Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Makanan sehat untuk ibu hamil muda cenderung sedikit berbeda dengan makanan sehat ibu hamil tua. Saat hamil muda, kaum ibu cenderung dianjurkan untuk mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan asam folat, zat besi, dan kalsium.

Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembang janin di masa awal kehamilan sekaligus untuk mencegah berbagai macam permasalahan gangguan kehamilan.

Penting untuk diketahui, proses tumbuh kembang janin dalam kandungan cenderung sangat bergantung pada asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil.

Maka dari itu, agar proses tumbuh kembang janin dalam kandungan bisa berjalan dengan optimal, ibu hamil disarankan untuk selalu mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan nutrisi bermanfaat.

Di lain sisi, makanan sehat juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mengurangi risiko ibu hamil terserang berbagai macam gangguan kehamilan seperti morning sickness, pembengkakan di area sekitar kaki, mual – mual, dan lain sebagainya.

Lantas, bahan makanan apa saja sih yang tergolong ke dalam bahan makanan sehat untuk ibu hamil muda?

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda via Inet

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda via Inet

Bahan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Berikut merupakan beberapa contoh bahan makanan sehat yang telah terbukti dapat mengoptimalkan proses tumbuh kembang janin dalam kandungan sekaligus menghindarkan ibu hamil muda dari berbagai macam permasalahan kehamilan:

1. Kacang Merah

Kacang merah memiliki kandungan asam folat yang sangat tinggi.

Bila dibandingkan dengan beberapa bahan makanan lainnya, kandungan asam folat yang terdapat pada kacang merah cenderung jauh lebih tinggi.

Itulah kenapa ibu hamil sangat direkomendasikan untuk rutin mengonsumsi kacang merah setiap hari.

Tujuannya agar kebutuhan asam folat harian tubuh mereka bisa terpenuhi dengan baik sehingga proses tumbuh kembang janin dalam kandungan mereka pun bisa berjalan dengan lebih optimal.

2. Brokoli

Sama seperti halnya kacang merah, brokoli juga sangat kaya akan asam folat.Selain itu, brokoli juga sangat kaya akan zat besi.

Itulah kenapa sayur berwarna hijau yang satu ini digolongkan sebagai salah satu bahan makanan sehat untuk ibu hamil muda.

Karena jika dikonsumsi secara rutin, brokoli dapat membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembang janin di trimester pertama sekaligus menghindarkan ibu hamil dari permasalahan kurang darah alias anemia.

3. Beras Merah

Beras merah digolongkan sebagai makanan sehat untuk ibu hamil muda karena kandungan zat besi, karbohidrat dan seratnya yang sangat tinggi.

Kandungan zat besi yang terdapat pada beras merah diklaim dapat membantu mencegah terjadinya gejala anemia di masa – masa awal kehamilan.

Kandungan karbohidrat dapat membantu memenuhi kebutuhan energi, dan kandungan serat diyakini dapat mencegah terjadinya berbagai macam permasalahan pencernaan seperti wasir, sembelit, dan konstipasi.

4. Bayam

Sama seperti halnya brokoli dan beras merah, bayam juga sangat kaya akan zat besi dan serat.

Tidak hanya itu, bayam juga sangat kaya akan vitamin dan kalsium.

Jika dikonsumsi secara rutin di masa – masa awal kehamilan, sayur kesukaan “popeye” ini dapat membantu mengoptimalkan proses pertumbuhan organ – organ penting dalam tubuh janin.

Selain itu, berkat kandungan kalsium yang dimilikinya, sayur bayam juga dapat membantu mengoptimalkan proses pembentukan jaringan rangka pada tubuh janin.

5. Biji – Bijian Utuh

Makanan sehat untuk ibu hamil muda yang selanjutnya adalah biji – bijian utuh.

Biji – bijian utuh memiliki kandungan karbohidrat dan serat yang sangat tinggi. Zat karbohidrat yang terdapat pada biji – bijian utuh dapat membantu memenuhi kebutuhan energi harian tubuh ibu hamil.

