16 Khasiat Singkong untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Ubi Kayu –Ubi Kayu atau singkong merupakan salah satu bahan makanan yang sangat kaya akan karbohidrat. Karena kandungan karbohidrat nya yang sangat tinggi, singkong sering dijadikan sebagai bahan makanan pokok pengganti beras dan gandum.

Sampai saat ini ada banyak sekali ragam olahan makanan dari singkong yang difungsikan sebagai makanan pokok pengganti. Beberapa di antara nya adalah Gaplek, Kasoami, dan Sagu Kasbi.

Manfaat Ubi Kayu untuk Kesehatan

Manfaat Ubi Kayu untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi dalam Ubi Kayu

Sebelum masuk ke pokok pembahasan utama mengenai khasiat dan manfaat ubi kayu, kami akan menjabarkan sedikit informasi mengenai kandungan nutrisi yang terdapat dalam ubi kayu.

Kandungan nutrisi dalam ubi kayu pada dasarnya sangat mirip dengan kandungan nutrisi yang ada dalam ubi jala, dimana mayoritas nya didominasi oleh nutrisi jenis energi, yaitu karbohidrat, protein dan lemak.

Disamping nutrisi tersebut, ubi kayu juga memiliki banyak nutrisi bermanfaat berupa mineral dan vitamin.

Beberapa jenis mineral yang bisa didapatkan dalam ubi kayu adalah: Kalium, Fosfor, Magnesium, Kalsium, Sodium, Mangan, Zinc, dan Zat Besi.

Sedangkan untuk jenis nutrisi vitamin nya adalah sebagai berikut: Folat, Vitamin C, Vitamin K, Niacin, Vitamin E, Vitamin A, Thiamin, Riboflavin, Niacin, dan Pyridoxine.

Ragam Manfaat Ubi Kayu untuk Kesehatan Tubuh 

Dengan kandungan nutrisi seperti di atas, ubi kayu memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk tubuh manusia. Beberapa khasiat dan manfaat ubi kayu untuk tubuh manusia adalah sebagai berikut:

1. Sumber Energi

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, ubi kayu sangat kaya akan karbohidrat. Dengan kadar karbohidrat yang tinggi, ubi kayu benar – benar pas untuk dijadikan sebagai asupan / sumber energi untuk tubuh.

Jika Anda sedang menjalankan program diet penurunan berat badan, Anda bisa memanfaatkan ubi kayu sebagai pengganti nasi. Dengan kadar karbohidrat yang cukup tinggi dan lemak yang rendah, ubi kayu benar – benar sangat pas untuk dijadikan sebagai pemasok kebutuhan energi orang – orang yang sedang menjalankan program diet penurunan berat badan.

2. Menekan Kadar Kolesterol

Manfaat ubi kayu untuk kesehatan yang selanjutnya adalah sebagai bahan makanan untuk menekan kadar kolesterol dalam tubuh.

Ubi kayu memiliki kandungan lemak yang sangat rendah. Karena kandungan lemak nya yang sangat rendah, ia benar – benar sangat pas untuk dijadikan sebagai bahan makanan untuk menekan kadar kolesterol dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi ubi kayu secara rutin, harapan nya kadar kolesterol dalam tubuh tidak mengalami penambahan dan dapat berkurang secara bertahap.

3. Menguatkan Tulang

Manfaat ubi kayu untuk tubuh manusia yang berikutnya adalah sebagai penguat tulang. Tulang merupakan bagian yang sangat penting dalam tubuh kita. Karena peran nya yang sangat penting, kita harus selalu berusaha untuk menjaga kesehatan tulang, baik itu dengan berolahraga secara rutin mau pun dengan mengkonsumsi berbagai macam bahan makanan yang kaya akan mineral bermanfaat.

Nah, salah satu bahan makanan kaya mineral bermanfaat yang telah terbukti dapat membantu menguatkan struktur tulang adalah ubi kayu.

4. Membantu Menurunkan dan Menormalkan Kadar Gula dalam Darah

Berbeda dengan nasi yang cenderung memiliki kadar gula yang cukup tinggi, ubi kayu cenderung memiliki kadar gula yang lebih rendah.

Jika Anda merupakan seorang penderita diabetes, ubi kayu benar – benar sangat pas untuk Anda jadikan sebagai asupan makanan pokok.

Dengan kadar gula nya yang relatif lebih rendah dari kadar gula dalam nasi, harapan nya kadar gula dalam darah di tubuh Anda tidak akan mengalami peningkatan yang berarti dan bisa berkurang secara bertahap.

5. Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat ubi kayu yang berikutnya adalah sebagai bahan makanan untuk menurunkan berat badan.

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, ubi kayu memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan lemak yang sangat rendah. Dengan kombinasi kandungan karbohidrat dan lemak tersebut, ubi kayu benar – benar sangat pas untuk dijadikan sebagai bahan makanan untuk menurunkan berat badan.

Ketika dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet, harapan nya kandungan karbohidrat dalam ubi kayu bisa memenuhi kebutuhan energi harian tubuh tanpa menyebabkan penumpukan lemak sama sekali.

6. Melancarkan Pencernaan

Manfaat ubi kayu untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah untuk melancarkan sistem pencernaan.

Ubi kayu memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Ketika dikonsumsi, kandungan serat yang ada dalam ubi kayu akan berperan aktif melancarkan sistem pencernaan.

