16 Makanan untuk Mengobati Asam Lambung yang Baik Dikonsumsi

Makanan Untuk Penderita Asam Lambung – Penderita asam lambung erat kaitannya dengan pola makan yang kurang baik. Membiarkan perut kosong dalam waktu yang lama akan membuat asam lambung meningkat. Penderita asam lambung sebenarnya dapat diatasi dengan mengkonsumsi makan yang baik dan makan tepat waktu.

Naiknya asam lambung bisa ditandai dengan  perut kembung atau begah, mual dan muntah, serta nyeri pada ulu hati. Naiknya asam lambung bisa dipicu dengan mengkonsumsi makan yang salah seperti makan bersoda, makanan berminyak, makanan yang mengandung kafein, makanan berlemak, bersoda, beralkohol, makanan pedas, dan makanan masam.

Naiknya asam lambung jangan dianggap sepele karena saat asam lambung meningkat pola makan juga akan terganggu hal tersebut juga akan mengganggu kerja organ tubuh. Saat organ tubuh terganggu maka berbagai penyakit juga bisa menyerang tubuh yang lemah.

Sebaiknya hindari makan yang bisa memicu naiknya kadar asam lambung dan mulailah mengkonsumsi makan untuk penderita asam lambung agar lambung anda terhindar dari berbagai masalah seperti asam lambung.

Sebaiknya anda baca juga: 15 Gejala Asam Lambung Naik yang Harus Anda Ketahui

Makanan yang baik untuk penderita asam lambung umumnya juga baik dikonsumsi siapa saja karena makanan yang direkomendasikan biasanya makanan yang mengandung banyak nutrisi penting, vitamin dan serat. Yang sangat baik bagi tubuh.

Makanan untuk penderita asam lambung

Makanan untuk penderita asam lambung

Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Jika anda mengkonsumsi makanan yang benar dengan cara yang benar pula, maka tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit seperti asam lambung. Saya akan merekomendasikan beberapa makanan yang bisa dikonsumsi para penderita asam lambung seperti berikut ini:

1. Oatmeal

Makanan untuk penderita asam lambung yang pertama adalah oatmeal. Makan sereal kaya serat ini sangat dianjurkan karena kandungan serat di dalamnya dapat membantu mengatasi penyakit asam lambung dengan baik.

Oatmeal dapat menurunkan gejala reflux dengan cara meresap kadar asam lambung. Oatmeal memang baik dikonsumsi karena dapat membatu menurunkan berat badan dan meringankan kerja lambung dengan merasa kenyang lebih lama.

2. Jahe

Jahe merupakan rempah untuk memasak yang biasa digunakan sebagai minuman penghangat tubuh. Selain itu  jahe ternyata mampu mengurangi resiko naiknya kadar asam lambung. Berbagai kandungan pada jahe dapat membantu mengatasi masalah pencernaan.

Saat sistem pencernaan dapat diatasi dengan baik maka resiko naiknya asam lambung atau sakit maag akan berkurang. Jadi jahe bisa menjadi makanan untuk penderita asam lambung yang cukup baik.

Anda bisa mengkonsumsi jahe dalam bentuk minuman hangat atau di jadikan bumbu saat anda memasak.

3. Lidah buaya

Lidah buaya sangat terkenal manfaatnya yang baik untuk merawat kecantikan kulit dan rambut. Lidah buaya juga dapat dikonsumsi untuk membantu menurunkan kadar asam lambung. Jadi konsumsilah minuman lidah buaya secara teratur agar masalah pada lambung anda bisa teratasi dengan baik. Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman saat ini lidah buaya juga telah diolah menjadi nata.

4. Kunyit

Minum air kunyit secara teratur dapat meringankan gejala asam lambung atau sakit maag. Berbagai kandungan di dalam kunyit dapat mengatasi masalah pada lambung tersebut. Sebaiknya minum sari kunyit yang berasal dari empu kunyit karena kandungan curcumin-nya lebih tinggi.

Kunyit juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat melindungi sistem pencernaan dari radikal bebas dan bakteri yang dapat menginfeksi sistem pencernaan anda.

Baca juga: Manfaat kunyit untuk kesehatan

5. Madu

Madu merupakan minuman yang baik dikonsumsi dalam keadaan dan kondisi apapun. Karena madu mengandung berbagai nutrisi penting yang bisa menyehatkan tubuh dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Jadi madu juga baik dikonsumsi bagi penderita maag atau asam lambung. Madu dapat memperbaiki lambung yang bermasalah. Minum madu 3 sendok madu yang dicampur dengan segelas air setiap pagi dan segelas lagi sebelum tidur untuk  membantu mengatasi penyakit asam lambung dengan baik.

6. Sayuran hijau

Makanan untuk penderita asam lambung berikutnya adalah sayuran hijau yang dapat membantu menurunkan kadar asam lambung seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, mentimun, dan buncis. Makanan tersebut sangat baik dikonsumsi sebagai lauk makan.

Sebaiknya olah sayuran tersebut dengan cara direbus atau dikukus agar manfaat bisa kita rasakan secara maksimal. Hindari juga memasaknya terlalu lama karena akan merusak gizi yang terkandung pada sayuran hijau tersebut.

