15 Gerakan Mengecilkan Perut yang Terbukti Membakar Lemak dengan Cepat

Gerakan Mengecilkan Perut – Mengkonsumsi berbagai makanan yang tinggi kalori seperti mengandung lemak, mengandung karbohidrat, dan mengandung protein dalam jumlah berlebih tanpa diimbangi makanan berserat serta olahraga yang teratur akan mengakibatkan berat badan menjadi naik.

Naiknya berat badan akan mengakibatkan badan kita menjadi gemuk serta perut kita pun akan menjadi buncit. Perut buncit terjadi karena banyaknya lemak dan sampah mengendap di dalam tubuh.

Hal itu sangat mengganggu penampilan dan kesehatan. Tak heran jika berbagai cara  akan kita lakukan untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit. Dari memulai program diet sampai melakukan gerakan mengecilkan perut atau melakukan olahraga mengecilkan perut.

Melakukan olahraga memang dijamin ampuh membakar lemak pada tubuh anda. Ada banyak gerakan mengecilkan perut juga sangat mudah dilakukan di rumah. Tak perlu datang ke sanggar senam saat anda ingin mengecilkan perut, berbagai panduan di internet atau di kaset CD dapat anda ikuti dengan mudah.

Asal anda melakukan gerakan mengecilkan perut dengan benar tidak mustahil anda akan mendapatkan perut yang ramping. Lalu bagai manakah cara melakukan gerakan mengecilkan perut,  berikut panduan gerakan mengecilkan perut

Gerakan Mengecilkan Perut

Beberapa panduan gerakan mengecilkan perut berikut ini akan membantu anda mendapatkan perut yang ramping. Memiliki perut yang ramping memang menjadi impian semua wanita. Gerakan ini juga sangat baik dilakukan seusai melahirkan, karena biasanya seusai melahirkan perut akan membesar atau membuncit.

Cara ini lebih aman dilakukan ibu yang tengah menyusui dibanding melakukan diet, karena dengan olahraga dapat melancarkan darah serta dapat melancarkan produksi ASI anda. berikut beberapa panduan gerakan mengecilkan perut :

  1. Sit up

Gerakan mengecilkan perut yang paling ampuh membakar lemak adalah sit up. Olahraga yang satu ini dapat membakar  lemak yang ada di perut gerakan ini jaga dapat membakar lemak di beberapa bagian seperti lemak di lengan, kaki serta lemak yang ada di seluruh tubuh.

Cara melakukannya juga sangat mudah. Pertama baringkan tubuh anda di atas matras atau di atas lantai lalu letakkan tangan di belakang kepala. Setelah itu angkat kepala kearah perut  secara berulang-ulang.

  1. Tadasana

Gerakan yang satu ini juga dapat mengencangkan otot perut anda. Jika otot perut mengencang maka perut juga akan mengecil dan menjadi ramping. Gerakan tadasana mungkin sebagian orang belum tahu cara melakukannya karena namanya cukup asing di telinga kita.

Gerakan Tadasana

Gerakan Tadasana

Gerakan ini sebenarnya sering kita lakukan saat akan memulai olahraga atau sering disebut pemanasan. Berikut cara melakukannya :

  • Pertama siapkan sebuah matras
  • Setelah itu silahkan anda berdiri di atas matras tersebut
  • Lalu tarik tangan anda ke atas sambil jinjit kemudian tahan selama 5 detik
  • Lalu turunkan tangan ke dekat paha sambil kaki kembali menapak matras sambil menghembuskan napas anda
  • Ulangi gerakan tersebut sebanyak 10 ampai 15 kali
  • Lakukan olahraga ini setiap pagi agar otot tulang anda menjadi kencang dan ramping
  1. Padahastasana

Namanya mungkin terdengar asing namun gerakannya pasti sering anda lakukan. Gerakan mengecilkan perut yang satu ini selain dapat  mengencangkan otot perut dan merampingkan perut anda juga dapat melancarkan oksigen ke otak.

