19 Gejala Penyakit Tipes ( Tifus) yang Wajib Anda Ketahui Sejak Dini

Gejala Tipes – Di indonesia penyakit tipes seperti umum menyerang warganya dan penderitanya meningkat setiap tahunnya. Oleh sebab itu penyakit ini digolongkan ke dalam penyakit endemik yang membutuhkan penganan serius.

Penyakit ini banyak ditemukan pada orang yang memiliki aktivitas berlebih atau pekerja keras karena penyakit tipes merupakan salah satu penyakit kelelahan kronis oleh sebab itu penderita tipes membutuhkan banyak waktu istirahat.

Banyak orang yang tidak menyadari gejala awal tipes dan menyepelekan penyakit tersebut sehingga penganan biasanya dilakukan saat penyakit tipes sudah parah. Saat gejala tipes sudah lebih serius sebenarnya hal tersebut sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal

Gejala tipes yang lambat ditangani bisa menyebabkan komplikasi serius salah satunya dapat menyebabkan pendarahan usus. Banyak juga yang tidak mengetahui bahwa penyakit ini sebenarnya dapat menular.

Penularan tipes biasanya terjadi melalui fases (tinja) dan urine. Tapi penularan biasanya sangat jarang terjadi sebab kontak langsung tidak akan menularkan penyakit tersebut. Penularan juga bisa terjadi pada orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Jadi penyakit ini tidak bisa menular dengan mudah.

Gejala tipes sebenarnya bisa dilihat dari meningkatnya suhu tubuh. Suhu tubuh seseorang yang mengalami penyakit tersebut bisa mencapai suhu 39 sampai 40 derajat celcius. Dalam dunia medis demam tipes biasa disebut demam tifoid.

Selain demam tinggi penyakit tipes memiliki banyak gejala yang dapat kita lihat. Mengetahui gejala tipes sebenarnya sangat penting untuk mencegah tipes menjadi semakin parah dan penganan dini bisa dilakukan untuk mencegah komplikasi yang cukup serius.

Gejala tipes

Gejala tipes

Tapi sebelum kita melihat gejala tipes sebaiknya kita lihat terlebih dahulu penyebab utama penyakit tipes dan penyebab penularannya.

Penyabab Tipes 

Penyakit tipes bukanlah penyakit yang datang dengan sendirinya. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Bakteri ini merupakan bakteri yang cukup berbahaya yang bisa menyerang sistem pencernaan dan berkembang di usus yang masuk melalui mulut.

Itulah mengapa saat penganan lambat dilakukan maka usus lah yang pertama mengalami komplikasi cukup serius bahkan bisa menyebabkan kebocoran usus. Penganan penyakit ini juga membutuhkan waktu yang lama serta perlu pengobatan yang tuntas hingga berbulan-bulan untuk memastikan bakteri sepenuhnya mati.

Bakteri salmonella typhi ini dapat menular pada orang lain diduga sanitasi buruk menjadi penyebab utama penularan penyakit tersebut. Kebiasaan membuang tinja atau air seni di sembarang tempat atau di sungai menjadi penyebab penularan.

Penularan tipes yang utama bisa terjadi akibat air yang terkontaminasi tinja yang mengandung bakteri salmonella typhi kemudian dikonsumsi dan digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Hal tersebut biasanya terjadi pada air sungai.

Selain mengkonsumsi air yang sudah mengandung bakteri, mencuci tangan, mandi, serta mencuci bahan makanan menggunakan air tersebut. Burunya sanitasi dan sulitnya mendapatkan sumber air bersih menjadi penyebab utama penularan tipes.

Penyebab Penularan Tipes

Beberapa situasi buruk berikut juga bisa menyebakan penularan tipes

  • Mengonsumsi ikan yang berasal dari air yang sudah terkontaminasi tinja dan urine yang sudah terinfeksi bakteri penyabab tipes
  • Mengkonsusmi seafood yang berasal dari air yang sudah terinfeksi bateri yang berasal dari tinja penderita tipes
  • Menggunakan toliet yang telah digunakan penderita tipes
  • Penularan juga bisa melalui hubungan seks yang dilakukan dengan penderita tipes
  • Mengkonsumsi produk susu yang telah terkontaminasi

Gejala Tipes

Penyakit tipes bisa kita lihat dari beberapa gejala tipes yang ditunjukkan seseorang yang menunjukkan keanehan pada tubuhnya. Penanganan harus segera dilakukan agar penyakit tipes tidak berakibat fatal dan menyebabkan komplikasi. Mari kita lihat beberapa gejala tipes yang umum terjadi:

1. Demam tinggi

Demam tinggi aau demam tifoid merupakan gejala awal tipes. Suhu tubuh penderita tipes bisa mencapai 39 sampai 40 derajat celcius. Tapi demam tidak terjadi sepanjang waktu, hanya terjadi pada pagi dan malam selama  3 minggu. Namun dengan seiring memburuknya kondisi tubuh maka demam juga akan lebih sering terjadi.

