Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama – Sebagian dari Anda, terutama yang berstatus sebagai ibu muda, pasti ada yang bertanya – tanya mengenai makanan sehat ibu hamil trimester pertama. Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan membuatkan artikel lengkapnya.

Penting untuk diketahui, asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil cenderung sangat berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Wajib baca: Daftar Pantangan Ibu Hamil yang Harus Dihindari!

Jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang sehat, tepat dan lengkap, proses tumbuh kembang janin dalam kandungan akan bisa berjalan dengan optimal.

Sebaliknya, jika makanan yang dikonsumsi merupakan makanan yang kurang sehat, kurang tepat, dan tidak lengkap, maka proses tumbuh kembang janin dalam kandungan kemungkinan besar tidak akan bisa berjalan dengan optimal.

Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama via Larasmedicamagz

Menurut hasil penelitian, di trimester pertama, kondisi kehamilan juga masih sangat rawan. Di masa – masa awal kehamilan ini, ibu hamil cenderung lebih rawan mengalami keguguran.

Itulah kenapa makanan sehat ibu hamil trimester pertama sangat penting. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, proses tumbuh kembang janin akan bisa berjalan dengan lebih optimal, dan di lain sisi ibu hamil juga akan terhindar dari berbagai macam permasalahan yang terkait dengan kandungannya.

Lantas, makanan sehat ibu hamil trimester pertama itu seperti apa sih? Apakah jenisnya sama dengan makanan sehat untuk ibu hamil tua?

Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama adalah makanan yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil di masa tersebut.

Nah, menurut hasil penelitian, secara umum ada lima nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil muda. Kelima nutrisi penting tersebut adalah: asam folat, serat, kalsium, zat besi, dan protein.

Untuk mendapatkan seluruh nutrisi tersebut, ibu hamil dapat mengonsumsi beberapa bahan makanan di bawah ini:

1. Bayam

Bahan makanan pertama yang dianggap bagus untuk ibu hamil di trimester pertama adalah bayam.

Bayam merupakan sayur yang sangat lengkap. Sayur kesukaan “Popeye” ini mengandung tiga dari lima nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil muda. Ketiga nutrisi penting tersebut adalah asam folat, serat, dan zat besi.

Dalam prakteknya nanti, ibu hamil dianjurkan untuk rutin mengonsumsi bayam setiap beberapa hari sekali.

Untuk cara mengonsumsinya sendiri bisa dikreasikan sesuai dengan selera. Walaupun begitu, cara yang paling dianjurkan adalah dengan mengonsumsinya dalam bentuk rebusan.

2. Brokoli

Mirip seperti bayam, makanan sehat ibu hamil trimester pertama yang satu ini juga memiliki kandungan nutrisi yang super lengkap.

Dari sayur hijau ini, ibu hamil bisa mendapatkan dua jenis asupan nutrisi sekaligus, yaitu serat dan asam folat.

Berkat kandungan seratnya yang tinggi, saat dikonsumsi oleh ibu hamil, brokoli diyakini dapat menghindarkan ibu hamil dari berbagai macam permasalahan yang terkait dengan sistem pencernaan.

Di lain sisi, berkat kandungan asam folatnya yang tinggi, saat dikonsumsi, brokoli dapat membantu menghindarkan janin dari risiko terlahir prematur.

3. Kacang – Kacangan

Makanan sehat ibu hamil trimester pertama yang berikutnya adalah kacang – kacangan.

Kacang – kacangan memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Berkat kandungan protein yang dimilikinya, saat dikonsumsi oleh ibu hamil muda, kacang – kacangan dapat membantu mengoptimalkan proses pembentukan jaringan daging dan otot janin.

Tidak hanya itu, kandungan protein yang terdapat dalam kacang kabarnya juga dapat membantu mengoptimalkan daya tahan tubuh ibu hamil sehingga tidak mudah terserang bibit penyakit.

4. Susu dan Produk Turunannya

Susu dan produk turunannya dapat dikategorikan sebagai makanan sehat ibu hamil trimester pertama karena kandungan kalsiumnya yang tinggi.

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, ibu hamil membutuhkan asupan kalsium yang tinggi. Asupan kalsium ini dibutuhkan oleh ibu hamil untuk proses pembentukan jaringan tulang dan kerangka tubuh janin.

