39 Makanan Pencegah Kanker yang Baik Dikonsumsi

Makanan Pencegah Kanker – Kanker merupakan penyakit kronis yang belum ditemukan obatnya hingga saat ini. Namun beberapa makanan pencegah kanker yang  mengandung antioksidan dapat membantu mencegah kanker menyerang tubuh, bukankah mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Berbagai perawatan medis yang dilakukan seperti laser dan kemoterapi tidak dapat mengobati kanker, tapi hanya mencegah pertumbuhan sel kanker menyebar ke seluruh tubuh dan mencegah sel kanker menyerang organ dalam tubuh.

Sel kanker dapat menyerang siapa saja tanpa memandang siapa orang tersebut. Salah satu pemicu tumbuhnya sel kanker pada tubuh adalah pola hidup yang tidak sehat serta berbagai radikal bebas menyerang tubuh.

Beberapa radikal bebas yang berpotensi memicu tumbuhnya sel kanker adalah sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker kulit, asap kendaraan dan asap rokok. Berbagai makanan yang mengandung lemak jahat atau lemak trans juga dapat menyebabkan kanker bersarang di tubuh.

Saat sel-sel tubuh tumbuh dan berkembang ubnormal maka akan mengakibatkan kanker menyerang tubuh. Sebelum kita melihat beberapa makanan pencegah kanker, kita akan melihat terlebih dahulu beberapa makanan yang memicu tumbuhnya sel kanker.

Makanan pencegah kanker

Makanan pencegah kanker

Makanan Penyebab Kanker

Makanan yang kita makan memang sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Sebenarnya menjadi sehat atau sakit merupakan pilihan hidup anda. anda bisa mengkonsumsi makanan sehat atau makanan yang dapat memicu pertumbuhan penyakit itu terserah pada pilihan hidup nada.

Jika ingin hidup dengan sehat sebaiknya beberapa makanan berikut ini wajib anda hindari untuk mencegah kanker menyerang tubuh, seperti berikut ini:

  1. Makan yang mengandung lemak tinggi: kandungan senyawa heterosiklik pada daging merah yang tinggi protein ini dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Namun saat ini daging putih seperti unggas juga dicurigai menyebabkan kanker karena banyak di suntik bahan kimia dan makanan yang dikonsumsi unggas juga tidak alami lagi.
  2. Makan yang dipanggang dan diasap: makanan yang dipanggang menggunakan api langsung akan menghasilkan senyawa kuinon dan heterosiklik yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker, sebaiknya panggang makanan menggunakan oven
  3. Makanan yang digoreng dengan suhu tinggi dan minyak jenuh: menggoreng makan dengan suhu tinggi dan menggunakan minyak jenuh serta minyak yang digunakan untuk menggoreng beberapa kali merupakan antioksidan yang sangat tinggi karena mengandung senyawa hydrogen peroksida yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Beberapa contoh minyak jenuh yang wajib anda hindari seperti minyak jelantah, margarin, dan mentega.
  4. Daging kaleng: makanan kaleng merupakan makanan yang bisa dimakan dalam jangka waktu tertentu. Hal itu sangat tidak baik karena daging kaleng ditambahkan pengawet agar tahan lama. sebenarnya cara itu justu akan menyebabkan kanker
  5. Makanan beracun: aspergillus nitrosamine merupakan senyawa yang menghasilkan racunmitoksin yang dapat mencemari makanan dan menyebabkan makanan menjadi beracun.
  6. Umbi-umbian: sebenarnya umbi-umbian merupakan makanan sehat kaya serat namun anda dilarang mengkonsumsi umbi yang mulai bertunas dan berbercak hijau yang dapat menyebabkan kanker karena mengandung senyawa glokoalkaloid khususnya solaninn dan karsonin yang bersifat karsinogen.
  7. Zat aditif: makanan yang mengandung pemanis, pengawet dan pewarna buatan jika tidak diawasi takarannya akan menimbulkan sel kanker. Beberapa makanan yang mengandung zat aditif adalah bakso, mie, junk food serta masih banyak yang lainnya.
  8. Minuma beralkohol dan bersoda
  9. Buah durian dan nangka

Makanan Pencegah kanker

Setelah mengetahui beberapa makanan yang wajib dihidari untuk mencegah sel kanker tumbuh di tubuh sebaiknya anda mengkonsumsi makanan pencegah kanker berikut ini:

  1. Buah naga

Buah naga merupakan makanan pencegah kanker yang pertama karena buah naga mengandung antioksidan dan phyoalbumin dalam jumlah banyak. Berbagai kandungan pada buah naga tersebut dapat mencegah radikal bebas merusak kesehatan tubuh. Radikal bebas merupakan penyebab utama tumbuhnya sel kanker. Sebaiknya makan buah naga agar senyawa tersebut mampu menghambat sel-sel kanker berkembang di dalam tubuh.

