Daftar Makanan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

Makanan untuk menurunkan kolesterol – Mendengar kata kolesterol saja kita sudah merasa takut bukan? Sebenarnya tidaklah semenyeramkan itu karena kolesterol juga sangat dibutuhkan tubuh untuk melakukan beberapa fungsi penting.

Kolesterol yang dikatakan berbahaya apabila kadar kolesterol jahat  melebihi batas normal yaitu di atas 240 mg/dl. Jika kadar kolesterol anda sudah mencapai 200 mg/dl maka anda patut waspada dan berusahalah menghindari hal-hal yang dapat memicu naiknya kolesterol jahat.

Kolesterol jahat bersumber dari beberapa makanan yang mengandung kolesterol, lemak trans serta masih banyak lagi pemicu lainnya. Untuk itu kita perlu mengkonsumsi makanan untuk menurunkan kolesterol.

Loading...

Dengan mengkonsumsi makanan untuk menurunkan kolesterol berarti kita sudah membantu tubuh menjaga ke-normalan kadar kolesterol. Sebab kadar kolesterol yang tinggi akan memicu pengapuran dan pengerasan dinding pembuluh darah.

Dengan terjadi pengerasan pada dinding pembuluh darah akan menyebabkan aliran darah menjadi terhambat dan menyempit. Hal tersebut tentunya akan mengakibatkan berbagai penyakit menyerang tubuh.

Terutama jika terjadi penyempitan pada arteri yang berperan membawa darah ke jantung. Jika aliran darah menuju jantung terhambat maka akan meningkatkan resiko serangan jantung koroner. Jika aliran darah ke otak yang terhambat maka akan meningkatkan resiko penyakit darah tinggi dan stroke.

Makanan untuk menurunkan kolesterol

Makanan untuk menurunkan kolesterol

Untuk itu menjaga pola hidup dan pola makan yang baik menjadi sangat penting untuk membantu menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol sejenis lipik atau lemak dan sejenisnya yang berbahaya bagi tubuh.

Makanan untuk menurunkan kolesterol

Jika makanan yang kita konsumsi sembarangan dan memicu naiknya kadar kolesterol jahat atau disebut penyakit kolesterol tinggi sebaiknya segera lakukan pengobatan dengan mengkonsumsi makanan untuk menurunkan kolesterol.

Sebenarnya kolesterol juga memiliki peranan yang sangat penting yaitu untuk membantu membangun dinding sel dan membentuk hormon. Selain itu kolesterol juga penting dalam pembuatan asam empedu, hormon steroid, dan vitamin D.

Untuk itu konsumsilah makanan untuk menurunkan kolesterol agar kolesterol kembali pada fungsinya. Marilah kita lihat beberapa makanan untuk menurunkan kolesterol seperti berikut ini:

  • Bubur gandum/oatmeal

Makanan untuk menurunkan kolesterol adalah makanan yang mengandung serat tinggi sehingga akan mudah melarutkan kolesterol jahat dan membantu mengeluarkannya dari tubuh. Salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat adalah bubur gandum atau oatmeal.

  • Apel

Apel juga menjadi salah satu makanan yang dapat menghambat penyerapan kolesterol sehingga kan mencegah penumpukan kolesterol yang menyebabkan terhambatnya aliran darah. Selain itu buah pir dan buah prune juga bisa menjadi alternatif pilihan lain untuk menurunkan kolesterol.

  • Pisang

Buah pisang juga buah yang kaya serat sehingga baik dikonsumsi penderita kolesterol tinggi. Kandungan serat ini akan mengoptimalkan pembuangan kolesterol dari dalam tubuh.

  • Alpukat

Buah alpukat adalah buah yang kaya lemak nabati atau lemak baik yang  sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan menekan kadar kolesterol jahat. Lemak nabati pada buah alpukat juga baik dalam membantu pembentukan tenaga.

  • Yoghurt

Jika bahan dasar pembuatan yoghurt yaitu susu kaya akan lemak jahat, tidak demikian dengan yoghurt, proses fermentasinya akan membantu menghilangkan kadar lemak jahat dan merubahnya menjadi lemak baik. yoghurt memang memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh dan kulit karena selain bebas lemak, yoghurt juga memiliki kandungan seperti kaya protein serta kalsium

  • Cokalat

Coklat biasanya lebih cenderung makanan yang dapat meningkatkan berat badan namun itu sebenarnya persepsi yang  salah karena yang dapat menyebabkan kegemukan sebenarnya adalah pemanis yang terkandung di dalamnya.