2. Diare

Bakteri yang berkembang diusus akan membuat berbagai gangguan pada usus seperti diare dan sembelit. Diare juga terjadi terus-menerus hal tetsebut akan membuat tubuh mejadi lemah dan lemas

3. Nafsu makan menurun

Karena sistem pencernaan yang terganggu maka nafsu makan juga akan semakin hari semakin berkurang. Hal tersebut juga akan membuat tubuh tidak bertenaga.

4. Berat badan menurun

Dengan semakin menurunnya nafsu makan dan diare terus menerus maka berat badan juga akan berpengaruh. Penderita tipes akan kehilangan banyak berat badan setiap harinya.

Simak juga: 15 Minuman Penurun Berat Badan Alami yang Terbukti Ampuh Membakar Lemak

5. Mual

Gejala tipes juga bisa ditunjukkan dengan rasa mual yang berlebihan akibat sistem pencernaan yang terganggu.

Artikel terkait: 24 Tips Menghilangkan Mual Saat Hamil

6. Muntah

Mual yang berlebihan dan terus menerus juga akan semakin parah dan bahkan hingga muntah. Muntah dan diare yang terjadi terus menerus dapat menyebabkan dehidrasi sebaiknya tetap jaga cairan tubuh anda agar tidak terjadi dehidrasi tang lebih serius lagi.

7. Batuk kering

Batuk pada penderita tipes tidak bisa disembuhkan dengan jenis obat batuk pada umumnya. Intensitas batuk juga akan semakin sering terjadi akibat kondisi tubuh yang semakin lemah.

8. Timbul bercak merah pada tangan dan kaki

Telapak tangan dan telapak kaki penderita tipes akan muncul bercak-bercak merah seperti inflamsi.

9. Pusing

Pasien tipe juga bisa mengalami nyeri pada bagian kepala atau disebut pusing.

9. Kebingungan akibat hilangnya konsentrasi

Kebingungan biasanya terjadi pada daerah dan lingkungan sekitar.

10. Radang tenggorokan

Gejala tipes juga bisa ditunjukkan dengan adanya peradangan pada tenggorokan

11. Hilang kesadaran

Gangguan yang terjadi pada bagian kepala seperti pusing dan kebingungan juga bisa menyebabkan pasien tipes hilang kesadaran atau pingsan.

12. Bibir pecah-pecah

Selain tenggorokan yang meradang maka penderita tipes juga akan mengalami bibir pecah-pecah akibat kekurangan nutrisi dengan semakin menurunnya nafsu makan

13. Nyeri di seluruh tubuh

Nyeri ini terutama terjadi pada bagian persendian dan otot. Rasa nyeri tersebut akan membuat tubuh terasa kurang nyaman terutama saat bergerak. jika hal ini tidak segera ditanggulangi maka bisa berakibat kesulitan gerak.

14. Tekanan darah menurun

Semakin parah kondisi tubuh akibat tipes yang tidak segera mendapatkan pertolongan maka tekanan darah juga semakin menurun.

15. Bau mulut

Mau mulut atau nafas tidak segar juga bisa terjadi pada pasien tipes. Hal itu tentunya akan mengganggu saat anda berbicara dengan orang lain.

16. Tubuh semakin melemah

Dengan semua gejala yang ditunjukkan penderita tipes maka tak heran jika pasien tipes akan semakin kehilangan tenaga dan tubuh akan semakin melemah. Jika hal tersebut terus menerus dibiarkan bisa membuat penyakit semakin parah.

17. Perut bengkak dan semakin keras

Penderita tipes yang sudah cukup serius biasanya juga akan menujukkan gejala tipes seperti perut semakin bengkak dan mengeras.