Di lain sisi, kandungan serat yang dimilikinya dapat membantu menghindarkan ibu hamil muda dari berbagai macam permasalahan kesehatan di area sekitar sistem pencernaan, seperti sembelit, wasir, dan konstipasi.

6. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak memiliki kandungan protein dan zat besi yang sangat tinggi.

Jika dikonsumsi secara rutin di trimester pertama, kandungan protein yang terdapat dalam daging dapat membantu mengoptimalkan proses perkembangan organ – orang penting pada tubuh janin.

Di lain sisi, kandungan zat besi yang terdapat pada daging diklaim dapat membantu mengoptimalkan proses produk sel darah merah pada tubuh ibu hamil muda.

Harapannya, kandungan zat besi tersebut dapat membantu menghindarkan ibu hamil dari permasalahan kurang darah alias anemia.

7. Susu dan Produk Turunannya

Makanan sehat untuk ibu hamil muda yang selanjutnya adalah susu dan produk turunannya.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, susu sangat kaya akan kalsium dan protein.

Masa – masa awal kehamilan sendiri merupakan masa persiapan untuk proses pembentukan jaringan otot dan kerangka pada janin.

Di fase ini, janin memang belum memiliki jaringan otot dan kerangka yang jelas. Walaupun begitu, janin tetap membutuhkan asupan kalsium dan protein yang tinggi.

Nantinya, dengan asupan kalsium dan protein yang cukup, proses tumbuh kembang janin di trimester yang selanjutnya akan bisa berjalan dengan lebih cepat.

Selain itu, kandungan kalsium yang terdapat pada susu juga dapat membantu menjaga kesehatan jaringan tulang dan sendi di area punggung ibu hamil.

Dengan jaringan tulang dan sendi yang lebih sehat, ibu hamil nantinya akan terhindar dari permasalahan nyeri punggung dan sakit pinggang.

8. Air Kelapa

Selain memiliki rasa yang lezat, air kelapa ternyata juga tergolong sebagai salah satu bahan makanan sehat untuk ibu hamil muda.

Menurut hasil penelitian, air kelapa telah terbukti dapat membantu mengurangi rasa lelah yang kerap terjadi di masa – masa awal kehamilan.

Selain itu, air kelapa kabarnya juga dapat membantu mengurangi dan mengatasi rasa mual yang sering terjadi di trimester pertama kehamilan.

9. Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan vitamin, serat dan lemak sehat yang sangat tinggi.

Kandungan vitamin yang terdapat pada buah berwarna kuning kehijauan ini dapat membantu mengoptimalkan proses perkembangan jaringan sistem saraf pada janin.

Kandungan serat yang dimilikinya dapat membantu menghindarkan ibu hamil dari berbagai macam permasalahan yang terkait dengan sistem pencernaan, seperti wasir, konstipasi, dan sembelit.

Selain itu, kandungan lemak sehat yang dimilikinya dapat membantu menurunkan kadar lemak jahat pada ibu hamil yang beresiko menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu hamil dan janin.

Artikel terkait: Ragam Khasiat Alpukat untuk Diet Sehat

10. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang berguna untuk mengoptimalkan proses perkembangan jaringan sel saraf pada organ otak.

Selain itu, ikan salmon juga kaya akan zat besi yang dapat membantu mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil muda.

****

Itulah beberapa bahan makanan sehat untuk ibu hamil muda yang bisa Anda coba untuk konsumsi.

Penting untuk diingat, jenis makanan sehat untuk ibu hamil muda dan makanan sehat untuk ibu hamil tua cenderung agak sedikit berbeda. Untuk itu, setelah masa kehamilan mulai memasuki fase trimester kedua dan ketiga, ibu hamil dianjurkan untuk kembali mengubah pola makan yang lebih sesuai.

Akhir kata, selamat menyusun pola makan dan semoga janin dalam kandungan Anda selalu berada dalam kondisi yang sehat ya!

Artikel terkait: Daftar Pantangan Makanan Ibu Hamil

Leave a Reply