Artikel terkait: Daftar Buah untuk Penderita Penyakit Diabetes

  1. Alpukat

Sebenarnya sel kaker dapat dicegah dengan pola hidup sehat dan makanan sehat seperti buah alpukat. Buah alpukat memiliki berbagai kandungan yang dapat mencegah sel kanker tumbuh dan berkembang di tubuh seperti antioksidan dan glutathione.

  1. Brokoli

Brokoli dapat memerangi sel kanker dengan baik karena memiliki komponen kimia indole-3 yang mampu mengubah estrogen pemicu kanker menjadi protektif. Kanker yang mampu diperangi dengan baik menggunakan ketiga makanan tersebut adalah kanker payudara.

Senyawa phytochemical sulforaphane pada kecambah brokoli dapat menonaktifkan radikal bebas dan karsinogen.

  1. Cabai

Cabai merupakan buah yang memiliki rasa pedas dan baik untuk mengobati sariawan, ternyata cabai juga sangat baik mencegah kanker karena mengandung senyawa capsaicin yang dapat menetralisir berbagai penyekit kaker salah satunya dapat mencegah kanker perut.

  1. Bawang putih

Khasiat bawang putih memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Berbagai kandungan bawang putih dapat mengobati berbagai penyakit seperti kolesterol, darah tinggi dan mencegah kanker. Bawang putih juga dapat memblokir pertumbuhan zat-zat karsinogen yang dapat merusak tubuh karena bawang putih mengandung allyl sulfur.

Selain beberapa kandungan tersebut bawang putih juga mengandung  senyawa aktif seperti vitamin A, B, C, kalsium, potasium, zat besi, karoten, selenium, dan antioksidan yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Berbagai kandungan tersebut juga dapat memperbaiki struktur DNA dan merangsang sel kanker untuk membunuh dirinya.

  1. Nanas

Nanas juga baik dikonsumsi sebagai makanan pencegah kanker karena berbagai kandungan pada nanas dapat mencegah sel kanker tumbuh di tubuh seperti antioksidan. Antioksidan merupakan pelindung tubuh yang sangat baik.

Selain itu nanas juga mengandung  sacharosa, dektrosa, asam organik yang dapat mengganggu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

  1. Sirsak

Sirsak memang telah banyak diketahui manfaatnya yaitu dapat mencegah kanker. Bukan hanya buahnya saja yang bisa digunakan namun daun sirsak juga sangat baik mencegah sel kanker tumbuh dan berkembang di tubuh. Sirsak mengandung vitamin C, serat, dan antioksidan yang dapat menjadi tameng tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker

  1. Jeruk

Saat memakan jeruk sebaiknya makan juga bagian spon putihnya karena hal itu akan mencegah pertumbuhan kanker payudara. Bioflavonoid dan antioksidan pada buah jeruk dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah kanker menyerang tubuh. Jeruk juga dapat meningkatkan sistem imun dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin C dan limonoids.

  1. Belimbing

Buah belimbing memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang merupakan antioksidan yang dapat mencegah sel kanker tumbuh dan berkembang di tubuh dengan cara menangkal radikal bebas seperti sinar matahari, asap rokok, dan asap kendaraan serta masih banyak lagi yang lainnya. Buah belimbing juga dapat mengobati dan mencegah pembengkakan pada wajah karena bersifat anti inflamasi.

  1. Tomat

Mengkonsumsi tomat dengan teratur juga dapat mencegah kanker menyerang tubuh. Berbagai kandungan baik pada tomat seperti lycopen, antioksidan dan vitamin C dapat melindungi tubuh dari berbagai masalah seperti kanker.

  1. Semangka

Selain dapat memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh karena buah semangka mengandung 90% air ternyata buah semangka juga sangat baik mencegah sel kanker tumbuh dan berkembang di dalam tubuh karena semangka mengandung flavonoid dan vitamin C yang merupakan  antioksidan tinggi.

  1. Anggur

Anggur biasa dijadikan minuman beralkoh*l yang cukup mahal. Selain itu anggur memiliki manfaat yang sangat penting yaitu dapat mencegah kanker. Anggur memiliki berbagai jenis yaitu anggur merah, anggur hitam, dan anggur hijau.

 Semua jenis anggur baik dikonsumsi untuk melindungi tubuh dari sel kanker karena anggur memiliki banyak kandungan penting seperti flavonoid dan polifenol yang merupakan sumber antioksidan tinggi. Selain itu anggur juga mengandung tanin yang dapat menangkal kerusakan gen.

  1. Melon

Si buah bercita rasa manis  dengan kandungan serat dan air di dalamnya sangat baik membantu menurunkan berat badan. Namun tak hanya itu saja manfaat melon, melon juga dapat mencegah kanker tumbuh dan berkembang di tubuh.

Melon dapat melawan sel kanker disebabkan banyak kandungan penting seperti zat antikoagulan dan karotinoid yang terpenting penting mengatasi hal tersebut.

