Makanan Sehat untuk Anak agar Cerdas, Sehat, Aktif, dan Tangkas

Makanan Sehat untuk Anak – Sebagai seorang ibu, bunda tentu ingin memberikan asupan makanan terbaik untuk di kecil bukan? Pertanyaannya, makanan sehat untuk anak itu yang seperti apa sih? Apakah yang mengandung vitamin? Yang mengandung serat? Yang mengandung protein? Atau malah yang mengandung kombinasi dari tiga bahan nutrisi tersebut?

Nah, untuk membantu bunda dalam menentukan makanan yang tepat untuk si kecil, pada kesempatan kali ini tim penulis blog Ceksehat.com akan membagikan sedikit informasi mengenai makanan sehat untuk Anak.

Makanan Sehat untuk Anak via Hellosehat

Makanan Sehat untuk Anak via Hellosehat.com

Definisi Makanan Sehat

Sebelum masuk lebih dalam mengenai bahan makanan apa saja yang dapat digolongkan sebagai makanan sehat untuk anak, pertama – tama bunda harus memahami terlebih dahulu apa itu makanan sehat.

Yang disebut dengan makanan sehat bukan hanya makanan yang bebas bahan pengawet dan zat – zat berbahaya saja bunda.

Lebih dari itu, bahan makanan baru bisa digolongkan sebagai makanan sehat jika dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh si kecil.

Jadi, makanan sehat untuk anak – anak itu tidak selalu sama dengan makanan sehat untuk orang dewasa.

Di lain sisi, walaupun aman (tidak mengandung zat kimia berbahaya sama sekali), makanan belum tentu dapat dikategorikan sehat dan baik untuk si kecil.

Lantas, kandungan nutrisi apa sajakah yang dibutuhkan oleh si kecil?

Secara keseluruhan, ada lebih dari lima jenis nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Beberapa jenis nutrisi penting tersebut adalah kalsium, protein, vitamin, serat, karbohidrat, asam lemak omega 3, anti oksidan, dll.

Seluruh kebutuhan nutrisi tersebut bisa bunda penuhi dengan cara memberi anak bahan makanan yang seimbang dan disertai dengan suplemen tambahan.

Bahan Makanan Sehat untuk Anak yang Mudah untuk Didapatkan

Berikut merupakan beberapa bahan makanan sehat untuk si kecil yang relatif cukup mudah untuk didapatkan di Indonesia:

1. Kedelai dan Makanan Turunannya

Bahan makanan sehat untuk anak yang pertama adalah kacang kedelai dan produk turunannya.

Tahukah bunda bahwa kacang kedelai memiliki kandungan protein yang sangat tinggi?

Ya, menurut hasil penelitian, kandungan protein yang terdapat dalam kacang kedelai bahkan dapat disejajarkan dengan kandungan protein yang terdapat dalam telur dan daging.

Kandungan protein yang terdapat dalam kacang kedelai ini nantinya akan berguna untuk membantu mengoptimalkan proses pembentukan jaringan otot dalam tubuh si kecil.

Tidak hanya itu, protein juga dapat membantu mengoptimalkan kinerja jaringan otak si kecil.

Di Indonesia sendiri, mengonsumsi kacang kedelai dalam kondisi utuh cenderung jarang dilakukan. Sebagai gantinya, bunda dapat memberi si kecil produk makanan yang diproduksi dari kedelai seperti tempe, tahu, oncom, dan susu kedelai.

2. Ikan Salmon

Bunda tentu ingin si kecil memiliki kemampuan berpikir yang mumpuni bukan?

Nah, salah satu cara yang bisa bunda lakukan adalah rutin memberi si kecil daging ikan salmon.

Ikan salmon merupakan bahan makanan yang sangat kaya akan asam lemak omega 3, DHA, dan EPA. Seluruh kandungan nutrisi tersebut telah terbukti dapat membantu mengoptimalkan kemampuan berpikir anak – anak.

Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat dalam ikan salmon kabarnya juga dapat membantu mengoptimalkan proses pertumbuhan tinggi badan si kecil lho bun!

3. Selai Kacang

Makanan sehat untuk anak yang satu ini memiliki kandungan nutrisi berupa vitamin E yang sangat luar biasa.

