6 Ide Menu Sahur Sehat yang Enak dan Mudah!

Menu Sahur Sehat – Agar ibadah puasa yang kita kerjakan bisa berjalan dengan lancar, di pagi hari kita harus memenuhi kebutuhan energi harian tubuh kita dengan mengonsumsi menu sahur sehat.

Pertanyaannya, seperti apakah menu sahur yang sehat itu? Apakah biaya untuk menyiapkannya mahal? Dan apakah proses pembuatannya rumit dan membutuhkan waktu yang lama?

Seperti Apakah Menu Sahur yang Sehat Itu?

Menu sahur sehat tidak harus mahal dan rumit. Selama menu sahur yang dikonsumsi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh, maka menu tersebut sudah dapat digolongkan sebagai menu sahur sehat.

Beberapa kalangan ada yang mengatakan bahwa menu sahur yang sehat adalah menu sahur yang kaya akan serat. Beberapa kalangan lainnya mengatakan bahwa menu sahur yang sehat adalah menu sahur yang kaya akan protein.

Lantas, Manakah yang Benar?

Kedua pernyataan tersebut pada dasarnya sama – sama benar. Hanya saja keduanya cenderung kurang tepat dan kurang lengkap.

Bila menu sahur yang dikonsumsi hanya mengandung serat atau hanya mengandung protein saja, maka menu sahur tersebut masih belum bisa dikategorikan sebagai menu sahur yang sehat.

Kenapa? Karena selain membutuhkan serat dan protein, tubuh juga membutuhkan pasokan nutrisi lainnya, seperti: vitamin, zat besi, kalsium, kalium, air, dll.

Oleh sebab itu, menu sahur baru bisa digolongkan sebagai menu sahur yang sehat bila mengandung nutrisi yang lengkap alias dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Jenis Makanan yang Wajib Ada dalam Menu Sahur Sehat

Menurut beberapa pakar nutrisi, menu sahur sehat harus mengandung beberapa jenis makanan di bawah ini:

1. Sayur dan Buah

Sayur dan buah merupakan dua jenis makanan yang sangat kaya akan serat, air dan multi vitamin.

Bila dikonsumsi di waktu sahur, sayur dan buah dapat membantu mempertahankan rasa kenyang. Dampaknya perut Anda tidak akan cepat merasa lapar.

Di lain sisi, karena sayur dan buah memiliki kandungan serat dan air yang cukup tinggi, sayur dan buah juga akan menghindarkan orang yang mengonsumsinya dari berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan, seperti: sembelit, konstipasi, dll.

2. Sumber Karbohidrat

Selain harus mengandung sayur dan buah, menu sahur sehat juga harus mengandung sumber karbohidrat.

Karbohidrat merupakan sumber energi utama yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan asupan karbohidrat yang tepat, tubuh Anda tidak akan terasa lemas walaupun Anda harus berpuasa selama seharian penuh.

Karbohidrat bisa didapatkan dari berbagai jenis bahan makanan. Namun begitu, di waktu sahur, Anda disarankan untuk memilih jenis makanan berkarbohidrat kompleks.

Kenapa? Karena jenis makanan berkarbohidrat kompleks cenderung membutuhkan waktu cerna yang lebih lama.Saat dikonsumsi oleh orang yang sedang berpuasa, makanan berkarbohidrat kompleks akan membantu orang yang mengonsumsinya untuk mendapatkan pasokan energi yang cukup.

Beberapa jenis makanan sumber karbohidrat kompleks yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan saat sahur adalah: nasi merah, kentang, roti gandum, oats, dll.

3. Sumber Protein

Menu sahur sehat juga harus memiliki kadar protein yang memadai.Protein dapat membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, protein juga berguna sebagai nutrisi pembangun jaringan tubuh serta sebagai sumber energi cadangan.

Beberapa jenis bahan makanan kaya protein yang dapat Anda konsumsi saat sahur adalah: telur, daging panggang, ayam panggang tanpa kulit, ikan, susu, tempe, tahu, dll.