Untuk itu anda perlu mengkonsumsi coklat yang tidak mengandung gula. Sebab cokalt ini juga mampu menurunkan kadar kolesteral sebab coklat memiliki kandungan antioksidan serta flavonoid yang akan mengatasi masalah kolesterol jahat. Selain itu cokalt juga baik dikonsumsi saat anda merasa strees dan tegang

  • Beras merah

Jika beras putih dapat menyebabkan kadar gula dalam darah dan secara otomatis kadar kolesterol dalam darah juga ikut meningkat, maka sebaiknya anda ganti menu makan anda dengan beras merah, sebab beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah dan memiliki kandungan serat tinggi yang akan menghambat proses penyerapan kolesterol.

  • Bayam

Bayam menjadi salah satu makanan untuk menurunkan kolesterol dan makanan yang dapat melindungi jantung dari lemak yang terdapat pada pembuluh darah. Selain itu bayam juga tinggi serat yang akan mencegah pengerasan dan penumpukan kolesterol dalam darah dan membantunya keluar dari tubuh melalui buang fases.

  • Seledri

Seledri biasa digunakan untuk memasak sup ini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang memiliki fungsi dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, mencegah oksidasi, serta menurunkan resiko penyakit jantung. Buatlah jus seledri bersama sedikit apel hijau untuk membantu menurunkan kolesterol dan melindungi jantung

  • Kedelai

Kandungan isoflavin pada kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Kedelai selain dapat dikonsumsi secara langsung juga dapat dikonsumsi dalam bentuk olahan lain seperti tahu, tempe, tepung kedelai, nutrela, nugget, serta susu kedelai.

  • Buncis

Sayur buncis selain memiliki rasa yang lezat juga memiliki manfaat yang tidak kalah pentingnya yaitu bisa membantu menekan kadar kolesterol jahat. Karena buncis mengandung lemak tak jenuh ganda dan sumber karbohidrat yang dibutuhkan penderita diabetes.

Hindari pengolahan buncis menggunakan minyak trans agar proses penurunan lemak bisa berjalan maksimal

  • Bawang putih

Bawang putih sudah sejak dulu digunakan sebagai makanan penurun kolesterol sebab bawang putih mengandung antioksidan yang akan melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan mencegah naiknya kadar kolesterol jahat.

Bawang putih juga dapat membantu melindungi jantung. Anda dapat mengkonsumsi bawang putih secara langsung atau menambahkannya dalam menu masakan lain.

  • Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan juga mengandung serat tinggi sehingga baik dikonsumsi penderita kolesterol tinggi. Beberapa jenis kacang-kacangan yang dianjurkan dikonsumsi adalah kacang mede, almond, kenari, serta sayur kacang panjang.

Kaaacang-kacangan memiliki kandungan viatmin E, magnesium, serta phytochemical yang baik bagi jantung. Selain itu kandungan serat akan membantu menghambat jumlah dan laju penyerapan kolesterol dalam darah.

Hindari mengkonsumsi kacang-kacanagan yang sudah diolah dan ditambahkan garam dan gula.

  • Kacang hazelnut

Kandungan monosaturated pada kacang huzelnut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi resiko penyempitan pembuluh arteri menuju jantung.

  • Biji bunga matahari

Salah satu makanan untuk menurunkan kolesterol adalah biji bunga matahari yang lebih sering diolah menajdi kuwaci. Biji bunga matahari memiliki kandungan strerol yang akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

  • Ikan omega 3

 Beberapa jenis ikan yang mengandung omega 3 dapat menurunkan kolesterol jahat, memelihara kesehatan jantung, menurunkan resiko pembekuan darah. Beberapa jenis ikan yang mengandung omega 3 adalah ikan kembung, sarden, tuna, trout, serta makarel.

  • Ikan salmon

Ikan salmon merupakan ikan yang kaya manfaat dan kaya nutrisi seperti omega 3 yang berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah tinggi, serta melindungi jantung. Hindari mengolah ikan salmon dengan menggunakan minyak.

  • Jeruk nipis

Kandungan flavonoid pada jeruk nipis akan membantu menghambat produksi kolesterol jahat. Dengan mengkonsumsi jeruk nipis secara teratur maka kita dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Selain jeruk nipis, brokoli dan buah delima juga memiliki kandungan flavonoid.