Gerakan Padahastasana

Gerakan Padahastasana

Caranya juga sangat mudah

  • pertama silahkan berdiri dalam posisi tegak di atas matras,
  • lalu angkat kedua tangan tegak lurus di atas kepala
  • setelah itu tarik kedua tangan anda sampai menyentuh kaki sambil sedikit membungkukkan badan
  • lalu tahan tubuh ada dalam posisi ini selama 60 detik dan ulangi sebanyak 10-15 kali
  • lakukan gerakan ini berbarengan dengan gerakan tadasana setiap pagi
  1. Gerakan Paschimottanasana

cukup sulit bukan menyebutkan nama gerakan yang satu ini tapi anda jangan khawatir gerakannya tidak sesulit mengucapkan namanya. Gerakan mengecilkan perut yang satu ini dapat mengecilkan perut buncit anda jika dilakukan dengan benar dan dengan teratur. Gerakan ini dapat membantu membakar lemak di perut dan mengencangkan otot dibagian perut anda.

Gerakan Paschimottanasana

Gerakan Paschimottanasana

Cara melakukan gerakan ini guga sangat sederhana. Pertama silahkan anda duduk diatas matras dengan posisi punggung tegak lurus. Setelah itu bungkukan badan anda sampai kepala mencium lutut atau sesuai kemampuan anda. biarkan tubuh anda berada di posisi ini selama 60 detik, ulangi gerakan ini beberapa kali setiap pagi.

  1. Pavanamuktasana

Gerakan pavanamuktasana ini hampir sama dengan gerakan sit up tapi anda hanya menambahkan gerakan menarik kaki sampai kebagian perut. Cara ini sangat mudah dilakukan tak perlu menyewa mahal-mahal guru senam serta panas-panasan datang ke sanggar senam.

Gerakan Pavanamuktasana

Gerakan Pavanamuktasana

Cara melakukan gerakan pavanamuktasana

  • Pertama baringkan tubuh anda di atas matras atau di atas lantai
  • Lalu tarik kaki kanan anda kearah dada sambil ditekuk bersamaan dengan mengangkat kepala, usahakan sampai mencium lutut anda
  • Lalu ganti kaki kiri dan lakukan seperti gerakan kaki kanan
  • Setelah itu tarik kedua kaki bersama dengan menarik kepala
  • Ulangi gerakan tersebut masing-masing gerakan 10 kali
  1. Tari perut

Tari yang berasal dari timur tengah  ini sangat ampuh membakar lemak yang menumpuk di perut anda. anda dapat melatih diri dengan mengikuti les tari  atau menyewa guru. Tarian yang satu ini selain dapat mengecilkan perut dengan baik juga dapat memberikan perasaan gembira dan menghilangkan strees. Gerakan ini biasanya diiringi dengan musik khas.

  1. Bersepeda

Jangan sepelakan mainan anak-anak ini karena bersepeda juga dapat menyehatkan tubuh serta dapat membakat lemak dengan sempurna. Sebagian kita jika sudah dewasa malu bermain sepeda mereka beranggapan bersepeda biasa dilakukan anak-anak, padahal bersepeda sangat ampuh merampingkan perut anda. Ganti kebiasaan naik motor dan naik mobil saat pergi ke toko atau ke pasar agar pembakaran lemak bisa terjadi setiap hari.

  1. Gerakan Naukasana

Gerakan naukasana juga bisa anda jadikan gerakan mengecilkan perut buncit anda. berikut cara melakukan gerakan ini

Gerakan Naukasana

Gerakan Naukasana

  • pertama berbaringlah dalam posisi tidur telentang
  • Lali rapatkan kedua kaki dan rapatkan kedua tangan ke tubuh anda
  • Setelah itu angkat kaki, tangan dan kepala secara bersamaan sambil menarik napas
  • Anda dapat mengangkat kaki, tangan, dan kepala sesuai kemampuan jangan terlalu dipaksakan
  • Tahan tubuh anda dalam posisi tersebut selama 60 detik
  • Ulangi gerakan tersebut beberapa kali
  1. Jogging

Jogging bersama teman-teman di hari libur atau hari minggu juga dapat membakar lemak yang menumpuk di tubuh anda. Lemak yang dapat dibakar dengan baik akan menurunkan berat badan anda dan melangsingkan perut anda.

