19 Khasiat Udang untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Udang – Udang merupakan salah satu varian makanan laut yang sangat kaya akan nutrisi bermanfaat. Selain memiliki rasa yang lezat, makanan yang kaya akan zat selenium ini diyakini dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit mematikan seperti kanker, serangan jantung dan diabetes.

Sampai saat ini masih banyak kalangan masyarakat yang menganggap udang sebagai makanan yang berbahaya. Dampak nya, banyak masyarakat yang menghindari udang karena takut akan kandungan kolesterol jahat yang terdapat di dalam nya.

Padahal, jenis kolesterol yang terdapat dalam udang tidak melulu didominasi oleh kolesterol jahat saja. Udang juga mengandung kadar kolesterol DHL yang sangat baik bagi tubuh manusia. Bahkan, jika dibandingkan, maka manfaat udang untuk kesehatan jauh lebih besar ketimbang dampak negatif yang bisa ditimbulkan nya.

Simak juga: Penyebab Kadar Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui

Kandungan Nutrisi dalam Udang

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, udang sangat kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Beberapa jenis nutrisi bermanfaat yang bisa Anda dapatkan dari udang adalah: Selenium, vitamin B12, protein, fosfor, kolin, yodium, copper, vitamin E, vitamin B6, Zinc, Omega 3, dll. Untuk lebih jelasnya silahkan simak daftar kandungan gizi udang berikut ini:

  • Kandungan selenium 102%, sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan selenium harian tubuh.
  • Kandungan Vitamin B12, dapat memenuhi 78% kebutuhan Vitamin B12 harian tubuh.
  • Kandungan protein, dapat memenuhi 52% kebutuhan protein harian tubuh.
  • Kandungan fosfor, dapat memenuhi 50% kebutuhan fosfor harian tubuh.
  • Kandungan kolin, dapat memenuhi 36% kebutuhan kolin harian tubuh.
  • Kandungan copper, dapat memenuhi 32% kebutuhan copper harian tubuh.
  • Kandungan Yodium, dapat memenuhi 31% kebutuhan yodium harian tubuh.
  • Kandungan Vitamin B3, dapat memenuhi 19% kebutuhan vitamin B3 harian tubuh.
  • Kandungan Zinc, dapat memenuhi 17% kebutuhan zinc harian tubuh.
  • Kandungan Vitamin E, dapat memenuhi 17% kebutuhan vitamin E harian tubuh.
  • Kandungan Vitamin B6, dapat memenuhi 16% kebutuhan Vitamin B6 harian tubuh.
  • Kandungan Lemak omega 3, dapat memenuhi 14% kebutuhan lemak omega 3 harian tubuh.
  • Kandungan Asam patotenis, dapat memenuhi 12% kebutuhan asam patotenis harian tubuh.
  • Kandungan Vitamin A, dapat memenuhi 11% kebutuhan Vitamin A harian tubuh.

*Kandungan nutrisi di atas terdapat dalam setiap 113,4 gram udang

 

 

 

 

Manfaat Udang Bagi Kesehatan Tubuh

Berkat kandungan nutrisinya yang sangat lengkap, udang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini CekSehat rangkum untuk anda, di antara nya adalah:

1. Menyeimbangkan Hormon dalam Tubuh

Udang sangat kaya akan protein. Kandungan protein yang terdapat dalam udang diyakini dapat menyeimbangkan dan mengoptimalkan proses produksi hormon dalam tubuh.

Dalam praktek nya, udang sangat baik untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang berusaha untuk membentuk massa otot. Dengan mengkonsumsi udang, kinerja hormon pembentuk massa otot di tubuh Anda bisa lebih optimal, sehingga massa otot di tubuh anda pun bisa bertambah dengan lebih cepat.

2. Mencegah Serangan Jantung

Manfaat udang yang ke dua adalah sebagai makanan untuk mencegah serangan jantung.

