Makanan Sehat untuk Diet Membakar Lemak

Makanan Sehat untuk Diet –Salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk bisa mendapatkan bobot dan bentuk tubuh yang ideal adalah dengan menjalankan program diet. Dengan diet yang tepat, bobot tubuh berlebih bisa diturunkan secara perlahan dan tubuh yang terlalu kurus bisa dinaikkan secara perlahan.

Selain dapat membantu mengatur berat badan, diet sehat juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Menurut hasil penelitian, orang yang rutin menjalankan program diet cenderung memiliki tubuh yang lebih sehat ketimbang mereka yang tidak menjalankannya.

Jangan lewatkan juga: Pola Makan Diet yang Harus Anda Perhatian!

Nah, berbicara mengenai diet, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit informasi mengenai makanan sehat untuk diet. Langsung saja, berikut informasi lengkapnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:

Ragam Makanan Sehat untuk Diet

Berbicara mengenai jenis makanan yang akan dikonsumsi saat diet, kita tidak bisa terlepas dari tujuan diet yang diinginkan. Seperti yang telah kita ketahui bersama, diet dapat dilakukan untuk tiga tujuan, yaitu untuk menurunkan berat badan, untuk meningkatkan berat badan, dan untuk mencegah kambuhnya penyakit tertentu (diet pantangan).

Makanan Sehat untuk Diet

Ilustrasi: Makanan Sehat untuk Diet

Jadi, makanan diet yang ditujukan untuk menurunkan berat badan harus dibedakan dengan makanan diet yang ditujukan untuk menambah berat badan ataupun diet pantangan.

Lantas, bahan makanan apa saja sih yang aman untuk dikonsumsi saat sedang diet? Berikut beberapa contohnya telah kami siapkan untuk Anda:

1. Nasi Merah

Makanan sehat untuk diet yang pertama adalah nasi merah. Sama seperti halnya nasi putih, nasi merah sangat kaya akan karbohidrat. Bedanya, jenis karbohidrat yang terkandung dalam nasi merah adalah jenis karbohidrat kompleks.

Di lain sisi, jika dibandingkan dari sudut pandang jumlah serat yang dimiliki, nasi merah juga cenderung memiliki kadar serat yang lebih tinggi.

Karena jenis karbohidrat dan jumlah asupan serat yang dimilikinya tersebut, nasi merah sangat pas untuk dijadikan sebagai makanan sehat untuk diet menurunkan berat badan.

Tidak hanya itu, dalam beberapa kasus, nasi merah juga cocok untuk dijadikan sebagai diet pantangan bagi penderita diabetes, darah tinggi, penyakit jantung, dll.

Cek juga yuk: 5 Cara Diet Tanpa Nasi

2. Oatmeal

Sama seperti halnya nasi merah, oatmeal juga sangat kaya akan serat dan karbohidrat.

Berkat kandungan serat dan karbohidrat kompleks yang dimilikinya, saat dikonsumsi, oatmeal dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Karena kemampuannya tersebut, oatmeal sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan makanan untuk diet menurunkan berat badan.

Menurut hasil penelitian, selain kaya akan karbohidrat, oatmeal juga sangat kaya akan vitamin (didominasi oleh Vitamin B dan E), dan mineral (Kalsium, magnesium, potasium, dll).

Berkat kandungan vitamin dan mineral yang dimilikinya tersebut, oatmeal diklaim sangat pas untuk dikonsumsi oleh penderita sakit jantung, penderita diabetes, penderita asma, penderita anemia, dll.

Simak selengkapnya: Oatmeal untuk Diet

3. Singkong

Makanan sehat untuk diet yang selanjutnya adalah Singkong. Walaupun terkesan sepele dan sering dianggap sebagai “makanan pokok lapis dua”, singkong sebenarnya sangat kaya akan nutrisi bermanfaat.

Buah ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, singkong juga sangat kaya akan protein, vitamin B, vitamin K, kalium, tembaga, dan magnesium.