Tidak hanya itu, kalsium juga dibutuhkan oleh ibu hamil trimester pertama sebagai langkah persiapan untuk memperkuat struktur jaringan tulang belakang yang nantinya harus “bekerja keras” saat usia kehamilan bertambah.

Menurut hasil penelitian sendiri, selain berguna sebagai pemasok kalsium, salah satu produk turunan susu, yaitu yoghurt juga dapat membantu menghindarkan ibu hamil dari berbagai macam permasalahan pencernaan.

Oh ia, dalam prakteknya nanti, ada dua pilihan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil trimester pertama untuk mengonsumsi susu, yaitu mengonsumsi susu murni atau mengonsumsi susu formula khusus untuk ibu hamil.

Kedua jenis produk susu tersebut sama – sama bagus, namun mayoritas dokter kandungan cenderung lebih merekomendasikan produk susu formula yang notabene sudah dioptimalkan secara khusus untuk ibu hamil.

5. Buah Pepaya

Makanan sehat ibu hamil trimester pertama yang berikutnya adalah buah pepaya.

Sampai saat ini masih banyak ibu hamil yang menghindari buah pepaya karena mitos buah pepaya dapat menggugurkan kandungan.

Padahal pada kenyataannya, alih – alih beresiko menggugurkan kandungan, buah pepaya malah dapat menghindarkan ibu hamil dari berbagai macam permasalahan pencernaan.

Jika dikonsumsi dengan cara yang salah (dikonsumsi saat masih mentah dan bergetah), buah pepaya memang dapat menimbulkan efek samping negatif pada ibu hamil.

Namun, jika dikonsumsi dalam kondisi matang (sudah tidak bergetah), buah pepaya sama sekali tidak berbahaya dan dapat membantu mengoptimalkan sistem pencernaan, serta menghindarkan ibu hamil dari berbagai macam penyakit yang terkait dengan sistem pencernaan.

Cek juga yuk: Panduan Kehamilan pada Trimester Pertama

6. Beras Merah

Sama seperti pepaya, makanan sehat ibu hamil trimester pertama yang satu ini juga sangat kaya akan serat.

Bila dibandingkan dengan nasi putih, kandungan serat yang terdapat dalam nasi merah cenderung jauh lebih tinggi.

Selain itu, jenis karbohidrat yang terdapat dalam nasi merah juga tergolong ke dalam jenis karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini dapat membuat ibu hamil merasa kenyang lebih lama sekaligus menurunkan risiko ibu hamil untuk terserang penyakit diabetes gestasional.

7. Telur

Telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Kandungan protein yang terdapat dalam telur diyakini dapat membantu proses tumbuh kembang janin, terutama di area daging dan otot.

Untuk bisa mendapatkan asupan protein yang memadai, ibu hamil dapat mengonsumsi telur setiap beberapa hari sekali sebagai selingan untuk sumber protein lain, seperti ikan, daging merah tanpa lemak dan dada ayam.

8. Alpukat

Makanan sehat ibu hamil trimester pertama yang tergolong ke dalam kelompok buah – buahan ini memiliki kandungan asam folat dan serat yang sangat tinggi.

Berkat kandungan serat dan asam folatnya yang tinggi, buah ini diyakini dapat membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembang janin sekaligus mengoptimalkan proses pencernaan.

Jangan lewatkan juga: Jenis Vitamin Ibu Hamil yang Penting dan Sumbernya

9. Jeruk

Bunda, buat kamu yang sedang hamil muda juga dianjurkan untuk mengonsumsi buah, terutama jeruk. Jeruk ini kaya akan vitamin C juga asam folat. Dengan memenuhi kebutuhan asam folat maka dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat.

10. Salmon

Terakhir, bumil juga dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan salmon. Ikan salmon memiliki kalsium yang tinggi, asam lemak omega-3 dan vitamin D, menjadi salah satu makanan yang aman untuk wanita hamil di trimester pertamanya.

****

Itulah beberapa bahan makanan yang dapat digolongkan sebagai makanan sehat ibu hamil trimester pertama. Selain bahan makanan di atas, sebenarnya masih ada banyak bahan makanan lain yang juga sehat dan bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Jika Anda memiliki pengalaman terkait makanan tersebut, jangan sungkan untuk membagikannya melalui kolom komentar ya! Artikel terkait: Daftar Pantangan Ibu Hamil Muda

Leave a Reply