18. Gejala setelah 3 minggu

Jika penyakit tipes dibiarkan berlarut-larut tanpa penanganan serius maka bisa berakibat buruk. Bakteri akan terus berkembang dan menginfeksi bagian tubuh lainnya. Gejala akan semakin memburuk setelah 3 minggu berlalu.

Setelah 3 minggu maka tubuh akan benar-benar kehilangan kekuatan, sulit digerakkan dan semakin kurus. Demam tinggi juga akan semakin sering terjadi dan terjadi sepanjang hari dan tipes juga sudah mulai menyerang anggota tubuh lainnya.

19. Gejala setelah 4 minggu

Jika gejala serius yang terus memburuk setelah 3 minggu berlalu tapi belum juga mendapatkan pertolongan atau pengobatan maka setelah 4 minggu gejala akan menurun, demam juga kan mereda tapi kondisi ini merupakan kondisi yang paling serius. Setelah mereda biasanya gejala akan semakin buruk dan komplikasi akan menyebar kemana-mana bahkan bisa berujung kematian.

Komplikasi tipes

Penyakit tipes bukan hanya menyerang usus tapi juga bisa menyebar ke seluruh sistem pencernaan. Bakteri akan semakin berkembang dan menyebar melalui aliran darah. Berikut beberapa komplikasi yang terjadi akibat penyebaran bakteri salmonella typhi seperti:

  • Peradangan usus

Sudah sangat jelas dikatakan bahwa bakteri penyebab tipes akan masuk melali mulut menuju sistem pencernaan dan bersarang diusus. Maka dari itu bakteri yang bersarang dan berkembang biak diusus akan membuat usus meradang, pendarahan usus bahkan bisa menyebabkan kebocoran usus

  • Miokarditis

Bakteri penyebab tipes juga bisa menyebabkan peradangan pada otot jantung. Jika dibiarkan terlalu lama anda juga akan semakin kesulitan bernapas, serta nyeri berlebihan pada dada serta dapat menyebabkan infeksi jantung. Untuk gejala yang satu ini pasien akan membutuhkan perawatan yang intensif.

  • Komplikasi lain

Berbagai komplikasi yang jarang terjadi seperti radang paru-paru, infeksi ginjal, gangguan halusinasi dan radang selaput otak

Cara Mencegah Tipes

Tipes merupakan penyakit yang umum terjadi akibat penyebaran bakteri, namun sebenarnya penyakit ini bisa dicegah dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Biasakan mencuci tangan sebelum makan
  • Gunakan air bersih untuk minum dan kegiatan sehari-hari
  • Konsumsi makan yang sehat dan diolah dengan cara yang sehat pula
  • Perhatikan kebersihan diri dan lingkungan
  • Konsumsi makanan yang bernutrisi terutama bagi anda yang memiliki pekerjaan berat dan sibuk
  • Cuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi dengan air yang bersih
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang sudah terlalu lama disimpan

Tips Pengobatan Tipes

Saat tubuh anda mengalami beberapa gejala yang sudah dituliskan di atas maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan keadaan tubuh anda. pengobatan yang dilakukan sedini mungkin akan mencegah penyakit semakin serius. Pengobatan tipes bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu:

  • Pengobatan di rumah

Pertolongan pertama bisa anda lakukan dirumah dengan melakukan beberapa hal yang bisa meringankan gejala tipes. Beberapa hal yang dapat anda lakukan dirumah seperti konsumsi banyak air putih, hindari mengkonsumsi cabai atau makanan pedas, makanan bersantan yang dapat memperburuk kondisi usus.

Anda sebaiknya menghindari makanan yang keras seperti nasi, ubah kebiasaan makanan nasi dengan makan bubur. Hindari juga mengkonsumsi minuman  keras, susu dan rokok.

  • Pengobatan dokter

Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu menggunakan urine dan fases. Jika anda sudah positif menderita tipes, biasanya dokter akan memberikan antibiotik untuk membantu membunuh bakteri salmonella typhi.

Saat anda mengkonsumsi antibiotik sebaiknya minum sampai habis dan tepat waktu. Pengobatan juga harus tuntas, karena pengobatan yang tidak benar akan membuat bakteri semakin kuat dan sulit dihilangkan.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai gejala tipes. Semoga artikel di atas bisa memberikan anda sedikit informasi yang tengah anda cari. Semoga bermanfaat. Simak juga 21 Obat Tipes Alami yang Ada di Sekitar Kita, No 15 Ampuh Atasi Tipes

Leave a Reply