Tidak hanya itu, dengan kandungan serat yang tinggi, ubi kayu nanti nya juga akan menghindarkan orang yang mengonsumsi nya dari berbagai macam penyakit yang terkait dengan sistem pencernaan seperti beberapa di antara nya adalah konstipasi dan sembelit.

7. Mencegah Terjadinya Anemia

Ubi kayu memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi yang ada dalam ubi kayu ini sangat berguna dalam proses pembentukan sel darah merah.

Jika dikonsumsi secara rutin, baik itu sebagai bahan makanan utama mau pun sebagai bahan makanan tambahan, ubi kayu diyakini dapat membantu mencegah terjadi nya gejala anemia / kekurangan sel darah merah.

8. Mencegah Osteoporosis / Pengeroposan Tulang

Manfaat ubi kayu yang berikutnya adalah untuk mencegah osteoporosis. Osteoporosis / pengeroposan tulang merupakan salah satu jenis penyakit tulang yang paling banyak dialami oleh manusia, terutama oleh mereka yang tengah berada dalam usia lanjut.

Salah satu penyebab utama terjadi nya pengeroposan tulang adalah kurang nya asupan zat – zat mineral bermanfaat seperti kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan lain sebagai nya.

Nah, karena ubi kayu memiliki kandungan zat mineral bermanfaat yang relatif tinggi, ubi kayu dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadi nya osteoporosis atau pun pengeroposan tulang.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berkat kandungan vitamin yang tinggi, manfaat ubi kayu untuk tubuh manusia juga mencakup penguatan sistem imun.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, sistem imun cenderung membutuhkan asupan zat vitamin dan anti oksidan. Normal nya, semakin banyak asupan vitamin dan zat anti oksidan yang diterima oleh tubuh, maka semakin kuat pula sistem imun dalam tubuh tersebut.

Nah, karena ubi kayu memiliki kandungan nutrisi berupa zat vitamin yang relatif tinggi, ketika dikonsumsi, ubi kayu secara tidak langsung juga akan membantu meningkatkan sistem imun / sistem kekebalan tubuh.

10. Mencegah Alzheimer

Manfaat ubi yang tidak bisa abaikan berikutnya adalah dapat mencegah penyakit alzheimer. Hal ini dikarenakan singkong atau yang lebih tepatnya adalah daun singkong mudah memiliki kandungan vitamin K yang telah terbukti berperan dalam pengobatan pasien penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak. Kecukupan asupan jumlah Vitamin K juga melindungi otak dari kehilangan fungsi sel.

11. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Selanjutnya, panganan yang kerap direbus atau digoreng ini ternyata memiliki kandungan nutrisi berupa sumber folat, piridoksin, thiamin, riboflavin, dan asam pantotenat yang penting untuk memproduksi hormon metabolisme dan menjaga kelancaran metabolisme di dalam tubuh.

12. Mencegah Kanker

Manfaat singkong selanjutnya adalah untuk mencegah kanker. Hal ini dikarenakan singkong memiliki beberapa kandungan antioksidan yang berperan penting mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan kanker. Antioksidan dikenal membantu tubuh melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan memperbaiki DNA yang rusak.

13. Mengatur Denyut Jantung dan Tekanan Darah

Manfaat ubi kayu berikutnya adalah dapat mengatur denyut jantung dan tekanan darah agar tetap normal. Hal ini dikarenakan ubi kayu ini mengandung kalium yang bermanfaat untuk membantu dalam menurunkan tekanan darah sistolik.

Artikel terkait: 24 Gejala Jantung Lemah yang Harus Anda Ketahui!

14. Dapat Melindungi dan Memperbaiki Jaringan Tubuh

Wow, ternyata ubi kayu juga bermanfaat untuk melindungi serta memperbaiki jaringan tubuh yang sudah usang atau tua. Hal ini dikarenakan ubi kayu mengandung protein yang berperan penting dalam melindungi dan memperbaiki jaringan tubuh.

Bahkan, di dalam daun singkong terdapat jenis protein seperti lisin, isoleusin, leusin, valin, dan arginin yang tidak umum ditemukan pada tumbuhan berdaun hijau. Hampir semua singkong mengandung asam amino yang dapat dibandingkan dengan telur dan kedelai yang dikenal sebagai sumber protein.

15. Menjaga Kesehatan Gigi

Ubi kayu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Kandungan kalsium di dalam ubi kayu sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi agar tepat kuat. Vitamin-K yang ada pada daun singkong juga memiliki peran potensial dalam membangun susunan tulang dan mencegah hilangnya kalsium.

16. Mengobati Luka yang Terkena Benda Panas

Manfaat ubi kayu yang terakhir adalah untuk mengobati luka yang terkena benda panas. Caranya yaitu pertama parut singkong kemudian peras. Airnya didiamkan beberapa saat hingga patinya mengendap, lalu patinya dioleskan pada bagian yang luka.

Nah, itu lah beberapa khasiat dan manfaat ubi kayu yang bisa Anda dapatkan jika Anda rajin mengonsumsi ubi kayu.

Penting untuk diingat, meski pun ubi kayu memiliki banyak khasiat dan manfaat, namun beberapa jenisubi kayu juga dapat menyebabkan keracunan. Nah, maka dari itu, jika Anda hendak mengonsumsi ubi kayu baik itu sebagai bahan makanan pokok pengganti mau pun sebagai makanan tambahan, Anda harus memastikan bahwa ubi kayu yang Anda konsumsi bukan ubi kayu yang mengandung racun.

Simak juga: 15 Khasiat Buah Pepaya untuk Ibu Hamil dan Janin

Leave a Reply