  • Teh hijau

Teh hijau tinggi akan antioksidan dan flavonoid yang baik dalam mencegah penyerapan dan menghambat produksi kolesterol jahat. Dengan begitu jumlah kolesterol dalam darah tidak akan meningkat. Selain itu teh hijau juga akan membantu melarutkan lemak dalam tubuh dan mencegah obesitas.

  • Tomat

Mengkonsumsi tomat secara teratur juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebab tomat menjadi salah satu buah yang kaya flavonoid yang membantu mencegah produksi kolesterol jahat dalam darah sehingga aliran darah tidak akan terhambat

  • Jambu biji/jambu merah

Buah jambu biji merupakan buah yang paling tinggi kadar antioksidannya serta tinggi likopen yang akan membantu mengendalikan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu jambu biji juga dapat memelihara keelastisan kulit dan membantu meningkatkan trombosit darah.

  • Delima

Buah delima memiliki rasa yang cukup lezat dan segar. Kandungan pada buah delima memiliki banyak manfaat salah satunya mengandung flavonoid yang dapat mencegah pembentukan plak dalam darah dan mencegah penyumbatan aliran darah dengan kata lain mengkonsumsi buah delima akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

  • Mangga

Buah mangga juga termasuk ke dalam daftar buah yang dapat menurunkan kolesterol jahat karena buah mangga tinggi vitamin C yang akan mengatasi masalah kolesterol tinggi dan mencegah penumpukan plak yang menjadi penyebab terhambatnya aliran darah. Selain itu buah mangga juga akan membantu menghaluskan kulit.

  • Buah bluberry

Menurunkan kolestreol memang sangat baik dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak nutrisi seperti perbanyak buah dan sayur. Salah  satu buah yang baik dalam proses penurunan kolesterol adalah buah blueberry yang tinggi antioksidan sehingga dapat menghambat produksi kolesterol jahat.

  • Buah anggur

Buah anggur juga termasuk buah yang kaya flavonoid dan zat catechin yang dapat membantu menekan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. selain itu kandungan antioksidan pada anggur akan mencegah kerusakan tubuh akibat radikal bebas.

  • Buah zaitun

Buah zaitun memang memiliki segudang manfaat salah satunya dapat menaikkan kadar kolesterol baik dan menekan kadar kolesterol jahat. Selain dikonsumsi secara langsung buah zaitun juga dapat diolah menjadi minyak zaitun yang merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E.

  • Jeruk lemon

Selain jeruk nipis, jeruk lemon juga baik digunakan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Sebab lemon memiliki kandungan vitamin C, serta memiliki senyawa yang dapat mengurangi produksi apo-B yang dapat memicu naiknya kolesterol jahat. Selain itu antioksidannya dapat mencegah naiknya kadar kolesterol jahat.

  • Buah naga

Buah naga merupakan buah sumber antioksidan yang akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Sehingga akan mencegah pembentukan plak dan mencegah penyempitan arteri tubuh. Selain itu buah naga juga akan mencegah masuknya berbagai virus dan bakteri ke dalam tubuh.

  • Buah strawberry

Buah strawberry juga buah yang kaya antioksidan yang dapat mencegah pembekuan darah dan penyempitan arteri oleh plak yang menempel dalam aliran darah. Dengan begitu kadar kolesterol akan tetap terjaga.

  • Biji ketumbar

Salah satu jenis rempah-rempah ini juga bisa dibuat minuman untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Caranya sangat mudah pertama siapkan 2 sendok biji ketumbar dan 1 gelas air bersih.

Setelah itu rebus biji ketumbar tersebut hingga mendidih. Setelah mendidih angkat dan biarkan beberapa saat. Saring dan minumlah selagi hangat setiap pagi dan sore hingga kolesterol benar-benar turun

  • Kayu manis

Kayu manis memiliki cukup banyak fungsi bagi penyembuhan berbagai macam penyakit salah satunya dapat menurunkan kolesterol jahat, mengurangi kadar gula  dalam darah, trigliserida dan dapat menurunkan kolesterol jahat pada penderita diabetes tipe-2 .