7. Daging tanpa lemak

Menghindari daging juga tidak baik bagi tubuh karena tubuh juga membutuhkan nutrisi yang terkandung di dalam daging. Agar tubuh tidak kekurangan kekurangan gizi. Sebaiknya bagi anda yang menderita gangguan lambung atau asam lambung tinggi konsumsi daging tanpa lemak untuk menjaga kesehatan lambung dan mencegah kadar  asam lambung meningkat.

Hindari juga mengkonsumsi kulit daging, kulit ayam, kulit bebek karena di dalam kulitnya mengandung banyak lemak. Sebaiknya olah daging atau ikan dengan cara direbus, dikukus, dipanggang dan dibakar.

8. Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang dianjurkan bagi penderita asam lambung karena buah pisang mengandung pH sekitar 5,6 yang sangat cocok dikonsumsi penderita maag. Mengkonsumsi pisang secara teratur minimal 1 buah perhari juga dapat membantu menurunkan kadar asam lambung serta membatu melancarkan buang air besar.

Jangan lewatkan juga ya: 9 Panduan Cara Diet Pisang yang Benar untuk Bakar Lemak Hingga 18 Kg

9. Roti

Makanan untuk penderita asam lambung berikutnya adalah roti. Namun bukan semua roti dapat dikonsumsi penderita asam lambung. Roti yang terbuat dari gandum utuh adalah roti yang dianjurkan bagi penderita asam lambung.

Roti yang terbuat dari gandum untuk sangat baik bagi lambung karena memiliki berbagai nutrisi seperti vitamin dan serat.

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan atau biji-bijian mengandung serat tinggi sehingga sangat cocok dikonsumsi para penderita asam lambung.  Kacang hijau dan kacang merah menjadi pilihan tepat sebagai menu harian anda.

11. Jus buah

Mengkonsumsi buah  dalam bentuk jus akan lebih baik dikonsumsi penderita asam lambung.  Mengkonsumsi jus akan mempermudah penyerapan nutrisi di dalam tubuh. Selain itu jus buah  mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan serat yang dapat memelihara kesehatan lambung anda.

Jus juga dapat mempermudah kerja lambung dalam mengolah makanan serta membantu kenyang lebih lama. Beberapa jus buah dan sayur yang dianjurkan seperti, jus apel, jus melon, dan jus semangka.

Hindari mengkonsumsi jus buah kemasan yang banyak dijual di pasar karena jus tersebut mengandung gula tambahan, pengawet, dan perasa tambahan yang tidak baik bagi tubuh. Buat jus sendiri tanpa gula akan lebih sehat dan lebih bermanfaat bagi tubuh.

12. Jus sayur

Selain jus buah yang dapat dijadikan makanan untuk penderita asam lambung, jus sayuran juga dianjurkan dikonsumsi penderita asam lambung karena di dalam sayuran memiliki gizi yang lengkap seperti serat, vitamin, mineral, dan masih banyak lagi yang lainnya yang baik bagi tubuh dan organ tubuh seperti lambung.

Jadi konsumsi jus sayuran 1 gelas setiap pagi dan 1 gelas sebelum tidur untuk merawat kesehatan lambung dan tubuh. Beberapa jus sayuran yang direkomendasikan bagi penderita asam lambung seperti jus bayam, jus selada, jus buncis, dan jus brokoli bebas gula tentunya.

13. Apel

Apel juga sangat baik dikonsumsi untuk penderita asam lambung. Apel memiliki gizi yang sangat lengkap seperti serat yang sangat tinggi yang membantu menyehatkan lambung anda. apel juga dapat dijadikan camilan sehat untuk mencegah rasa lapar yang berlebihan diwaktu senggang yang akan mencegah naiknya asam lambung.

14. Melon

Makanan untuk penderita asam lambung berikutnya adalah melon. Melon mengandung serta dan air yang membantu kenyang lebih lama dan mencegah asam lambung kambuh kembali.

15. Kentang

Kentang merupakan umbi-umbian yang mengandung serat dan antioksidan tinggi. Berbagai kandungan pada kentang tersebut sangat baik menjaga kesehatan lambung dan mencegah naiknya kadar asam lambung dan menjaga sistem pencernaan dari bakteri dan radikal bebas.

16. Ubi ungu

Ubi ungu sangat baik dikonsumsi untuk menjaga tubuh dari radikal bebas karena ubi ungu mengandung antioksidan. Selain itu ubi ungu juga mengandung serat yang cukup tinggi yang dapat menyehatkan lambung dan mencegah naiknya asam lambung.

Sebaiknya konsumsi 16 makanan untuk penderita asam lambung tersebut agar lambung anda selalu terjaga kesehatannya. Selain itu hindari makanan yang dapat menaikkan kadar asam lambung anda. seperti cokelat, jeruk nipis, teh dan kopi.

Hindari juga makan dalam porsi yang besar karena dapat mempersulit dan memperlambat kerja lambung. Hindari juga tidur setelah makan karena akan membuat naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan dan melukai tenggorokan anda.

Itulah 16  makanan untuk penderita asam lambung yang dapat anda konsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan khususnya lambung anda. Semoga bermanfaat bagi anda yang menderita sakit maag. Simak juga 9 Obat Asam Lambung Tradisional Paling Ampuh yang Ada di Sekitar Kita

Leave a Reply