit Liver

Apa itu Penyakit Liver?

Sebagian kita mungkin lebih sering menyebut penyakit ini penyakit kuning. Jika hati kita sudah terganggu maka salah satu penopang kehidupan kitasudah berkurang. Bila organ hati mengalami peradangan yang biasanya paling umum disebabkan oleh hepatitis dan penyakit lainnya.

Penyebab Penyakit Liver

Secara medis, penyakit liver ini disebut penyakit hepatitis A, hepatitis B atau penyakit hepatitis non A dan penyakit hepatitis non B yang kesemuanya ini disebabkan oleh virus. Selain disebabkan oleh virus, penyakit liver juga diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat. Makanan yang mengandung zat-zat kimia berbahaya serta obat yang mengandung parasetamol, antibiotik, arsenal serta obat-obatan yang masyarakat konsumsi dalam bentuk fastfood.

Apa Saja Gejala Penyakit Liver?

Agar hati kita selau dalam kondisi sehat atau minimal penyakit liver yang kita idap tidak semakin parah, maka kita harus tahu apa saja gejala penyakit lover itu. Berikut ini gejala penyakit liver yang harus kita waspadai:

  1. Terjadi perubahan pada perut di mana perut berubah menjadi lebih buncit (membusung). Hal ini disebabkan karena adanya pembengkakan di tulang rusuk bagian kanan bawah.
  2. Terjadi perubahan warna kulit serta mata di mana berubah warna menjadi agak kekuning-kuningan. Inilah yang biasa disebut oleh masyarakat sengan penyakit kuning.
  3. Air seni berubah warna menjadi kuning kekuningan atau agak gelap.
  4. Terjadi perubahan pada bentuk kuku di mana menjadi lebih melengkung serta mengalami keputihan.
  5. Berat badan menurun karen kurangnya nafsu makan.
  6. Sering mimisan.
  7. Tubuh akan mudah memar dikarenakan kekurangan zat protein.
  8. Sering buang air kecil.
  9. Mudah merasa dahaga.
  10. Bau mulut serta bau badan tidak sedap.
  11. Anemia.
  12. Sering mengalami rasa mual ingin muntah
  13. Sering mengalami diare
  14. Tubuh mudah merasa capek, letih, lesu
  15. Sering mengalami perubahan pada sistem imunitas tubuh, terkadang naik, terkadang turun
  16. Mengalami penurunan semangat dalam melakukan aktivitas
  17. Sering mengalami nyeri pada perut bagian kanan atas dan gangguan pencernaan
  18. Perubahan feses menjadi pucat
  19. Terjadinya pembesaran pada pembuluh darah
  20. Kadar gula darah tergolong rendah
  21. Menurunnya gairah s*ksual dan libido s*ksual
  22. Sering mengalami rasa nyeri, linu dan pegal pada persendian
  23. Terkadang pada sebagian kecil penderita penyakit hati atau liver, terutama bila menyerang wanita akan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur dan masalah keputihan yang tidak normal.
  24. Mengalami anemia (kurang darah).
  25. Tubuh mudah memar bila terbentur atau jatuh dan perdarahan pada hidung yang disebabkan tubuh kekurangan protein.

Cara Mengobati Penyakit Liver Kronis

Jika seseorang sudah mengidap penyakit liver kronis, biasanya disarankan oleh dokter melakukan operasai tranplantasi hati atau hepaktektomi demi kelangsungan hidupnya. Namun tak semua operasi transplantasi hati dapat berhasil dan menjamin hidup seseorang akan lebih baik, karena dari banyaknya kasus yang penyakit hati, mereka yang telah melakukan operasi transplantasi hati masih memiliki kemungkinan terserang kembali penyakit hati yang lebih kronis menjadi kanker hati. Penyakit hati atau liver termasuk jenis penyakit yang cukup berbahaya dan mematikan.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan seputar gejala penyakit liver, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Bagikan juga artikel ini kepada yang lainnya agar yang lain juga tahu gejala penyakit liver sejak dini. Semoga bermanfaat.

Baca juga Gejala Penyakit Jantung Koroner

Leave a Reply