Rebuslah sebatang kecil kayu manis dengan 1 gela air hingga mendidih. Minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari agar kadar kolesterol cepat normal

  • Teh hitam

Teh hitam memiliki banyak manfaat penting seperti dapat menurunkan kolesterol jahat, mencegah sel kanker, serta mencegah pembekuan darah, sebab teh hitam memiliki banyak kandungan penting seperti antioksidan, theanine, polifenol, serta katekin yang dapat mengatasi semua masalah tersebut.

Minumlah teh hitam sebanyak 4 cangkir setiap hari tanpa gula tambahan dan minumlah teh ini sesudah makan agar kafein di dalamnya tidak merusak lambung

  • Jus brokoli

Kandungan serat pada brokoli dapat menghambat penyerapan kolesterol dan lemak sehingga sangat baik diminum penderita kolesterol tinggi dan obesitas. Anda bisa membuat 1 gelas juice brokoli dan diminum setiap pagi dan malam menjelang tidur

  • Jus sanapis

Banyak yang bertanya apa sih jus sanapi itu? Nama jus ini sebenarnya singkatan antara sayur, nanas, serta jeruk nipis. Kombinasi beberapa bahan alami tersebut akan membantu menekan kadar kolesterol jahat dalam darah.

  • Jahe

Jahe yang biasa dijadikan wedang jahe yang dapat menghangatkan tubuh ini ternyata juga dapat dijadikan minuman penurun kolesterol dan melancarkan sirkulasi darah, serta menurunkan resiko serangan stroke.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak yang mengandung lemak tek jenuh tunggal yang baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Minyak ini bisa digunakan sebagai pengganti minyak kelapa sawit serta margarine.

Minyak zaitun memiliki banyak kandungan seperti low- density lipoprotein yang dapat mengatasi kadar kolesterol jahat. Anda dapat mengkonsumsi 2 sendok minyak zaitun setiap hari atau mencampurnya dalam masakan.

  • Semangka

Buah yang memiliki kandungan 99% air ini juga memiliki kandungan likopene yang berperan dalam menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Semangka juga merupakan buah yang dapat menghilangkan rasa dahaga dengan cepat.

  • Buah pir

Buah pir memiliki kandungan pektin lebih tinggi dari pada buah apel yang dapat menurunkan kolesterol dengan cepat. selain itu serat larut air yang baik bagi tubuh. Selain itu kandungan pektin pada buah pir akan membantu membersihkan usus dan melancarkan buang air besar

  • Cuka apel

Selain mengkonsumsi buah apel secara langsung untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, mengolahnya menjadi cuka apel akan lebih ampuh lagi menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Selain itu cuka apel juga baik dikonsumsi penderita diabetes serta meningkatkan sensitivitas terhadap insulin pada penderita diabetes tipe-2.

Simak juga: 16 Makanan untuk Mengobati Asam Lambung yang Baik Dikonsumsi

Efek buruk kolesterol tinggi

Tingginya kadar kolesterol jahat jika tidak segera dilakukan penanganan atau penurunan kolesterol bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit menyerang tubuh seperti berikut ini:

  • Darah tinggi
  • Penyakit jantung
  • Stroke
  • Batu empedu

Faktor penyebab kolesterol tinggi selain makanan

Naiknya kadar kolesterol jahat sebenarnya bukan hanya dipicu makanan saja namun beberapa pola hidup yang buruk berikut ini dapat meningkatkan resiko naiknya kadar kolesterol jahat seperti berikut ini:

  • Keturunan atau genetik
  • Obesitas
  • Strees
  • Kurang olahraga
  • Penyakit diebetes
  • Kebiasaan merokok, minuman beralkohol, minuman bersoda dan konsumsi kopi berlebihan

Makanan pemicu naiknya kolesterol jahat

Beberapa makanan berikut ini dapat memicu naiknya kadar kolesterol jahat seperti berikut ini:

  • Makanan yang digoreng
  • Makanan berlemak
  • Jeroan
  • Keju
  • Susu tinggi lemak
  • Kuning telur
  • Makanan bersantan
  • Seafood
  • Mentega
  • Telur burung puyuh
Loading...

Demikianlah 39 makanan untuk menurunkan kolesterol yang baik dikonsumsi. Makanan yang baik untuk penderita kolesterol sebenarnya juga baik dikonsumsi setiap hari meski tidak menderita kolesterol sebab kandungan nutrisinya baik bagi tubuh dan dapat mencegah munculnya berbagai penyakit lain. Semoga bermanfaat. Simak juga: Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Penderita Sakit Maag

loading...

Leave a Reply