Menurut hasil penelitian, saat dikonsumsi singkong dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

Tidak hanya itu, singkong juga dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga sangat pas untuk dikonsumsi oleh Anda yang ingin menurunkan berat badan.

4. Jagung

Karena kandungan nutrisinya yang sangat lengkap, di beberapa negara, Jagung sering digunakan sebagai bahan makanan pokok.

Di Indonesia sendiri, jagung lebih banyak dikenal sebagai “makanan pokok cadangan / lapis dua” yang hanya dikonsumsi saat sedang kekurangan pasokan beras.

Bila dibandingkan dengan beras, jagung cenderung memiliki kandungan serat yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, jagung juga sangat kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, protein, kalium, dll.

Dalam prakteknya, jagung sangat bagus untuk dikonsumsi oleh Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Selain itu, jagung juga sangat dianjurkan untuk  para penderita diabetes, penderita anemia dan penderita gangguan pencernaan.

5. Kentang

Kentang memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Berkat kandungan nutrisi yang dimilikinya tersebut, bahan makanan berbentuk umbi yang satu ini dapat digolongkan sebagai bahan makanan sehat untuk diet.

Sama seperti halnya beberapa bahan makanan yang sebelumnya, kentang memiliki kandungan serat dan karbohidrat kompleks yang sangat tinggi.

Tidak hanya itu, kentang juga turut mengandung beberapa nutrisi bermanfaat berikut ini: protein, vitamin, fosfor, zat besi, kalsium, dll.

Berkat kandungan nutrisinya tersebut, kentang diklaim sangat pas untuk dikonsumsi oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan.

6. Pepaya

Buah pepaya sangat kaya akan air, serat, vitamin, kalium dan berbagai macam zat mineral lainnya.

Menurut hasil penelitian, kandungan air dan serat yang terdapat dalam buah pepaya diklaim dapat membantu melancarkan pencernaan dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Di lain sisi, kandungan zat kalium yang dimiliki buah pepaya diklaim dapat membantu mempercepat dan mengoptimalkan proses metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh.

7. Pisang

Makanan sehat untuk diet yang selanjutnya adalah buah pisang. Selain kaya akan serat, buah pisang juga sangat kaya akan kalium dan potasium.

Dengan kandungan serat yang tinggi, buah pisang diyakini dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama sekaligus menekan hasrat untuk menambah porsi makan.

Di lain sisi, dengan kandungan kalium dan potasium yang dimilikinya, buah pisang diyakini dapat membantu mempercepat dan mengoptimalkan proses metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh.

Dalam prakteknya, buah yang memiliki daging berwarna putih kekuningan inicenderung cocok untuk dikonsumsi semua pola diet.

8. Alpukat

Selain memiliki rasa yang lezat, buah alpukat ternyata juga dapat digolongkan sebagai bahan makanan sehat untuk diet.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, buah alpukat memiliki kandungan vitamin, serat, anti oksidan dan mineral yang sangat tinggi.

Saat dikonsumsi, kandungan vitamin dan anti oksidan yang terdapat dalam buah ini diyakini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Di lain sisi, berkat kandungan seratnya yang tinggi, alpukat diyakini dapat membantu menekan rasa lapar.Dan berkat kandungan mineralnya yang tinggi, alpukat diyakini dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme dan pembakaran lemak berlebih pada tubuh.

Hebatnya lagi, karena alpukat memiliki kadar lemak sehat yang cukup tinggi, buah alpukat diklaim sangat bagus untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol, darah tinggi, dan penyakit jantung.

Simak selengkapnya: Khasiat Alpukat untuk Diet Sehat

9. Sereal dan Susu Rendah Lemak

Makanan sehat untuk diet selanjutnya adalah sereal plus susu rendah lemak. Susu rendah lemak menjadi salah satu pilihan untuk menambah energi. Sanga baik untuk dikonsumsi sebagai menu sarapan sehat anda.

Menu sarapan sehat yang satu ini akan tambah nikmat lagi manakala kita konsumsi dalam kondisi hangat. Selain sehat, menu ini tergolong mudah untuk membuatnya.