Udang sangat kaya akan kandungan kolesterol DHL yang berperan aktif melawan kolesterol jahat pemicu serangan jantung. Jika dikonsumsi secara rutin, kandungan kolesterol DHL yang ada pada udang dapat menghancurkan zat kolesterol jahat yang mengendap dalam tubuh, serta melancarkan sistem peredaran darah.

Artikel terkait: Gejala Penyakit Jantung Koroner

3. Mencegah Diabetes

Udang sangat kaya akan kandungan omega 3 yang berperan aktif menormalkan kadar gula dalam darah. Tidak hanya itu, udang juga sangat kaya akan protein yang berperan aktif dalam proses pembentukan insulin oleh organ pankreas. Jika dikonsumsi secara rutin, udang akan membantu mencegah terjadi nya penyakit gula atau pun diabetes.

4. Mencegah Kanker

Manfaat udang yang selanjutnya adalah sebagai makanan anti kanker. Seperti yang telah kami sebutkan di atas, udang sangat kaya akan zat selenium. Kandungan selenium yang terdapat dalam 100 gram udang diyakini telah memenuhi seluruh kebutuhan zat selenium harian tubuh kita.

Zat selenium sendiri merupakan salah satu zat anti oksidan terbaik yang telah terbukti dapat melawan sel – sel anomali penyebab kanker.

5. Anti Inflamasi

Selain dapat mencegah berbagai macam penyakit mematikan, udang ternyata juga bisa dijadikan sebagai makanan anti inflamasi / anti radang.

Ada dua jenis zat anti inflamasi yang bisa didapatkan dari udang. Ke dua zat anti inflamasi tersebut adalah Astaxanthin dan Selenium. Zat Astaxanthin bisa ditemukan dalam cangkang udang, sedangkan selenium bisa ditemukan dalam daging udang.

Maka dari itu, agar zat anti inflamasi yang terdapat dalam udang tidak terbuang sia – sia, mulai sekarang biasakan untuk mengonsumsi udang bersama dengan kulit nya ya!

6. Sumber Omega 3

Manfaat udang yang berikutnya adalah sebagai bahan makanan yang kaya akan omega 3.

Omega 3 merupakan zat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Tercatat ada lebih dari 3 proses penting yang dipengaruhi oleh omega 3, yaitu proses peredaran darah, proses produksi hormon, dan proses regenerasi sel kulit.

Nah, agar semua proses penting tersebut bisa berjalan dengan lancar, Anda disarankan untuk memperbanyak angka konsumsi omega 3 harian Anda. Salah satu cara nya adalah dengan mengkonsumsi udang.

7. Sumber Protein

Selain kaya akan omega 3 dan selenium, udang juga sangat kaya akan protein yang sangat bagus untuk pembentukan massa otot dalam tubuh.

Kandungan protein yang terdapat dalam 100 gram udang diyakini telah memenuhi sekitar 52 persen kebutuhan protein harian tubuh manusia. Jika Anda sedang dalam proses pembentukan massa otot, udang sangat pas untuk Anda jadikan sebagai alternatif lauk sehari – hari untuk menggantikan telur, ayam, daging sapi, dan tuna.

8. Mencegah dan Mengatasi Gejala Anemia

Manfaat udang untuk tubuh yang selanjutnya adalah mencegah dan mengatasi gejala kurang darah atau pun anemia.

Gejala kurang darah / anemia terjadi karena tidak tercukupi nya pasokan sel darah merah dalam tubuh. Salah satu penyebab utama anemia adalah kurang nya pasokan nutrisi yang dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah.

Nah, karena udang memiliki banyak nutrisi yang terkait dengan proses pembentukan sel darah merah (seperti vitamin B6, B12, Niasin, dan Kolin), Anda dapat menggunakan nya sebagai makanan untuk mencegah dan mengatasi gejala anemia.

9. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat udang yang berikutnya adalah sebagai makanan untuk meningkatkan nafsu makan. Setelah dikonsumsi dan masuk ke dalam sistem pencernaan, kandungan protein yang terdapat dalam udang akan diolah menjadi berbagai macam zat bermanfaat lain nya. Salah satu zat bermanfaat yang turut diproduksi dari protein dalam udang adalah zat peptide.

Zat peptide ini merupakan zat perangsang hormon cholecystokinin (CCK), yaitu hormon pembentuk nafsu makan.

Normal nya, semakin banyak jumlah zat peptide yang ada dalam tubuh seseorang, maka semakin tinggi pula kadar hormon CCK yang diproduksi. Dampak nya nafsu makan pun akan ikut meningkat.

10. Menguatkan Tulang dan Sendi

Manfaat udang yang selanjutnya adalah sebagai bahan makanan untuk menguatkan tulang dan Sendi. Selain kaya akan selenium dan protein, udang juga sangat kaya akan zat mineral pembentuk tulang dan sendi. Beberapa zat pembentuk tulang dan sendi yang bisa ditemui pada udang adalah fosfor, magnesium, kalsium, dan zinc.

Maka dari itu, jika Anda ingin memiliki tulang dan sendi yang kuat, selain mengkonsumsi susu dan makanan tinggi kalsium lain nya, Anda juga bisa mengkonsumsi udang yang notabene juga kaya akan fosfor dan zat mineral lain nya.

11. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat udang selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Udang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata karena di dalamnya terkandung zat astaxanthin yang berperan untuk mengurangi efek buruk dari sinar matahari terhadap mata atau menjaga mata dari radiasi.

12. Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Manfaat udang berikutnya adalah bermanfaat untuk menjaga agar kelenjar tiroid atau thyroid agar tetap sehat. Hal ini dikarenakan udang mengandung yodium yang ampuh untuk menjaga kesehatan kelenjar thyroid. Kelenjar thyroid ini sangat penting untuk mengelola metabolisme tubuh. Bagi wanita hamil, yodium juga penting untuk mendukung kerja otak calon bayi.

13. Agar Tetap Awet Muda

Ternyata mengkonsumsi udang juga dapat membuat kita awet muda. Hal ini dikarenakan udang memiliki kandungan karotenoid yang disebut sebagai astaxanthin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah dari penuaan dini.

14. Dapat Mengurangi Depresi

Udang juga ampuh untuk mengurangi atau mengatasi depresi yang kerap dialami oleh mereka yang hidup di perkotaan karena beban kerja yang berat. Kenapa bisa demikian. Karena udang mengandung asam lemak esensial dan omega 3 dapat memberikan perlindungan yang kuat terhadap depresi dan memperbaiki suasana hati.

15. Menyehatkan Kulit, Rambut dan Kuku

Udang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku karena kaya akan protein.

16. Dapat Mengurangi Resiko HYPOTHYROID

Manfaat udang yang tidak kalah luar biasanya lagi adalah dapat mengurangi resiko hypothyroid. Hal ini dikarenakan udang mengandung sejumlah tembaga tambahan yang bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah hypothyroid. Hypothyroidism sendiri merupakan kondisi dimana kelenjar tiroid mengalami kerusakan sebagai akibat kelenjar tiroid tidak memproduksi jumlah hormon secara normal.

17. Mengurangi Berat Badan

Wah kabar gembira untuk anda yang ingin memiliki berat badan ideal. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi udang. Kenapa? Karena di dalamnya terkandung karbohidrat, protein, lemak, seng, dan magnesium. Zat-zat ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Seng dan magnesium dapat meningkatkan tingkat hormon leptin dalam tubuh yang membantu tubuh kita untuk mengontrol nafsu makan dan meningkatkan energi.

18. Menjaga Kesehatan Otak

Ternyata mengkonsumsi udang juga menyehatkan untuk otak. Karena udang mengandung zat besi yang penting untuk otak. Nah zat besi ini akan membantu darah mengalir ke otak lebih lancar sehingga oksigen ke seluruh bagian otak kita.