  1. Gerakan Uttanpadasana

Gerakan yang dilakukan dalam posisi berbaring lalu menarik kedua kaki ke atas sampai 40 – 90 derajat  dan menahan tubuh dalam posisi ini selama 60 detik  adalah gerakan mengecilkan perut yang disebut gerakan uttanpadasana. Cara ini dapat mengecilkan perut dan mengencangkan otot perut yang mengendur.

Uttanpadasana

Gerakan Uttanpadasana

Lakukan gerakan tersebut beberapa kali  agar pembakaran lemak dapat  maksimal. Jadi anda akan mendapatkan perut yang langsing dalam waktu yang singkat.

  1. Gerakan Marjariasana

Gerakan yang satu ini sangat mudah dilakukan dapat anda lakukan di atas kasur. Tak perlu berpanas-panasanan saat anda ingin mengecilkan perut dan tak perlu biaya mahal untuk membeli obat diat.

Gerakan Marjariasana

Gerakan Marjariasana

Lakukan gerakan marjariasna dengan posisi setengah telungkup seperti anda akan merangkak. Lalu gerakkan perut anda turun naik dengan mengangkat dan menurunkan bokong anda juga sambil ditahan selama 30 detik. Lakukan gerakan ini selama 10 menit setiap sore.

Gerakan ini juga sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Simak juga Cara Diet Karbo yang Benar serta 5 Menu Diet yang Harus Anda Ketahui

  1. Olahraga sikap lilin

Mengecilkan perut dengan cara melakukan olahraga juga dapat dilakukan dengan melakukan olahraga sikap lilin. Gerakan ini juga sangat mudah dilakukan serta dianjurkan untuk ibu sesudah melahirkan karena cara ini dianggap sangat ringan.

Olahraga sikap lilin

Olahraga sikap lilin

Cara melakukan gerakan ini sangat mudah pertama baringkan tubuh anda di atas matras atau di atas kasur, setelah itu angkat kaki keatas sampai perut terangkat keatas atau sesuai kemampuan sambil ditahan dengan tangan yang ditumpukan pada lantai.

Tahan gerakan tersebut selama beberapa detik setelah itu ulangi cara tersebut sebanyak 10 sampai 15 kali.

  1. Ball crunch fitness

Gerakan yang satu ini dilakukan dengan bantuan sebuah bola yang besar. Lalu tidurkan tubuh anda di atas bola setelah itu lakukan gerakan seperti gerakan sit up. Yang membedakan kedua gerakan ini adalah penambahan bola besar saat melakukan gerakan ball crunsh fitnes sedangkan sit up tidak membutuhkan bantuan alat apapun.

Gerakan Ball crunch fitness - gerakan mengecilkan perut

Gerakan Ball crunch fitness

  1. Vertikal leg crunch fitness

Gerakan Vertical leg crunch fitness - gerakan mengecilkan perut

Gerakan Vertical leg crunch fitness

Ulangi gerakan tersebut sebanyak 10 sampai 15 kali. Lakukan olahraga ini secara teratur seminggu 3 kali untuk membantu anda mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan perut yang langsing.

  1. Elliptical trainer

Olah raga ini sedikit modern biasa dilakukan ditempat fitness. Olahraga ini dapat menghilangkan lemak yang berada di perut anda dan di area sekitar paha. Selain perut dan paha yang mengecil juga membuat perut dan paha menjadi kencang dengan menguatkan otot diarea tersebut.

Gerakan Elliptical trainer - gerakan mengecilkan perut

Gerakan Elliptical trainer

Itulah beberapa gerakan mengecilkan perut yang dapat anda lakukan di rumah. Caranya sangat mudah dengan hasil yang memuaskan. Lakukan gerakan mengecilkan perut secara teratur agar anda mendapatkan hasil yang maksimal dalam waktu yang relatif singkat.

Perut buncit memang sangat mengganggu penampilan. Jika tidak segera diatasi berbagai penyakit kronis juga dapat menyerang tubuh anda. mulailah  hidup sehat dan berusahalah mengecilkan perut dengan melakukan gerakan mengecilkan perut. Semoga berhasil. Baca juga 15 Minuman Penurun Berat Badan Alami yang Terbukti Ampuh Membakar Lemak

Leave a Reply