Silahkan anda sediakan selalu sereal dan susu di dalam kulkas anda. Selain sebagai menu sarapan, sereal plus susu rendah lemak ini juga bisa kita konsumsi sebagai pengganti cemilan di malam hari. Usahakan kalau mau makan sereal plus susu ini 1 jam sebelum tidur ya.

10. Aneka Olahan Kedelai

Menu makanan sehat untuk diet berikutnya adalah aneka olahan kedelai. Ada banyak sekali makanan yang merupakan hasil olahan dari kacang kedelai. Kalau yang murah meriah dan mudah kita dapatkan sebut saja tempe atau tahu.

Anda bisa mengkonsumsi tahu atau tempe sebagai menu sup hangat anda. Tentu akan lebih sehat lagi kalau anda menambhakan sayuran di dalamnya. Tentu akan lebih nikmat dan sehat.

Masih ada banyak lagi olahan kedelai yang bisa kita konsumsi yang terbukti menyehatkan. Anda juga bisa mengkonsumsi susu kedelai sebagai minuman sehat ketika sarapan.

11. Jeruk Lemon

Buah untuk diet yang pertama adalah jeruk lemon. Anda bisa mengkonsumsi air perasan jeruk lemon saat pagi hari. Kebiasaan ini terbukti ampuh membakar lemak di dalam tubuh.

Kandungan jeruk lemon yang kaya akan vitamin C yang tinggi akan memicu reaksi kimia dalam tubuh yang dapat membakar lemak. Sebagai obat pencahar alami lemon akan membuat usus kamu menjadi sehat. Selain itu ada kandunagn serat dan zat yang dapat membuat kamu jadi kenyang dan mepengaruhi lemak yang ada di tubuh sehingga berat badan kamu jadi turun.

Artikel terkait: Cara Diet Jeruk Nipis

12. Buah Pir

Makanan sehat untuk diet selanjutnya adala buah pir. Buah pir ini kaya akan serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan serta membuat tubuh kita merasa kenyang dalam waktu lama. Buah ini juga berkhasiat untuk menghambat penyerapan gula sehingga menja gula darah anda tetap stabil. Kadar kalori dalam buah pear sangat rendah sehingga cocok bagi kamu yang lagi diet dan gak boleh mengkonsumsi terlalu banyak kalori.

cek juga yuk: Buah yang Bagus untuk Program Diet Anda

13. Apel

Selain buah pir, buah apel juga kaya akan serat yang memiliki manfaat yang sama dengan buah pir. Mana jenis apel yang baik? Pilihlah apel hijau, karena apel hijau ini lebih tinggi serat dan tekstur buahnya yang halus.

Buah ini juga kaya akan air yang bermanfaat untuk membuat lambung kita menjadi lebih renggang sehingga tidak mudah lapar.

14. Tomat

Tomat juga biak lo untuk dikonsumsi selama menjalankan program diet anda. Buah tomat ini mengandung likopen yang bermanfaat untuk memicu rasa kenyang sekaligus menekan hormon ghlerin yang memicu rasa lapar.

Tahukah anda, ternyata vitamin C di dalam tomat jauh lebih tinggi ketimbang di dalam jeruk. Nah, jika anda mengkonsumsi tomat dalam jangka panjang maka akan menjaga bentuk tubuh anda sehingga menjadi ramping.

15. Mangga

Buah untuk diet yang baik untuk dikonsumsi selanjutnya adalah buah mangga. Kandungan Beta-karotin di dalam mangga akan menangkal radikal bebas dan mencegah kangker. Kolestrol dalam tubuh juga dapat turun dengan menjadikan buah mangga sebagai menu tambahan ketika diet.

16. Kelapa

Selain dapat mengganti cairan tubuh secara instan, buah kelapa ini juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan lo. Kandungan gula, lemak, dan kalori yang rendah di dalam kelapa plus mengakonsumsi air kelapa secara rutin dapat membuat tubuh menjadi sehat. Kelapa dapat menurunkan kolestrol dan menjaga tekanan darah kamu stabil ketika masa diet.