  1. Wortel

Mengkonsumsi wortel secara rutin akan membantu merangsang produksi kolagen karena wortel mengandung vitamin C . Kolagen sangat baik menjaga elastisitas kulit dan menyehatkan tulang. Selain itu wortel juga dapat mencegah kanker karena mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas menyerang tubuh. Berbagai kandungan lain pawa wortel juga dapat mencegah berbagai penyakit seperti kandungan glutathione, betakaroten danfolid acid.

  1. Daun singkong

Siapa sangka daun singkong mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Sayuran khas indonesia ini ternyata mengandung antioksidan yang dpat mencegah kanker usus. Serat kasar di dalam daun singkong juga sangat tinggi. Oleh sebab itu penderita gangguan pencernaan tidak boleh makan daun singkong terlalu banyak karena serat kasarnya akan mempersulit kerja sistem pencernaan.

  1. Daun padi

Daun padi dapat dijadikan makanan penyembuh kanker karena daun padi memiliki kandungan klorofil tinggi di dalamnya. daun padi yang digunakan adalah daun yang masih muda umurnya kurang dari 10 hari serta  tidak mengandung pestisida.

cara mendapatkan klorofil dari daun padi bukan memakannya secara langsung namun anda perlu menghaluskan 20 sampai 30 daun padi segar, kemudian saring airnya. Anda bisa meminum air daun padi tersebut untuk mendapatkan kandungan klorofil yang dapat menyembuhkan kanker.

  1. Madu murni

Madu merupakan minuman yang berasal dari nektar bunga yang dikumpulkan para lebah pekerja. Madu  memiliki banyak manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh, salah satunya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker karena madu mengandung betakaroten yang sangat tinggi.

Royal jelly yang terdapat pada madu bersifat antikanker dan antiviral. Selain itu madu juga mengandung propolis yang merupakan antibiotik, meningkatkan imun tubuh serta sumber antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas pemicu tumbuhnya sel kanker.

  1. Spirulina

Betakaroten mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Spirulina memiliki kan kandungan betakaroten 25 kali lipat lebih banyak dari pada wortel. Spirulina merupakan alga hijau buru yang  sangat baik dikonsumsi sebagai makanan pencegah kanker karena spirulna juga mengandung klorofil yang cukup tinggi.

Alga hijau biru yang hidup di air tawar berukuran mikroskopis berbentuk spiral dan bersel satu merupakan spirulina.

Selain beberapa makanan pencegah kanker di atas ada juga beberapa makanan pencegah kanker lainnya seperti:

  1. Buncis memiliki kandungan lignin, serta kasar, dan protease
  2. Daun pepaya berbagai kandungan penting mampu mencegah kanker seperti serat kasar, vitamin A, vitamin C, dan enzim papain
  3. Bayam memiliki berbagai kandungan seperti serat kasar, karatenoid dan nitrosamin
  4. Apel dapat mencegah kanker karena mengandung vitamin C, serat larut tinggi terutama karoten dan pectin
  5. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C 6 kali lebih banyak dari pada jeruk yang merupakan antioksidan baik untuk mencegah sel kanker masuk ke tubuh.
  6. Jeruk lemon meski memiliki rasa yang asam namun kandungan pada jeruk lemon mampu mencegah kanker payudara seperti antioksidan dan vitamin C
  7. Sawi juga dapat menjadi makanan pencegah kanker yang cukup baik karena berbagai kandungan pada sawi sangat baik seperti glukosinoat, betakaroten, indol, dan fenol yang sangat berperan mencegah kanker
  8. Terung Berbagai kandunga pada terung dapat mencegah kanker seperti inhibitor dan protease
  9. Kedelai sangat baik dijadikan susu kedelai yang mengandung genistein, daidzen, asam fitat, saponin, fitostero, dan asam fenolat yang mampu mencegah sel kanker tumbuh di tubuh
  10. Merica juga dapat mencegah kanker dengan baik. Berbagai kandungan pada merica seperti capsaicin untuk karsinogen
  11. Ketan hitam
  12. Jagung
  13. Kacang hijau
  14. Kacang merah
  15. Kacang
  16. Alfa-alfa berbentu seperti tauge namun berwarna lebih hijau dan lebih panjang banyak mengandung klorofil yang dapat mencegah dan mengobati kanker
  17. Kol
  18. Kembang kol
  19. Lobak
  20. Ubi ungu merupakan umbi-umbian yang memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi yang mampu mencegah sel kanker masuk ke tubuh
  21. Berry-berryan merupakan makanan terbaik untuk memerangi sel kanker di dalam tubuh karena mengandung antioksidan tinggi.

Itulah 39 makanan pencegah kanker yang sangat baik dikonsumsi setiap hari agar tubuh selalu sehat. Informasi tersebut semoga dapat membantu anda yang sedang berperang melawan kanker. Simak juga 25 Makanan Diet Golongan Darah O

No Responses to “39 Makanan Pencegah Kanker yang Baik Dikonsumsi”

Leave a Reply