Ragam Ide Menu Sahur Sehat yang Lezat dan Praktis

Berikut merupakan beberapa ide menu sahur sehat dan praktis yang bisa Anda coba untuk ikuti:

1. Oatmeal + Ayam Suwir + Buah Pisang

Oatmeal + Ayam Suwir + Buah Pisang

Oatmeal + Ayam Suwir + Buah Pisang

Beberapa orang, terutama anak kos biasanya sering mengonsumsi oatmeal sebagai menu sahur utama mereka. Pasalnya, bila dibandingkan dengan menu makanan lainnya, oatmeal memang cenderung jauh lebih praktis dan lebih mudah untuk disiapkan.

Namun begitu, penting untuk diketahui, oatmeal saja tidak lah cukup. Oatmeal yang Anda konsumsi saat sahur harus ditambah dengan beberapa makanan lain, seperti ayam suwir, sayur, dan buah pisang.

Dengan begitu, menu sahur anak kos yang Anda konsumsi akan menjadi lengkap dan benar – benar bisa mengcover kebutuhan nutrisi harian tubuh Anda.

Oh ia, sebagai pelengkap, jangan lupa untuk turut mengonsumsi susu sebagai minuman penutup.

2. Roti Sandwich + Apel + Susu

Roti Sandwich + Apel + Susu via Everydayhealth

Roti Sandwich + Apel + Susu via Everydayhealth

Ide menu sahur praktis dan sehat kedua yang tidak kalah lezat adalah roti sandwich.

Sama seperti halnya oatmeal, roti sandwich juga relatif cukup mudah untuk disiapkan.Padahal, bila disiapkan dengan baik, roti sandwich cenderung memiliki kandungan nutrisi yang lengkap.

Roti akan berperan sebagai sumber karbohidrat. Sayur yang terdapat dalam roti bisa menjadi sumber serat dan vitamin. Dan Telur / daging yang terdapat dalam roti bisa menjadi sumber protein.

Bagaimana? Sangat lengkap bukan?

Terlebih bila selepas mengonsumsi roti sandwich Anda juga turut mengonsumsi buah apel dan satu gelas susu. Menu sahur sehat yang lengkap banget deh pokoknya.

3. Mie Goreng Sayur Ayam Suwir

Ilustrasi Mie Goreng Sayur Ayam Suwir

Ilustrasi Mie Goreng Sayur Ayam Suwir

Dibandingkan dengan dua menu sahur lezat yang sebelumnya, proses pembuatan menu sahur yang satu ini memang cenderung agak sedikit lebih repot.Namun begitu, untuk urusan kandungan nutrisi, mie goreng sayur ayam suwir memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah lengkap.

Mie akan berperan sebagai sumber karbohidrat, sayur akan berperan sebagai sumber serat dan vitamin, dan ayam suwir akan berperan sebagai sumber protein.

Dalam prakteknya nanti, selain menggunakan ayam suwir, Anda juga bisa menggunakan bahan makanan sumber protein yang lainnya, seperti: telur, bakso, sosis, udang, dan lain sebagainya.

Cek juga yuk: 28 Tips Gaya Hidup 

Alami yang Sebaiknya Dijalankan

4. Nasi Merah + Sup Ayam Sayur

Sup Ayam Sayur

Sup Ayam Sayur via Mesinbawang

Ide menu sahur sehat yang selanjutnya adalah nasi merah plus sup ayam sayur.

Menu sahur ini sangat cocok untuk Anda yang sedang dalam proses diet. Kenapa? Karena walaupun memiliki nutrisi yang lengkap, menu sahur ini cenderung memiliki kadar lemak yang sangat rendah.

Selain itu, karena nasi yang dikonsumsi adalah nasi merah maka jumlah karbohidrat yang diterima oleh tubuh akan didominasi oleh jenis karbohidrat kompleks. Dampaknya, tubuhtidak akan cepat lemas dan perut jugaakan merasa kenyang lebih lama.