17. Buah Bit

Makanan sehat untuk diet yang terakhir dari kami adalah buah bit. Buah bit memang masih terdengar asing di telinga kita. Ternyata buah yang berwarna ungu ini bermanfaat untuk menjaga stamina kamu yang lagi diet ketika sedang melakukan olahraga untuk menglangsingkan tubuh.

Jenis Diet Sehat Alami untuk Menurunkan Berat Badan

Selain mengkonsumsi makanan sehat untuk diet di atas, anda sebaiknya juga menjalankan program diet yang sudah populer. Ada banyak jenis diet yang yang sudah populer di masyarakat bahkan di kalangan artis sekalipun. Berikut ini diantaranya:

  • Diet vegan
    Jenis diet yang pertama adalah diet pegan vegan. Pelaku diet vegan hanya akan mengkonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Pelaku diet vegan ini dilarang keran mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan, misal daging, telur, susu, keju, yoghurt, mayones, madu, dan aneka produk turunan lainnya. Beberapa pelaku diet vegan bukan hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan atau menjaga kualitas kesehatan saja, mereka juga ingin menjaga lingkungan dengan menghindari konsumsi produk-produk hewani.
  • Diet Keto
    Selanjutnya, anda juga bisa menjalankan program diet Keto. Pelaku diet Keto ini diharuskan untuk mengkonsumsi menu makanan diet sehat rendah karbohidrat atau bahkan tanpa karbohidrat sama sekali. Dengan tidak mengkonsumsi karbohidrat maka tubuh akan berada pada kondisi ketosis. Akibatnya, gula darah menjadi drop dan tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi. Diet ini cocok dilakukan oleh penderita kelebihan berat badan atau obesitas. (wajib anda baca: Tips Diet Ketat yang Harus Anda Jalankan dalam Seminggu)
  • Diet Mayo
    Selanjutnya anda juga bisa memilih diet mayo. Program diet ini cukup singkat, hanya sekitar dua minggu saja. Meskipun hanya singkat, namun program diet ini menawarkan penurunan berat badan yang cukup signifikan. Pantangan diet ini hanyalah konsumsi garam dan makanan yang digoreng. Selain itu, pelaku diet sehat ini juga harus mengimbangi dietnya dengan olahraga teratur dan minum air putih delapan gelas sehari.
  • Diet South-Beach
    Selanjutnya, anda juga bisa menjalankan program diet South-Beach atau diet rendah karbohidrat termodifikasi. Diet sehat ini mengutamakan makanan rendah karbohidrat dan tinggi protein serta lemak sehat.
  • Diet Mediteranian
    Diet Mediteranian juga bisa anda pilih. Jenis diet ini mengharuskan anda untuk mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, kentang, biji-bijan utuh, dan kacang kacangan. Mereka tetap mengonsumsi yoghurt, keju, susu, dan telur, namun dalam porsi kecil. Konsumsi ikan atau jenis seafood lainnya dilakukan dua kali seminggu. Konsumsi lemak sehat juga sangat dianjurkan dalam program diet sehat ini. Daging merah dan gula boleh tetap dikonsumsi namun hanya sesekali saja.

Artikel terkait: Cara Diet Karbo yang Benar

 

Itulah beberapa jenis bahan makanan sehat untuk diet yang bisa Anda coba untuk konsumsi.

Penting untuk diingat, agar diet yang Anda jalankan bisa memberikan hasil yang lebih optimal, selain mengonsumsi bahan makanan di atas, Anda kami sarankan untuk turut memperbanyak aktivitas fisik. Dengan begitu, bobot tubuh yang Anda inginkan bisa lebih cepat tercapai dan tubuh Anda pun akan menjadi jauh lebih sehat dan bugar.

Akhir kata, selamat menjalankan program diet dan semoga berhasil ya! Artikel terkait: Daftar Olahraga untuk Diet yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Leave a Reply