Menurut hasil penelitian, kandungan vitamin E yang terdapat dalam selai kacang telah terbukti dapat membantu melindungi membran sel saraf dalam tubuh manusia.

Dalam prakteknya nanti, bila bunda ingin memberi si kecil selai kacang, bunda dapat menyiapkan sarapan roti gandum yang dibubuhi selai kacang.

Atau, bunda juga bisa membawakan roti gandum selai kacang tersebut sebagai bekal si kecil ke sekolah.

4. Telur

Telur merupakan bahan makanan yang sangat kaya akan protein dan kolin lho bun!

Kandungan protein yang terdapat dalam telur dapat membantu mengoptimalkan proses pertumbuhan dan perkembangan jaringan otot dalam tubuh si kecil.

Di lain sisi, kandungan kolin yang terdapat di dalamnya dapat membantu mengoptimalkan proses perkembangan memori dan daya ingatnya.

5. Bayam

Selain kaya akan serat, bayam juga sangat kaya akan vitamin lho bun!

Jika dikonsumsi secara rutin, sayur bayam dapat membantu mengoptimalkan proses pencernaan dalam tubuh si kecil.

Selain itu, kandungan vitamin yang terdapat dalam bayam nantinya juga dapat membantu mengoptimalkan daya tahan tubuh dan kemampuan motorik si kecil.

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk rutin memberikan bayam ke si kecil ya bun!

6. Buah Beri

Makanan sehat untuk anak yang satu ini memiliki kandungan anti oksidan yang sangat tinggi.

Dengan rutin memberi buah beri kepada si kecil, bunda secara tidak langsung telah memperkuat sistem kekebalan tubuhnya.

Tidak hanya itu, karena buah beri juga memiliki kadar asam lemak omega 3, buah ini dapat membantu mengoptimalkan kemampuan berpikir si kecil lho bun!

7. Buah Pepaya

Mirip seperti bayam, buah pepaya memiliki kandungan serat, vitamin, dan air yang sangat tinggi.

Kandungan serat yang terdapat dalam buah manis yang satu ini dapat membantu mengoptimalkan sekaligus memperlancar proses pencernaan dalam tubuh si kecil.

Kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya dapat membantu meningkatkan fungsi organ sekaligus memperkuat daya tahan tubuh si kecil.

Terakhir, kandungan air yang terdapat dalam buah ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan si kecil sekaligus menghindarkan si kecil dari dehidrasi.

8. Susu dan Produk Turunannya

Bunda tentu ingin si kecil memiliki tubuh yang tinggi dan proporsional bukan?

Nah, salah satu cara terpraktis sekaligus terampuh yang bisa bunda lakukan untuk mendapatkan hal tersebut adalah dengan rutin memberi si kecil susu dan produk turunannya.

Susu dan produk turunannya memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi.

Kandungan kalsium tersebut dapat membantu mengoptimalkan proses pertumbuhan tinggi badan si kecil.

Tidak hanya itu, yoghurt yang dilengkapi dengan probiotik juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan si kecil.

9. Daging Sapi tanpa Lemak

Makanan sehat untuk anak yang selanjutnya adalah daging sapi tanpa lemak.

Daging sapi tanpa lemak memiliki kandungan zat besi dan protein yang sangat tinggi.

Menurut hasil penelitian, kandungan zat besi dalam 100 gram daging sapi tanpa lemak sudah bisa memenuhi kebutuhan zat besi harian si kecil.

Di lain sisi, kandungan protein yang terdapat di dalamnya telah terbukti dapat mengoptimalkan proses pertumbuhan jaringan otot dan daging dalam tubuh si kecil.

****

Nah, itulah beberapa bahan makanan sehat untuk Anak yang bisa bunda jadikan sebagai menu makanan sehari – hari untuk si kecil.

Selain daftar makanan di atas, mungkin masih ada banyak lagi jenis makanan lain yang tidak kalah bagus untuk si kecil. Jika bunda mengetahui salah satunya, jangan sungkan untuk menambahkannya di kolom komentar ya! Jangan lewatkan juga: Menu Makanan Anak 1 Tahun

Leave a Reply