Penting untuk diingat, agar kandungan lemak yang terdapat dalam sup bisa berkurang, Anda sebaiknya membuang bagian kulit ayam yang hendak Anda olah menjadi sup.

Untuk bagian sayurnya Anda sebaiknya juga menggunakan jenis sayuran yang bervariasi. Dengan begitu harapannya menu sahur yang Anda konsumsi bisa memiliki kandungan nutrisi yang benar – benar lengkap.

Beberapa jenis sayur yang bisa Anda masukkan dalam menu sup Anda adalah: wortel, kembang kol, kol, buncis, jagung muda, tauge, dll.

Artikel terkait: 24 Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil dan Janin!

5. Menu Salad yang Sehat

Menu Sahur Sehat via Resepmasakan

Menu Sahur Sehat via Resepmasakan

Ide menu untuk sahur selanjutnya adalah salad yang super sehat. Silahkan anda siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan berikut ini:

  • 2 genggam sayur selada
  • 1 genggam caisin (bisa ditambah atau diganti sayuran kesukaan)
  • 1 buah tomat
  • 2 sdm minyak zaitun
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 3 sdm keju parut
  • 2 sdm madu
  • 1-2 sdm air jeruk lemon

Cara membuat salad juga sangat mudah, tanpa panduan ini pun anda sebenarnya bisa membuatnya sendiri. Namun untuk anda yang masih ragu, nih ikuti panduan untuk membuat salad yang sehat ini:

  • Pertama silahkan anda cuci hingga bersih sayuran, kemudian tiriskan
  • Selanjutnya silahkan ada potong sayuran tadi dengan dengan ukuran yang besar-besar atau sesuai selera
  • Lalu, masukkan semua bahan lain, kecuali keju dan aduk hingga rata, terakhir baru tambahkan keju lalu sajikan.

Cek juga yuk: Daftar Makanan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

6. Cobain Pepes Ayam plus Jamur

Menu Sayur Sehat Pepes Ayam Jamur via Masakandapurku

Menu Sahur Sehat Pepes Ayam Jamur via Masakandapurku

Selanjutnya, anda bisa membuat pepes ayam jamus yang tidak melalui tahap penggorengan jadi lebih sehat. Bagaimana cara membuat pepes ayam jamur? Pertama silahkan anda siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan berikut ini:

  • 150 gram jamur tiram (suwir)
  • 250 gram ayam
  • 2 batang daun bawang (iris)
  • 1 buah wortel (potong korek api)
  • 8 lembar daun salam
  • 4 batang serai (ambil putihnya, potong, memarkan)
  • 6 buah cabai rawit (iris serong)
  • 1 ruas lengkuas (memarkan)
  • 2 butir telur (kocok)
  • 2 lembar besar daun pisang

Bumbu halus:

  • Daun kemangi secukupnya
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas kecil kunyit
  • Garam, gula, merica secukupnya

Setelah semau bahan dan bumbu halus tersedia, kini saatnya kita buat pepes ayam jamur. Berikut ini tutorialnya buat anda:

  • Pertama silahkan anda cuci bersih semua bahan di atas
  • Kemudian anda rebus ayam dan rendam jamur di air mendidih, lalu tiriskan.
  • Begitu selesai di tiriskan, silahkan anda campurkan bumbu halus dengan ayam dan jamur hingga meresap (15 menit)
  • Campur semua bahan hingga merata dan tata di atas daun lalu bungkus dan kukus 25-30 menit.
  • Nah, pepes ayam jamur siap untuk disajikan

****

Itulah sedikit informasi terkait menu sahur sehat yang bisa kami bagikan kepada Anda. Penting untuk diingat, sahur adalah aktivitas yang sangat penting. Oleh sebab itu, sesederhana apa pun menu sahur yang dapat Anda siapkan, saat hendak berpuasa, Anda harus selalu melakukan santap sahur.

Jangan lewatkan juga: Daftar Menu Buka Puasa yang Sehat dan Enak

Leave a Reply