19. Menyehatkan untuk Sel Darah

Mengkonsumsi udang juga bermanfaat untuk menjaga sel darah agar tetap sehat. Hal ini dikarenakan udang mengandung selenium yang berguna untuk kesehatan sel-sel darah. Selenium juga dapat menyerang beberapa bentuk peradangan yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit kronis lainnya.

Efek Samping Mengkonsumsi Udang Berlebihan

Setiap yang berlebihan pastilah tidak baik. Termasuk mengkonsumsi udang. Apalagi udang juga memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, meskipun memang kandungan protein di dalam udang juga bermanfaat untuk tubuh.

Setidaknya dalam setiap 3,5 ons udang setidaknya menyuplai paling tidak sekitar 200 mg kolesterol untuk tubuh dalam sekali makan. Bagi orang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung, angka ini berarti sudah memenuhi jatah asupan kolesterol untuk sehari penuh. Untuk orang lain, 300 mg kolesterol adalah batas wajarnya.

Selain itu, anda juga harus memastikan udang yang dikonsumsi itu memang segar, kalau pun tidak segar udang tersebut harus bebas dari bahan kimia berbahaya. Karena udang merupakan salah satu komoditi ekspor impor. Dan selama pengiriman sampai tiba di lokasi tujuannya biasanya diberi pengawet. Nah, salah satu pengawet yang digunakan untuk udang adalah 4-heksilresorinol, pengawet ini digunakan untuk mencegah perubahan warna pada udang.

Dalam sebuah penelitian, American Chemical Society menemukan, bahwa 4-heksilresorinol ini juga mengandung zat xenoestrogen. Zat ini memiliki efek yang terbukti meningkatkan risiko kanker payudara wanita dan mengurangi jumlah sperma pada pria.

Dalam penelitian lain tahun 2012 yang diterbitkan di Environmental Health menemukan bahwa paparan lingkungan terhadap xenoestrogen dikaitkan dengan beberapa bahaya kanker seperti kanker paru-paru, ginjal, pankreas dan otak.

Selain efek samping tersebut, jika kita mengkonsumsi udang dalam jumlah berlebihan juga dapat mengakibatkan tubuh kelebihan sodium. Karena memang udang mengandung sodium yang cukup tinggi.

Setidaknya dalam setiap 3 ons udang terdapat sodium sekitar 805 mg. Sebagai perbandingan, satu sendok teh garam mengandung 2.000 miligram sodium. Jadi, hati-hati menambahkan garam dalam menu udang Anda, karena sedikit saja tambahan sodium bisa membuat Anda melewati batas yang dianjurkan setiap hari.

Jika tubuh kita kelebihan sodium maka akan mengakibatkan risiko terkena hipertensi, penyakit jantung dan osteoporosis. WHO yang juga organisasi kesehatan dunia, merekomendasikan batasan asupan sodium orang dewasa dalam sehari hanya butuh 2.300 mg. Itu pun belum terhitung Anda mengkonsumsi lauk pauk lainnya.

Penting untuk diingat, meski pun udang memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, udang terkadang juga dapat menimbulkan alergi dan tekanan darah tinggi. Pastikan juga anda tidak mengkonsumsi vitamin C instant setelah atau sebelum mengkonsumsi udang, karena dapat mengakibatkan keracunan

Jika Anda merupakan tipikal orang yang memiliki riwayat alergi dengan makanan laut, Anda sangat tidak kami sarankan untuk mengkonsumsi udang. Selain itu, jika Anda merupakan penderita tekanan darah tinggi, Anda sebaiknya juga tidak mengkonsumsi udang dalam jumlah yang terlalu besar.

Demikianlah ulasan tentang manfaat udang untuk kesehatan serta efek samping yang mungkin saja timbul jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan. Simak juga: 16 Manfaat Singkong untuk Kesehatan Tubuh

Leave a Reply